Contoh Laporan Kegiatan Latihan Qurban - KangMasroer.Com

Contoh Laporan Kegiatan Latihan Qurban

Contoh:

LAPORAN KEGIATAN LATIHAN QURBAN
TAHUN PELAJARAN 2012-2013

PENDAHULUAN

A.  LATAR BELAKANG
Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Haji merupakan salah satu hari raya Islam. Hari raya tersebut diperingati setiap tanggal 10 Dzulhijjah. Salah satu ibadah yang disunnahkan pada hari raya tersebut adalah penyembelihan hewan qurban. Pelaksanaannya dimulai pada tanggal 10 Dzulhijjah (hari nahar) sampai dengan akhir hari tasyrik, yaitu tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah. Substansi dari pelaksanaan ibadah qurban adalah keikhlasan seorang hamba dalam melaksanakan perintah Tuhannya, yang merupakan salah satu wujud ketaqwaan kepada-Nya.
Sekolah dengan dengan pendidikan agamanya merupakan salah satu lembaga yang mengedepankan peningkatan mutu sumber daya manusia yang lebih menekankan pada penghayatan serta pengamalan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari. Untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan, sekaligus agar para siswa memiliki rasa keikhlasan, maka perlu diupayakan pendidikan dan pelatihan yang berorientasi pada peningkatan rasa ketaqwaan yang disertai dengan keikhlasan dalam bentuk pengorbanan.
Upaya peningkatan kualitas ketaqwaaan para siswa tersebut dilakukan melalui kegiatan yang berlatar pengorbanan, yaitu dalam bentuk latihan penyembelihan hewan qurban. Kegiatan ini dilaksanakan dengan harapan dapat meningkatkan rasa iman dan taqwa kepada Tuhan, serta untuk lebih peduli terhadap orang lain yang ada di sekitarnya.
Kegiatan latihan penyembelihan hewan qurban merupakan salah satu upaya konkrit dari kesiswaan untuk meningkatkan kualitas iman dan taqwa siswa SMA Negeri 1 Prambanan yang diharapkan mampu memberi kontribusi positif bagi masyarakat sekitarnya.

B.  DASAR
Program kerja kesiswaan tahun pelajaran 2011-2012.

C.  TEMA
Motivasi belajar, beribadah, ikhlas beramal dan berkorban.

D.  TUJUAN DAN HARAPAN
1.      Tujuan
Program ini mempunyai tujuan agar para siswa SMA Negeri 1 Prambanan memiliki sikap sosial yang tinggi sehingga peduli terhadap orang lain di sekitarnya. Kegiatan ini juga bertujuan untuk menanamkan pendidikan tentang pentingnya berkorban, baik untuk kehidupan dunia maupun kehidupan akhirat.
2.      Harapan dari kegiatan ini adalah:
a.       Meningkatnya iman dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa
b.      Mempunyai keikhlasan dalam berkorban
c.       Berjiwa sosial yang tinggi
d.      Peka dan peduli terhadap penderitaan orang lain
e.       Toleransi kepada orang di sekitarnya

E.  WAKTU DAN TEMPAT
Kegiatan latihan penyembelihan hewan qurban ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Prambanan pada hari Sabtu, tanggal 11 Dzulhijjah 1433 H, bertepatan dengan tanggal 27 November 2012, pukul 07.00 sampai dengan pukul 13.00 WIB.

F.  SASARAN
Sasaran kegiatan ini adalah siswa yang beragama Islam, dengan perincian sebagai berikut:
Kelas X     : 249
Kelas XI    : 247
Kelas XII  : 239
Adapun hasil kegiatan, yaitu berupa daging qurban dibagikan kepada para siswa baik yang beragama Islam maupun non Islam, serta pihak-pihak yang berhak untuk menerima.

PENUTUP
Diucapkan terimakasih kepada:
1.      Bapak Kepala SMA Negeri 1 Prambanan
2.      Bapak/Ibu Guru dan Karyawan SMA Negeri 1 Prambanan
3.      Bapak/Ibu Panitia Kegiatan Pelaksanaan Latihan Qurban SMA Negeri 1 Prambanan Tahun Pelajaran 2012-2013
4.      Pengurus OSIS
5.      Semua pihak yang telah meluangkan waktu untuk membantu kelancaran dan kesuksesan kegiatan ini
Semoga laporan ini bermanfaat bagi semua pihak yang membutuhkan. Saran dan kritik yang konstruktif dari pembaca sangat diharapkan. Akhir kata, kami mohon maaf atas segala kekurangan.

Mengetahui,
Kepala Sekolah




Drs. Suwito
NIP. 19600828 198803 1 003

Prambanan,    2 November 2012
Wakasek Kesiswaan




Drs. Sumardi
NIP. 19650912 200604 1 003



Nb. Data yang lain seperti Susunan Panitia, Pemasukan, Pengeluaran, Penerima dan lain-lain silakan dilampirkan sendiri. Demikian contoh Laporan Kegiatan Latihan Qurban. Semoga bermanfaat.



0 Tanggapan untuk "Contoh Laporan Kegiatan Latihan Qurban"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel