Thursday, September 1, 2016

Kategori: , ,

Sewa Mobil dengan Aplikasi DOcar: Hemat Uang, Hemat Waktu, dan Hemat Tenaga

Akhir pekan adalah salah satu moment membahagiakan bagi kita semua. Terlebih bagi sebagian keluarga yang tinggal di perantauan, seperti saya ini. Moment tersebut biasanya digunakan untuk mudik ke kampung halaman ataupun bertamasya bersama keluarga untuk sekedar menghilangkan kepenatan dari rutinitas sehari-hari. Dan tak bisa dipungkiri, menggunakan mobil adalah salah satu cara untuk dapat menikmati perjalanan selama mudik ataupun berwisata. Namun, bagaimana dengan yang tidak memiliki mobil? Hmm, jangan khawatir, kita dapat menyewa mobil melalui jasa rental mobil yang ada.

Berbicara tentang menyewa mobil, aktivitas memilih rental mobil ini memang gampang-gampang susahGampang, karena saat ini hampir di semua tempat bisa ditemui jasa rental mobil. Mulai dari rental mobil rumahan, sampai yang berbentuk suatu perusahaan spesialis rental mobil. Termasuk di tempat tinggal saya saat ini, kota Klaten. Susahnya, karena semuanya menawarkan fasilitas yang hampir sama. Harganya yang relatif bersaing juga membuat kita semakin bingung dalam menentukan pilihan. Tapi itu dulu. Sekarang istilah gampang-gampang susah rasanya sudah tidak berlaku lagi. Yang ada sekarang adalah menyewa mobil gampang-gampang saja. Lho kok bisa? Bisa dong, kan ada DOcar?
Sudah kenal dengan DOcar kan? Pasti sudah ya? Tapi kalau belum, bolehlah saya kenalkan. DOcar adalah layanan jasa rental mobil yang beroperasi di wilayah Joglo Semar (Jogja, Solo dan Semarang) serta kota-kota besar lainnya. Layanan jasa yang digagas oleh PT. DOcar Indonesia ini tidak seperti layanan sewa mobil pada umumnya. DOcar merupakan e-marketplace yang bekerja sama dengan rental-rental mobil di Indonesia untuk menawarkan jasa sewa mobil kepada calon pelanggan. Caranya adalah dengan mempertemukan secara online antara partner-partner penyedia jasa sewa mobil dengan calon penyewa mobil yang ingin mendapatkan mobil sesuai pilihan.

Nama DOcar sendiri dilatar belakangi oleh penggagas DOcar yang mengajak pelanggan untuk memilih mobil sewaan sebagai sarana transportasi yang praktis dan andal. Sehingga diungkapkan dengan kalimat, “Lakukan aktivitas Anda dengan menggunakan mobil”, yang dalam bahasa Inggrisnya adalah “DO your activities with CAR”. Sehingga kalau disingkat menjadi DOcar.

Secara filosofi, DOcar memiliki kemiripan ejaan dengan istilah 'dokar', salah satu alat transportasi tradisional khas Jawa. Istilah 'dokar' menurut masyarakat Jawa diyakini berasal dari bahasa Inggris dogcart (kereta pembawa anjing pemburu). Namun, di era modern ini, fungsi dokar telah bergeser menjadi alat transportasi wisatawan untuk berkeliling kota. Fungsi tersebutlah yang kemudian mengilhami DOcar untuk ikut berkontribusi dalam hal transportasi, khususnya di dunia pariwisata Indonesia.
Kenapa kita harus memilih DOcar? Ya sudah pasti karena keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh DOcar. Di antaranya: 
Pertama, sewa mobil dengan DOcar mudah dan fleksibel. Kita hanya butuh 3 tahap untuk dapat menyewa mobil. Selain itu, kita dapat melakukannya di mana saja dan kapan saja dengan bantuan aplikasi DOcarKedua, kita dapat membandingkan biaya sewa mobil dari rental satu dengan rental lainnya. Dengan itu, kita akan mendapatkan harga termurah dari jenis mobil yang sama. Ketiga, banyak varian. Sistem DOcar memberikan kebebasan penuh kepada kita untuk memilih mobil dari berbagai tipe dan merek, sehingga memungkinkan untuk kita dapat menyewa mobil sesuai dengan kebutuhan.
Dan keempat, dengan menyewa mobil di DOcar, kita akan mendapatkan mobil sesuai pilihan. Keuntungan ini tentu tidak bisa kita dapatkan jika menyewa langsung ke rental. Mereka para pemilik rental mungkin bisa menyewakan mobil sesuai kriteria kita, tetapi sering tidak tepat sesuai dengan apa yang kita harapkan. Nah, sistem DOcar membantu kita untuk mendapatkan mobil sesuai pilihan. Bahkan menyediakan detail plat nomor kendaraan sebagai sarana identifikasi. Selain itu, DOcar juga menyediakan promo-promo yang akan membuat kita bisa mendapatkan mobil dengan harga yang lebih murah lagi.
Nah, bagaimana cara memanfaatkan sewa online dengan DOcar? Caranya sangatlah mudah! Kita bisa mengaksesnya di docar.co.id, ataupun dengan aplikasi DOcar yang sudah terpasang di smartphone kita. Saya sendiri, karena lebih suka mengakses sesuatu dari smartphone yang ada di genggaman, maka saya install aplikasi DOcar untuk keperluan sewa mobil secara online. Anda juga bisa mengunduh aplikasinya di Playstore

Bagaimana caranya? Anda cukup buka Playstore, cari aplikasi dengan mengetik DOcar di kolom pencarian, pilih aplikasi DOcar kemudian klik pasang. Selanjutnya klik terima dan kita tinggal menunggu aplikasi terpasang di gadget kita. Untuk lebih jelasnya, silakan lihat di gambar berikut ini ya?
Setelah terinstall, maka kita tinggal membukanya saja, kemudian log in dengan akun Facebook maupun akun Google untuk menggunakannya. Dan jika Anda belum punya akun, Anda bisa register atau mendaftar terlebih dahulu. Caranya juga gampang, yang penting Anda punya email dan nomor HP. 

Langkah-langkahnya adalah buka aplikasi DOcar, klik ikon strip tiga di pojok kiri atas, kemudian pilih Masuk. Setelah itu, klik tulisan Mendaftar yang terletak di bagian bawah tampilan. Isikan identitas di kolom yang tersedia, kemudian klik Daftar. Selanjutnya, cek email yang digunakan untuk pendaftaran tadi. Catatlah kode aktivasi yang ada, kemudian buka kembali aplikasi DOcar dan masukkan kode aktivasi tadi. Selanjutnya, klik Kirim. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa ikuti langkah-langkah seperti yang saya lakukan saat mendaftar DOcar, sebagaimana gambar berikut ini. Okey?
Nah, sekarang tinggal melengkapi identitas kita. Caranya klik ikon pemberitahuan yang ada di pojok kanan atas. Isikan identitas lengkap kita, unggah foto profil, kemudian klik Simpan. Setelah tersimpan, maka secara otomatis kita akan diarahkan ke menu Pengaturan. Di sini, kita bisa mengatur Pasword, Kontak, dan Akun Bank. Biar lebih jelas, lihat lagi gambar di atas ya?
Bagaimana cara memesan mobil? Caranya gampang banget! Untuk memesan mobil, secara sederhana kita hanya butuh melakukan 3 tahap, yaitu pilih, pesan, dan bayar. Cara lengkapnya adalah masuk aplikasi DOcar, kemudian pilih menu Pesan Mobil. Setelah itu isilah kolom lokasi rental, tujuan, serta tanggal mulai dan selesai menyewa. Jangan lupa untuk memilih durasi waktu menyewa: 8 jam, 12 jam, ataupun full day. Di sini kita juga bisa memilih fasilitas yang ditawarkan: tanpa BBM, dengan BBM, ataupun paket All In, yaitu BBM, makan driver, parkir, tol, dan lain-lain. 
Selanjutnya, setelah semua kolom terisi, dengan satu kali klik pada ikon Cari Mobil, maka akan muncul berbagai pilihan mobil yang tersedia untuk Anda sewa. Pilihlah sesuai kebutuhan Anda. Dan setelah Anda menemukan mobil yang Anda inginkan, klik saja Pesan. Setelah itu akan muncul informasi detail tentang mobil, baik spesifikasi, maupun deskripsinya. 

Nah, setelah cocok antara mobil dengan harganya, maka kita tinggal klik Pesan Sekarang. Isikan detail penjemputan, yaitu lokasi dan waktu penjemputan. Kemudian, pilihlah metode pembayaran yang Anda inginkan, cash atau dibayar 25% terlebih dahulu. Jika dibayar 25% terlebih dahulu, maka sisanya harus dibayarkan saat kita melakukan penjemputan mobil.

Sekarang, Anda tinggal transfer sejumlah pembayaran ke nomor rekening yang tersedia. Setelah itu, konfirmasikan pembayarannya ke pihak DOcar. Caranya adalah klik strip tiga di pojok kiri atas, pilih Konfirmasi Bayar. Isikan data pembayaran sesuai yang diminta, kemudian klik Kirim. Dan selamat!! Anda tinggal menjemput mobil yang disewa di tempat sesuai kesepakatan. Untuk lebih jelasnya tentang cara memesan mobil dan cara konfirmasinya, silakan dilihat di gambar berikut ya?
Gimana, mudah kan? Iya lah, DOcar gitu loh. Oh ya, menurut saya, menu aplikasi DOcar ini sudah bisa dibilang cukup lengkap. Selain menu Pengaturan, Pesan Mobil dan Konfirmasi Bayar sebagaimana fungsinya di atas tadi, ada juga menu Status Pesanan, Ulasan, Kotak Masuk, Tentang Kami, dan menu Keluar. Lantas, menu-menu tersebut fungsinya untuk apa?

Okey, saya jelaskan dengan singkat, padat dan jelas ya? Menu Status Pesanan itu berisi status pesanan kita, menu Ulasan berisi tentang ulasan mobil yang pernah kita sewa, sedangkan Kotak Masuk berisi pesan dari pihak DOcar. Selanjutnya, menu Tentang Kami berisi profil ataupun informasi tentang DOcar. Dan terakhir, menu Keluar, fungsinya tentu tak lain adalah keluar dari aplikasi. Gimana, cukup jelas kan? Pasti lah, aplikasi DOcar itu simpel dan mudah dipahami.
Dari pengalaman saya menggunakan aplikasi DOcar Sewa Mobil Online, dapat saya simpulkan bahwa aplikasi DOcar memiliki banyak kelebihan, antara lain:
  • Dengan ukuran aplikasi yang relatif kecil, sekitar 18, 39 MB, aplikasi DOcar terasa ringan dijalankan, bahkan dengan smartphone kelas menengah sekalipun. Aplikasi ini bisa diakses dengan smartphone android versi 4.0 ke atas.
  • Aplikasi DOcar sangat simpel, sehingga mudah dipahami dan dioperasikan oleh pengguna.
  • Aplikasi DOcar dapat diakses dengan cepat serta dapat dijalankan di mana saja dan kapan saja. 
  • Sistem pencarian dalam aplikasi DOcar memungkinkan pengguna memiliki banyak pilihan mobil dari berbagai jenis sesuai kebutuhan.
  • Menyewa mobil dengan aplikasi DOcar mudah dan fleksibel. Kita hanya butuh 3 tahap untuk dapat menyewa mobil: pilih, pesan, dan bayar.
  • Aplikasi DOcar mampu menampilkan mobil berbiaya sewa termurah dari berbagai partner rental mobil melalui sistem pencariannya.
  • Aplikasi DOcar memiliki fitur-fitur yang sangat bermanfaat, antara lain: akun pribadi untuk penggunaan fitur lebih terintegrasi, info mobil dengan sangat detail bahkan hingga plat nomor kendaraan, dapat mengirim pesan untuk rental yang dipilih, dapat melihat posisi mobil 30 menit sebelum penjemputan, dapat mencetak invoice, dapat menjemput sesuai lokasi yang diinginkan, serta tersedianya info sopir yang akan menjemput kita.
  • Dan lain-lain.
Nah, dengan berbagai kelebihan tersebutlah yang membuat sewa mobil online dengan DOcar menjadi sangat mudah dan begitu mengesankan. Dengan menyewa mobil secara online melalui DOcar, maka kita termasuk golongan penyewa mobil yang cerdas. Tau nggak kenapa? 

Ya karena dengan DOcar, kita akan mendapatkan 3 kehematan sekaligus: Hemat Uang, Hemat Waktu, dan Hemat Tenaga. Hemat uang, karena kita akan mendapatkan harga terbaik. Hemat waktu, karena kita tak perlu mengunjungi puluhan tempat rental mobil secara langsung untuk memilih mobil. Hemat tenaga, karena tak perlu ke sana ke mari untuk membanding-bandingkan harga.

Sayang, dengan berbagai kelebihan tersebut, hanya tersedia pilihan rating maksimal sampai dengan bintang lima saja. Rasanya untuk memberi nilai pada aplikasi DOcar ini tak cukup hanya dengan bintang lima saja. Tapi apa boleh buat, bintang lima untukmu, DOcar. Selebihnya, kau adalah bintang hatiku…
Oh ya, untuk update promo serta informasi lain tentang DOcar, jangan lupa untuk mengunjungi website resmi serta akun media sosialnya sebagai berikut:



Website
Play Store
Google Plus
Facebook
Twitter
Instagram
Google Map


















Finally, kalau menyewa mobil dengan DOcar itu terbukti hemat uang, hemat waktu dan hemat tenaga, masihkah Anda mau menyewa mobil di tempat lain? Tentu tidak kan? So, download aplikasinya sekarang juga di:
Dan selamat merencanakan perjalanan Anda bersama keluarga dengan aplikasi DOcar Sewa Mobil Online! 

***
*Referensi:
docar.co.id
** Tulisan ini diikutsertakan dalam Kontes Review Docar Sewa Mobil Solo Jogja Semarang

Anda baru saja membaca Sewa Mobil dengan Aplikasi DOcar: Hemat Uang, Hemat Waktu, dan Hemat Tenaga . Jika bermanfaat, silakan bagikan artikel ini. Dan jangan lupa, tinggalkan jejak Anda di kolom komentar. Terimakasih.

4 komentar:

  1. Wah... keren banget artikel docar nya kang,, grafis nya mantep...
    saya mau belajar boleh ?

    Semoga menang ya kang kontes nya, liat punya saya juga kang, tapi artikel nya jelek.jadi minder kalau liat artikel kangmasroer yang ini.
    http://www.ruangreview.com/2016/08/review-docar-aplikasi-sewa-mobil-online.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. Makasih Mas Afrodeka, masih belajar ini hehehee.. Siap kunjung balik mas...

      Delete
  2. Wah sekarang sewa mobilpun bisa pakai aplikasi, keren dah pokonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, keren.. sewa mobil jadi hemat uang, hemat waktu, hemat tenaga dgn aplikasi DOcar..

      Delete