Saturday, September 17, 2016

Kategori:

Jantung Sehat, Kerja Jadi Semangat, dan Rezeki pun Meningkat

Siapa yang tak pernah mendengar pepatah Latin, “Mens Sana In Corpore Sano”? Saya yakin kita semua pernah mendengarnya. Atau bahkan menjadikan slogan tersebut sebagai salah satu motto hidup kita. Pepatah Latin yang pertama kali dipopulerkan oleh Decimus Iunius Juvenalis, seorang pujangga Romawi yang hidup di abad kedua Masehi itu, kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia sering diartikan dengan “di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat". Maksudnya, jika badan kita sehat, maka jiwa kita pun jadi kuat. Sebuah ungkapan yang mengisyaratkan bahwa menjaga kesehatan memang sangatlah penting bagi setiap orang. 

Ya, kesehatan. Sebuah masalah yang sering kali diabaikan oleh manusia yang hidup di era modern sekarang ini. Terlebih bagi sebagian besar penduduk di kota-kota metropolitan yang terlalu sering menghabiskan waktunya hanya untuk bekerja saja, tanpa mau menerapkan gaya hidup sehat. Padahal, sejatinya gaya hidup sehat adalah suatu pilihan sederhana yang sangat tepat untuk dijalankan. Dengan menerapkan gaya hidup sehat, maka badan kita akan menjadi sehat. Dan kalau badan kita sehat, hari-hari kita tentu akan terasa nyaman dan menyenangkan kan?
Berbicara tentang kesehatan, salah satu kesehatan yang sangat penting untuk kita jaga adalah kesehatan jantung. Bagaimana tidak? Kematian akibat penyakit jantung di Indonesia hingga saat ini masih menduduki rangking kedua setelah cerebrovaskular atau pecahnya pembuluh darah di kepala. Jantung sendiri merupakan organ utama dalam sistem kardiovaskuler, yang fungsi utamanya adalah memompa darah ke seluruh tubuh. Adapun penyakit jantung iskemik atau penyakit arteri koroner ini terjadi ketika ada penyumbatan parsial aliran darah ke jantung. Jika aliran darah sudah benar-benar berhenti, maka terjadilah yang namanya serangan jantung.

Nah, untuk mencegah terjadinya serangan jantung, maka tak ada cara lain yang dapat kita lakukan selain menjaga kesehatan jantung. Dan sebagai upaya untuk menjaga kesehatan jantung, maka sudah tentu kita harus menerapkan gaya hidup sehat. Pertanyaannya, bagaimana menerapkan gaya hidup sehat?
Menurut beberapa ahli kesehatan, ada beberapa cara menerapkan gaya hidup sehat. Pertama, selalu mengkonsumsi makanan yang memenuhi standar kesehatan. Tentu bukan makanan cepat saji atau makanan instan yang mengandung banyak pengawet ya? Makanan yang bermanfaat bagi kesehatan jantung adalah makanan yang mengandung senyawa fitonutrien. Senyawa ini bisa kita dapatkan dari sayuran dan buah-buahan, di antaranya: kacang, biji-bijian, apel, bawang, anggur, kubis, dan buah berry. 

Kedua, olahraga. Olahraga adalah kegiatan yang mudah dilakukan tetapi banyak yang mengabaikannya. Padahal olahraga yang teratur memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk kesehatan jantung. Beberapa olahraga ringan yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan jantung adalah jalan santai, jogging, bersepeda, berenang, dan senam.

Ketiga, istirahat yang cukup. Istirahat yang cukup sangat berguna bagi kesehatan. Karena dengan istirahat yang cukup, akan memulihkan diri dari kelelahan. Selain itu, istirahat yang cukup juga akan memberikan cukup waktu bagi tubuh kita untuk mengembalikan tenaga yang telah terpakai. 

Keempat, menjadi pribadi yang kuat, dalam artian mampu mengendalikan keseluruhan aktifitas hidupnya. Di antaranya, kepribadian untuk pantang mengkonsumsi apapun yang bersifat merusak, seperti tembakau, alkohol, narkoba, makanan yang mengandung pengawet, dan lain sebagainya.

Dan yang tak kalah penting, kelima, yaitu menciptakan udara yang bersih. Udara bersih adalah udara segar yang dapat kita nikmati tanpa adanya pencemaran udara. Entah itu pencemaran karena asap kendaraan bermotor, asap rokok, maupun partikel-partikel jahat lainnya yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Udara yang bersih ini harus kita ciptakan baik di dalam rumah maupun di luar rumah. Karena, bagaimanapun udara adalah salah satu sumber kehidupan terpenting bagi manusia. Nah, sebenarnya mudahkan menerapkan gaya hidup sehat?
Melihat begitu besar manfaatnya, maka sudah seharusnya kita menjadikan gaya hidup sehat ini sebagai sebuah pilihan yang wajib dilakukan. Dengan menerapkan gaya hidup sehat, maka kita akan mendapatkan sebuah nikmat yang sangat berharga yakni kesehatan tubuh, termasuk kesehatan jantung. 

Coba sejenak kita bayangkan, ketika tubuh sedang sakit dan tak mampu melakukan hal apapun, betapa banyaknya waktu yang terbuang sia-sia kan? Kondisi sakit juga akan memaksa kita berhenti melakukan pekerjaan sehari-hari. Bahkan, kita juga harus rela mengeluarkan uang untuk biaya mengobati penyakit dan berbagai pengeluaran yang lain.
Lain halnya, jika jantung dan anggota tubuh lainnya sehat, maka kita pun akan merasakan semangat dalam melakukan pekerjaan. Kualitas kerja juga akan meningkat menjadi lebih baik, sehingga secara tidak langsung akan menambah pemasukan. Kenapa bisa? Tentu bisa, karena dengan jantung serta anggota tubuh lainnya yang sehat, sudah pasti kita akan dapat melakukan lebih banyak aktivitas sebagai upaya untuk menjemput rezeki. 

Tubuh yang sehat juga menjadikan kita hemat waktu, karena dengan tubuh yang sehat, seluruh pekerjaan tidak akan menumpuk dan bisa berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditargetkan sebelumnya. Selain itu, dengan tubuh yang sehat, kita juga akan selalu dapat menghabiskan waktu luang untuk berkumpul dengan orang-orang yang kita sayangi. Tak hanya itu, kita juga akan mempunyai lebih banyak kesempatan untuk berbagi dengan sesama. Ah, betapa indahnya hidup ini. Jadi, masihkah enggan menerapkan gaya hidup sehat? Semoga tidak.

***

*Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Gaya Hidup Sehat untuk Jantung Sehat

Anda baru saja membaca Jantung Sehat, Kerja Jadi Semangat, dan Rezeki pun Meningkat . Jika bermanfaat, silakan bagikan artikel ini. Dan jangan lupa, tinggalkan jejak Anda di kolom komentar. Terimakasih.

0 komentar:

Post a Comment