Wednesday, September 7, 2016

Kategori:

Liburan Impian ke Mana Saja, dengan Tixton akan Jadi Nyata

Harus kita akui, bahwa kebutuhan hidup manusia memang teramatlah banyak. Dan untuk memenuhinya, maka mau tidak mau kita harus bekerja. Namun, karena dibayang-bayangi oleh segudang kebutuhan, sering kali kita lupa untuk mengistirahatkan diri, bukan? Sehingga tak jarang, karena kesibukan kerja, banyak di antara kita yang mengalami stres. Alangkah mengerikannya, jika kita menjadi tua hanya dengan kenangan masa muda yang hanya berisi aktivitas sehari-hari yang membuat kita stres.

Padahal, sebenarnya ada cara jitu yang cukup ampuh untuk mencegah dan menghilangkan stres loh. Apa coba? Ya, apa lagi kalau bukan liburan? Iya, liburan, sebuah kata yang hampir semua orang pasti suka jika mendengarnya. Bagaimana tidak? Liburan memang sangatlah menyenangkan. Dan tak hanya itu, terbukti liburan memang cara yang tepat untuk mengusir kejenuhan dan kepenatan karena aktivitas sehari-hari.
Berbicara tentang liburan, hampir bisa dipastikan semua orang mempunyai liburan impian. Namanya juga liburan impian, tentu saja bukan sekedar liburan ke tempat wisata yang berjarak 2 sampai 3 jam saja dari tempat tinggal kita. Akan tetapi, kita juga pasti punya sebuah impian berlibur ke luar kota nun jauh di sana. Sebagaimana saya, yang juga mempunyai sebuah liburan impian, menjelajah Sumbawa!
Mungkin ada yang bertanya, apa alasan saya memilih Sumbawa sebagai destinasi liburan impian? Jawabnya sangatlah sederhana, yaitu cinta. Ya, saya cinta dengan Sumbawa. Tak bisa dipungkiri, cinta memang unik, bisa datang kapan saja dan di mana saja. Cinta juga tak membutuhkan alasan. Saya cinta Sumbawa bukan karena punya garis keturunan Sumbawa. Bukan juga karena pernah menyaksikan pesona keindahan alam serta ragam budayanya. Bahkan, menjejakkan kaki di daerah yang berjuluk Tana Samawa ini pun belum pernah saya lakukan. Lantas?

Kecintaan saya pada Sumbawa berawal dari sebuah lomba menulis tentang Sumbawa, yang salah satu temanya adalah tentang destinasi wisatanya. Berangkat dari lomba itulah, saya mencari referensi tentang tempat-tempat wisata di Sumbawa. Hingga akhirnya, tak terasa saya sudah jatuh cinta pada Sumbawa. Dan karena cinta itu juga, saya memberanikan diri untuk bermimpi berlibur ke Sumbawa untuk mengagumi dari dekat segala pesona keindahannya.
Jika membahas tentang Sumbawa, kiranya kita tak perlu mempertanyakan tentang keindahahan wisata alamnya. Karena memang setiap destinasi wisata di Tana Samawa ini, keindahannya tak bisa digambarkan dengan kata-kata. Untuk membuktikannya, kiranya kita perlu berkunjung ke pantai Saliper Ate. Saliper berarti penyejuk, dan Ate berarti hati. Sesuai dengan namanya, pantai Saliper Ate berarti pantai yang dapat menyejukkan hati pengunjungnya. Pantai ini terletak sekitar 5 km di sebelah barat kota Sumbawa Besar. Lokasinya yang mudah dijangkau dengan transportasi darat, membuat pantai ini menjadi obyek wisata pertama yang harus saya kunjungi jika datang ke Sumbawa.
Pantai Saliper Ate, penenang hati di Sumbawa (Source: here)

Pantai yang tak kalah indah selanjutnya adalah pantai Kencana. Jaraknya sekitar 11 km dari Kota Sumbawa Besar. Dengan bentuk pantai yang melengkung dan di kedua ujung lengkungannya masing-masing mempunyai rona tersendiri membuat panorama pantai ini sangat menawan. Terlebih, di lengkungan bagian kanannya berdiri batu karang dengan lubangnya yang setiap saat dihalau oleh ombak. Di sekitar pantai juga tersedia fasilitas-fasilitas wisata berupa cottage dengan bentuk bangunan khas daerah Sumbawa. 
Panorama Pantai Kencana yang memanjakan mata (Source: here)

Destinasi yang juga tak boleh terlupakan ketika saya mengunjungi Sumbawa adalah Pulau Moyo (Moyo Island). Pulau Moyo terletak di sebelah utara Sumbawa, di depan teluk Saleh. Pulau dengan luas kurang lebih 30 hektare ini menyimpan sejuta pesona yang tergambar di berbagai obyek wisatanya yang sangat menarik. Salah satunya, adalah air terjun bertingkat yang akan memanjakan mata setiap pengunjungnya.
Pulai Moyo yang menyimpan sejuta pesona (Source: here)

Jika datang ke pulau Moyo, saya juga tak boleh melewatkan pantai Ai Manis. Pantai berpasir putih yang terletak di daratan pulau Moyo ini mempunyai pemandangan bawah laut yang sangat indah dengan terumbu karang dan tropikal fish-nya yang menawan. Dilengkapi dengan hutan tropis yang ada disekitarnya, menjadikan Ai Manis ini sangat cocok bagi kegiatan camping dan snorkling. Dari Ai manis, kita juga dapat menyaksikan eksotisme tenggelamnya matahari (sunset). Ai Manis ini dapat ditempuh lebih kurang 30 menit dengan speed boat dari Ai Bari, kecamatan Moyo Hilir. 
Pantai Ai Manis yang eksotis (Source: here)

Destinasi wisata alam selanjutnya adalah Liang Petang. Yaitu sebuah gua alam yang di dalamnya terdapat batu yang mirip manusia, balai-balai (pantar), alat tenun, dan juga dipenuhi stalagnit dan stalagtit yang eksotis. Letaknya di desa batu Tering, kecamatan Moyo Hulu dengan jarak 29 km dari kota Sumbawa Besar. Tidak jauh dari gua ini terdapat pula gua kelelawar atau yang sering dikenal dengan Liang Bukal.
Panorama alam di Teluk Saleh (Source: here)

Satu lagi yang tak boleh dilewatkan adalah wisata alam Teluk Saleh (Saleh Bay). Teluk Saleh merupakan gugusan berpasir putih dengan koralnya yang indah dan beraneka ragam ikan hias. Dari Teluk Saleh ini, kita juga dapat menyaksikan dengan jelas Gunung Tambora yang mempunyai kawah (Caldera) terluas di dunia.

Selain tempat-tempat wisata tersebut, masih banyak lagi obyek wisata lain di Sumbawa. Rasanya tak cukup sebuah buku tebal untuk menggambarkan sejuta pesona keindahannya. Sejuta pesona itulah yang juga menjadikan Sumbawa layak untuk dijadikan sebagai sebuah destinasi liburan impian.
Impian untuk mengunjungi tempat berlibur idaman seperti Sumbawa ini memang terkesan mengasyikkan. Namun, seringkali impian itu harus berakhir dengan kekecewaan karena terkendala berbagai hal. Ya, banyak rencana liburan kita yang harus batal, entah karena jadwal ataupun rancangan biaya yang terlalu mahal. Iya kan? Nah, untuk itu kita perlu beberapa persiapan agar rencana liburan berjalan lancar tanpa harus berakhir dengan kekecewaan. Penasaran apa saja?
Pertama adalah biaya. Kita perlu mengalokasikan biaya secukupnya untuk kebutuhan berlibur. Caranya adalah mempersiapkan dengan detail biaya selama liburan, termasuk biaya-biaya tidak terduga. Jangan sampai, liburan impian justru menjadi mimpi buruk bagi kita karena salah memprediksi biaya selama liburan yang membengkak. 

Kedua, jadwal perjalanan. Jangan sampai waktu terbuang percuma dan rencana liburan impian jadi berantakan. Jika jadwal liburan berantakan, sudah pasti akan menambah pengeluaran kita. Jadi, usahakan membuat jadwal secukupnya dan disesuaikan dengan kondisi yang ada. Kalau saya sendiri, lebih memilih jadwal liburan impian dilaksanakan pada saat akhir tahun yang bertepatan dengan liburan akhir semester sekolah. Sehingga tidak mengganggu aktivitas mengajar sehari-hari.

Ketiga, destinasi. Penentuan destinasi wisata ini merupakan hal yang penting. Untuk itu, kita perlu berselancar di internet untuk mengetahui sarana dan prasarana di tempat wisata tersebut. Tujuannya tak lain agar kita tidak merasa rugi. Kemudian setelah mengetahui secara detail tentang destinasi yang ingin dituju, yang terakhir adalah mencari informasi tentang akomodasi di tempat berlibur, seperti transportasi, tempat makan, dan yang paling penting adalah penginapan.

Nah, berbicara tentang penginapan itu memang gampang-gampang susah. Gampangnya, karena saat ini hampir di semua tempat yang dekat dengan wisata bisa ditemui jasa penginapan hotel. Susahnya, karena semuanya menawarkan fasilitas yang hampir sama dengan harga yang bersaing. Hal tersebut tentu membuat kita semakin bingung dalam menentukan pilihan. Tapi itu dulu. Sekarang, istilah gampang-gampang susah ini rasanya sudah tidak berlaku lagi. Yang ada sekarang adalah gampang-gampang saja. Lho kok bisa? Bisa dong, kan ada Tixton?
Sudah kenal dengan Tixton kan? Pasti sudah ya? Tapi kalau belum, bolehlah saya kenalkan. Tixton adalah penyedia layanan kamar hotel online yang akan membuat liburan impian menjadi kenyataan. E-commerce ini akan membantu kita untuk menemukan hotel dengan harga terbaik (bisa dibaca: termurah). Caranya adalah dengan mempertemukan secara online antara partner-partner penyedia jasa pengelola hotel dengan calon penyewa kamar yang ingin mendapatkan kamar hotel sesuai pilihan. Tapi, kenapa harus Tixton? Ya sudah pasti karena keunggulan-keunggulan yang dimilikinya.
Pertama, dengan teknologi SSL yang digunakannya, Tixton memastikan privasi dan transaksi online yang kita lakukan akan aman dan terlindungi. Kedua, Tixton menjamin perlindungan kartu kredit kita. Karena untuk memproses pembayaran kita, Tixton bekerjasama dengan Braintree Payments, sehingga Tixton tidak perlu menyimpan informasi kartu kredit kita. 

KetigaTixton memiliki Program Perlidungan Pembeli sebagai perlindungan tambahan. Meski sebenarnya sebagian kamar hotel di Tixton berasal dari pihak yang menjual kamar hotel karena pembatalan. Sehingga dengan proses verifikasi yang ketat, Tixton memastikan semua proses check-in akan berjalan lancar. Namun, jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, dengan program perlindungan pembeli yang dimilikinya, kita bisa menghubungi pihak Tixton di nomor hotline (+65) 3163-2061 atau (+62) 812-3952-3295.

Keempat, dengan memasukkan nama hotel dan tanggal yang kita inginkan ke Travel Wish, Tixton dapat memberikan diskon s/d 20% untuk harga hotel yang akan kita sewa. KelimaTixton selalu menampilkan harga jujur, yakni harga total per malam tanpa biaya transaksi tambahan, pajak dan biaya tersembunyi lainnya. 

Dan keenam, proses booking melalui Tixton sangat mudah dan intuitif, yang tentu akan memberikan kenyamanan kepada calon pembeli. Termasuk ketika karena suatu hal, sehingga kita harus membatalkan sewa kamar hotel kemudian melakukan penjualan, kita hanya perlu mengisi 1 halaman formulir dan sisanya ditangani oleh Tixton.
Caranya sangatlah mudah! Kita tinggal membuka situs Tixton di www.tixton.com. Kemudian untuk menggunakannya, kita harus registrasi atau melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Caranya dengan masuk ke menu Daftar yang ada di pojok kanan atas. Pendaftaran Tixton bisa dilakukan dengan email ataupun menggunakan akun Facebook kita. Setelah itu, kita tinggal mengisi dan melengkapi biodata yang ada, kemudian klik Daftar. Langkah terakhir yaitu buka email dan melakukan konfirmasi pendaftaran dengan cara mengklik tautan yang tersedia. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat cara pendaftaran yang saya lakukan sebagaimana pada gambar berikut ya?
Nah, untuk merencanakan liburan impian, kita mulai dengan log in ke Tixton. Caranya klik menu Masuk yang ada di samping menu Daftar. Isikan email dan password ataupun masuk dengan akun Facebook yang sudah terhubung dengan Tixton. Setelah itu, kita bisa langsung mencari hotel di menu Cari Hotel untuk Singgah.

Jika menginginkan harga hotel termurah, kita bisa mencarinya dengan cara masuk ke menu Travel Wish. Isikan informasi Travel Wish, kemudian klik Buat Travel Wish. Selanjutnya, setelah Travel Wish berhasil dibuat, biarkan Genie (mesin pencari hotel dari Tixton) yang bekerja. Kita tinggal menunggu pemberitahuan dari Tixton via email. Langkah yang lebih jelas bisa dilihat di gambar berikut, okey?
Setelah Genie menemukan kamar yang cocok dengan yang kita inginkan, kita akan mendapat email dari Tixton. Klik saja tautan Lihat Pilihanku yang ada di dalam email. Maka kita langsung akan diantar ke halaman Tixton yang berisi beberapa hotel yang sesuai dengan kriteria kita. 

Untuk melihat hotel lebih jelas, klik saja Lihat Detail. Dan jika sudah cocok, maka langsung saja klik Pesan Sekarang. Kemudian isikan Detail Tamu, dan klik Lanjut ke Pembayaran. Cek sekali lagi Detail Reservasi kita, kemudian kita tinggal melakukan pembayaran hotel sesuai pilihan metode pembayaran. Setelah pembayaran diterima, Tixton akan mengirimkan e-voucher hotel ke e-mail kita dalam 60 menit. Langkah lengkapnya bisa dilihat di gambar berikut.
Gampang kan? Tentu, Tixton gitu loh. Oleh karenanya, rencanakan liburan impian Anda sekarang juga. Dan jangan lupa pesan kamar hotel sebagai tempat singgah selama berlibur dengan Travel Wish Tixton. Mumpung saat ini sedang ada Promo Wisata Tixton!

Dengan promo Wish Akhir Tahun Tixton ini, kita berkesempatan untuk memenangkan tiket pesawat untuk 2 orang ke airport terdekat dari hotel tujuan kita. Tak hanya itu, kita juga akan mendapatkan uang tunai Rp 5.000.000 sebagai uang saku selama perjalanan! Periode perjalanannya adalah 1 Desember 2016 sampai 28 Februari 2017, dengan satu pemenang diundi setiap bulannya. 
Gimana, tertarik kan? Pastinya ya? Nah, bagaimana cara mengikuti promo Wish Akhir Tahun Tixton ini? Caranya sangatlah mudah. Kita hanya cukup membeli hotel yang ditawarkan di fitur Travel Wish Tixton selama periode tanggal 15 Agustus sampai 14 November 2016. Jadi, jangan ditunda-tunda lagi, rencanakan liburan akhir tahun Anda sekarang juga dengan membuat Travel Wish Tixton. Oh ya, untuk update promo serta informasi lainnya, Anda bisa mengunjungi Tixton Blog, fanspage facebook Tixtonasia, twitter @tixtonasia, serta instagram @tixtonasia.

Oke, karena sekarang Anda sudah kenal dengan tixton, cukup sekian cerita liburan impian saya ya? Terimakasih banyak sudah berkenan membaca tulisan yang panjang lebar ini. Mudah-mudahan bermanfaat. Aamiin. Sebagai penutup, ada beberapa pantun untuk kita semua:

Kalau tamasya ke pulau Sumbawa
Jangan lupa ke pantai Kencana
Liburan impian ke mana saja
Dengan Tixton akan jadi nyata

Saliper Ate penyejuk hati
Pantai Ai Manis manjakan mata
Janganlah kamu menunda lagi
Buat Travel Wish sekarang juga

Finally, mari merencanakan liburan impian dan membuatnya menjadi kenyataan dengan Tixton!

***

*Referensi:
www.tixton.com
www.kangmasroer.com/2016/07/eksotisme-wisata-modal-sumbawa-hebat.html
www.youtube.com/watch?v=g87K4tBCeQM
*Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog “Liburan Impian” Tixton.com

Anda baru saja membaca Liburan Impian ke Mana Saja, dengan Tixton akan Jadi Nyata . Jika bermanfaat, silakan bagikan artikel ini. Dan jangan lupa, tinggalkan jejak Anda di kolom komentar. Terimakasih.

2 komentar:

  1. Weh...ke Sumbawa ya....Welcome to Sumbawa deh....semoga terkabul...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, tunggu aku Sumbawa.. hehehee.. Makasih kunjungannya ya?

      Delete