Monday, October 31, 2016

Kategori:

Semakin Harmonis dan Semakin Romantis Bersama Catfiz

Nggak terasa ya, jaman sudah semakin modern aja?  Cara untuk berkomunikasi dengan orang lain juga semakin bervariasi dan beragam bentuknya. Kalau dulu masih sebatas menggunakan SMS untuk berkirim pesan, atau MMS untuk berkirim gambar dan suara, kini dunia komunikasi sudah diramaikan dengan puluhan bahkan ratusan aplikasi chatting berbasis internet.

Memang tak bisa dipungkiri, hadirnya ratusan aplikasi chatting sebagai bagian dari arus globalisasi ini ibarat pedang bermata dua. Iya kan? Di satu sisi bisa menjadi berkah, di sisi lain bisa menghadirkan musibah. Menjadi berkah karena keberadaannya sangatlah membantu kehidupan manusia. Tak terhitung banyaknya manfaat aplikasi chatting yang bisa kita rasakan. Sebagai contoh, adalah sebagai ajang promosi dalam bisnis, akses informasi dan komunikasi yang super cepat, kemudahan berkirim pesan, baik teks, gambar, maupun suara. Dan masih banyak lagi dampak positif yang bisa kita rasakan.

Namun, di balik keberkahannya, aplikasi chatting itu juga bisa memunculkan dampak negatif yang sedemikian besar, sehingga menjadikan musibah bagi penggunanya dan orang lain. Munculnya tindak kejahatan, penculikan, penipuan, perselingkuhan dan tindak kriminal lainnya tak jarang juga bermula dari aplikasi chatting kan? Nah, dengan fenomena itu, maka sudah menjadi kewajiban kita untuk bijak dalam memilah dan memilih, serta menggunakan aplikasi chatting. Ya nggak? 

Oh ya, berbicara tentang aplikasi chatting, sudah pernah mendengar tentang Messenger Catfiz belum? Kalau belum, berarti rasa nasionalisme-mu sedikit patut dipertanyakan. 
Lho kok bisa, apa hubungannya Catfiz dengan nasionalisme?

Ya, karena kebanyakan kalau kita berbicara tentang pengembang teknologi komunikasi, termasuk aplikasi chatting, biasanya kan yang terbersit di dalam pikiran adalah aplikasi-aplikasi chatting buatan luar negeri? Padahal, sebenarnya ada loh aplikasi chatting karya anak bangsa yang tak kalah hebat dari aplikasi chatting produk asing.

Emm, maksudnya, Catfiz itu aplikasi chatting dari Indonesia ya Mas?
Yap, Kamu benar! Aplikasi Catfiz itu dikembangkan oleh perusahan dari Surabaya, yaitu PT. DuniaCatfish Kreatif Media. Nama Catfiz sendiri konon dipilih karena beberapa alasan. Kata ‘Catfiz’ yang memang identik dengan istilah bahasa Inggris ‘Catfish’ yang berarti ikan lele merupakan ikan favorit Pak Mochammad Arfan, Direktur Utama Catfiz. Ikan lele sendiri adalah ikan yang gampang dikembangbiakkan di semua tempat di Indonesia. Harapannya tentu tak lain, dengan nama tersebut, aplikasi ini dapat dikembangkan dengan mudah, khususnya di Indonesia.

Aplikasi Catfiz sendiri mulai dirilis di Playstore pada tanggal 10 November 2012 silam. Pemilihan tanggal tersebut tentu juga bukannya tanpa alasan. Semua tahu bahwa tanggal 10 November kita peringati sebagai Hari Pahlawan. Nah, dengan menggunakan Catfiz, maka secara tidak langsung akan meningkatkan rasa nasionalisme kita, karena mengingatkan kita pada salah satu hari bersejarah bagi bangsa Indonesia. Iya kan? Nah, makanya, sebagai bukti warga negara yang punya rasa nasionalisme yang tinggi, yuk kita kenali aplikasi karya anak bangsa ini.

Yuk! Jadi pingin tau nih, seperti apa sih Catfiz itu? 

Sebagaimana aplikasi chatting lainnya, Catfiz bisa mengirimkan pesan, voice note, pesan berbentuk video, dan sticker. Aplikasi Catfiz juga menyediakan fitur untuk update status, saling berkomentar, membuat grup untuk saling berbagi antar anggota grup. Ya, pokoknya seperti aplikasi chatting lainnya gitu.

Lah terus, apa yang membuat aplikasi Catfiz ini berbeda dari aplikasi lainnya? 

Hehehe, penasaran aja atau penasaran banget? Oke deh, aku kasih tau. Pertama, aplikasi Catfiz ini ukurannya relatif kecil jika dibanding aplikasi chatting lainnya, yakni hanya 5,57 MB saja. Sehingga akan terasa sangat ringan untuk dioperasikan. Bahkan untuk smartphone kelas bawah sekalipun, selama menggunakan platform android versi 3.0 ke atas. Kedua, tampilan aplikasi ini user friendly, yakni menarik untuk dilihat, mudah dipelajari dan dioperasikan. Dan ketiga, Catfiz mempunyai beberapa fitur unggulan yang membedakan Catfiz dari aplikasi chatting lainnya.

Emang apa saja fitur unggulannya?

Oke, akan aku jelaskan. Tapi sebelumnya, download aplikasi Catfiz di smartphonemu dulu ya? Caranya sangat mudah. Lihat saja di gambar berikut.
Nah, setelah mendownload aplikasinya, untuk dapat menggunakan Catfiz, kita harus melakukan registrasi. Setelah registrasi selesai, baru kita akan mendapatkan NIC (Nomor Identitas Catfiz) yang terdiri dari 10 digit unik, serta Qr Code. Sekarang, buka Catfizmu dan simak baik-baik penjelasan tentang fitur-fitur unggulannya.
Namanya juga aplikasi chatting, kalau tidak punya teman mau chatting dengan siapa coba? Hehee.. Nah, untuk menambahkan teman, kita bisa melakukannya dengan memindai Qr Code yang dimiliki teman kita. Alternatif lain adalah dengan memasukkan nomor telepon atau user name akun Catfiznya.
Jadi, kalau belum berteman tidak bisa berkirim pesan ya?

Iya lah. Jika belum berteman, maka kita tidak bisa melakukan Chat Catfiz. Sepertinya memang ribet, tapi sebenarnya inilah salah satu keunggulan Catfiz. Dengan metode penambahan teman seperti itu, maka kita hanya akan memiliki teman yang benar-benar kita kenal dan dekat dalam kehidupan kita. Sehingga memungkinkan kita terhindar dari spam yang dikirimkan oleh orang-orang yang tidak kita kenal sebagaimana dalam aplikasi chatting lainnya.

Wah, cocok sekali nih.. Jadi, aplikasi chatting yang dulu itu aku hapus saja ya? Soalnya beberapa waktu yang lalu, aku itu diteror oleh akun-akun nggak jelas. Ada yang minta kenalan, minta ketemuan, minta ini itu.. Padahal, aku kan udah menikah!!
Kamu punya banyak teman kan? Entah itu teman sesama alumni SD, SMP, SMA, atau teman kuliah? Jumlahnya berapa kalau boleh tau?

Ya banyak lah, teman SMA saja kalau satu angkatan ya hampir 500 an.. Emang kenapa?
Nah, kalau begitu, aplikasi Catfiz ini memang tepat sekali buatmu. Jika kita memakai Catfiz, meeting via chat bersama teman kantor atau reuni dengan sahabat satu sekolah bisa makin seru. Sebab, jangankan 500, kita bisa memasukkan 2.000 user sekaligus dalam satu grup Catfiz. Jumlah yang sulit kita dapatkan jika kita menggunakan aplikasi chatting lainnya. Iya kan?
Masih berhubungan dengan banyaknya user yang bisa ditampung dalam satu grup tadi, instant messenger ini juga mengusung Quote Chat. Dengan fitur ini, kita bisa mengutip chat user lain, ataupun chat kita sendiri untuk dijawab atau ditambahkan secara khusus. Dalam komunikasi teks, fitur ini tentu akan sangat membantu untuk memahami chat mana yang sedang direspons. Sehingga tidak akan terjadi yang namanya gagal faham ketika chatting dalam sebuah grup.
Wah, jadi ingat kemarin, Mas.. saat chatting bareng-bareng di grup chat, tiba-tiba temenku keluar dari grup. Setelah ditanyakan pada yang bersangkutan, ternyata dia merasa tersungging.. Eh, tersinggung.. Usut punya usut, ternyata dia gagal faham dengan obrolanku dengan teman-teman..
Oh ya, apa sih yang dimaksud fitur Fizzlink?

Fizzlink adalah cloud storage bawaan Catfiz yang berkapasitas 500 MB. Fizzlink ini akan mempermudah kita untuk membagikan file ke pengguna Catfiz lainnya. Jadi, kita tak perlu men-switch aplikasi lain demi sekedar menyalin link file dari layanan cloud yang kita pakai. Hebat kan?
Masih tentang berbagi, jika di beberapa aplikasi chatting biasanya cuma diperbolehkan berbagi kiriman file seperti gambar, audio, atau dokumen, maka Catfiz bisa mengirim file apa saja. Bahkan fitur pesan Catfiz memungkinkan kita berbagi file dengan ukuran hingga 500 MB! File tersebut juga akan terus tersimpan dan bisa diakses di mana saja, tanpa harus mengupload berulang kali. Menariknya lagi, file yang bahkan tak bisa dibuka oleh aplikasi mobile pun bisa dilampirkan untuk kemudian dikirim ke teman Catfiz kita. Semakin manarik lagi, ketika kita mendapat kiriman pesan berupa video, kita bisa melihatnya tanpa mendownloadnya.
Wah, keren banget, Mas.. Oh ya, update statusnya gimana?

Loh, kamu kan sudah menikah!! Emang mau update status jadi apa?

Maksudnya update status dan saling mengomentari di Catfiz, Maaass...
Mirip seperti aplikasi chatting lainnya, Catfiz juga mengizinkan penggunanya untuk mempublikasikan status buatannya. Tak hanya itu, teman Catfiz kita pun boleh mengomentari, memberikan like, hingga meng-quote comment yang ada di status kita. Dengan fitur Catfiz ini, maka kehidupan sosial kita di dunia maya pun dijamin lebih seru dan lebih akrab.

Sip dah kalau begitu.. Oh ya, kira-kira kalau Catfiz digunakan untuk ajang promosi bisnis bisa nggak ya?

Bisa banget!!
Fitur Broadcast ini digunakan untuk menyebarkan informasi mengenai apa saja ke banyak teman Catfiz sekaligus. Bisa berupa produk barang dan jasa bagi Catfizer yang menggeluti dunia bisnis. Ataupun berupa informasi penting yang akan bermanfaat bagi teman-teman Catfiz. Namun, patut diingat ya, jika ingin broadcast message tentang informasi, pastikan dulu kebenarannya?
Iya, pastilah Mas.. Aku kan termasuk pengguna aplikasi chatting yang bijak? Hehee..

Oh ya, satu lagi yang harus kamu ketahui, aplikasi Catfiz ini gratis selamanya. Iya, selamanya, kayak cintaku padamu...

Halah, gombal.. pasti ada maunya..
Dan begitulah akhir kisah obrolan saya dengan si istri beberapa waktu yang lalu. Kami bercanda ria sambil saling menggoda mesra. Sejak saat itu, kami sepakat untuk menggunakan Catfiz sebagai media utama dalam berkomunikasi ketika kami tidak sedang bersama. Sesekali, ketika saya sedang istirahat di tempat kerja, dan dia sedang di rumah, saya sempatkan untuk menyapa atau sekedar “BLITZ!!!”. Dan terbukti, hubungan kami semakin harmonis dan semakin romantis bersama Catfiz. Kalian ingin seperti kami? Yuk, pakai Catfiz!



*Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Nulis Artikel Catfiz Messenger


Anda baru saja membaca Semakin Harmonis dan Semakin Romantis Bersama Catfiz . Jika bermanfaat, silakan bagikan artikel ini. Dan jangan lupa, tinggalkan jejak Anda di kolom komentar. Terimakasih.

9 komentar:

  1. Juara ini mah....Keren Animasinya,....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... doanya mas desainer biasanya mustajab heheee..
      Makasih kunjungannya Mas?

      Delete
  2. Keren ulasannya .. :)

    Mau nambahin deh .. chat bisa meski ga berteman tapi harus tau no hp/ id catfiz nya (ttp gga sembarangan)
    Hanyasaja chat semacam ini ga bisa bertukar file / fizzlink .. :) ;)

    Add me on catfiz @bintang_mentari .. maturnuwun ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kunjungannya.. setahu saya, sekarang kok gak bisa ya kirim pesan kalo blm berteman..
      Oke, nanti di add..

      Delete
  3. Allhamdulillah bisa juara. Terus berkreasi ya mas :)

    ReplyDelete