Saturday, November 5, 2016

Kategori: ,

Mau Tau Alasan Saya Ngeblog? #SayaNgeblogKarena

Entah disadari atau tidak, meski Hari Blogger Nasional 2016 sudah berlalu, tapi semarak dan gebyarnya masih terasa hingga sekarang. Terbukti, masih banyak event-event dalam rangka merayakan hari spesial bagi para blogger ini. Salah satunya adalah event yang melatar belakangi dipostingnya tulisan ini. Ya, apalagi kalau bukan Blog Competition #HariBloggerNasional2016 yang digagas oleh @bloggercampid.

Oh ya, ngomong-ngomong tentang aktivitas blogging, kira-kira apa alasan Anda menjadi blogger? Tentu, jawabannya bermacam-macam ya? Saya sendiri, kalau ditanya apa alasan saya ngeblog, jawabnya susah-susah gimana gitu.
Susah-susah gimana itu maksudnya susah diungkapkan dengan kata-kata ya?

Yap, begitulah kira-kira. Secara sejak mulai ngeblog di tahun 2010 silam, saya itu memang tidak punya motif apa-apa untuk menjadi seorang blogger. Awalnya sih dulu cuma coba-coba membuat blog, kemudian mulai posting, eh lama-lama kok mulai jatuh cinta. Sedangkan yang namanya cinta, katanya tidak butuh alasan. Bener nggak sih?

Kasih tau nggak ya? *Mikir* Tapi kok bisa jatuh cinta sih?

Sebagaimana pepatah Jawa, “Witing tresno jalaran seko kuliner” (ups, maksudnya kulino), mungkin karena terbiasa saja sehingga membuat saya jatuh cinta dengan yang namanya ngeblog. Selain sebagai ajang berbagi sedikit ilmu dan pengetahuan kepada beberapa teman, niat awal saya untuk ngeblog itu dulu juga sebagai media pembelajaran bagi anak-anak didik saya di sekolah. Jadi, dulu saya lebih sering posting artikel-artikel yang berisi materi pelajaran yang saya ajarkan di sekolah. Begitu ceritanya.
Oh, gitu ya? Tapi kok bisa bertahan sampai sekarang? Apa nggak jenuh?

Aktivitas apa saja pasti ada titik jenuhnya kan? Dulu sempat jenuh juga, bahkan sering. Semangat ngeblog itu, menurut saya mirip seperti iman di dalam hati manusia, yazid wa yanqush, kadang bertambah kadang berkurang. Kalau pas semangatnya tinggi, hampir setiap hari posting. Tapi giliran nggak punya semangat, beberapa minggu, bahkan beberapa bulan tidak ada satupun artikel yang terposting.

Tapi, alhamdu lillah, sejak awal tahun 2016 sampai dengan detik ini, semangat ngeblog saya sudah mulai stabil. Tidak labil lagi seperti tahun-tahun sebelumnya. Tentu, hal ini karena beberapa alasan yang sebagian justru saya sadari belum lama ini. Setidaknya, ada lima alasan yang membuat saya masih ngeblog hingga hari ini. Mau tau nggak apa alasannya? Mau ya? Mau dong... *Maksa*

Pertama, karena saya ingin tetap menulis. Ini terinspirasi dari kata-kata bijaknya Pak Pramoedya Ananta Toer, seorang sastrawan besar yang pernah dimiliki negara kita. Katanya, "Menulislah, karena tanpa menulis engkau akan hilang dari pusaran sejarah". Nah, demikian juga saya yang tak ingin hilang dari pusaran sejarah, maka saya juga menulis dengan cara mempostingnya di blog. Secara, mau menulis buku juga belum mampu, hehehe.
Kedua, saya ingin tetap menjadikan blog sebagai salah satu media pembelajaran. Bagi saya, ini sangat penting. Karena kalau kita ketahui, remaja-remaja zaman sekarang lebih termotivasi untuk berkeliaran di dunia maya. Nah, dari pada mereka membuka situs-situs yang tidak jelas, alangkah lebih baiknya jika mereka membuka blog kita yang berisi materi pelajaran. Iya kan?

Ketiga, saya ingin tetap mendapatkan ilmu. Hal ini tentu bisa dipahami ya? Karena setiap blogger pasti punya minat yang besar terhadap aktivitas yang bernama membaca sebagai salah satu upaya untuk mencari sebuah inspirasi. Ya nggak? Nah, bagi saya, selain untuk mendapatkan inspirasi, dengan membaca kita juga akan mendapatkan ilmu yang luar biasa banyaknya. Masih ingat kan, slogan waktu SD dulu, “Membaca adalah jendela ilmu pengetahuan”?
Keempat, saya ingin tetap berbagi. Berbagi apa saja: ilmu, pengalaman, tips, informasi, dan hal-hal positif lainnya yang bermanfaat bagi orang lain. Saya masih ingat pelajaran agama waktu mengenyam bangku sekolah dulu. Katanya, “Sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya”. Dengan berbagi melalui posting blog, saya berharap sedikit banyak akan memberi kemanfaatan bagi orang lain.

Kelima, karena saya ingin mendapatkan tambahan penghasilan. Dan terbukti, sedikit banyak blog itu memang menghasilkan. Entah itu dari hasil iklan Mbah Google, yaitu Google Adsense, maupun hasil dari lomba blog. Ya, meskipun hasilnya tak sebesar para mastah yang sudah malang melintang di dunia lomba blog, tapi lumayan lah disyukuri saja buat tambahan penghasilan.
Nah, itulah lima alasan saya sehingga masih ngeblog sampai saat ini. Anda tentu juga punya alasan tersendiri untuk tetap ngeblog kan? Apapun alasannya, aktivitas kita tak jauh beda: buat entri baru, kemudian publikasikan. Selamat ngeblog ya? Salam..


***
*Tulisan ini diikutsertakan untuk meramaikan Blog Competition #HariBloggerNasional2016 @bloggercampID

Anda baru saja membaca Mau Tau Alasan Saya Ngeblog? #SayaNgeblogKarena . Jika bermanfaat, silakan bagikan artikel ini. Dan jangan lupa, tinggalkan jejak Anda di kolom komentar. Terimakasih.

6 komentar:

  1. Selalu saja ada hal unik disini....Tetep semangat sang juara...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih, pokoke ngeblog.. hehehee...

      Delete
  2. Kalo aku, aku ngeblog karena aku suka baca Mas, suka main komputer juga, sama karena ada uangnya ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, salah satu motivasi tersendiri itu Mas.. sukses selalu ya Mas ngoblognya?

      Delete
  3. Sing penting Joget sambil ngeblog :) mas...

    ReplyDelete
  4. Kebalik jeng, yg penting ngeblog sambil joget hehee

    ReplyDelete