Kategori: , ,

Contoh Aplikasi Pengolahan Nilai Kurikulum 2013 Revisi Terbaru (2016)

Pemerintah mengeluarkan kebijakan tentang Kurikulum 2013 yang diimplementasikan secara bertahap mulai tahun pelajaran 2013/2014. Sebagaimana kita ketahui bersama, Kurikulum 2013 menerapkan pembelajaran berbasis aktivitas, yang diharapkan akan menghasilkan insan Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif, dan afektif melalui penguatan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang terintegrasi. Hal ini berimplikasi pada pelaksanaan penilaian yang meliputi penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan, yang dilakukan menggunakan berbagai cara, antara lain observasi, penilaian proyek, dan portofolio.

Sebagai pendidik, penilaian hasil belajar yang harus dilakukannya adalah proses pengumpulan informasi/data tentang capaian pembelajaran peserta didik dalam aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan yang dilakukan secara terencana dan sistematis, untuk memantau proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil belajar melalui penugasan dan evaluasi hasil belajar. Penilaian sikap pada Kurikulum 2013 yang direvisi tahun 2016 dilakukan oleh Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti serta Guru PKn. Sedangkan penilaian pengetahuan dan ketrampilan dilakukan oleh semua Guru Mata Pelajaran.

Pelaksanaan penilaian pengetahuan dilakukan untuk menilai proses dan hasil belajar peserta didik. Penilaian proses dilakukan dalam bentukpenilaian harian melalui tes tertulis, tes lisan, maupun penugasan. Cakupan penilaian harian meliputi seluruh indikator dari satu kompetensi dasar atau lebih sedangkan cakupan penugasan disesuaikan dengan karakteristik kompetensi dasar.

Pelaksanaan penilaian keterampilan dilakukan untuk menilai proses dan hasil belajar peserta didik. Penilaian proses dilakukan melalui penilaian praktik selama proses pembelajaran. Sedangkan penilaian hasil dilakukan melalui penilaian produk, penilaian proyek, dan penilaian portofolio yang diberikan setelah pembelajaran. Penilaian keterampilan dapat juga dilakukan melalui penilaian harian sesuai karakteristik kompetensi dasar.

Nah, bagi Anda para pendidik yang masih merasa bingung dengan cara pengolahan nilai pengetahuan dan ketrampilan, Anda bisa mendownloadnya di Contoh Aplikasi Pengolahan Nilai Kurikulum 2013 Revisi Terbaru (2016)

Aplikasi penilaian tersebut diproteksi, sehingga Anda tidak bisa mengedit fungsi-fungsinya. Namun, jika ternyata ditemukan fungsi yang tidak sesuai, Anda bisa mengubahnya sendiri dengan membuka proteksinya. Passwordnya adalah 123. Semoga bermanfaat ya? Salam!


Anda baru saja membaca Contoh Aplikasi Pengolahan Nilai Kurikulum 2013 Revisi Terbaru (2016) . Jika bermanfaat, silakan bagikan artikel ini. Dan jangan lupa, tinggalkan jejak Anda di kolom komentar. Terimakasih.

0 komentar:

Post a Comment