, ,

Belanja Online dengan Boneprice Hemat Uang, Hemat Waktu, dan Hemat Kuota

Tercatat sejak masuknya makhluk bernama internet ke Indonesia sekitar tahun 1990-an, banyak sekali perubahan gaya hidup yang kita alami. Salah satunya adalah gaya berbelanja. Katakanlah, di era itu sampai dengan beberapa tahun yang lalu, sebelum saya mengenal istilah belanja online, saya berbelanja dengan mengunjungi toko satu persatu untuk memilah dan memilih barang yang pas dengan isi kantong. Andaipun kemudian di era tahun 2000-an, sudah muncul istilah belanja online, itupun masih terbatas hanya bisa dinikmati oleh segelintir orang saja, karena keterbatasan jaringan yang tersedia. Betul nggak?

Namun kini, ketika dunia internet memasuki era 3G atau bahkan 4G, kegiatan belanja online sepertinya sudah menjadi gaya hidup masyarakat modern dunia. Termasuk masyarakat Indonesia, yang memang punya bakat menjual dan minat membeli. Hal tersebut, tentu saja mendorong pertumbuhan trendsenter-trendsenter baru mengenai arah mode dan lifestyle masyarakat kita yang kian melek teknologi. 

Orang-orang yang dulunya berdagang dengan cara tradisional, kini mulai membuka lapak bisnisnya di internet dengan membuat sebuah toko online. Sebaliknya, para konsumen yang dulunya rela berdesak-desakan untuk mendapatkan sebuah barang yang mereka suka, kini juga mulai menggantinya dengan cara yang lebih praktis. Apalagi jika bukan melalui Belanja Online? Ya kan?
By the way, kalau saya perhatikan, hal utama yang membuat online shop menjadi gaya hidup itu sendiri karena beberapa hal: pertama, karena dengan kehadiran banyak toko online membuat para pengguna menjadi lebih banyak barang pilihan. Kedua, mudah sekali membanding-bandingkan harga antara produk satu dengan produk lainnya, atau situs yang satu dengan yang lainnya. Ketiga, gak perlu ribet berdesak-desakan seperti di pusat perbelanjaan. Keempat, praktis karena barang langsung diantar ke rumah.

Tak bisa dipungkiri memang, bahwa dampak yang dirasakan dari berkembangnya gaya hidup online, kini belanja online seolah-olah merupakan hiburan tersendiri, khususnya bagi para kaum Hawa. Setuju nggak? Setuju dong ya? Karena saya pernah menanyakan kepada seseorang teman kerja wanita yang hobby menghabiskan waktu di depan laptop untuk berbelanja online, “berapa menit biasanya kamu menghabiskan waktu untuk memilih barang dan memutuskan untuk membeli barang?”
"Yah enggak tau, belanja kan cari harga termurah? Selama belum nemu yang bagus dan harga yang murah ya cari-cari lagi perbandingan..” jawab teman wanita saya, yang menurut saya jawaban tersebut juga mewakili jawaban para wanita dan semua orang yang berbelanja secara online jika ditanya dengan soal yang sama. 
Pernah dong yaa? Jika belum, atau bahkan jika Anda mengira bahwa Boneprice itu sejenis makanan atau apalah, saya yakin Anda sama dengan mereka yang sering menghabiskan waktu berjam-jam di depan laptop ataupun smartphone, hanya untuk memilah dan memilih barang, kemudian cari harga yang sesuai (baca: cari harga termurah). Membuka satu persatu dari ratusan bahkan ribuan barang di puluhan toko online, yang tentunya aktivitas tersebut akan menghabiskan lebih banyak kuota internetnya. Bahkan, tak jarang ada yang setelah membeli barang tertentu kemudian menyesal karena merasa kemahalan setelah melihat harga barang yang sama di toko online sebelah yang lebih murah.

Namun, sebenarnya jika mereka sudah mendengar nama Boneprice dan mengenalnya, hal tersebut tidak akan pernah terjadi. Seperti saya, yang sejak beberapa waktu yang lalu sudah mengenal Boneprice, dan seketika dibuat kagum terhadapnya. Sehingga, ketika mendengar nama Boneprice, maka saya langsung terpikir akan sosok teman belanja, yang akan mempertemukan saya dengan penjual online yang memiliki penawaran terbaik dengan sangat cepat, nyaman, dan akurat. Yah, mottonya belanja kan seperti jawaban teman wanita saya di atas tadi:
Boneprice sendiri adalah situs pembanding harga yang dirilis sejak Oktober 2014 oleh PT. Boneprice Metatech Indonesia. Boneprice.com hadir sebagai Portal e-Commerce terbesar dan terbaik dengan database produk yang paling luas dan juga memiliki akurasi data tertinggi, yang memungkinkan pengguna untuk cari harga termurah. Oh ya, Boneprice juga bisa diakses melalui aplikasi yang terinstall di smartphone loh.
Sangat gampang! Dan tak butuh kursus untuk menggunakannya. Saya sendiri sudah beberapa kali memanfaatkan situs ini untuk membandingkan harga barang di beberapa toko online. Nah, karena saya lebih suka berselancar di dunia maya dengan smartphone yang ada di genggaman, maka saya install aplikasi Boneprice ini di smartphone saya. Anda juga bisa mengunduhnya di Google Play ataupun  App StoreCaranya sangat mudah, lihat di gambar berikut ini ya?
Setelah terinstall tinggal kita buka, kemudian log in untuk terhubung dengan Boneprice. Cukup dengan akun Facebook, tanpa register atau membuat akun baru. Gampang ya? Iyalah, secara Boneprice gitu loh.
Untuk membandingkan harga secara langsung, kita cukup mengetikkan kata kunci barang tersebut di kolom yang sudah tersedia. Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat di gambar di bawah ini ya?
Nah, kalaupun mau dicari per kategori, Boneprice menyediakan lebih dari 55 kategori, yang ada pada induk kategori HP/Tablet, Komputer, Kamera, Multimedia, Elektronik, Bayi/Anak, Pakaian, Beauty, Buku/Hobi, Home/Food, bahkan sampai Bahan Pokok. Masing-masing kategori, silakan dilihat di gambar berikut.

Lengkap banget ya kan? Selanjutnya, setelah melakukan pencarian, dalam sekejap akan muncul barang yang kita cari dengan berbagai perbandingan harga yang ada. Kita juga bisa mengatur pencarian dengan menu: jangkauan harga, kategori, dan merk. Nah, di sini kita bisa memilih satu tipe barang dengan harga termurah. Sebagai contoh, lihat di gambar  ya? 
Setelah, cocok dengan barang dan harganya, maka kita tinggal meluncur ke toko online tempat barang tersebut dijual. Setelah itu, kita tinggal pesan, bayar, dan tinggal menunggu diantar. Praktis kan?

Dari pengalaman saya memakai situs Boneprice, baik di pc maupun smartphone, dapat saya simpulkan bahwa Boneprice memiliki banyak kelebihan, antara lain:
  • Memiliki lebih dari 17.000.000 informasi produk
  • Telah tergabung lebih dari 5.000 toko online
  • Informasi produk yang disuguhkan memiliki akurasi data tertinggi, karena di-update dua kali dalam sehari
  • Informasi produk tersusun rapi dalam kategori HP/Tablet, Komputer, Kamera, Multimedia, Elektronik, Bayi/Anak, Pakaian, Beauty, Buku/Hobi, Home/Food, dan Bahan Pokok
  • Tampilan di pc simpel dan mudah untuk diakses
  • Jika diakses melalui smartphone akan terasa ringan, karena ukuran aplikasi yang sangat kecil
  • Dan lain-lain.
Nah, dengan berbagai kelebihan tersebut lah, yang membuat belanja online bersama Boneprice menjadi begitu mengesankan. Dengan berbelanja online bersama Boneprice, maka kita termasuk golongan pembeli yang melakukan “Belanja Cerdas”. Tau nggak kenapa? 

Ya karena dengan Boneprice, kita akan mendapatkan 3 kehematan sekaligus: Hemat Uang, Hemat Waktu, dan Hemat KuotaHemat uang, karena kita akan mendapatkan harga terbaik. Hemat waktu, karena kita tak perlu membuka puluhan toko online satu persatu. Hemat kuota, karena tak perlu membuka ratusan laman toko online yang akan menghabiskan ratusan MB data internet.
Oke, sekarang sudah kenal dengan Boneprice kan? So, have a smart shopping experience with Boneprice. Oh ya, jangan lupa like fanspage facebook boneprice.id, twitter @BonepriceID, dan instagram @boneprice ya? Sekali lagi, jangan belanja online, sebelum buka Boneprice!

#CekAjaDulu harganya di Boneprice
***

*Tulisan ini diikutsertakan dalam Blogging Competition dengan tema: “Apa yang terpikir olehmu ketika mendengar nama Boneprice dan kesan saat menggunakannya”

Unsyiah, Jantung Hati Rakyat Aceh

Nangroe Aceh Darussalam, atau sering disingkat NAD merupakan provinsi yang terletak di ujung paling barat dari wilayah Indonesia. Membahas provinsi ini sepertinya tak akan ada habisnya. Karena memang banyak hal menarik yang bisa diperbincangkan dari daerah berjuluk ‘Serambi Mekkah’ ini, mulai dari letak geografis, sampai dengan masalah politik, sosial, budaya, dan pendidikan.

Aceh, seperti kita ketahui, telah dikenal sebagai pusat berkembangnya ilmu pengetahuan sejak zaman Samudra Pasai, pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda. Para mahasiswa dan staf pengajar pada masa itu bahkan berasal dari berbagai penjuru dunia, seperti Turki, Iran, dan India. Sebagaimana yang pernah ada dan berkembang pada masa Samudra Pasai tersebutlah, yang kemudian membuat masyarakat Aceh di awal terbentuknya provinsi Aceh pada tahun 1957 sangat berkeinginan untuk memiliki sebuah lembaga pendidikan tinggi negeri.

Hingga akhirnya, setelah melalui perjuangan yang panjang oleh para tokoh- tokoh masyarakatnya, pada tahun 1961 berdirilah Universitas Syiah Kuala, yang terletak di Kota Pelajar dan Mahasiswa (Kopelma) Darussalam, Banda Aceh. Nama Syiah Kuala sendiri diambil dari nama populer seorang ulama Nusantara terkemuka, Tengku Abdur Rauf As-Singkili, ahli ilmu hukum dan keagamaan yang hidup sekitar abad ke-16 M. Dengan nama besar Syiah Kuala sebagai lambang ilmuwan Aceh sepanjang masa, para pendiri dan masyarakat tentu mengharapkan Unsyiah menjadi satu pusat lahirnya intelektual yang cemerlang dalam berbagai bidang keilmuan.

Kini, 55 tahun sudah kiprah Unsyiah dalam menjadikan dirinya universitas yang inovatif, mandiri, dan terkemuka dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, humaniora, olahraga, dan seni sehingga menghasilkan lulusan berkualitas yang menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan etika. Tak terhitung sudah berapa besarnya peranan kampus Unsyiah ini dalam berbagai sisi kehidupan masyarakat di Aceh, sehingga masyarakat Aceh menjulukinya sebagai "Jantung Hati Rakyat Aceh".

Secara bahasa, kata jantung hati dalam KBBI berarti (1) hati (dalam arti pusat perasaan), (2) kekasih; yg tercinta; yg sangat disayangi. Dalam ilmu biologi, jantung merupakan organ utama dalam system kardiovaskuler, yang fungsi utamanya adalah memompa darah ke seluruh tubuh. Sedangkan hati merupakan kelenjar terbesar di dalam tubuh, terletak dalam rongga perut, tepatnya di bawah diafragma. Secara sederhana, fungsi utama hati adalah untuk menjaga keseimbangan dalam tubuh. Singkatnya, jantung dan juga hati merupakan organ penting yang terdapat di dalam tubuh makhluk hidup, sepenting keberadaan Unsyiah dengan berbagai peranannya bagi masyarakat Aceh.

Dalam konteks pembangunan di daerah Nangroe Aceh Darussalam, Unsyiah sebagai jantung hatinya masyarakat Aceh telah terbukti mampu mengemban peran strategisnya, antara lain: pertama, Unsyiah membangun sumber daya manusia daerah Aceh yang berkualitas dengan selalu meningkatkan dan memperkuat basis pendidikan masyarakat. Membangun sumber daya manusia berkualitas ini mempunyai makna sangat strategis bagi pembangunan jangka panjang, baik bagi masyarakat Aceh sendiri maupun bagi bangsa Indonesia.

Kedua, Unsyiah mengadakan studi-studi kebijakan untuk disumbangkan kepada masyarakat melalui pemerintah daerah Aceh, sehingga memudahkan dalam menentukan prioritas program pembangunan berdasarkan kebutuhan daerah Aceh. Selain itu, Unsyiah juga membuat studi-studi evaluatif dalam upaya perbaikan program pembangunan dan peningkatan efisiensi serta efektivitas program pemerintah.

Ketiga, Unsyiah berhasil mengembangkan model-model pembangunan daerah dengan mempertimbangkan sektor-sektor unggulan, yang dapat diangkat dan dimanfaatkan oleh pemerintah daerah Aceh. Model-model pembangunan tersebut tentu sangat diperlukan terutama untuk merumuskan program yang relevan dengan kondisi lokasi Aceh dan masyarakat setempat.

Keempat, Unsyiah membangun kerjasama antar universitas, pemerintah daerah, serta masyarakat nasional maupun internasional. Tujuannya tentu adalah untuk menyusun kebijakan dan program RPJMD, melaksanakan studi-studi spesifik yang berhubungan dengan usaha mengembangkan ekonomi masyarakat daerah, dan melakukan kajian-kajian terhadap program nasional yang akan diterapkan di daerah, sehingga dapat memberikan sumbangan bagi pembangunan nasional, di samping bagi pembangunan daerah sendiri. 

Kelima, Unsyiah selalu berusaha memantapkan kegiatan pengabdian masyarakat. Pengabdian pada masyarakat tersebut, dilakukan dengan cara membuat program kegiatan yang bisa mengembangkan ekonomi rakyat secara institusional dalam jangka panjang dan berkelanjutan sesuai dengan kebutuhan, keunikan, dan keunggulan lokal masyarakat Aceh.

Keenam, Unsyiah mengerahkan dan menggerakkan partisipasi masyarakat, melalui kegiatan-kegiatan dalam rangka Tri Dharma Perguruan Tinggi. Partisipasi masyarakat dikembangkan antara lain melalui lembaga-lembaga swadaya dan kelompok-kelompok swadaya masyarakat di Aceh yang dimotivasi dan diprakarsai oleh Unsyiah.

Melihat begitu besarnya kontribusi Unsyiah bagi masyarakat, maka memang tak heran jika rakyat Aceh memberi predikat "Jantung Hati Rakyat Aceh". Tentu tak ada di antara kita yang berharap jantungnya berhenti memompa darah, ataupun hatinya tak lagi mampu menjaga keseimbangan dalam tubuh. Demikian juga masyarakat Indonesia, Aceh khususnya, selalu berharap Unsyiah tak hanya berperan sebagai lembaga pendidikan saja, melainkan juga sebagai lembaga yang selalu mengutamakan pengabdian dan hasil nyata bagi masyarakat. 
Akhirnya, selamat Milad ke-55 tahun, Unsyiah.. Semoga selalu laksana Bungong Seuleupok, dengan mahkota terkembang yang melambangkan kemurnian, semangat serta keinginan kuat untuk bersatu dan bekerja sama. Semoga selalu menjadi jantung hati rakyat Aceh dan juga Indonesia.. Aamiin.



*Referensi:
unsyiah.ac.id
kbbi.web.id
www.youtube.com/watch?v=9kjz2bmAl8w
**Penulis adalah pemerhati masalah-masalah publik, khususnya masalah pendidikan dan keagamaan. Saat ini mengajar di sebuah SMA Negeri di Kab. Klaten, Jawa Tengah.
***Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Unsyiah dalam rangka memperingati Milad ke-55 tahun Unsyiah.

, , ,

Garda Mobile Medcare, Aplikasi Kecil Ini Bisa Atur Gaya Hidup Sehat Kita

Siapa yang belum pernah mendengar pepatah Latin, “Mens Sana In Corpore Sano”? Saya yakin kita semua pernah mendengarnya. Atau bahkan menjadikan slogan tersebut sebagai salah satu motto hidup kita. Pepatah Latin yang pertama kali dipopulerkan oleh Decimus Iunius Juvenalis, seorang pujangga Romawi yang hidup di abad kedua Masehi itu, kalau diterjemahkan ke dalam Indonesia sering diartikan dengan “di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat". Maksudnya, jika badan kita sehat, maka jiwa kita pun jadi kuat. Sebuah ungkapan yang mengisyaratkan bahwa menjaga kesehatan memang sangatlah penting bagi setiap orang.

Ya, kesehatan, sebuah masalah yang sering kali kita abaikan pada era modernisasi sekarang ini. Terlebih bagi sebagian besar penduduk di kota-kota metropolitan yang terlalu sering menghabiskan waktunya hanya untuk bekerja, dan mengkonsumsi makanan-makanan cepat saji tanpa memperhatikan nilai gizi dan standart kesehatan. Dan mungkin saya dan Anda adalah salah satu dari mereka yang memiliki keterbatasan waktu untuk mengatur gaya hidup sehat? Tentu bukan kan?

Seandainya iya, kini kita pun tak perlu begitu khawatir. Karena pada tahun 2016 ini, di usia ke-60 tahunnya, Asuransi Astra telah meluncurkan Going Mobile sebagai perwujudan visi guna memberikan Peace of Mind, khususnya dalam masalah kesehatan kepada jutaan pelanggannya.
Tidak ada! Karena hanya Garda Mobile Medcareaplikasi mahakarya dari Asuransi Astra dengan ukuran yang relatif kecil, namun manfaatnya luar biasa. Aplikasi yang dapat membantu penggunanya menjaga kondisi kesehatan agar tetap fit dan bugar dengan berbagai fitur yang sangat bermanfaat di dalamnya.

Nah, bagaimana cara mendapatkan aplikasi Garda Mobile Medcare ini? Tenang, aplikasi ini dapat kita unduh secara gratis melalui Google Play melalui platform Android, dan Apple App Store untuk platform iOS/iPhone. Cukup empat langkah untuk dapat mendapatkannya: buka Google Play atau Apple App Store, cari aplikasi dengan mengetik Garda Mobile Medcare, pilih aplikasi Garda Mobile Medcare kemudian klik pasang, selanjutnya klik terima dan kita tinggal menunggu aplikasi terpasang di gadget kita. Sangat mudah kan?

Setelah aplikasi terpasang, kita bisa langsung mengisi biodata pada menu Profile. Dan begitu selesai, Anda jangan kaget! Karena memang ada surprise dari Asuransi Astra berupa free trial 10 days  di Celebrity Fitness+free 1 bulan di bulan ke-13 jika join membership selama periode trial, serta voucher Rp. 500.000,- untuk pembelian frame dan lensa di Optik Melawai. Lumayan atau lumanyun? Pasti lumayan dong ya?

Tapi bukan hanya bonus voucher yang akan kita dapatkan kan? Ya, Anda benar. Dan ini yang jauh lebih penting. Dengan aplikasi Garda Mobile Medcare ini kita akan memperoleh kemudahan untuk asuransi kesehatan, sekaligus kita juga dapat memanfaatkan berbagai panduan gaya hidup sehat melalui fitur-fitur yang ada. Penasaran dengan fitur-fiturnya kan? Sabar, kita akan ulas kehebatan fitur unggulannya satu persatu.

Dalam aplikasi Garda Mobile Medcare ini terdapat fitur reminder yang super hebat. Hebatnya, satu fitur reminder ini bisa digunakan untuk pengingat berbagai aktivitas kesehatan kita, seperti ‘wellness’, ‘medical control’, dan ‘medication’

Fitur ‘wellness’ difungsikan sebagai pengingat kegiatan-kegiatan olahraga yang ingin kita lakukan. Adapun fitur ‘medical control’ berfungsi untuk mencatat kegiatan check up yang kita lakukan. Dalam fitur ini, kita juga dapat memasukkan jadwal tertentu apabila check up dirasa perlu untuk dilakukan secara rutin dan berulang. Sedangkan fitur ‘medication’ bisa kita manfaatkan sebagai pengingat obat yang harus dikonsumsi beserta ketentuannya. Tidak hanya nama obat, kita juga dapat mengambil foto dari obat terkait langsung dari fitur ini. Hmm, serasa mendapat asisten pribadi saja.
Dalam fitur ini, kita dapat mengatur target untuk beberapa hal, seperti banyaknya makanan, air putih, kopi, dan teh yang ingin kita konsumsi dalam satu hari, serta berapa lamanya jam tidur yang ingin kita jalani dalam satu hari. 
Selain itu, kita juga dapat mengukur Body Mass Index dengan memasukkan ukuran tinggi dan berat badan untuk mengetahui ideal atau tidaknya tubuh kita. Sudah mulai senyam-senyum nih yang punya kelebihan bobot badan. Hihihi.
Setiap kali kita memeriksakan diri ke dokter, dokter kan selalu bertanya mengenai gejala-gejala yang kita alami, berapa lama durasi dan jangka waktunya, serta obat apa yang sebelumnya kita konsumsi? 
Nah, fitur ini akan memudahkan kita untuk mencatat hal-hal tersebut, sehingga ketika memeriksakan diri ke dokter, kita dapat menjelaskan secara rinci kepada dokter sebagai data pendukung dokter untuk melakukan diagnosa. Keren kan?
Aplikasi Garda Mobile Medcare juga memiliki fitur Call Garda Akses 1 500 112 yang selalu siap menjawab pertanyaan kita. 
Fitur ini tentu sangat memudahkan kita dalam menghubungi Asuransi Astra, saat kita memerlukan berbagai informasi produk, layanan, program, atau bahkan bantuan darurat, seperti ambulans dan lain-lain. Hebat bukan?
Kita bisa memanfaatkan fitur Near Me ini untuk mengetahui berbagai lokasi fasilitas umum penting terdekat, seperti rumah sakit, laboratorium, apotek, gymnasium, dan optik dalam bentuk maps. 
Setiap kategori yang kita pilih, akan menampilkan list data yang kita butuhkan. Misalnya jika kita memilih rumah sakit, maka akan muncul list data rumah sakit yang menjadi rujukan Asuransi Astra
Fitur Knowledge tidak kalah hebat dengan fitur lainnya, karena dengan fitur ini akan menambah wawasan kita mengenai dunia kesehatan.
Fitur ini akan memberikan berbagai informasi dan tips gaya hidup sehat, sehingga sangat membantu kita untuk menerapkan gaya hidup sehat sehari-hari.
Fitur ini merupakan satu-satunya fitur dalam aplikasi Garda Mobile Medcare yang hanya dapat diakses oleh pelanggan Garda Medika
Melalui fitur ini, pelanggan dapat mengetahui Benefit of Coverage yang dimiliki, serta daftar claim yang pernah dilakukan oleh pelanggan. 



Finally, dengan melihat kehebatan berbagai fitur unggulannya, Garda Mobile Medcare ini sangat direkomendasikan untuk dipasang di gadget Anda, terlebih jika Anda termasuk orang-orang yang super sibuk sehingga kurang memperhatikan masalah kesehatan. 
Bersama aplikasi dengan ukuran yang kecil dan ringan ini, sekarang kita tak perlu pusing-pusing lagi dalam mengatasi masalah kesehatan. Karena kehadirannya, terbukti telah mampu mengatur kita, untuk menerapkan gaya hidup sehat di tengah kesibukan kita sehari-hari.


#GardaMobile #Medcare

,

Perjalanan Semakin Mudah dan Praktis dengan New My Blue Bird

Dalam beberapa bulan terakhir ini, kalau kita menyimak berita terkait pendidikan, kita akan melihat bahwa pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sedang gencar-gencarnya melakukan sosialisasi tentang perubahan Kurikulum 2013. Perubahan tersebut terkait beberapa aspek dalam Kurikulum 2013 yang direvisi pada tahun 2016 ini. Sosialisasinya sendiri dilakukan dengan cara menggelar berbagai diklat bagi guru-guru secara berjenjang, mulai diklat instruktur tingkat nasional sampai dengan tingkat kabupaten, hingga akhirnya diklat guru sasaran bagi sekolah yang pada tahun ajaran baru 2016 ini menerapkan Kurikulum 2013.

Lho, apa hubungannya diklat dengan judul artikel ini? Ssst, sabar.. Jangan anggap gagal faham dulu ya? Jadi ceritanya begini, Sob…

Beberapa waktu yang lalu, salah seorang teman guru di tempat saya mengajar mendapat undangan untuk mengikuti diklat instruktur kabupaten jenjang SMA di LPMP Jateng di Semarang. Nah, si ibu ini bingung bagaimana transportasi menuju ke LPMP Jateng yang jaraknya dari tempat tugas saya di Klaten ini kurang lebih 100 km. Kebetulan waktu itu tidak ada yang bisa mengantar beliau ke Semarang. Akhirnya, saya sarankan untuk naik bus sampai terminal Semarang, kemudian dari terminal naik taksi Blue Bird menuju ke LPMP.

Kenapa Harus Blue Bird?

Tentu jawabannya banyak. Tetapi, alasan terbesarnya adalah karena pada akhir tahun 2015 lalu, Blue Bird mengembangkan aplikasi terdahulunya menjadi My Blue Bird, yang memungkinkan kita untuk melakukan pemesanan pada hari sebelumnya. Dengan itu, maka perjalanan yang kita lakukan akan terasa mudah dan praktis.


Bagaimana Memanfaatkan  My Blue Bird?

Sangat gampang! Pertama kali, tentu kita harus mengunduhnya. Aplikasi My Blue Bird ini, bisa diunduh secara gratis di Google Play, App Store, Microsoft Store, atau Black Berry World. Jika Anda pengguna smartphone berbasis android, berikut cara mengunduhnya. 

Cukup empat langkah untuk bisa mendapatkan manfaatnya: buka Google Play, cari aplikasi dengan mengetik My Blue Bird, pilih My Blue Bird kemudian klik pasang, selanjutnya klik terima dan kita tinggal menunggu aplikasi terpasang di gadget kita. Sangat mudah kan?

Nah, setelah aplikasi My Blue Bird terpasang dan kemudian kita buka, maka kita tinggal registrasi dengan mengisi data pribadi yaitu nama, tanggal lahir, alamat email, serta password tentunya. Agar lebih praktis dan cepat, tambahkan lokasi favorit dengan fitur Add location. Untuk memilih destinasi atau tujuan, silakan pilih lokasi di kolom Choose Destination. Waktu penjemputan bisa Anda tentukan di fitur Pickup Time. Kemudian di sini, Anda bisa memilih Pickup Now  untuk jemput sekarang, atau Advanced Booking untuk melakukan pemesanan terlebih dahulu.

Oh ya, kalau di kota Anda belum bisa mengakses aplikasi ini maka akan muncul pemberitahuan "No Service Available". Karena aplikasi ini baru di luncurkan di beberapa kota besar: Jakarta, Semarang, Medan, Bali, Surabaya, dan Bandung. Mudah-mudahan segera dikembangkan di kota-kota lainnya ya, agar perjalanan kita ke manapun menjadi lebih mudah dan praktis.

6 Fitur Baru My Blue Bird

Oh ya, ada kabar gembira untuk kita semua. Di tahun 2016 ini, aplikasi My Blue Bird kembali diperbarui, sehingga memiliki 6 fitur baru yang akan membuat perjalanan semakin nyaman dan aman. Emm, pastinya Anda juga penasaran kan, apa saja dan bagaimana kehebatan fitur terbaru dari #NewMyBlueBird ini? Sabar, ini yang akan kita ulas satu persatu di sini.

1. Advance & Multiple Booking
Dengan fitur “Advance & Multiple Booking” di #NewMyBlueBird, kini kita bisa memesan taksi sesuai waktu yang diinginkan. Entah itu pagi, siang , sore, malam, atau bahkan memesan sekarang untuk besuk pagi pun bisa. Selain itu, kita pun bisa memesan lebih dari satu taksi di saat yang bersamaan. Misalnya, pada waktu yang sama, ada anggota keluarga yang akan bepergian, maka kita tinggal pesan saja dua taksi.

2. See Nearby Taxi
Fitur "See Nearby Taxi" di #NewMyBlueBird ini memungkinkan kita untuk melihat berapa banyak taksi yang tersedia di titik penjemputan. Kita juga bisa memilih taksi mana yang paling dekat dengan lokasi keberadaan kita, sehingga kita tidak perlu takut terlambat menghadiri sebuah acara karena menunggu kedatangan taksi yang terlalu lama.

3. Driver Rating
Sebagai mana kita ketahui, kualitas pelayanan yang terbaik selalu menjadi perhatian PT. Blue Bird Ptk. Nah, dengan fitur "Driver Rating" ini, kita bisa menilai para pengemudi taksi Blue Bird dengan memberikan rating untuk driver kita. Rating yang kita berikan kepada pengemudi tentu akan menjadi masukan yang sangat berarti. Untuk kemudian memastikan perjalanan kita selanjutnya dengan taksi Blue Bird akan selalu nyaman dan menyenangkan.

4. Share My Journey
Dengan fitur "Share My Journey" di #NewMyBlueBird, kita bisa share lokasi kita ke orang-orang terdekat. Jika ada orang yang menunggu kedatangan kita, entah itu keluarga, atasan, ataupun teman, maka secara tidak langsung, mereka akan mengetahui posisi di mana keberadaan kita. Mudah dan praktis kan?

5. Tracking System & Call Driver
Bagaimana jika karena suatu hal, pengemudi masih belum tiba di tempat penjemputan? Jangan khawatir, dengan fitur “Tracking System & Call Driver” di #NewMyBlueBird, kini kita bisa monitor keberadaan pengemudi atau bahkan kita juga bisa meneleponnya langsung untuk memastikannya.

6. Fare Estimation & E-Receipt
Anda pernah mengalami kejadian memalukan karena kekurangan uang untuk membayar biaya taksi? Tentu belum pernah ya? Andaipun ada yang pernah, mulai sekarang kejadian itu tak perlu terulang lagi. Pasalnya, dengan fitur Fare Estimation & E-Receipt ini, kita bisa mencari tahu terlebih dahulu perkiraan tarif yang akan kita bayarkan sebelum berangkat. Selain itu, kita juga tak perlu khawatir kehilangan struk pembayaran, karena struk pembayarannya akan langsung di kirim ke Email kita yang terhubung dengan aplikasi #NewMyBlueBird.




Semakin Mudah & Praktis dengan #NewMyBlueBird

Nah, itulah 6 fitur baru #NewMyBlueBird yang tentu akan membuat perjalanan kita semakin nyaman dan menyenangkan. Dan sepertinya, dengan memanfaatkan 6 fitur baru di #NewMyBlueBird tersebut, pepatah “senyaman-nyamannya perjalanan, tetap melelahkan” tidak berlaku jika perjalanan kita ditemani Blue Bird. Karena semua makin mudah dan praktis dengan #NewMyBlueBird. Akhirnya, selamat menikmati sesuatu yang menyenangkan bersama Blue Bird yaa? Salaam…







*Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Bercerita #NewMyBlueBird yang diselenggarakan oleh PT. Blue Bird Tbk