Semakin Harmonis dan Semakin Romantis Bersama Catfiz

Nggak terasa ya, jaman sudah semakin modern aja?  Cara untuk berkomunikasi dengan orang lain juga semakin bervariasi dan beragam bentuknya. Kalau dulu masih sebatas menggunakan SMS untuk berkirim pesan, atau MMS untuk berkirim gambar dan suara, kini dunia komunikasi sudah diramaikan dengan puluhan bahkan ratusan aplikasi chatting berbasis internet.

Memang tak bisa dipungkiri, hadirnya ratusan aplikasi chatting sebagai bagian dari arus globalisasi ini ibarat pedang bermata dua. Iya kan? Di satu sisi bisa menjadi berkah, di sisi lain bisa menghadirkan musibah. Menjadi berkah karena keberadaannya sangatlah membantu kehidupan manusia. Tak terhitung banyaknya manfaat aplikasi chatting yang bisa kita rasakan. Sebagai contoh, adalah sebagai ajang promosi dalam bisnis, akses informasi dan komunikasi yang super cepat, kemudahan berkirim pesan, baik teks, gambar, maupun suara. Dan masih banyak lagi dampak positif yang bisa kita rasakan.

Namun, di balik keberkahannya, aplikasi chatting itu juga bisa memunculkan dampak negatif yang sedemikian besar, sehingga menjadikan musibah bagi penggunanya dan orang lain. Munculnya tindak kejahatan, penculikan, penipuan, perselingkuhan dan tindak kriminal lainnya tak jarang juga bermula dari aplikasi chatting kan? Nah, dengan fenomena itu, maka sudah menjadi kewajiban kita untuk bijak dalam memilah dan memilih, serta menggunakan aplikasi chatting. Ya nggak? 

Oh ya, berbicara tentang aplikasi chatting, sudah pernah mendengar tentang Messenger Catfiz belum? Kalau belum, berarti rasa nasionalisme-mu sedikit patut dipertanyakan. 
Lho kok bisa, apa hubungannya Catfiz dengan nasionalisme?

Ya, karena kebanyakan kalau kita berbicara tentang pengembang teknologi komunikasi, termasuk aplikasi chatting, biasanya kan yang terbersit di dalam pikiran adalah aplikasi-aplikasi chatting buatan luar negeri? Padahal, sebenarnya ada loh aplikasi chatting karya anak bangsa yang tak kalah hebat dari aplikasi chatting produk asing.

Emm, maksudnya, Catfiz itu aplikasi chatting dari Indonesia ya Mas?
Yap, Kamu benar! Aplikasi Catfiz itu dikembangkan oleh perusahan dari Surabaya, yaitu PT. DuniaCatfish Kreatif Media. Nama Catfiz sendiri konon dipilih karena beberapa alasan. Kata ‘Catfiz’ yang memang identik dengan istilah bahasa Inggris ‘Catfish’ yang berarti ikan lele merupakan ikan favorit Pak Mochammad Arfan, Direktur Utama Catfiz. Ikan lele sendiri adalah ikan yang gampang dikembangbiakkan di semua tempat di Indonesia. Harapannya tentu tak lain, dengan nama tersebut, aplikasi ini dapat dikembangkan dengan mudah, khususnya di Indonesia.

Aplikasi Catfiz sendiri mulai dirilis di Playstore pada tanggal 10 November 2012 silam. Pemilihan tanggal tersebut tentu juga bukannya tanpa alasan. Semua tahu bahwa tanggal 10 November kita peringati sebagai Hari Pahlawan. Nah, dengan menggunakan Catfiz, maka secara tidak langsung akan meningkatkan rasa nasionalisme kita, karena mengingatkan kita pada salah satu hari bersejarah bagi bangsa Indonesia. Iya kan? Nah, makanya, sebagai bukti warga negara yang punya rasa nasionalisme yang tinggi, yuk kita kenali aplikasi karya anak bangsa ini.

Yuk! Jadi pingin tau nih, seperti apa sih Catfiz itu? 

Sebagaimana aplikasi chatting lainnya, Catfiz bisa mengirimkan pesan, voice note, pesan berbentuk video, dan sticker. Aplikasi Catfiz juga menyediakan fitur untuk update status, saling berkomentar, membuat grup untuk saling berbagi antar anggota grup. Ya, pokoknya seperti aplikasi chatting lainnya gitu.

Lah terus, apa yang membuat aplikasi Catfiz ini berbeda dari aplikasi lainnya? 

Hehehe, penasaran aja atau penasaran banget? Oke deh, aku kasih tau. Pertama, aplikasi Catfiz ini ukurannya relatif kecil jika dibanding aplikasi chatting lainnya, yakni hanya 5,57 MB saja. Sehingga akan terasa sangat ringan untuk dioperasikan. Bahkan untuk smartphone kelas bawah sekalipun, selama menggunakan platform android versi 3.0 ke atas. Kedua, tampilan aplikasi ini user friendly, yakni menarik untuk dilihat, mudah dipelajari dan dioperasikan. Dan ketiga, Catfiz mempunyai beberapa fitur unggulan yang membedakan Catfiz dari aplikasi chatting lainnya.

Emang apa saja fitur unggulannya?

Oke, akan aku jelaskan. Tapi sebelumnya, download aplikasi Catfiz di smartphonemu dulu ya? Caranya sangat mudah. Lihat saja di gambar berikut.
Nah, setelah mendownload aplikasinya, untuk dapat menggunakan Catfiz, kita harus melakukan registrasi. Setelah registrasi selesai, baru kita akan mendapatkan NIC (Nomor Identitas Catfiz) yang terdiri dari 10 digit unik, serta Qr Code. Sekarang, buka Catfizmu dan simak baik-baik penjelasan tentang fitur-fitur unggulannya.
Namanya juga aplikasi chatting, kalau tidak punya teman mau chatting dengan siapa coba? Hehee.. Nah, untuk menambahkan teman, kita bisa melakukannya dengan memindai Qr Code yang dimiliki teman kita. Alternatif lain adalah dengan memasukkan nomor telepon atau user name akun Catfiznya.
Jadi, kalau belum berteman tidak bisa berkirim pesan ya?

Iya lah. Jika belum berteman, maka kita tidak bisa melakukan Chat Catfiz. Sepertinya memang ribet, tapi sebenarnya inilah salah satu keunggulan Catfiz. Dengan metode penambahan teman seperti itu, maka kita hanya akan memiliki teman yang benar-benar kita kenal dan dekat dalam kehidupan kita. Sehingga memungkinkan kita terhindar dari spam yang dikirimkan oleh orang-orang yang tidak kita kenal sebagaimana dalam aplikasi chatting lainnya.

Wah, cocok sekali nih.. Jadi, aplikasi chatting yang dulu itu aku hapus saja ya? Soalnya beberapa waktu yang lalu, aku itu diteror oleh akun-akun nggak jelas. Ada yang minta kenalan, minta ketemuan, minta ini itu.. Padahal, aku kan udah menikah!!
Kamu punya banyak teman kan? Entah itu teman sesama alumni SD, SMP, SMA, atau teman kuliah? Jumlahnya berapa kalau boleh tau?

Ya banyak lah, teman SMA saja kalau satu angkatan ya hampir 500 an.. Emang kenapa?
Nah, kalau begitu, aplikasi Catfiz ini memang tepat sekali buatmu. Jika kita memakai Catfiz, meeting via chat bersama teman kantor atau reuni dengan sahabat satu sekolah bisa makin seru. Sebab, jangankan 500, kita bisa memasukkan 2.000 user sekaligus dalam satu grup Catfiz. Jumlah yang sulit kita dapatkan jika kita menggunakan aplikasi chatting lainnya. Iya kan?
Masih berhubungan dengan banyaknya user yang bisa ditampung dalam satu grup tadi, instant messenger ini juga mengusung Quote Chat. Dengan fitur ini, kita bisa mengutip chat user lain, ataupun chat kita sendiri untuk dijawab atau ditambahkan secara khusus. Dalam komunikasi teks, fitur ini tentu akan sangat membantu untuk memahami chat mana yang sedang direspons. Sehingga tidak akan terjadi yang namanya gagal faham ketika chatting dalam sebuah grup.
Wah, jadi ingat kemarin, Mas.. saat chatting bareng-bareng di grup chat, tiba-tiba temenku keluar dari grup. Setelah ditanyakan pada yang bersangkutan, ternyata dia merasa tersungging.. Eh, tersinggung.. Usut punya usut, ternyata dia gagal faham dengan obrolanku dengan teman-teman..
Oh ya, apa sih yang dimaksud fitur Fizzlink?

Fizzlink adalah cloud storage bawaan Catfiz yang berkapasitas 500 MB. Fizzlink ini akan mempermudah kita untuk membagikan file ke pengguna Catfiz lainnya. Jadi, kita tak perlu men-switch aplikasi lain demi sekedar menyalin link file dari layanan cloud yang kita pakai. Hebat kan?
Masih tentang berbagi, jika di beberapa aplikasi chatting biasanya cuma diperbolehkan berbagi kiriman file seperti gambar, audio, atau dokumen, maka Catfiz bisa mengirim file apa saja. Bahkan fitur pesan Catfiz memungkinkan kita berbagi file dengan ukuran hingga 500 MB! File tersebut juga akan terus tersimpan dan bisa diakses di mana saja, tanpa harus mengupload berulang kali. Menariknya lagi, file yang bahkan tak bisa dibuka oleh aplikasi mobile pun bisa dilampirkan untuk kemudian dikirim ke teman Catfiz kita. Semakin manarik lagi, ketika kita mendapat kiriman pesan berupa video, kita bisa melihatnya tanpa mendownloadnya.
Wah, keren banget, Mas.. Oh ya, update statusnya gimana?

Loh, kamu kan sudah menikah!! Emang mau update status jadi apa?

Maksudnya update status dan saling mengomentari di Catfiz, Maaass...
Mirip seperti aplikasi chatting lainnya, Catfiz juga mengizinkan penggunanya untuk mempublikasikan status buatannya. Tak hanya itu, teman Catfiz kita pun boleh mengomentari, memberikan like, hingga meng-quote comment yang ada di status kita. Dengan fitur Catfiz ini, maka kehidupan sosial kita di dunia maya pun dijamin lebih seru dan lebih akrab.

Sip dah kalau begitu.. Oh ya, kira-kira kalau Catfiz digunakan untuk ajang promosi bisnis bisa nggak ya?

Bisa banget!!
Fitur Broadcast ini digunakan untuk menyebarkan informasi mengenai apa saja ke banyak teman Catfiz sekaligus. Bisa berupa produk barang dan jasa bagi Catfizer yang menggeluti dunia bisnis. Ataupun berupa informasi penting yang akan bermanfaat bagi teman-teman Catfiz. Namun, patut diingat ya, jika ingin broadcast message tentang informasi, pastikan dulu kebenarannya?
Iya, pastilah Mas.. Aku kan termasuk pengguna aplikasi chatting yang bijak? Hehee..

Oh ya, satu lagi yang harus kamu ketahui, aplikasi Catfiz ini gratis selamanya. Iya, selamanya, kayak cintaku padamu...

Halah, gombal.. pasti ada maunya..
Dan begitulah akhir kisah obrolan saya dengan si istri beberapa waktu yang lalu. Kami bercanda ria sambil saling menggoda mesra. Sejak saat itu, kami sepakat untuk menggunakan Catfiz sebagai media utama dalam berkomunikasi ketika kami tidak sedang bersama. Sesekali, ketika saya sedang istirahat di tempat kerja, dan dia sedang di rumah, saya sempatkan untuk menyapa atau sekedar “BLITZ!!!”. Dan terbukti, hubungan kami semakin harmonis dan semakin romantis bersama Catfiz. Kalian ingin seperti kami? Yuk, pakai Catfiz!



*Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Nulis Artikel Catfiz Messenger


,

Nak, Inilah Indramayu, Kota Budaya di Pesisir Pantura

Nak, malam ini Ayah akan mengantarkan tidurmu dengan sebuah cerita. Pasti kamu senang sekali. Namun sebelumnya, Ayah akan memberikan satu nasehat untukmu ya? Satu saja, jadilah manusia yang pandai bersyukur, Nak. Bersyukur dalam hal apa saja, termasuk bersyukur karena kau lahir dan hidup di Nusantara.

Ya, Nusantara, negeri kepulauan yang membentang dari Sabang sampai ke Merauke di Papua, dari Miangas sampai ke pulau Rote di Nusa Tenggara sana. Nusantara adalah sebutan bagi negeri kita Indonesia, negeri eksotik yang dianugrahi Tuhan dengan berbagai macam keanekaragamannya. Salah satunya adalah keanekaragaman budaya.

Berbicara tentang budaya, kau tak perlu ragu lagi, Nak. Bahwa di setiap daerah di Nusantara ini mempunyai kekayaan budaya yang masing-masing mempunyai filosofi dan daya tarik sendiri-sendiri. Nah, malam ini Ayah akan bercerita tentang budaya sebuah daerah yang berjuluk Kota Mangga, yaitu Indramayu. Cerita ini tentu akan menjadi cerita yang mengasyikkan, yang akan mengantarkanmu beranjak mengarungi mimpi-mimpi malam.
Selain sebagai Kota Mangga, Indramayu juga sebagai Kota Budaya (Source: hipwee.com)

Mungkin suatu saat kau akan bertanya, kenapa harus mengenal budaya Indramayu. Padahal kau tidak dilahirkan di sana. Ayah ibumu juga bukan orang sana. Bahkan, sampai saat ini kaupun belum pernah menjejakkan kakimu di sana. Ketahuilah Nak, bahwa budaya daerah itu merupakan bagian dari budaya bangsa. Sehingga sebagai calon generasi penerus bangsa yang baik, kau juga harus mengenali budaya-budaya daerah lain. Termasuk budaya dari kabupaten yang mempunyai motto "Remaja" (Religius, Maju, Mandiri dan Sejahtera) ini.

Oh ya, di usiamu yang belum genap dua tahun, tentu kau belum tau tentang Indramayu kan? Indramayu adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat. Letaknya berada di pesisir pantai Utara Pulau Jawa. Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di sebelah utara, Kabupaten Cirebon di tenggara, Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Sumedang di selatan, serta Kabupaten Subang di sebelah barat.
Peta Kabupaten Indramayu (Source: trisnakrasak.blogspot.co.id)

Meskipun Indramayu berada di Jawa Barat yang kental dengan budaya dan bahasa Sunda, namun kalau kau tahu, tidak semua masyarakatnya berbahasa Sunda dalam kehidupan sehari-hari. Hanya sebagian kecil saja yang berbahasa Sunda, yakni di Indramayu bagian selatan dan barat daya. Sebagian besar masyarakat Indramayu menggunakan Bahasa Cirebon dialek Indramayu sebagai bahasa sehari-harinya. Masyarakat setempat menyebutnya dengan Bahasa Dermayon.

Kalau kita belajar lebih jauh tentang Indramayu, kita akan tahu bahwa masyarakat Indramayu ini merupakan campuran antara suku Sunda dan Jawa. Sehingga budaya yang tumbuh dan berkembang di sana merupakan bentuk implementasi dari ekspresi masyarakat setempat yang dipengaruhi oleh kebudayaan Jawa dan Sunda. Bisa dikatakan, bahwa bentuk kebudayaannya merupakan akulturasi dari kedua kebudayaan tersebut.

Mungkin kita mulai dengan cerita tentang Nadran ya Nak? Nadran merupakan upacara tradisional masyarakat Indramayu yang berupa sedekah laut. Menurut sebagian masyarakat, Nadran berasal dari bahasa Arab, yaitu nadzaran. Kita sendiri lebih sering mengucapkannya dengan kata nadzar. Secara bahasa, nadzar artinya adalah pemenuhan janji. Konon, masyarakat nelayan di pesisir Indramayu berjanji, jika hasil tangkapan ikannya melimpah mereka akan melakukan syukuran.
Upacara Nadran yang digelar oleh masyarakat Karangsong Indramayu (Source: infopublik.id)

Harapan dari Nadran ini tentu tak lain agar hasil tangkapan ikan di masa yang akan datang akan lebih banyak lagi. Ini tentu sangat sesuai dengan nilai-nilai agama yang mengajarkan bahwa barang siapa yang bersyukur, maka Tuhan akan menambahkan nikmat kepadanya. Oh ya, jika kelak kau ingin menyaksikan upacara adat Nadran ini, berkunjunglah ke Pantai Eretan Kulon, Eretan Wetan, Dadap, Limbangan dan Karangsong di sekitar bulan Oktober sampai Desember.

Budaya berikutnya yang harus kau kenali adalah Ngarot. Ngarot merupakan upacara tradisional masyarakat Desa Lelea yang dilakukan di awal musim menggarap sawah. Biasanya dilaksanakan menjelang musim hujan tiba, sekitar bulan Oktober sampai Desember. Adapun harinya sudah ditetapkan yaitu hari Rabu, yang dipercayai oleh masyarakat sebagai hari yang mempunyai sifat bumi yang cocok untuk mengawali musim tanam. Tujuan dilaksanakannya upacara ini adalah agar para petani mendapatkan hasil pertanian yang melimpah.
Pakaian adat tradisi 'Ngarot' yang masih dipertahankan di Lelea, Indramayu (Source: poskotanews.com)

Nah, jika pada saatnya musim panen tiba, masyarakat Indramayu akan menggelar upacara Mapag Sri. Mapag Sri merupakan upacara yang dilaksanakan dengan tujuan untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Sang Pencipta atas tibanya masa panen. Rasa syukur itu diwujudkan dengan melaksanakan pergelaran kesenian wayang kulit sehari semalam dengan lakon tertentu. Kegiatan ini biasanya dilaksanakan di balai-balai desa.
Sejumlah perangkat desa merias pengantin padi sebelum acara adat Mapag Sri di Desa Juntinyuat, Indramayu (Source: beritadaerah.co.id)

Selanjutnya Nak, di Indramayu itu ada sebuah budaya yang cukup unik, yaitu Jaringan. Jaringan merupakan upacaranya para remaja yang bertujuan untuk mencari pasangan hidup. Kegiatannya bertempat di Pasar 'Jodoh' Parean, Kecamatan Kandanghaur. Ketika mengikuti upacara Jaringan, sebagai daya tariknya, para pemuda pria mengenakan kain sarung, sedangkan para wanita muda memakai kain rajutan.
Pasar Jodoh Parean, tempat tradisi menjaring jodoh di Indramayu (Source: www.merdeka.com)

Ada juga upacara Ngunjung, yaitu upacara syukuran yang dilaksanakan di beberapa makam tokoh keagamaan serta makam orang-orang yang dituakan oleh masyarakat. Biasanya dilaksanakan pada bulan Syuro dan Maulud. Pada upacara Ngunjung ini, selain diisi dengan kegiatan do’a bersama, juga ditampilkan beberapa kesenian khas daerah, seperti wayang cepak dan tari-tarian.
Tradisi Ngunjung Buyut Bengok di Desa Arahan Lor, Indramayu (Source: www.tosupedia.com)

Oh ya Nak, karena beberapa minggu yang lalu kau sempat sakit, Ayah jadi ingat kalau di Indramayu juga ada upacara Mapag Tamba. Mapag Tamba merupakan upacara yang dilaksanakan dengan tujuan untuk mengusir penyakit. Namun, penyakit yang dimaksud di sini adalah penyakit tanaman yaitu hama. Caranya adalah dengan membawa air tambak ke dalam bumbung bambu yang berasal dari kasepuhan atau sumber. Kemudian air itu disiramkan ke air yang mengalir ke sawah-sawah.
Pamong desa berjalan sambil membawa air dalam bambu pada ritual Mapag Tamba di Desa Tugu, Indramayu (Source: www.antarafoto.com)

Budaya yang ada di Indramayu tidak hanya itu, Nak. Masih banyak lagi yang lainnya. Dalam bidang seni musik ada kesenian yang dinamakan tarling, yaitu perpaduan seni musik dan lagu yang pada awalnya ditampilkan dalam bentuk nyanyian dengan iringan gitar dan seruling. Namun seiring kembangan zaman, kesenian tarling juga diiringi dengan musik dangdut sehingga lahirlah kesenian tarling dangdut.


Ini lho Nak, yang namanya Tarling Klasik Indramayu

Dalam seni tari, di Indramayu ada tari topeng. Disebut tari topeng, karena penarinya menggunakan topeng di saat menari. Tari topeng bisa dimainkan oleh seorang penari solo, atau bisa juga dimainkan oleh beberapa orang. Tari topeng ini banyak sekali ragamnya. Salah satunya adalah tari topeng Kelana Kencana Wungu yang merupakan rangkaian tari topeng gaya Parahyangan yang menceritakan ratu Kencana Wungu yang dikejar-kejar oleh Prabu Menak Jingga yang tergila-tergila kepadanya.


Nah, kalau ini namanya Tari Topeng Indramayu, Nak..

Selain pertunjukan tari topeng, di Indramayu kita juga bisa menyaksikan pertunjukan wayang kulit serta wayang golek cepak. Sebenarnya, wayang kulit Indramayu ini sama dengan yang ada di daerah Cirebon. Perbedaannya hanya terletak pada bahasa yang digunakannya, yaitu bahasa Cirebon dialek Indramayu. Sedangkan wayang golek cepak, merupakan bagian dari wayang purwa. Yang membedakan wayang ini dengan lainnya adalah lakon dan alur cerita, serta bentuk dan rupa tokohnya yang tidak diambil dari pakem pawayangan.
Pertunjukan wayang kulit dalam Festival Dalang Wayang Se-Jabar di Indramayu (Source: fajarnews.com)

Oh ya, di Indramayu kita juga bisa menyaksikan pementasan kuda lumping loh. Iya, kuda lumping, kesenian dengan ciri khas penarinya yang menaiki kuda-kudaan yang terbuat dari kulit atau lumping sambil melakukan atraksi yang berbau magis itu. Selain kuda lumping, ada juga genjring akrobat, yaitu aktraksi dengan media tangga dan sepeda yang diiringi alat musik genjring atau rebana dengan dilengkapi dengan tari rudat. Hmm, kamu pasti suka sekali kalau menyaksikan pertunjukan-pertunjukan itu, Nak.


Seperti ini lho, Nak, aksi Genjring Akrobat.. Keren kan?

Sebenarnya masih banyak sekali kebudayaan yang ada di Indramayu yang akan Ayah ceritakan, Nak. Masih ada Sintren atau Lais, Berokan, Singa Depok, Kebo Ngamuk, Sandiwara, dan lain sebagainya. Belum lagi tentang aneka ragam makanan khasnya. Rasanya waktu satu malam memang tak akan cukup untuk menceritakan berbagai kebudayaan Indramayu ini. Karena memang kebudayaan Indramayu itu banyak sekali. Maka tak heran jika, kabupaten yang terbentuk pada tanggal 7 Oktober 1527 ini disemati sebagai Kota Budaya di pesisir Pantura.

Namun, Ayah lihat kau sudah ngantuk berat, Nak. Kedua mata indahmu sudah nampak sayu. Tinggal beberapa Watt saja. Lain waktu, cerita ini kita sambung lagi ya, Nak? Oh ya, jika suatu saat nanti kau berkesempatan berkunjung ke Indramayu, jadilah saksi atas aneka ragam budaya Indramayu yang sudah Ayah ceritakan ini ya? Kemudian ceritakanlah pada Ayahmu ini. Sekarang, berdo’a dan tidurlah. Esok yang cerah menunggu senyum tulusmu..

***

*Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Indramayu Kota Budaya
**Daftar Bacaan:
http://www.indramayukab.go.id/potensi
https://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Indramayu
http://www.disparbud.jabarprov.go.id/wisata/cat-det.php?id=6&lang=id

,

Tips Menang Lomba Blog bagi Pemula

Sebenarnya saya berat menulis artikel ini. Bukan karena saya pelit berbagi tips, tapi karena saya masih merasa belum pantas berbagi tips terkait cara menang lomba blog. Tapi, bagaimana lagi, karena ada permintaan dari beberapa teman pendatang baru di dunia lomba blog, ya akhirnya saya putuskan untuk sedikit berbagi. Sekaligus, ini sebagai posting spesial (tapi gak pake telor) dalam rangka Hari Blogger Nasional 27 Oktober 2016. Mudah-mudahan bisa menjadi motivasi bagi Blogger-blogger pemula (termasuk saya) untuk meramaikan dunia per-blog-an Indonesia.

Perlu diperhatikan, tips ini khusus bagi 'pemula' yang mau terjun dalam ajang lomba blog, tidak berlaku bagi para mastah (orang-orang yang sudah malang melintang dan sering menang dalam lomba blog) ya? Karena mereka pasti punya tips dan trik tersendiri yang lebih jitu.

Nah, ini dia 8 Tips Menang Lomba Blog bagi Pemula:

Pertama, pilih tema yang sesuai dengan kemampuan. Secara, lomba blog sekarang kan banyak banget tuh? Hampir setiap bulan itu selalu ada lomba blog yang jumlahnya juga tak bisa dihitung dengan jari. Nah, kalau kita mengikuti semuanya, tentu hasilnya tak akan maksimal. So, pilih tema yang sesuai saja. Kalau bisa, pilih juga lomba blog yang peluangnya banyak, yaitu lomba yang banyak pemenangnya tapi sedikit pesertanya. Emang ada ya?

Kedua, menulislah dengan totalitas, mengerahkan pikiran dan tenaga semaksimal mungkin. Jangan hanya asal-asalan saja. Karena bagaimanapun, tulisan kita akan dibaca oleh ratusan bahkan ribuan orang, termasuk Dewan Juri yang terhormat. Jadi menulislah, dengan gaya tulisan yang menarik. Nah, salah satu tips biar terlihat menarik adalah dengan membuat paragraf pertama seperfect mungkin. Dengan itu, maka Dewan Juri akan tertarik untuk membaca tulisan kita secara keseluruhan.

Ketiga, buatlah info grafis seunik dan semenarik mungkin. Karena kebanyakan lomba blog juga memberi penilaian lebih pada gambar-gambar yang ada dalam posting kita. Bagi yang kurang lihai dalam desain grafis (seperti saya ini), bisa membuat gambar yang unik dengan program-program yang sederhana dioperasikan. Gambar yang unik itu tidak selalu dihasilkan dari desainer grafis yang mumpuni kan?

Keempat, tulislah artikel di blog serapi mungkin dengan tulisan yang mudah dibaca. Maksudnya, font hurufnya jangan terlalu kecil, atau terlalu besar, jangan ada typo (salah ketik), serta pilihlah jenis font huruf dengan tingkat keterbacaan tinggi. Kalau tulisannya saja susah terbaca, tentu Dewan Juri juga akan merasa malas untuk membaca. Dewan Juri juga manusia loh. Bukan hanya tulisan, gambar yang rapi, tampilan tema blog yang enak dilihat sedikit banyak juga mempengaruhi penilaian. Ini insting saya, tapi yakinlah ini benar.

Kelima, bacalah syarat dan ketentuan (S & K) lomba blog. Ini sangat penting, karena kebanyakan penyelenggara lomba (tapi tidak semuanya) itu tidak punya toleransi terkait kurang lengkapnya syarat dan ketentuan lomba. Tulisan baik, desain oke, tapi kalau ada S & K yang tidak terpenuhi, ya siap-siap saja tulisan kita tidak diikutsertakan dalam penialaian. Jadi sia-sia kan?

Keenam, belajarlah dari para mastah lomba blog (orang-orang yang sering menang dalam lomba blog). Cara belajarnya sangat simpel, kunjungi blognya, kemudian baca tulisan-tulisannya yang diikutsertakan dalam lomba blog. Dengan itu, kita akan lebih menguasai banyak kosakata serta gaya bahasa yang akan membuat tulisan kita menjadi lebih manis. Udah kayak gula aja :-)

Ketujuh, jadilah blogger yang pantang menyerah. Coba bayangkan, kalau kita mudah menyerah, kemudian ikut lomba dan kalah tentu kita tidak akan mau mengikuti lomba blog lagi. Ketahuilah, bahwa lomba blog itu tidak pasti, yang menang di lomba A belum tentu menang di lomba B, dan sebaliknya. Jadi, jangan minder (berkecil hati) terlebih dahulu sebelum mencoba.

Kedelapan, berdo’a pada Tuhan Yang Maha Kuasa. Ini yang tak kalah penting. Karena tak bisa dipungkiri, usaha tanpa do’a adalah kesombongan, dan ketahuilah bahwa kesombongan itu akan membawa kehancuran. Halah, udah kayak guru agama saja :-)

Okey, sementara saya berikan 8 tips dulu ya? Mudah-mudahan bermanfaat. Selamat mengamalkan dan semoga berhasil! Selamat Hari Blogger Nasional, majulah Bloggers Indonesia! Teruslah menulis dan menghasilkan karya-karya yang menginspirasi! Salam…

, ,

Kioson Sebagai Jembatan Kesenjangan Digital UMKM

Entah disadari atau tidak, sejak masuknya makhluk bernama internet ke Indonesia di sekitar tahun 1990-an, banyak sekali perubahan gaya hidup yang kita alami. Salah satunya adalah dalam hal gaya berjual beli. Terlebih ketika dunia internet memasuki era 3G atau bahkan 4G. Hal tersebut, tentu saja mendorong pertumbuhan trendsetter-trendsetter baru mengenai arah mode dan lifestyle masyarakat kita yang semakin digital.

Orang-orang yang dulunya rela berdesak-desakan untuk mendapatkan sebuah barang yang mereka suka, kini mulai menggantinya dengan cara yang lebih praktis, yakni dengan belanja online. Tak terkecuali mereka yang dulunya berdagang dengan cara tradisional, kini mulai membuka lapak bisnisnya di internet dengan membuat sebuah toko online.

Namun tak bisa dipungkiri, dampak mengasyikkan dari digital ekonomi tersebut masih terbatas hanya bisa dinikmati oleh segelintir orang saja, yakni masyarakat yang ada di perkotaan. Sedangkan masyarakat desa, tentu hanya bisa gigit jari saja melihat perkembangan digital yang sedemikian rupa. Betul nggak? Untuk membuktikannya, mari kita tengok di sekeliling kita. Di era digital ini, para pemilik toko kelontong, toko pulsa, kios-kios kecil serta UMKM lainnya masih kita saksikan menjual barang dagangannya hanya dengan cara tradisional saja. Dan hal tersebut tentu adalah akibat dari kesenjangan digital yang ada.
Kesenjangan apapun, termasuk kesenjangan digital memang sebuah realita yang tak bisa dihindarkan. Terlebih di negara Indonesia yang luasnya lebih dari tiga ribu kali dari luas Singapura! Namun, bukan berarti kesenjangan digital itu hanya untuk diterima saja, tanpa sebuah usaha untuk mengatasinya. Iya kan? Kesenjangan digital adalah jurang pemisah, sehingga sebesar apapun lebarnya harus tetap diusahakan untuk dipersempit dan dibuatkan sebuah jembatan yang menghubungkannya. Nah, dalam hal ekonomi digital, salah satu jembatannya adalah Kioson. Sudah tahu apa itu Kioson kan?
Kioson itu KIOS Online ya? Ya, secara gampangnya begitu. Lebih tepatnya, Kioson adalah sistem aplikasi yang diluncurkan oleh PT. Kioson Komersial Indonesia untuk menjembatani kesenjangan ekonomi digital antara masyarakat kota dan masyarakat desa. Langkah yang ditempuhnya adalah dengan menjalin kerja sama dengan pemilik UMKM yang tersebar di seluruh pelosok daerah di Indonesia. Kioson sendiri didirikan pada bulan Mei tahun 2015 lalu oleh para ahli di bidang Merchandising, E-Commerce, Telekomunikasi dan Industri Keuangan.

Sesuai dengan taglinenya “Semua Bisa Online”, para pedagang menengah ke bawah yang sebelumnya berdagang secara tradisional saja, maka setelah bergabung menjadi E-Tailer (Electronic Retailer) Kioson, mereka dapat berdagang secara online. Hal tersebut tentu berimbas pada pendapatan para pemilik toko yang akan meningkat secara signifikan. Bagaimana tidak, dengan menjadi E-Tailer Kioson, mereka akan memperoleh pendapatan dari bisnis retail, agen pembayaran (payment point), serta program keagenan (agency models) yang diterapkan oleh Kioson.
Tapi, kenapa harus Kioson? Mungkin ada yang bertanya demikian. Jawabnya sudah pasti, tentu karena keunggulan-keunggulannya. Emang apa saja sih keunggulan Kioson? Keunggulannya banyak! Di antaranya:
Pertama, seluruh transaksi di Kioson dilakukan secara tunai, sehingga lebih aman dan terpercaya. Kedua, proses transaksi di Kioson melalui internet, sehingga tidak ada istilah sms pending ataupun jaringan yang lemah.  Ketiga, berbagai macam transaksi, mulai dari isi pulsa, bayar tagihan, hingga belanja online berbagai jenis barang semuanya ada di Kioson. Selain ketiga keunggulan tersebut, masih ada keunggulan-keunggulan lainnya, seperti proses pengiriman barang yang super cepat dengan biaya yang juga super murah.
Tak hanya itu, dengan bergabung menjadi E-Tailer Kioson, kita juga akan mendapatkan berbagai keuntungan. Di antaranya, pertama, komisi langsung yang didapat dari setiap transaksi yang kita lakukan. Kedua, di Kioson terdapat banyak produk barang dan jasa yang bisa ditawarkan. Saking banyaknya, maka seolah-olah kita mempunyai sebuah mall digital. Hebat kan? Dan ketiga, dengan lengkapnya produk yang tersedia dengan harga yang terjangkau, sudah pasti kita akan menjadi tujuan transaksi para pelanggan. Serta masih banyak keuntungan-keuntungan lainnya.
Dengan melihat berbagai keunggulan serta keuntungan tersebut, Anda tentu tertarik untuk bergabung menjadi E-Tailer Kioson kan? Makanya, mari segera gabung menjadi E-Tailer Kioson, biar ikut ketiban rejeki yang cetar membahana. Caranya gimana? Gampang banget, karena Kioson sudah menyediakan dua paket pilihan bagi siapa saja yang akan bergabung menjadi E-Tailernya.

Pertama, Paket Gold. Paket ini cocok bagi calon pengguna yang belum memiliki tablet android. Untuk mendaftar paket gold ini, kita cukup membayar dengan Rp. 900.000. Dengan mendaftar paket ini, kita akan mendapatkan satu tablet android, saldo Kioson sebesar Rp. 100.000, banner untuk toko E-Tailer, serta buku panduannya.
Kedua, Paket Kioson GO. Paket ini diperuntukkan bagi calon pengguna  yang sudah memiliki tablet atau smartphone android. Nah, jika kita memilih paket ini, maka yang perlu kita lakukan adalah mendownload aplikasi Kioson yang ada di Google Playstore. Caranya adalah sebagai berikut:
Masuk saja di Google Playstore, ketik Kioson di kolom pencarian, pilih aplikasi Kioson kemudian klik pasang. Selanjutnya, klik terima dan tunggu aplikasi terpasang di perangkat android kita. Mudah kan?
Nah, setelah aplikasi terpasang, maka kita tinggal mendaftar menjadi E-Tailer Kioson. Oh ya, sebelum mendaftar, siapkan terlebih dahulu file foto KTP di perangkat android kita. Setelah siap, silakan buka aplikasi Kioson, kemudian melakukan pendaftaran di menu Daftar. Isikan identitas dengan lengkap dan unggah foto KTP di tempat yang tersedia. Setelah selesai, klik Kirimkan.
Selanjutnya, kita tinggal menunggu SMS dan email dari Kioson yang berisi ID Kioson (KCP) serta password untuk masuk ke aplikasi Kioson. Setelah kita mendapat SMS dan email dari Kioson, catat ID Kioson serta paswordnya. Kemudian gunakan ID Kioson serta pasword tersebut untuk masuk ke aplikasi Kioson.
Oh ya, untuk mengganti PIN, kita bisa masuk melalui Lupa Password/Membuat Password. Isikan ID Kioson, kemudian klik Kirimkan. Setelah itu, kita akan mendapat SMS dari Kioson yang isinya adalah No. OTP. Nah, nomor tersebut nanti digunakan ketika kita akan mengatur password akun Kioson.
Jika kita sudah berhasil mendaftar sebagai E-Tailer Kioson, maka untuk bisa merasakan hujan badai rejeki dari Kioson, tentu kita harus melakukan transaksi top up saldo dan penjualan. Bagaimana cara top up saldo dan melakukan transaksi penjualan di Kioson? Sabar ya, sebelum membahas itu, mari kita kupas aplikasi Kioson beserta fungsi berbagai menunya.
Aplikasi Kioson yang diperbaharui pada tanggal 21 September 2016 ini adalah versi 5.8. Aplikasi ini dapat dioperasikan pada smartphone berbasis android versi 4.0 ke atas. Dengan ukurannya yang relatif kecil, yakni 17 MB menjadikan aplikasi Kioson ini terasa sangat ringan ketika dijalankan, bahkan dengan smartphone kelas menengah sekalipun. Aplikasi Kioson ini dapat diakses dengan cepat serta dapat dijalankan di mana saja dan kapan saja, selama ada jaringan internet.

Keunggulan lainnya adalah tampilan aplikasi Kioson ini sangat simpel, namun fungsi menu-menunya sudah mencukupi kebutuhan penggunanya, yakni sebagai sarana yang mudah dan praktis untuk berjual beli secara online. Dan bagi saya, aplikasi Kioson ini sudah masuk dalam kriteria aplikasi yang user friendly, karena tampilannya yang enak dilihat, fungsi menu-menunya mudah dioperasikan serta mudah dipelajari, sehingga membuat E-Tailer dan pelanggannya merasa nyaman menggunakan aplikasi ini. Nah, berikut adalah tampilan beranda aplikasi Kioson beserta penjelasan singkat fungsi menu-menunya.
Pertama, menu bagian atas, yang terdiri dari ID KCP, Saldo Tersedia, Transaksi Hari Ini, serta ikon Log Out. 
  • ID KCP menunjukkan identitas dari E-Tailer. 
  • Saldo Tersedia menunjukkan jumlah saldo Kioson yang dimiliki oleh E-Tailer. Menu Saldo Tersedia jika ditab maka akan menampilkan informasi penjualan.
  • Penjualan Hari Ini menunjukkan jumlah transaksi yang dilakukan oleh E-Tailer selama satu hari ini.
  • Log Out digunakan untuk keluar dari aplikasi.
Kedua, menu bagian samping kiri, yang menampilkan produk-produk yang bisa dijual oleh E-Tailer, antara lain:
  • Belanja untuk melihat daftar barang yang bisa dijual oleh E-Tailer kepada pelanggannya. Selain terdapat kolom pencarian, di menu Belanja ini, barang-barang yang dijual juga sudah dipisahkan dalam kategori-kategori tertentu, sehingga akan memudahkan E-Tailer dalam menawarkan barang dagangannya.
Oke, kita lanjutkan ya?
  • Pulsa digunakan untuk melakukan transaksi isi ulang pulsa. 
  • Paket Data digunakan untuk isi ulang paket data internet.
  • PLN digunakan untuk pembelian token listrik pra bayar dan pembayaran tagihan listrik pasca bayar. 
  • PDAM digunakan untuk pembayaran tagihan air. 
  • TV digunakan untuk pembelian voucher TV berlangganan pra bayar dan pembayaran tagihan TV berlangganan pasca bayar.
  • Tiket Kereta Api digunakan untuk pembelian tiket kereta api. 
  • Multi Finance digunakan untuk pembayaran pinjaman atau kredit. 
  • Keagenan digunakan untuk pengajuan pinjaman di Bank Sinarmas serta pemasangan dan pembayaran iklan di OLX. 
  • Asuransi digunakan untuk pembelian asuransi dan pembayaran premi asuransi. 
Oh ya, di antara semua menu yang berisi produk yang bisa dijual oleh E-Tailer ini, ada beberapa menu yang belum berfungi karena masih dalam tahap pengembangan. Mudah-mudahan menu-menu tersebut segera diupdate oleh Kioson, sehingga produk yang bisa ditawarkan E-Tailer kepada pelanggannya semakin lengkap.

Ketiga, menu sebelah kanan, yang menampilkan berbagai menu yang bisa digunakan E-Tailer untuk melakukan transaksi. Dari sebelah atas paling kiri adalah menu Panel Kioson yang berisi berbagai sub menu dengan fungsinya masing-masing.
  • Pendapatanku digunakan untuk menampilkan pendapatan yang kita peroleh dari hasil transaksi di Kioson.
  • Rekening KCP berisi laporan pembayaran yang dilakukan E-Tailer.
  • Pengembalianku digunakan untuk mengembalikan uang jika ada pengembalian order atau pesanan yang masih tertunda.
  • Permintaan Platform Kredit digunakan untuk meminta platform kredit atau pinjaman dari Kioson.
  • Pembayaran Online terdiri dari: Tambah Balance untuk konfirmasi transfer ke rekening Kioson yang sudah dilakukan oleh E-Tailer, Cek Pembayaran untuk mengecek status pembayaran, Bantuan Panduan Pembayaran untuk meminta bantuan kepada Customer Service Kioson terkait pembayaran, dan Detail Rekening Kioson untuk melihat rincian Bank Kioson.
  • Bantuan terdiri dari: Teknis, Operasional, Pengambilan untuk meminta bantuan kepada Customer Service Kioson, Setting untuk melakukan pengaturan printer, serta Signal Boost untuk mencari jaringan terbaik yang mendukung operasi aplikasi Kioson.
  • GPS untuk mengatur lokasi E-Tailer.
  • Sync untuk melakukan sinkron ulang aplikasi Kioson.
  • Informasi untuk menampilkan informasi KCP.
  • Update Software untuk memeriksa dan mengupdate versi terbaru aplikasi Kioson.
Kembali ke beranda ya? Setelah Panel Kioson ada menu-menu lain, yaitu:
  • Kotak Pesan yang digunakan untuk melihat pesan dari Kioson.
  • Pencarian Pesanan untuk mencari pesanan yang sudah dilakukan.
  • Rincian Pesanan untuk melihat rincian dari barang yang sudah dipesan.
  • Bayar Pesanan untuk membayar barang yang sudah dipesan.
  • Cetak Receipt untuk mencetak tanda terima dari transaksi yang sudah dilakukan.
  • Kunci Layar untuk mengunci layar aplikasi.
  • Dan terakhir, Refund Pelanggan digunakan jika ada permintaan pengembalian uang dari pelanggan kepada E-Tailer.
Nah, itulah fungsi-fungsi dari menu yang ada di aplikasi Kioson. Setelah mengetahui fungsi dari masing-masing menu tersebut, maka sekarang saatnya kita merasakan hujan badai rejeki dari Kioson yang sesungguhnya. Caranya tentu dengan melakukan top up saldo, kemudian menawarkan produk-produk yang tersedia di Kioson. Untuk selanjutnya melakukan berbagai transaksi penjualan yang akan memberikan banyak keuntungan bagi kita E-Tailer Kioson.
Sebelum bertransaksi tentu kita harus top up saldo terlebih dahulu ya? Top up saldo ini bisa dilakukan secara kilat dengan transfer melalui ATM ke Rekening Bank Sinarmas dengan Kode Bank: 153 dan No. Rekening: 8383+No. HP kita yang terdaftar di akun Kioson, misalnya: 8383087734955521. Top up dengan cara ini bisa dilakukan dengan minimal top up Rp. 20.000. Disebut kilat, karena lima menit setelah transfer, saldo akan masuk ke akun Kioson secara otomatis tanpa melalui proses konfirmasi.

Cara lainnya adalah dengan transfer ke Rekening Kioson melalui ATM, mobile banking, ataupun internet banking. Minimal top up dengan cara ini adalah Rp. 10.000. Adapun Rekening Kioson yang bisa kita pilih adalah:
  • Bank BCA : 494 305 6776
  • Bank Mandiri: 121 000 3622622
  • Bank BRI : 0329 0100 35 91303
Setelah melakukan top up dengan cara ini, selanjutnya kita harus melakukan konfirmasi melalui aplikasi Kioson. Caranya masuk ke Panel Kioson, pilih Pembayaran Online, pilih Tambah Balance, lalu isikan data konfirmasi yang ada. Pastikan data yang kita input sudah benar, kemudian klik Kirim Rincian Pembayaran. Untuk lebih jelasnya, silakan lihat video berikut ya?



Nah, setelah melakukan konfirmasi, kita tinggal menunggu saldo masuk ke akun Kioson, biasanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit sejak konfirmasi dilakukan. Jika karena suatu hal, misalnya karena salah input data konfirmasi seperti yang pernah saya lakukan beberapa waktu yang lalu, yang berakibat top up saldo kita belum disetujui, maka kita tak perlu khawatir.  Kita bisa menghubungi Kioson untuk minta bantuan.
Caranya adalah dengan masuk ke Panel Kioson, pilih Pembayaran Online, pilih Bantuan Panduan Pembayaran, masukkan No. HP kita dan klik Hubungi. Tunggu beberapa saat, nanti Customer Service Kioson akan menghubungi kita untuk membantu proses konfirmasi. 
Menurut pengalaman saya selama bergabung dengan Kioson, pihak Kioson ini sangat tanggap sekali terhadap keluhan dan kendala yang dialami E-Tailernya. Dan inilah yang juga menjadi keunggulan Kioson. Oh ya, untuk kemudahan konfirmasi, jangan lupa setiap melakukan top up saldo, selalu simpan slip transfernya.
Bagaimana cara melakukan transaksi penjualan di Kioson? Caranya sangat mudah dan praktis. Secara umum, kalau kita menelisik aplikasi Kioson, cara melakukan transaksi penjualan di Kioson ini dapat dibedakan menjadi dua sesuai jenis produknya.

Pertama, transaksi pembayaran untuk jenis produk barang. Caranya adalah dengan masuk melalui menu Belanja. Selanjutnya, pelanggan memilih jenis barang yang akan dibeli. Setelah pelanggan cocok dengan barang yang akan dibelinya, kemudian Tambahkan ke Keranjang. Nah, untuk proses pembayarannya adalah melalui ikon Keranjang yang ada di bagian atas menu Belanja.
Kedua, transaksi pembayaran untuk jenis selain barang seperti pulsa, token listrik, tagihan PDAM dan lain sebagainya. Caranya adalah langsung masuk melalui menu-menu tersebut. Kemudian melakukan proses transaksi yang akan dilakukan. Sebagai contoh, ketika ada pelanggan saya yang akan membeli token listrik, maka langsung saja masuk ke menu PLN. Pilih Voucher PLN Pra Bayar, masukkan ID Meter Pelanggan dan No. HP, kemudian Kirimkan. Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat di gambar berikut ini ya?
Gimana, cukup mudahkan? Oh ya, untuk informasi lebih lengkap tentang Kioson, Anda bisa mengunjungi website resminya di kioson.com. Atau hubungi Layanan Online Kioson E-Tailer (LOKET) di:
  • 0818 0721 8383 (XL)
  • 0857 7625 8383 (Indosat)
  • 0899 983 8383 (Three)
  • 0812 9556 8383 (Telkomsel)
Untuk melihat video tutorial berbagai transaksi, silakan mengunjungi dan subscribe Channel Youtube Kioson. Jangan lupa juga untuk like akun Fanspage Facebook @kiosonindonesia, follow Twitter @kioson_etailer serta Instagram @kioson_etailer untuk mendapatkan informasi terupdate tentang Kioson.
Kioson sebagai jembatan kesenjangan digital UMKM, sudah membuktikan komitmennya untuk melakukan digitalisasi masyarakat, terutama bagi mereka yang hidup di daerah-daerah lapis dua di Indonesia (Rural Society). Hadirnya aplikasi Kioson yang user friendly, yakni mudah dipelajari dan dioperasikan, menjadikan siapapun bisa memiliki kios online. Tak pandang apapun latar belakang pendidikan dan di manapun tempat tinggalnya. Bahkan, dengan membawa smartphone yang sudah terinstall aplikasi Kioson, berdagang pun bisa dilakukan di mana saja, tidak terbatas di toko atau kios semata.

Akhirnya, kini para pemilik UMKM yang tersebar di desa-desa pun bisa ikut merasakan dampak mengasyikkan dari digital ekonomi yang sebenarnya telah lama terjadi di Indonesia. Dengan berbagai keunggulan Kioson serta keuntungan yang diberikan kepada E-Tailernya, maka tak ada alasan bagi kita untuk tidak bergabung menjadi E-Tailer Kioson. Bergabung dengan Kioson, berarti ikut serta dalam upaya menjembatani kesenjangan digital.  Yuk, gabung sekarang juga dengan mendownload aplikasi Kioson di:
Selanjutnya, lakukan top up serta transaksi di Kioson, dan rasakan sensasi hujan badai rejekinya!

***
* Referensi:
http://kioson.com/
https://www.youtube.com/channel/UC8KQCu0rdnkVMcFhoOZv8Uw
**Tulisan ini diikutsertakan dalam Kioson Blog Competition