,

Daftar Lomba Blog Desember 2016 (Update!)

"Tanpa tulisan, manusia akan tetap pada masa pra sejarah." Itulah quote saya hari ini. Entah benar atau tidak. Namun, mudah-mudahan memang benar adanya. Andaipun salah, saya tidak berniat untuk menistakan para ahli sejarah.

Oh ya, berbicara tentang aktivitas tulis menulis, masih ingatkah Kawan dengan kata bijaknya Pak Kuntowijiyo? Kata beliau, “Syarat untuk menjadi penulis ada tiga, yaitu: menulis, menulis, menulis”. Ya, untuk menjadi penulis (penulis apapun), berapapun syaratnya, intinya cuma satu, yaitu menulis.

Aktivitas menulis ini memang mudah dilakukan, namun menulis yang baik itu tidak semua orang bisa melakukannya. Nah, untuk dapat menulis yang baik sudah pasti perlu diusahakan, yakni dengan belajar menulis yang baik. Bagaimana caranya? Salah satunya adalah dengan ikut serta dalam lomba-lomba menulis. Karena dengan mengikuti lomba menulis, maka tulisan kita akan dibaca dan dinilai, minimal oleh para juri.

Berikut adalah Daftar Lomba Menulis di Blog dengan deadline bulan Desember 2016. Mudah-mudahan dapat menjadi referensi siapa saja yang mau berlatih menulis.

1. Lomba Blog Unair. Tema Lomba adalah "Fun Experience with UNAIR!". Deadlinenya 22 Desember 2016. Hadiahnya gedget-gadget keren, dicek sendiri ya?
2. Lomba Blog Bika Bogor Talubi. Temanya adalah Oleh-oleh khas Bogor dan Bika Bogor Talubi (Talas dan Ubi). Deadlinenya 16 Desember 2016. Hadiah totalnya Rp. 10 Juta, Bro!
3. Lomba Blog DotComForMe. Temanya adalah Pengalaman dan Alasan Menggunakan Top Level Domain .com/.net dalam Memberdayakan Blogmu. Deadlinenya 22 Desember 2016. Hadiahnya gadget-gadget keren dan jutaan voucher belanja.

Oh ya, baca juga contoh tulisan saya untuk lomba ini di Menggunakan Top Level Domain .com/.net untuk Aktivitas Ngeblog Sehari-hari.

4. Jalan Tikus Blog Review Competition. Temanya bebas, yang penting tentang Jalan Tikus. Deadlinenya 8 Desember 2016. Hadiah total Rp. 5 Juta Rupiah.
5. Citra Maja Raya Writing Competition. Temanya adalah Perumahan Murah di Banten'. Deadlinenya 15 desember 2016. Hadiah total Rp. 15 Juta Rupiah.
6. Lomba Blog Laperma Platinum. Temanya adalah Cara Mengatasi Anak Susah Makan dengan Laperma Platinum. Deadlinenya 31 Desember 2016. Hadiah totalnya jutaan rupiah.
7. Lomba Blog Priceza. Tema Artikel bersifat Bebas dengan Pilihan Kategori: Berita & Update Terbaru, Tips & Trik, Fashion & Kecantikan, Kesehatan & Gaya Hidup. Deadline 31 Desember 2016. Hadiahnya trip ke Thailand untuk 8 pemenang.
8. Lomba Blog Define Your Diasweet. Temanya adalah. Deadlinenya 31 Desember 2016. Hadiah total Rp. 2,5 Juta Rupiah+Produk Diasweet.
9. Lomba Blog Bank Indonesia. Temanya adalah Smart Money Wave atau Gerakan Nasional Non Tunai. Deadlinenya 15 Desember 2016. Hadiah total Rp. 20 Juta Rupiah.
10. Pertamina Blog Competition. Temanya adalah Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan. Deadlinenya 13 Desember 2016. Hadiah Total Rp. 25,5 Juta.

Nah, untuk contoh artikel saya untuk lomba ini bisa dicek di Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

11. Kompasiana Blog Competition. Temanya adalah Membangun Negeri dengan Kreasi Digital. Deadlinenya 12 Desember 2016. Hadiah Total Rp. 6 Juta.
12. Lomba Blog Smartfren. Temanya adalah Buku dan Internet Sebagai Jendela Informasi Masa Depan. Deadlinenya 15 Desember 2016. Hadiahnya gadget keren!
13. Boneprice Blogging Competition. Temanya adalah Pengalaman Berbelanja di Pasar Tradisional dengan Boneprice. Deadlinenya 11 Desember 2016. hadiah Total Rp. 6 Juta.
14. Kompasiana Blog Competition. Temanya adalah Distribusi Energi, Menggerakkan Negeri. Deadlinenya 1 Desember 2016. Hadiah Total Rp. 10 Juta.
15. Gatsuone Blog Competition. Temanya adalah GatsuOneがつおね Fashion Essentials for Work and Hangout. Deadlinenya 31 Desember 2016. Hadiah Total Rp. 4,5 Juta.
16. Lomba Blog APBN 2017. Ada beberapa pilihan tema. Deadlinenya 16 Desember 2016. Hadiah Total Rp. 6 Juta.
17. Kompetisi Blog Inspirasi Wanita 2016. Temanya adalah Hobimu, Inspirasi Sekelilingmu. Deadlinenya 7 Desember 2016. Hadiah Total Rp. 6 Juta.
18. Blibli.com Blog Competition. Ada tiga pilihan tema. Deadlinenya 31 Desember 2016. Hadiah Total Rp. 19 Juta.
19. Kompasiana Blog Competition. Temanya adalah Belanja Online dengan Sistem Pembayaran yang Aman. Deadlinenya 31 Desember 2016. Hadiah Total Rp. 5 Juta.
20. Electronic City Blog Competition. Temanya adalah Alat Elektronik Teman Travelling-mu. Deadlinenya 10 Desember 2016. Hadiahnya Jutaan Rupiah.
21. Lomba Menulis Blog Memperingati Hari Anti Korupsi Internasional 2016. Temanya adalah Ayo Cegah Korupsi. Deadlinenya 12 Desember 2016. Hadiah Total Jutaan Rupiah. Khusus Blogger yang berdomisili di Pekanbaru ya? :)
22. Writing Challenge Competition. Temanya adalah Makanan Thailand. Deadlinenya 30 Desember 2016. Hadiahnya jalan-jalan ke Thailand lho Bro and Sist!
23. Lomba Blog Traveliomore. Temanya adalah #TravelioMore: More Choice, More Space, More Value. Deadlinenya 11 Desember 2016. Hadiah Total Jutaan Rupiah.
24. Lomba Blog JNE. Temanya adalah Cerita Baik bersama JNE. Deadlinenya 20 Desember 2016. Hadiahnya gadget-gadget keren dan voucher belanja.
25. Anugerah Pewarta Astra 2016 Kategori UmumTema tulisan mengangkat kegiatan kontribusi Astra untuk bangsa baik dalam bidang produk & layanan, sumber daya manusia serta kontribusi sosial yang berkelanjutan bagi bangsa dan negara. Deadlinenya 31 Desember 2016 . Hadiah Total Ratusan Juta Rupiah.

Tulisan saya untuk lomba ini bisa dibaca di Mengembangkan Payung di Tengah Badai

26. Lomba Menulis Popbela Community. Ada beberapa tema pilihan. Deadlinenya 31 Desember 2016. hadiahnya Jutaan Rupiah.
27. Acer Switchable Me Story Competition. Temanya adalah “Switchable Me: Profesi dan Hobi yang Didukung oleh Acer Switch Alpha 12, Notebook 2-in1- yang Powerful dan Fanless”. Deadlinenya adalah 5 Desember 2016. Hadiahnya puluhan juta rupiah!
28. Lomba Menulis Pappub. Temanya Menulis Indonesia Merawat Kebhinekaan. Deadline 31 Desember 2016. Hadiah Total Jutaan Rupiah.
29. Kompasiana Blog Competition. Temanya adalah Mengangkat Keunikan Papua, Membuka Masa Depan Pariwisata Papua. Deadlinenya 31 Desember 2016. Hadiah Total Rp. 6 Juta Rupiah.
30. Lomba Menulis Vemale.com: Bangga Menjadi Ibu. Temanya adalah Pengalaman Pertama Menjadi Ibu. Deadlinenya 31 Desember 2016. Hadiahnya voucher belanja dan hampers.
31. Female Blog Competition. Temanya adalah Memaksimalkan Fungsi Smartphone dalam Kehidupan Sehari-hari Sebagai Blogger. Deadlinenya 10 Desember 2016. Hadiahnya 3 Gadget keren.

Untuk info selengkaptnya, silakan klik judul lombanya ya, Kawan? Sementara itu dulu.. Besuk kalau ada lagi dan sempat, saya update lagi.. Dan mohon maaf, deadlinenya tidak sempat diurutkan. Dicermati saja ya? Oh ya, kalau Anda punya info lomba blog lainnya, boleh kok ditambahkan di kolom komentar. Terimakasih. Selamat menulis dan berkompetisi. Semoga sukses... 

Mengembangkan Payung di Tengah Badai

Pak Harjono, demikian tetangga-tetangga memanggilnya. Beliau adalah salah satu pengrajin payung lukis yang masih tersisa di tengah gerusan zaman. Usianya memang sudah tak muda lagi, sudah jauh meninggalkan kepala enam. Namun, semangatnya dalam menjaga kelestarian seni budaya Indonesia patut diacungi jempol.

Ketika berkunjung ke rumahnya beberapa waktu yang lalu, tampak beberapa tumpukan payung berwarna-warni dan puluhan kaleng cat yang berserakan di teras rumahnya. Di sebuah gang sempit yang berada di sebuah kampung, sekitar 22 km arah timur laut pusat kota Klaten inilah salah satu bengkel seni payung lukis yang pernah jaya di masanya berada. Tepatnya di Dusun Gebungan, Desa Kwarasan, Kecamatan Juwiring, Klaten.

“Sayang sekali, Mas.. Baru sepuluh menit yang lalu istri saya mengantarkan pesanan payung ke Jogja. Jadi, yang tersisa hanya payung polos untuk kiriman berikutnya,” ujarnya membuka percakapan. Untuk kemudian bercerita panjang lebar tentang payung fantasi, payung yang terbuat dari kain atau kertas bergambar bunga warna-warni.

Pak Harjono adalah generasi ketiga yang tinggal di kampung penghasil kerajinan payung, Kwarasan. Ketika saya memperhatikan beliau, nampak sekali tatapan matanya yang berat. Entah karena terlalu lelah ataupun kurang tidur. Tapi dari apa yang saya lihat serta kisah hidup yang beliau ceritakan, saya masih menyaksikan dengan jelas sisa-sisa semangatnya untuk mengarungi pahit manisnya kehidupan.
Pemandangan di salah satu sudut Kampung Payung Lukis Kwarasan

Dari cerita panjang Pak Harjono, saya juga tahu bahwa kerajinan payung lukis ini pernah berjaya  dan populer di masa lalu. Ya, mungkin sama populernya dengan lagu “Payung Fantasi” karya Pak Ismail Marzuki di awal tahun 1960-an.
“Payung fantasi melambai disinar pagi.. Hai, hai, cantik nian.. Boleh kupandang wajahmu secantik bintang, bolehkah disayang?”
Begitulah penggalan lirik lagu yang tercipta di tahun 1955. Kini, lebih dari 60 tahun sudah masa itu berlalu, tapi masih saja lagu itu sering dinyanyikan. Bahkan, kalau kita mau menelusurinya di dunia maya, maka kita akan menemukan beberapa versi anyar dari lagu lama ini. Salah satunya, dalam nuansa jazz yang ditembangkan oleh Shelomita berkolaborasi dengan Opuster Big Band pada tahun 2006 silam. 

Kepopuleran lagu Payung Fantasi tersebut tentu berbanding terbalik dengan kisah kerajinan payung fantasi, payung lukis yang ada di Desa Kwarasan, Kecamatan Juwiring ini. Menurut catatan sejarah, daerah Juwiring ini menjadi sentra penghasil kerajinan payung lukis sejak tahun 1800-an. Konon, masyarakat di daerah ini secara turun temurun menekuni profesi sebagai pengrajin payung lukis. Hampir seluruh penduduk di enam dukuh di desa ini saat itu berprofesi sebagai pembuat payung.

Dahulu, menurut cerita para orang tua di daerah Juwiring, begitu memasuki desa ini, akan terlihat payung warna warni memenuhi rumah-rumah penduduk. Di halaman rumah yang luas, biasanya payung-payung berjajar untuk dijemur. Sepanjang harinya, orang-orang desa sibuk membelah kayu-kayu pohon melinjo, memotongnya, kemudian menjemurnya hingga benar-benar kering untuk kemudian dibuat sebagai kerangka payung. Mereka juga memotong bilah-bilah bambu untuk  jeruji  payung, memotong dan mengelem kertas ataupun kain, serta melukis gambar bunga.
Masih ada jajaran payung di jemuran, tapi tak seramai dulu

Hasil kerajinan payung lukis dari masyarakat desa, kemudian ditampung oleh lembaga semacam koperasi. Pinda Aneka, namanya. Tercatat, selama periode 1960-1970, koperasi ini rata-rata bisa memasarkan 40 ribu payung per bulan. Sehingga tak heran jika payung lukis ini menjadi gantungan hidup bagi 400 kepala keluarga di Desa Kwarasan ketika itu.

Kerajinan payung lukis berbahan kain dan kertas Juwiring juga terbukti kepopulerannya di kalangan Keraton Yogyakarta dan Surakarta. Selama berpuluh-puluh tahun, payung lukis ini selalu bisa ditemukan dalam Upacara Suronan serta Muludan. Tak hanya itu, payung lukis ini juga digunakan masyarakat Bali dalam upacara keagamaan. Bahkan, payung lukis hasil karya para pengrajin di daerah Juwiring ini juga pernah dipasarkan oleh pemerintah Indonesia ke wisatawan mancanegara, seperti Jepang, Suriname dan Kamboja.

Namun, keadaannya mulai berubah. Di awal tahun 1970-an, keberadaan Pinda Aneka mulai tersisihkan dan bangkrut karena tak mampu bersaing dengan kehadiran payung impor dari China. Eksistensi kerajinan payung lukis Pinda Aneka akhirnya harus terhenti pada tahun 1998, saat krisis moneter melanda Indonesia. Pesanan payung lukis dalam jumlah besar yang biasanya diterima oleh para pengrajin, tiba-tiba menurun drastis. Sehingga, secara perlahan, pangsa pasar payung lukis semakin menyempit. Akibatnya, demi dapur tetap mengepul, para pengrajin pun beralih ke profesi lainnya.
Infografis payung lukis Juwiring dari masa ke masa

Amat disayangkan memang. Mengingat payung lukis ini tak sekedar sumber mata pencaharian masyarakat saja, melainkan juga bagian dari budaya daerah sekaligus budaya bangsa yang seharusnya tetap lestari. Keterbatasan modal serta gagalnya regenerasi pengrajin payung di daerah Juwiring disinyalir juga menjadi salah satu permasalahan dalam upaya membangkitkan kembali kelestariannya. Bahkan, pada awal tahun 2015 kemarin tercatat hanya ada 11 pengrajin payung di daerah itu. Jika ditambah pembuat rangka atau jeruji, tercatat 50 orang yang masih setia menekuni produksi payung.

Beruntung sekali, di tengah kondisi yang tak pasti ini masih ada pihak-pihak yang masih peduli terhadap aktivitas perekonomian masyarakat yang juga menjadi salah satu warisan budaya ini. Satu di antaranya adalah PT. Asuransi Astra Buana, salah satu anak perusahaan dari Astra Internasional Tbk, perusahaan multinasional yang berdiri tahun 1957 silam. Terhitung sejak 17 Juni 2015 kemarin, PT. Asuransi Astra Buana melalui salah satu produknya Asuransi Astra Syariah meneken kerjasama Program Pemberdayaan Pengrajin Payung Lukis dengan salah satu lembaga sosial, Dompet Dhuafa Republika.
Penandatanganan (atas) dan launching (bawah) Program Pemberdayaan Pengrajin Payung Lukis

Penandatanganan kerjasama Program Pemberdayaan Pengrajin Payung Lukis tersebut merupakan salah satu kegiatan untuk menyalurkan Dana Sosial dari peserta Asuransi Astra Syariah. Tujuannya tak lain adalah untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat, terkhusus bagi para pengrajin payung lukis yang ada di Juwiring, Klaten, Jawa Tengah. Program pemberdayaan itu sendiri diluncurkan di Juwiring dua bulan sesudahnya, yakni pada tanggal 15 September 2015 silam.

Dalam kegiatan tersebut, Asuransi Astra Syariah menyalurkan bantuan dana sosial sebesar Rp.392.550.000 kepada 25 orang pengrajin payung lukis di Juwiring untuk proyek selama dua tahun. Dengan bantuan modal berupa dana tersebut, diharapkan kedua puluh lima pengrajin payung lukis di Juwiring bisa meningkatkan kapasitas produksinya. Selain bantuan modal, melalui program ini, para pengrajin juga akan mendapatkan pendampingan, pelatihan dan penguatan usaha. Sehingga akan muncul demand dari produk jasa dan barang yang mereka hasilkan. Pada akhirnya diharapkan akan tercipta proses supply chain yang berkelanjutan untuk menjaga kelestarian seni budaya Indonesia.

Dan terbukti, lebih dari setahun sudah sejak program itu digulirkan, saat ini para pengrajin payung lukis, termasuk Pak Harjono bisa tersenyum lagi. Sebabnya tak lain, karena payung-payung mereka kini mulai mengembang kembali. Tak hanya mengembang di depan rumah-rumah mereka, akan tetapi juga mengembang di berbagai pameran payung, termasuk dalam Festival Payung Indonesia (FPI) ke-3 yang digelar pada bulan September 2016 kemarin di Taman Balekambang, Solo. Kini, mereka kebanjiran pesanan paling tidak 2000 payung perbulannya.
Payung lukis Juwiring ikut hadir di FPI 2016 di Solo

Tentu bukan hanya Pak Harjono beserta kawan-kawannya saja yang patut untuk diapresiasi dalam rangka membangkitkan dan mengembangkan kembali salah satu budaya daerah. Terimakasih yang tiada terkira juga patut kita anugerahkan kepada Astra Internasional Tbk melalui anak perusahaannya, PT. Asuransi Astra Buana. Astra Internasional Tbk yang tahun depan memasuki usianya yang kepala enam ini terbukti telah berperan besar dalam mengembangkan payung di tengah badai perekonomian yang dihadapi para pengrajin payung.

Entah apa jadinya jika PT. Asuransi Astra Buana tidak menggulirkan Program Pemberdayaan Pengrajin Payung Lukis di Juwiring saat itu. Mungkin, payung lukis Juwiring tidak lagi berkembang seperti sekarang. Atau bahkan kita tinggal menunggu waktu saja, maka payung lukis Juwiring beberapa tahun ke depan hanya akan menyisakan sebuah cerita. Dan sepertinya PT. Asuransi Astra Buana ini memang menjadi jawaban dari pertanyaan Pak Ismail Marzuki 60 tahun silam dalam lagunya,
“Lenggang mengorak menarik hati serentak.. Hai, hai, siapa dia? Wajah sembunyi di balik payung fantasi.. Hai, hai, siapa dia?”
Alasannya, tentu karena perusahaan yang mengeluarkan produk Asuransi Astra Syariah pada tanggal 16 Maret 2005 inilah yang membuat payung-payung lukis di Juwiring terkembang kembali. Tak hanya payung-payung lukisnya, senyum para pengrajin juga semakin terkembang menghiasi hari-hari mereka.

Terimakasih dan selamat menyongsong HUT ke-60, Astra. Sebagaimana lagu Payung Fantasi-nya Pak Ismail Marzuki yang tetap populer, ataupun semangatnya Pak Harjono di usia lanjutnya, maka tetaplah populer dalam menginspirasi dan berkarya untuk bangsa. Salam SATU Indonesia!



Do'a HUT Korpri Ke 45 Tahun 2016

اعوذ بالله من الشيطان الرجيم. بسم الله الرحمن الرحيم    -   اللهم صل على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد سيد الاولين والاخرين وسلم ورضي الله تعالى عن اصحاب رسول الله اجمعين  -  حمدا شاكرين حمدا ناعمين حمدا يوافى نعمه ويكافئ مزيدة. يا ربنا لك الحمد كما ينبغى لجلال وجهك الكريم وعظيم سلطانك

Ya Allah, ya Rahman ya Rahim, puji dan syukur kami panjatkan kehadirat-Mu, atas segala kenikmatan yang Engkau berikan, sehingga pada pagi hari ini kami dapat mengikuti Upacara Bendera memperingati Hari Ulang Tahun ke-45 Korps Pegawai Repunlik Indonesia tahun 2016 dalam keadaan tenteram, damai dan sejahtara, semoga kegiatan ini Engkau catat sebagai amal ibadah kepada-Mu.

Ya Allah, ya Malik, jadikanlah Upacara Bendera ini sebagai upaya memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan bangsa kami. Wujudkanlah solidaritas serta kesetiakawanan seluruh anggota KORPRI, dalam mengawal kokohnya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ya Allah ya Quddus, wujudkanlah seluruh anggota KORPRI untuk meneguhkan semangat netralitas, dan menjaga integritas serta meningkatkan profesionalisme, guna mendukung terwujudnya pemerintahan yang baik dan terlaksananya reformasi birokrasi.

Ya Allah, ya Qowiy, kuatkanlah idiologi, mental dan spiritual untuk menjadi dasar pijakan kami. Agar setiap amal perbuatan, dapat kami pertanggungjawabkan, kepada pemimpin kami, kepada rakyat kami, dan kelak kepada Ilahi Rabbi, Tuhan penguasa alam semesta yang Maha Adil dan Bijaksana, yang tak pernah menghilangkan amal baik dan buruk hamba-Nya. 

Karena itu ya Allah, ya Hadi, berilah petunjuk kepada seluruh anggota KORPRI untuk mengeksplorasi diri menjadi aparatur negara yang berdaya guna dan berhasil guna dalam mengemban tugas umum pemerintahan dan pembangunan nasional. Tunjukkanlah kepada kami jalan yang benar, sebagaimana jalannya orang-orang yang Engkau berikan kenikmatan dan bukan jalannya orang-orang yang Engkau hinakan. Karena itu hanya kepada-Mu kami memohon dan hanya kepada-Mu kami berserah diri.

Ya Allah, ya Tuhan kami, janganlah Engkau palingkan hati kami dari ketaatan setelah Engkau berikan petunjuk, teguhkanlah semangat juang kami dalam melanjutkan perjuangan para pendahulu kami.

Ya Allah ya Ghaffar, ampunilah dosa kami, orang tua kami, para pemimpin kami, kabulkanlah permohonan kami.

ربناآتنا في الدنيا حسنة وفي الآخرة حسنة وقنا عذاب النار , سبحان ربك رب العزة عما يصفون وسلام على الرسلين والحمد لله رب العالمين

,

Colidan Sahabat Lambung, Obat Penyakit Maag Paling Ampuh

“Mens Sana In Corpore Sano, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat". Demikianlah pepatah Latin yang kali pertama dipopulerkan oleh seorang pujangga Romawi pada abad kedua Masehi, Decimus Iunius Juvenalis. Sebuah pepatah yang mengisyaratkan betapa pentingnya arti kesehatan bagi kehidupan manusia. Ya, kesehatan. Sebuah masalah yang sering diabaikan oleh manusia di era modern ini. Terlebih bagi masyarakat perkotaan yang lebih sering menghabiskan sebagian besar waktunya hanya untuk bekerja dan bekerja, tanpa mau mempedulikan sebuah nikmat Tuhan yang namanya kesehatan.

Oh ya, berbicara tentang kesehatan, saya jadi ingat kejadian di bulan puasa kemarin. Entah karena terlambat makan atau terlalu banyak minum kopi, yang jelas di minggu terakhir bulan puasa, asam lambung saya naik. Akibatnya lambung terasa mual disertai rasa nyeri di dada. Naiknya asam ke kerongkongan dan mulut juga menyebabkan lidah saya terasa asam sekaligus pahit. Kondisi tersebut menyebabkan saya merasa kesulitan untuk menelan. Dan yang memperparah lagi adalah setiap saya makan, rasanya selalu ingin muntah. Akhirnya, mau tidak mau saya pergi ke dokter untuk berobat. Dan beruntung satu hari sebelum hari raya, kondisi badan saya sudah mulai membaik, sehingga dapat berlebaran bersama keluarga.
Ngomong-ngomong sudah tau tentang penyakit asam lambung yang naik ke kerongkongan kan? Menurut ilmu kedokteran, penyakit ini disebut GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease). Ciri-ciri gejala ini adalah rasa panas di dada, rasa tidak nyaman dan sakit saat menelan. Gejala tambahannya meliputi serangan asam yang frekuen, suara serak, lambung terasa mual yang disertai rasa ingin muntah, nyeri dada nonkardiak, dan sering sendawa.
Dari penjelasan dokter, saya jadi tahu bahwa naiknya asam lambung ini adalah suatu gejala maag, yaitu terjadinya luka atau peradangan pada lambung. Faktor penyebabnya sendiri yang paling sering, selain karena pola makan yang tidak teratur, adalah konsumsi kopi, cokelat, alkohol, rokok, serta makanan berlemak yang berlebihan. Unsur-unsur yang terdapat pada makanan tersebut, menurut dokter membuat otot LES (Lower Esophageal Sphincter) tidak berfungsi dengan baik, sehingga produksi asam lambung akan berlebihan, kemudian naik ke kerongkongan. 
Kata pepatah, “mencegah lebih baik daripada mengobati”. Sepakat ya? Nah, bagaimana mencegah naiknya asam lambung? Karena penyebab yang paling sering memicu terjadinya asam lambung adalah faktor makanan, maka cara mencegahnya adalah dengan menerapkan pola makan yang sehat. Mulai dari makan teratur, menghindari alkohol dan rokok, serta mengurangi makanan atau minuman yang memicu naiknya asam lambung. Beberapa di antaranya adalah coklat, keju, mie, kopi, teh, daging, kentang goreng, dan minuman-minuman yang bersoda.
Menjadi dilema memang. Di satu sisi, di antara makanan dan minuman tersebut di atas, seperti coklat, keju, mie, kopi, teh, daging, dan kentang goreng adalah makanan dan minuman favorit kita. Di sisi lain, sebagian di antara kita, termasuk saya mempunyai riwayat kecenderungan asam lambung yang berlebihan. Sehingga tak jarang, karena demi menuruti hasrat makan dan minum sesuatu yang kita sukai tersebut, akhirnya asam lambung kita meningkat. Akibatnya, terjadilah yang namanya penyakit maag.

Lantas, bagaimana solusinya? Jika kita termasuk orang yang tidak bisa menahan godaan makanan dan minuman kesukaan yang memicu naiknya asam lambung, maka solusinya cuma satu, yaitu mengkonsumsi ramuan yang bisa membantu kinerja lambung. Ramuan tersebut bisa kita dapatkan dari kunyit, daun jambu biji, biji pepaya, ataupun kacang kedelai. Namun, jika tidak mau repot, maka kita bisa mengganti ramuan-ramuan tradisional tersebut dengan mengkonsumsi Colidan.
Sudah kenal dengan Colidan kan? Pastinya sudah ya? Tapi kalau belum, bolehlah saya kenalkan. Colidan adalah suplemen kesehatan yang diproduksi oleh PT. Pharos Indonesia, salah industri farmasi terbesar di Indonesia. Suplemen tersebut berfungsi untuk memelihara dan menjaga kesehatan lambung, serta membantu proses pemulihan lambung. Tapi, kenapa harus Colidan? Ada beberapa alasan yang menjadikan Colidan ini lebih unggul untuk dijadikan obat asam lambung serta obat penyakit maag, dibanding dengan obat atau suplemen sejenis lainnya. Di antaranya:
Pertama, Colidan terbuat dari bahan-bahan alami, yaitu Mozuku (Cladosiphon Okamuranus Tokida), atau yang lebih sering dikenal dengan Fucoidan, sari ganggang laut coklat yang berasal dari perairan laut lepas Okinawa, Jepang. Karena terbuat dari bahan alami, maka Colidan tidak menyebabkan efek samping apapun, meskipun dikonsumsi dalam jangka panjang.

Kedua, bahan alami Fucoidan yang mengandung polisakarida memiliki viskositas yang tinggi, sehingga sangat efektif sebagai obat asam lambung, yakni dengan membentuk lapisan yang melindungi mukosa lambung dari iritasi asam lambung. Efek optimal ini akan terasa jika kita secara rutin minum Colidan menurut aturan pemakaian.

Ketiga, selain sebagai obat asam lambung, Fucoidan yang terdapat pada Colidan juga sangat ampuh sebagai obat penyakit maag. Dalam study klinis menunjukkan bahwa konsumsi rutin Fucoidan sesuai dengan anjuran selama dua minggu maka keluhan sakit maag akan membaik. Setelah dua minggu, selanjutnya kita tinggal mengkonsumsi Fucoidan dengan dosis 50 mg sehari untuk mendapatkan perlindungan lambung sepanjang hari.

Keempat, Colidan dapat diminum kapan saja, baik sebelum ataupun sesudah makan. Namun, karena fungsi Colidan sebagai perlindungan lambung dari iritasi asam lambung, maka waktu yang paling tepat untuk meminumnya adalah pada saat pagi hari setelah sarapan pagi, serta sore hari sebelum makan malam.

Kelima, Colidan dapat dikonsumsi oleh siapa saja, termasuk untuk anak-­anak dengan batasan usia 6­-12 tahun dengan dosis 50 mg sehari 2 kali. Bahkan Colidan juga tetap aman dikonsumsi oleh wanita hamil, penderita penyakit kronis seperti jantung, diabetes, ginjal, dan lain-lain. Namun untuk beberapa kondisi khusus, tentu sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

Satu lagi, yang membedakan Colidan dengan obat penyakit maag lain adalah sistem kerjanya. Jika obat maag yang lain mengatasi gejala sakit maag dengan cepat, maka Colidan baru memberikan efek perlindungan setelah 1-3 jam sejak kita meminumnya. Namun yang memnuatnya ampuh adalah Colidan memiliki efek perlindungan yang panjang, sehingga sakit maag tidak kambuh lagi. Berbeda dengan obat penyakit maag lainnya yang hanya mengatasi gejala sakit maag yang selalu kambuh kembali.
Colidan dapat dikonsumsi oleh siapa saja, baik yang sudah pernah mengalami gangguan lambung maupun yang belum pernah. Bagi penderita gangguan lambung termasuk saya, maka Colidan berfungsi sebagai obat asam lambung yang dapat membantu memaksimalkan proses penyembuhannya. Sedangkan bagi yang belum pernah mengalami gangguan lambung, jika Colidan dikonsumsi secara teratur, maka dapat membantu memelihara kesehatan lambung secara optimal.
Dengan mengkonsumsi Colidan secara teratur, maka kita tak perlu lagi mengkhawatirkan sakit maag setelah mengkonsumsi makanan dan minuman favorit yang memicu naiknya asam lambung. Karena kandungan polisakarida pada Colidan akan membentuk selaput yang melindungi dinding lambung. Perlindungan tersebut sudah pasti akan menghindarkan kita dari iritasi akibat enzyme dan asam lambung, serta infeksi bakteri dari makanan dan minuman yang kita konsumsi.

Kini, sejak kenal dengan Colidan, saya berani makan apapun, tanpa takut asam lambung naik. Anda tentu juga ingin demikian kan? Makanya, yuk jadikan Colidan sebagai sahabat lambung. Oh ya, Colidan ini bisa kita dapatkan di beberapa apotek terdekat di sekitar kita. Atau jika ingin praktis, Anda bisa membelinya di apotikcentury.id. Jangan tunda lagi ya, karena terbukti hanya Colidan yang bisa menjadi sahabat lambung, sekaligus obat sakit maag paling ampuh.



*Tulisan ini diikutsertakan dalam Blog Contest Colidan
,

Keunggulan Menggunakan Top Domain Level .net/ .com untuk Aktivitas Ngeblog Sehari-hari

Berapa ya kira-kira jumlah blog di seluruh dunia saat ini? Tiba-tiba saja muncul pertanyaan yang agak nyleneh di benak saya. Tetapi, karena penasaran, saya pun mencoba untuk mencari informasi ke sana ke mari. Dan akhirnya saya menemukan jawabannya dari sebuah survey yang dilakukan oleh Netcraft, perusahaan penyedia layanan Internet yang berbasis di Bath, Inggris.

Dikutip dari netcraft.com dalam Netcraft Web Server Survey yang dilakukannya, didapati bahwa pada tahun 2010 silam, jumlah blog di dunia sebanyak 206.956.723. Angka tersebut naik menjadi 697.089.489 di tahun 2012. Kemudian melonjak tajam menjadi 968.882.453 pada tahun 2014 silam. Mungkin di tahun 2016 ini sudah lebih dari satu milyar ya? Berapapun angka pastinya, jumlah yang luar biasa tentunya. Iya kan?
Memang, tak bisa dipungkiri, saat ini aktivitas ngeblog merupakan sebuah fenomena yang terjadi di berbagai belahan dunia. Tak terkecuali di Indonesia. Mungkin, pada awalnya aktivitas ngeblog ini memang hanya dilakukan oleh orang-orang tertentu saja, yakni mereka yang biasa bergelut di dunia teknologi informasi dan aktif berselancar di dunia maya. Namun sekarang, ngeblog telah masuk ke semua kalangan.

Mempunyai blog dan ngeblog seolah telah menjadi sebuah kebutuhan sehingga kini aktivitas itu dilakukan oleh siapa saja. Tak hanya praktisi IT, pelajar, mahasiswa, dosen, peneliti, ngeblog juga dilakukan oleh orang biasa. Temanya pun bermacam-macam. Ada yang santai dan ringan tapi mencerahkan. Ada juga yang serius dan sarat dengan ilmu yang memberikan tambahan pengetahuan bagi pembacanya. Sehingga tidak berlebihan jika banyak pengamat yang memprediksi bahwa masa depan internet berada pada blog.
Oh ya, berbicara tentang aktivitas ngeblog, sebenarnya apa sih tujuan Anda ngeblog? Saya kira, meskipun aktivitasnya sama, yakni buat entri baru kemudian dipublikasikan, tapi tujuannya pasti berbeda-beda antara blogger yang satu dengan yang lainnya. Bener nggak? Ada yang sekedar iseng, ajang curhat, menyalurkan hobby, ingin berbagi, mendapatkan teman, belajar menulis, dan lain sebagainya. Ada juga yang ngeblog tujuannya untuk promosi dan sarana mendapatkan penghasilan.
Nah, meskipun tujuannya berbeda-beda, tapi saya yakin keinginan para blogger itu sebenarnya cuma satu, yaitu bagaimana caranya agar blognya dikunjungi dan dibaca oleh orang lain. Iya nggak? Sementara kita tahu, bahwa jumlah blog itu sedemikian banyaknya.

Lantas, bagaimana caranya agar blog kita mudah ditemukan oleh mesin pencari? Caranya adalah dengan menjadikan blog kita berbeda dengan yang lainnya, yaitu dengan memperkuat personal branding blog kita. Dan salah satu strateginya adalah dengan menggunakan Top Level Domain (TLD) dotnet ataupun dotcom.

Dengan Top Level Domain .net/.com, blog kita akan tampak berbeda dengan lainnya, sehingga memungkinkan lebih banyak dikunjungi dan dibaca oleh orang lain. Tak hanya itu, kalau kita tahu, keunggulan Top Level Domain .net/ .com ini banyak sekali bagi keberadaan blog kita. Apa saja?
Pertama, dengan Top Level Domain .net/.com, URL atau alamat blog mudah diingat. Satu contoh saja, mudah diingat yang mana kira-kira antara www.kangmasroer.com atau www.kangmasroer.blablablabla.com? Lebih mudah diingat URL yang pertama kan? Tentu, karena URL-nya lebih pendek tanpa embel-embel domain tertentu sebagaimana blog gratisan.

Kedua, dengan Top Level Domain .net/.com, kita akan terlihat lebih profesional. Hasilnya, blog kita tentu akan lebih dipercaya oleh pengunjung. Faktor ini sangatlah penting dalam dunia bisnis. Jadi, jika tujuan kita ngeblog adalah sebagai sarana promosi bisnis, maka salah satu syarat wajibnya adalah dengan menggunakan Top Level Domain .net/.com.

Ketiga, dengan Top Level Domain .net/.com, kita akan terlihat lebih serius. Bagaimana tidak, menggunakan Top Level Domain .net/ .com kan berbayar? Karena berbayar sudah pasti akan menunjukkan bahwa antusias kita dalam ngeblog lebih serius jika dibanding dengan domain gratisan. Dengan itu, maka secara otomatis pengunjung pun akan menyukai blog kita. Alasannya, karena mereka percaya bahwa kita akan memberikan konten yang terbaik untuk dibaca. 

Keempat, dengan Top Level Domain .net/.com, blog kita akan menjadi mudah untuk optimasi SEO. Artikel-artikel blog dengan Top Level Domain .net/.com akan mempunyai potensi yang lebih besar untuk mengalahkan jenis artikel yang sama yang dibuat oleh blog dengan sub domain gratis. Ini terjadi karena blog dengan Top Level Domain .net/.com memang mampu bersaing untuk menempati posisi teratas di mesin pencari.

Kelima, dengan Top Level Domain .net/.com, blog kita akan lebih mudah dimonetisasi dengan berbagai iklan. Tak bisa dipungkiri, untuk memonetisasi blog dengan berbagai iklan, beberapa pihak pengiklan terkadang mengharuskan sebuah blog telah memakai Top Level Domain .net/ .com. Meskipun tidak semua pengiklan menerapkan kebijakan tersebut. 

Keenam, dengan Top Level Domain .net/.com, kita akan memiliki reputasi di dunia blogosphere. Seseorang yang memiliki Top Level Domain .net/ .com akan lebih dihargai jika dibandingkan dengan blog yang menggunakan subdomain. Hal itu tentu akan memudahkan kita untuk mendapatkan tawaran kerjasama dari perusahaan ataupun agen untuk membuat content placement, job review dan kerjasama lainnya. 

Ketujuh, dengan Top Level Domain .net/.com, blog kita akan terlihat lebih keren dan bergengsi. Tentu ini bisa dipahami, karena menggunakan Top Level Domain .net/ com itu berbayar, sehingga sedikit banyak akan memiliki gengsi tersendiri jika dibanding blog dengan sub domain gratis. Lebih dari itu, blog kita akan terlihat keren seperti website resminya perusahaan-perusahaan besar di dunia. Benar-benar keren kan?

Saya sendiri menggunakan Top Level Domain .com untuk blog saya www.kangmasroer.com ini sejak awal tahun 2016 kemarin. Selain karena keunggulan-keunggulan tersebut di atas, alasan saya memilih untuk menggunakan Top Level Domain .com setidaknya juga karena dua hal.
Pertama, .com adalah Top Level Domain terpopuler di dunia. Terbukti dari data VeriSign, Inc, penyedia nama domain dan keamanan internet, didapat data bahwa pengguna .com hingga 30 Juni 2016 mencapai 127,5 juta nama.

Kedua, harga Top Level Domain .com (termasuk .net) relatif terjangkau. Sebagai buktinya, mari kita cek di DotComForMe, sebuah situs yang dikelola oleh TRAM Digital Works yang sedang mengkampanyekan .com sebagai domain blog, baik untuk kepentingan pribadi, maupun kepentingan komersil. Ketika saya mencoba mengecek harga domain untuk proses custom domain blog saya dari menggapairidho-nya.blogspot.co.id menjadi www.menggapairidhonya.com, ternyata harganya cuma Rp.100.000,- pertahun. Itu artinya hanya Rp.8.333,33 per bulan, atau Rp.277,77 per harinya. Bayangkan, sangat terjangkau sekali kan?
Kalau boleh cerita, sejujurnya ada rasa menyesal setelah saya melakukan custom domain ke Top Level Domain .com selama hampir setahun ini. Akan tetapi bukan menyesal karena Top Level Domain .com tidak berdampak positif pada blog saya. Sebaliknya, saya merasakan manfaat yang luar biasa dari Top Level Domain .com bagi aktivitas ngeblog saya. Dan yang membuat saya menyesal, kenapa saya baru melakukannya di awal tahun ini. Padahal, sebenarnya saya mulai ngeblog sudah sejak tahun 2010 silam.

Nah, berbicara tentang manfaat Top Level Domain .com dalam aktivitas ngeblog saya sehari-hari itu sangatlah banyak. Namun, di antara sekian banyak tersebut, setidaknya ada tiga hal besar yang selama ini sangat saya rasakan.
Pertama, jumlah pengunjung yang naik secara signifikan. Meski tak bisa dipungkiri, pada awal melakukan custom domain ke Top Level Domain .com sempat mengalami penurunan. Namun, secara perlahan dan pasti, pengunjung blog saya dari bulan ke bulan mengalami peningkatan yang lumayan pesat sampai dengan sekarang.

Kedua, dengan Top Level Domain .com, saya juga berhasil mendapatkan pengakuan sebagai mitra Google yang berhak menayangkan iklan Google Adsense di blog. Senang? Ya, iyalah. Rasanya seperti ketika kita mengungkapkan rasa cinta pada gadis pujaan kemudian gayung bersambut gitu. Secara, seperti kita ketahui bersama, banyak sekali kan para blogger yang sudah mengungkapkan rasa cintanya kepada Mbah Google dengan mengajukan permintaan menayangkan iklannya? Namun, karena suatu hal kemudian ditolak mentah-mentah. (Tetap semangat ya, Kakak.. semua akan indah pada waktunya.. *emoticon smile*)

Dan ketiga, jika dibanding dengan sebelum melakukan migrasi ke Top Level Domain .com, saat ini saya lebih mendapatkan kemudahan untuk mendapatkan tambahan penghasilan. Entah itu dari lomba blog yang berhasil saya menangkan, ataupun hasil dari Google Adsense. Dan yang terbaru adalah dari perusahaan atau agen yang menawarkan job review ataupun content placement. Memang, dengan Top Level Domain .com, blog kita akan lebih diperhitungkan oleh pihak-pihak yang akan menawarkan kerjasama dengan para blogger.

Nah, itulah pengalaman saya menggunakan  Top Level Domain .com untuk aktivitas ngeblog sehari-hari. Terlihat sangat mengasyikkan bukan? Jadi, melihat keunggulan menggunakan Top Domain Level .net/ .com, masihkah Anda akan mempertahankan sub domain gratis? Tentu tidak ya? Makanya, yuk segera custom domain blog ke Top Level Domain .com. Kemudian kita dukung kampanye DotComForMe, agar semua netizen menyadari pentingnya Top Level Domain .net/ .com di era digital ini!

Oh ya, untuk mendapatkan Top Level Domain .net/ .com dengan harga yang murah, silakan kunjungi langsung situs resmi dotcomforme di www.dotcomforme.com. Untuk update promo dan informasi lainnya silakan, like fanspage Facebook @dotcomforme, dan follow Twitter @dotcomformeSebagai penutup, sebuah kata bijak versi blogger, "Ilmu itu liar seperti keledai, maka ikatlah dengan mempostingnya di blog!" So, selamat ngeblog ya?


#DotComForBlogging
***

*Tulisan ini diikutsertakan dalam #DotComForBlogging Blog Competition

,

Buka Jalan Tikus, Jadi Semakin Genius

Sejak masuknya internet ke Indonesia di sekitar tahun 1992, tak terasa zaman semakin maju saja ya? Terlebih sejak lahirnya makhluk bernama 3G atau bahkan 4G. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi pun semakin menjadi-jadi. Terbukti dengan munculnya ratusan media sosial hingga portal digital.

Tak bisa dipungkiri, fenomena perkembangan era digital ini memang terbukti memudahkan kehidupan manusia. Banyak sekali manfaat yang bisa kita rasakan dengan hadirnya media sosial dan portal digital. Salah satunya adalah untuk mencari dan mendapatkan ilmu pengetahuan.

Oh ya, ngomong-ngomong tentang portal digital, sudah kenal dengan Jalan Tikus belum ya? Jika belum, berarti kamu belum sepenuhnya menjadi makhluk digital. Apalagi kalau kamu tahunya bahwa jalan tikus itu adalah jalan untuk lewat tikus. Wah, keterlaluan.
Emang Jalan Tikus itu apa sih?

Jalan Tikus adalah portal teknologi online yang beralamat di jalantikus.com. Portal berbahasa Indonesia ini menawarkan beragam konten menarik buat kita semua, khususnya para pengguna HP Android. Jadi, jika kita punya permasalahan yang berhubungan dengan teknologi, terutama hal-hal yang ada kaitannya dengan HP Android, maka jalantikus.com inilah yang akan memberikan alternatif jalan keluarnya. Karena dengan tema “One Stop Solution” yang diusungnya, jalantikus.com ini berkomitmen untuk selalu memberikan solusi bagi setiap masalah yang berhubungan dengan teknologi.

Oh, gitu ya? Baru tau nih.. Tapi emang kenapa harus jalantikus.com?

Kenapa harus jalantikus.com? Ya, sudah pasti karena keunggulan-keunggulannya.
Pertama, setiap artikel di jalantikus.com disertai dengan langkah-langkah penyelesaian masalah yang jelas, to the point dan disertai gambar, sehingga akan memudahkan siapa saja yang mencari jalan keluar dalam menyelesaikan masalahnya yang berkaitan dengan teknologi.

Wah, jadi ingat dulu, Mas. Saat suara kamera smartphone-ku tidak bisa disetting silent. Kalau ambil foto bunyi cekrak-cekrek, bikin malu. Kemudian atas saran temenku suruh nge-root, tapi aku nggak bisa. Akhirnya terpaksa aku bawa ke counter, dan bayar deh. Padahal di jalantikus.com sebenarnya ada tipsnya ya?

Jelas ada lah. Tips apa saja terkait teknologi ada di jalantikus.com.

Kedua, jalantikus.com menyediakan berbagai macam software program dan aplikasi game yang bisa didownload secara legal dan mudah. Baik untuk perangkat yang berbasis windows, maupun berbasis android. Oh ya, jalantikus.com juga menyediakan program downloader yang memungkinkan kita lebih cepat saat proses pengunduhan.
Ketiga, website jalantikus.com sangat responsive dengan tampilan yang elegant. Tak hanya itu, saat mengaksesnya, kita juga akan merasakan sensasi kecepatan akses loading website yang luar biasa. Hal ini karena jalantikus.com menggunakan hosting sendiri serta bebas dari iklan pop up maupun pop down.

Nah, itu.. Mengunduh file yang nggak selesai-selesai serta membuka website yang ada iklan pop up dan pop down-nya yang sering bikin esmosi!

Emosi kali, bukan esmosi!

Oh ya, maksudku itu. Habis saking emosinya!

Makanya, kalau mau mendownload software program dan aplikasi game, ataupun mau mengakses portal teknologi lewat jalantikus.com saja. Terlebih, keunggulan yang keempat, di jalantikus.com juga menyediakan artikel-artikel gokil yang ringan, namun jika dibaca akan terasa berkesan, mencerahkan, dan tentu menghilangkan kebosanan. Jadi tidak ada lagi istilah emosi.
Kelima, informasi yang disampaikan jalantikus.com merupakan informasi yang ditulis oleh orang-orang terlatih dan telah mempunyai pengalaman dalam membuat artikel teknologi. Informasinya pun up to date dan lengkap. Mulai dari berbagai berita teknologi, game-game terbaru, aplikasi gratis terbaik, tips dan trik penggunaan HP Android, hingga review smartphone atau gadget terbaru. Dan lain-lain masih banyak lagi.

Hmm, jadi pingin ganti gadget terbaru. Beliin, Mas..

Enak saja, nabung dulu sana.. Lagian smartphone-mu kan belum jadul-jadul amat? Hehee.. 

Oh ya, jalantikus.com juga ada aplikasinya untuk smartphone berbasis android loh. Sehingga memudahkan kita untuk dapat mengakses jalantikus.com kapan saja dan di mana saja. Aplikasi jalantikus.com sendiri mempunyai beberapa keunggulan.
Di antaranya, pertama, ukurannya yang kecil, yakni hanya 3,89 MB membuat aplikasi jalantikus.com ini terasa sangat ringan dijalankan, bahkan dengan smartphone kelas menengah sekalipun. Kedua, artikel di aplikasi jalantikus.com sudah melalui proses kompresi, sehingga aksesnya menjadi lebih cepat dan tentu hemat kuota. Ketiga, tampilan aplikasi yang user friendly, membuat aplikasi jalantikus.com ini enak dilihat, serta fungsi menu-menunya mudah dioperasikan.

Keempat, fitur pencarian yang ada di aplikasi jalantikus.com sangat akurat, sehingga akan memanjakan kita dengan segala kecanggihannya. Dan kelima, setiap kali kita membuka aplikasi jalantikus.com, maka akan muncul quote motivasi dari pada petinggi dunia teknologi, seperti Bill Gates, Steve Jobs, dan tokoh-tokoh lain.

Wah, keren nih! Bikin hidup lebih hidup..

Satu lagi, aplikasi jalantikus.com didesain user experience dengan tombol scroll up and down pada detail artikel, sehingga aktivitas membaca akan terasa sangat nyaman. Iya, sangat nyaman, kayak saat ada di sampingmu..

Halah, gombal banget.. pasti ada maunya...
Dan begitulah, obrolan antara saya dan si istri beberapa bulan yang lalu diakhiri dengan proses download aplikasi jalantikus.com di smartphone istri saya. Sejak saat itu hingga kini, tampak sekali perubahan pada diri istri saya. Selain semakin bertambah baik dan bertambah cantik, istri saya juga sudah tidak gaptek lagi. Ia semakin cerdas dan genius dalam hal yang berkaitan dengan teknologi. Lebih khusus lagi, teknologi yang berkaitan dengan android. Kalau dulu sering tanya ini itu, sekarang justru sering memberi berbagai informasi tentang teknologi terkini.

Nah, Anda tentu juga ingin lebih genius tentang teknologi kan? Yuk, buka jalantikus.com, atau ikuti jejak kami dengan mengunduh aplikasinya! Di sini ya?

***


Bersama Abutours, Semua Bisa Umroh

Kita tentu sepakat ya, bahwa Islam adalah agama yang indah dan sempurna. Dan ketika kita memilih Islam sebagai sebuah jalan hidup, itu berarti kita harus berkomitmen terhadap ajaran-ajarannya yang bersumber dari Al-Qur’an maupun Al-Hadits. Salah satunya adalah ajaran dalam hal ibadah yang terangkum dalam rukun Islam.

Setiap muslim yang menyadari pentingnya rukun Islam, pasti menginginkan ibadah haji sebagai pelengkap ke-Islamannya. Namun, tak bisa dipungkiri untuk berangkat haji, di sebagian besar daerah di Indonesia memerlukan masa tunggu yang tidak sebentar, butuh puluhan tahun. Oleh karenanya, sebagian orang berinisiatif untuk melaksanakan ibadah umroh terlebih dahulu sebelum menunaikan haji. Mengingat umroh itu tidak perlu dengan antrian yang panjang.
Sebagaimana ibadah lainnya, umroh juga memiliki banyak keutamaan. Di antaranya, pertama, umroh adalah jihad. Berdasar pada jawaban Nabi ketika ditanya oleh ‘Aisyah, “Wahai Rasulullah, apakah wanita juga wajib berjihad?”  Rasulullah menjawab, “Iya. Dia wajib berjihad tanpa ada peperangan di dalamnya, yaitu dengan haji dan umroh.” (HR. Ibnu Majah). 
Kedua, waktu antara dua umroh dapat menjadi penghapus dosa. Sebagaimana dalam sebuah hadits, Rasulullah bersabda, “Antara umroh yang satu dan umroh lainnya itu akan menghapuskan dosa di antara keduanya.” (HR. Bukhari-Muslim). 

Ketiga, umroh dapat menghilangkan kefakiran dan menghapus dosa. Sebagaimana sabda Rasulullah, “Ikutkanlah umroh kepada haji, karena keduanya menghilangkan kemiskinan dan dosa-dosa sebagaimana pembakaran menghilangkan karat pada besi, emas, dan perak.” (HR. An-Nasa’i, Tirmidzi, Ahmad). Dan masih banyak keutamaan lainnya.
Berbicara tentang umroh, pada umumnya persiapan umroh masyarakat muslim Indonesia diawali dengan mendaftar umroh melalui jasa perusahaan travel umroh. Nah, dewasa ini, dengan semakin banyaknya perusahaan jasa travel umroh yang menyediakan berbagai paket dengan harga yang bervariasi, membuat kita harus ekstra cerdas ketika memilih sebuah travel umroh. Terlebih bagi kalangan menengah ke bawah seperti saya. Namun, kita tak usah bingung ataupun galau dalam menentukan pilihan travel umroh apa yang tepat, karena abutours.com akan menjawab semua kegalauan kita.
Sudah tau tentang Abutours kan? Ya, Abutours adalah biro travel umroh murah terbaik yang dikelola oleh PT. Amanah Bersama Umat. Sesuai dengan namanya, Amanah Bersama Umat, perusahaan biro travel ini berkomitmen untuk menjadi sebuah perusahaan yang bisa dipercaya dan selalu amanah, sekaligus bermanfaat untuk ummat manusia.
Kenapa harus memilih Abutours? Setidaknya ada lima alasan yang membuat umroh bersama Abutours ini lebih baik sehingga layak untuk dijadikan rekomendasi sebagai teman perjalanan umroh kita.

Pertama, Abutours menyediakan paket umroh dengan harga murah dan terjangkau bagi semua kalangan. Semua biaya yang ditawarkannya pun sudah termasuk dengan airport tax, pajak, handling. Dan tentu saja dengan fasilitas dan pelayanan yang berkualitas.
Kedua, pengurusan barang bawaan perlengkapan umroh kita akan ditangani langsung oleh tim Abutours sejak keberangkatan hingga kepulangan. Sehingga, kita tidak perlu repot untuk membawanya, karena kita akan mendapatkan barang bawaan ketika kita masuk di dalam kamar hotel.

Ketiga, hotel yang disediakan oleh Abutours setara hotel bintang 5 dengan dukungan transportasi yang memadai, serta makanan yang terjamin dengan menu masakan Indonesia. Dengan lokasi hotel yang disediakan berjarak hanya 100-300 meter dari Masjidil Haram, tentu akan memudahkan jamaah untuk melaksanakan ibadah sholat di Masjidil Haram. Sebagaimana kita ketahui dalam sebuah hadits, Rasulullah bersabda, “Keutamaan shalat di Masjidil Haram dibanding yang lainnya adalah 100.000 shalat” (HR. Baihaqi).
Keempat, semua proses pemesanan umroh di Abutours dapat dilakukan lebih efisien dan efektif melalui smartphone, karena Abutours telah menyediakan layanan pemesanan secara online dengan transaksi pembayaran yang bisa dilakukan via Transfer ATM, Kartu Kredit, ataupun Internet Banking. Untuk dapat mengaksesnya, kita hanya perlu mengunduh aplikasi Abutours yang ada di Playstore.
Kelima, Abutours menyediakan berbagai macam pilihan paket umroh dengan harga yang cukup hemat, mulai Rp. 15 jutaan. Bahkan beberapa paket promo harganya lebih murah lagi dari itu. Abutours juga menjamin bahwa harga awal sama dengan harga di akhir, sehingga kita tidak perlu mengkhawatirkan adanya biaya tambahan di kemudian hari.
Mungkin ada pertanyaan, “Mengapa umroh di Abutours lebih murah dari travel umroh lainnya?” Jawabnya, pertama, berbeda dengan travel umroh lainnya, Abutours menggunakan sistem online berbasis teknologi yang aman dan mutakhir,  sehingga biaya operasionalnya jauh lebih rendah dan murah.
Kedua, Abutours adalah online travel umroh pertama dan terbesar dengan kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia: Jakarta, Makasar, Palembang, Surabaya, Medan, Kendari, Balikpapan serta kota lainnya. Abutours juga bekerjasama dengan banyak airlines dalam menghadirkan promo dengan harga khusus yang terpercaya.

Dan ketiga, dengan mengusung tagline “Semua Bisa Umroh”, Abutours berkomitmen dalam menyediakan paket umroh untuk semua lapisan masyarakat. Hal ini tak lain karena bagi Abutours, semua umat muslim itu, apapun profesinya harus merasakan pengalaman berumroh.
Dengan layanan yang lebih baik dan harga yang lebih murah, tentu semua bisa umroh kan? Termasuk Anda! Nah, untuk melihat berbagai paket umroh yang ditawarkan, jadwal pemberangkatan, serta detail harga, silakan kunjungi situs resminya di:
Satu lagi, jangan lupa like dan follow Facebook @abutoursid, Instagram @abutoursid, serta Twitter @abutoursid untuk mendapatkan update promo umroh, tips umroh, serta informasi lain tentang umroh dan Abutours. Selamat berumroh bersama Abutours, untuk merasakan lebih dari sekedar nikmatnya ibadah!
video


#LebihDariSekedarNikmatnyaIbadah #SemuaBisaUmroh
***

*Referensi:
Shahih Fiqh Sunnah
Ensiklopedi Shahih Fadhail A'mal
https://abutours.com/
**Tulisan ini diikutsertakan dalam Abutours Blog Contest