Kategori:

ASUSPRO B8230, Ciptakan Konten Kreatif Agar Blog Tetap Eksis

Kita tentu sepakat ya, bahwa saat ini ngeblog bisa dilakukan oleh siapapun. Tak hanya mereka yang biasa bergelut di dunia IT saja, kini ngeblog juga dilakukan oleh semua kalangan. Bahkan oleh orang yang tak pernah mengenyam pelajaran TIK sekalipun, seperti saya ini. Ya, aktivitas yang dilakukan oleh makhluk bernama blogger dengan PC atau laptop sebagai senjata andalannya itu, kini memang semakin menunjukkan kepopulerannya. Terlebih setelah hadirnya berbagai processor generasi baru yang menopang kinerja PC ataupun laptop. Sudah tentu akan mendukung aktivitas para blogger dalam menyajikan konten yang menarik bagi para pembacanya. Iya nggak?

Sebut saja, Intel Core i3/Intel Core i5/Intel Core i7 Processor yang dirilis oleh Intel Corporation beberapa tahun terakhir ini. Processor-processor tersebut kita ketahui memiliki teknologi Hyper Threading untuk proses multitasking, ditambah dengan Turbo Boost untuk performance prima pada Intel Core i5 dan Intel Core i7. Bahkan pada Intel Core i7 ini memiliki Clock Speed hingga 1,06 GHz. Kecepatan luar biasa yang tentu sangat membantu aktivitas para blogger kan?

Nah, berbicara tentang perangkat, sebenarnya laptop ASUS yang saya gunakan saat ini sudah cukup membantu aktivitas saya saat ngeblog. Termasuk dalam pembuatan konten yang kreatif. Namun, karena saya bukanlah blogger full time yang seluruh waktunya dicurahkan untuk ngeblog, saya merasa bahwa waktu yang saya miliki untuk membuat konten blog itu cukup terbatas. Sehingga, saat ini saya berharap dapat memiliki sebuah perangkat super cepat yang mampu menyelesaikan pekerjaan membuat konten kreatif dalam waktu yang relatif lebih singkat.

Setelah mencari referensi ke sana kemari dan dihadapkan pada berbagai pilihan, maka akhirnya saya putuskan untuk melabuhkan hati saya pada Si Mungil dan Cantik, ASUSPRO B8230. Ya, notebook profesional varian terbaru dari ASUS dengan dimensi layar 12 inci yang memberi kesan mungil, cantik dan elegan inilah pilihan saya. Alasannya, tak lain karena spesifikasinya yang sangat mumpuni untuk menemani hari-hari saya dalam menciptakan konten blog yang kreatif.
Spesifikasi ASUSPRO B8230

Nah, dalam membuat konten blog yang kreatif, saya melakukan beberapa langkah. Pertama, mencari ide kreatif. Langkah ini adalah langkah pertama, sekaligus yang paling utama. Bagaimana tidak, ide kreatif inilah yang nantinya saya ekspresikan dalam tulisan serta konten visual berupa gambar maupun video. Untuk mendapatkan ide kreatif, selain dengan membaca atau menonton tv, biasanya saya melakukan jalan-jalan ke tempat-tempat tertentu untuk mencari inspirasi.

Setelah ide dan bahan penulisan kita dapatkan, seyogyanya memang segera dituangkan dalam tulisan. Namun, dengan alasan berat, seringkali saya tidak membawa laptop saat bepergian, sehingga saya tidak bisa langsung menuliskannya.
Jalan-jalan untuk mencari ide dan bahan untuk posting blog (Artikelnya terpilih sebagai Juara 1 Lomba Blog Jogja Heritage dan bisa dibaca di sini)

Maka, beruntung sekali jika saya memiliki ASUSPRO B8230. Laptop yang berdimensi 31 x 21,5 x 1,29 – 2,06 cm dengan berat yang hanya 1,33 kg ini, tentu akan terasa sangat simpel dan ringan dibawa ke mana saja. Sehingga begitu mendapat ide segar, saya bisa langsung menuliskannya tanpa menunggu ide-ide itu memudar. Terlebih baterai Li-Polymer 3-cell 49W yang dimiliki ASUSPRO B8230 mampu mensupport tenaga selama 8 jam, sehingga saya tidak perlu khawatir kehabisan baterai saat di luar rumah.

Tak hanya baterai yang tahan lama, notebook yang bercover bahan aluminium ini juga didesain sebagai notebook yang berdaya tahan tinggi. Terbukti, selain memenuhi standar militer MIL-STD 810G, ASUSPRO B8230 ini juga telah lulus berbagai uji tes dengan pengujian yang lebih ketat dibanding laptop lainnya. Sehingga, notebook ini memang sangat mendukung untuk diajak bepergian ke mana saja.
Tak hanya baterainya yang kuat, ASUSPRO B8230 juga berstandar militer loh..

Kedua, menulis artikel. Langkah ini bisa dilakukan di mana saja. Jika memang di tempat yang dikunjungi tidak memungkinkan saya untuk segera menuliskan artikel, biasanya saya membuat catatan kecil berupa draft di dalam kertas ataupun smartphone. Kemudian dikembangkan dalam tulisan dan diketikkan pada malam harinya. Tak jarang, untuk sekedar mengingat detail ide-ide tersebut, saya sengaja mengerjakannya di depan rumah dengan pencahayaan yang terbatas.

Meskipun remang-remang, rasanya saya tak perlu khawatir kesusahan dalam mengerjakannya. Karena backlight keyboard yang terdapat pada ASUSPRO B8230 akan memastikan saya dapat mengetik dengan mudah di mana saja. Termasuk di tempat yang gelap sekalipun. Touchpadnya pun intuitif yang mendukung Gesture Smart untuk sentuhan jari hingga multi-point semudah mengoperasikan smartphone. Tak hanya itu, kedalaman tuts keyboard yang mencapai 2 mm dengan desain ergonomis 19,05 mm juga memberikan kenyamanan tersendiri, yang tentu akan mengurangi tingkat kelelahan jari-jari saat mengetik.
Spesifikasi keyboard dan touchpad ASUSPRO B8230

Ketiga, membuat konten pendukung. Setelah tulisan selesai, maka langkah yang saya lakukan selanjutnya adalah membuat gambar maupun video sebagai pendukung tulisan. Untuk membuat konten gambar, saya memanfaatkan beberapa aplikasi, baik offline maupun online. Beberapa di antaranya, sebagaimana yang saya gunakan untuk membuat konten gambar dan video dalam posting ini adalah Adobe Photoshop, Photo Scape, Paint, Picpick, Canva, Powtoon, dan Videopad.

Sebagaimana kita tahu, aplikasi editor tersebut mempunyai keunggulan dan kekurangan masing-masing. Sehingga untuk membuat sebuah gambar ataupun video, sekaligus untuk mengefisienkan waktu, sering kali saya menggunakan beberapa aplikasi secara bersamaan. Bisa dibayangkan kan, apa yang biasanya terjadi? Ya, lemot! Bahkan tak jarang, karena over load memory, laptop  pun jadi tidak merespon.
Multitasking seperti ini membuat kinerja laptop lemot, bahkan kadang terjadi not responding

Nah, hal tersebut sepertinya tak akan terjadi lagi jika saya menggunakan ASUSPRO B8230. Laptop ber-processor dan kartu grafis generasi terbaru, yaitu Intel® Core™ i7-6500 Processor dan Intel® Core™ i5-6200 yang berkecepatan hingga 3,1 GHz ini dibekali 4 GB DDR4 2133MHz SD RAM Onboard Memory. Dengan spesifikasi itu, sudah pasti sangat mendukung untuk pembuatan konten kreatif yang mengharuskan saya membuka banyak aplikasi secara bersamaan. Rasanya, dengan ASUSPRO B8230, istilah not responding tak akan muncul lagi saat saya melakukan multitasking.

Oh ya, meskipun RAM dan kapasitas penyimpanannya sudah cukup mumpuni, kita juga bisa melakukan upgrade dengan kapasitas penyimpanan serta memori RAM yang lebih besar. Nah, hebatnya ASUSPRO B8230 ini sudah menyediakan kemudahan untuk proses upgrade. Kita bisa membuka kompartemen bagian bawah bodi ASUSPRO B8230 dengan mudah hanya dengan alat sederhana seperti obeng. Jadi, tak perlu dibawa ke teknisi ya?
ASUSPRO B8230 menyediakan kemudahan upgrade dan pemeliharaan

Keempat, mengedit konten. Langkah yang saya lakukan dalam mengedit konten adalah dengan membaca ulang artikel yang sudah ditulis, serta mengecek gambar ataupun video. Pengecekan ini dilakukan tidak hanya sekali dua kali, akan tetapi berkali-kali. Sehingga untuk mengurangi dampak mata lelah karena menatap monitor, saya tentu membutuhkan laptop dengan layar Anti-Glare 60Hz Panel with 45% NTSC With Wide View Technology sebagaimana yang dimiliki ASUSPRO B8230 ini.
Layarnya yang anti glare membuat siapapun betah di depan laptop

Pada tahap editing ini, langkah yang tak boleh saya abaikan adalah mengecek tingkat keontetikan artikel saya dengan tool plagiarism checker. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa artikel yang saya buat ini benar-benar unik di mata search engine seperti Google. Karena meskipun kita menulisnya tanpa melakukan copy paste, tidak menutup kemungkinan beberapa kalimat di dalam artikel kita ternyata sudah pernah digunakan oleh orang lain. Iya kan?
Pastikan 100% unique agar benar-benar unik di mata SERP

Kelima, mempostingnya di blog. Langkah ini dilakukan setelah saya yakin bahwa konten blog yang saya buat sudah benar-benar siap untuk dibaca oleh ratusan bahkan ribuan orang. Selanjutnya, saya tinggal membagikannya ke media sosial serta mensubmit url artikel ke Google webmaster tools. Tujuannya adalah agar artikel yang saya buat segera terindeks oleh mesin pencari, sehingga mudah ditemukan oleh pengguna internet.

Cukup lima langkah untuk membuat konten kreatif...

Nah, itulah gambaran langkah-langkah yang saya lakukan dalam membuat konten kreatif di blog. Hasilnya, dengan konten yang kreatif, 20 tulisan saya berhasil terpilih sebagai pemenang lomba blog yang saya ikuti dalam setahun terakhir kemarin. Lebih dari itu, merujuk pada data similarweb, tercatat bahwa blog saya ini dikunjungi tak kurang dari 40 ribu kali perbulannya. Sesuatu yang patut disyukuri tentunya. Iya kan?
Total kunjungan blog saya sebulan terakhir

Memang, dari segi angka, apa yang saya capai belumlah setara jika dibandingkan dengan pencapaian Arianna dan Hanifa. Oleh karenanya, saya tidak boleh berpuas diri. Sehingga sampai saat ini, saya pun masih terus belajar dan belajar untuk membuat konten blog yang lebih menarik. Bagi saya, dengan hadirnya berbagai perangkat canggih sebagaimana ASUSPRO B8230 ini, tidak ada alasan bagi seorang blogger untuk tidak mengekspresikan dirinya dengan menciptakan konten blog yang kreatif. Jadi, yuk ciptakan konten kreatif, agar blog kita tetap eksis!

#EkspresikaDirimu #AsusIntel #BloggerPerempuan
***

*Referensi:
- www.asus.com
bloggerperempuan.com/asuspro-b8230
*Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog Asus yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Asus Indonesia

Anda baru saja membaca ASUSPRO B8230, Ciptakan Konten Kreatif Agar Blog Tetap Eksis . Jika bermanfaat, silakan bagikan artikel ini. Dan jangan lupa, tinggalkan jejak Anda di kolom komentar. Terimakasih.

29 komentar:

  1. Wah mantab visitornya mas :D

    Aku juga pengen tuh bisa sering menang lomba blog. Hihihi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih belum seberapa sih Mas, tapi ya alhamdu lillah lima bulan ini naiknya lumayan pesat..
      Saya juga masih senior, masih belajar pada master2 yang langganan menang hehee..

      Delete
  2. mantapppp, keluar juga si om :D

    semoga menang lawan emak emak om :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehee.. emak-emak memang tangguh, semoga ada keberuntungan lah, Mas..

      Delete
  3. Wah...infografisnya mantab. Saya masih belajar tuh ttg keywords dan SERP. Blm mudeng. Nulis-nulis aja deh. Sukses yaa blognya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini juga masih tahap belajar infografis dan seo kok mbak.. Makasih ya Mbak?

      Delete
  4. Bikin konten kreatif ternyata memang butuh kerja keras dan cerdas. Hal-hal yang sering saya abaikan waktu ngeblog. Hehehe...
    Semoga bisa menang lagi!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sebenarnya juga begitu, ini masih terus belajar dan belajar..
      Aamiin.. Makasih ya Mbak?

      Delete
  5. Bikin konten kreatif ternyata memang butuh kerja keras dan cerdas. Hal-hal yang sering saya abaikan waktu ngeblog. Hehehe...
    Semoga bisa menang lagi!

    ReplyDelete
  6. Huhuhuuuu
    Semoga saya dan kang masrur sama2 menang ya
    Sama2 dapet laptop 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. Makasih ya Mbak Ocha.. Sukses slalu buat Kak Roos..

      Delete
  7. mantap kang masrur, menjadi blogger menyenangkan sekaligus menantang karena harus belajar hal-hal baru untuk tetap survive, hehe

    salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mas Ciung, siapa yang bergerak dia yang akan tetap eksis. Salam kenal juga ya Mas? Makasih kunjungannya..

      Delete
  8. Wah, hebat ya keberhasilannya diawali dari ngeblog. Mudah-mudahan blog kita semua juga bisa jadi besar someday, hihihi. Setuju dengan artikelnya, konten memang penting tapi laptop juga mendukung. Jadi ngiler nih sama Asus nya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. yuk selalu berkreasi agar bisa sukses di kemudian hari.. Mudah2an kita segera memiliki si mungil nan cantik itu ya Mbak?

      Delete
  9. laptop asus gue belum secanggih asus yang itu :(
    kereeen jadi pengen ganti laptop

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo segera ganti Mbak, mumpung B8230 belum mainstrem.. jadi, kelihatan keren pake banget.. hehee

      Delete
  10. Mantap artikelnya kang. Mengalir dan enak dibaca. Semoga saya bisa jago menulis seperti Kang Master.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terlalu berlebihan, saya masih belajar kok mas.. hihihi.. Ayo belajar bareng pada para master..

      Delete
  11. Hua blogger memang butuh laptop yg bisa diandalkan ya Mas. Asuspro B8320 bisa banget jd pilihan blogger.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, asus pro B8230 ini memang keren abis.. cocok sekali buat para blogger, terlebih yang suka ikut event di luar rumah..

      Delete
  12. bikin konten kreatif emang deh capek dan memakan waktu tapi yaaa hasilnya itu loh bikin bangga ya walaupun kadang abal2 sih jadinya hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, tapi apa yang diusahakan sesuai dengan hasilnya Mas..

      Delete
  13. Baca-baca sambil belajar disini ya mas.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, monggo Mas Agus..mudah2an bermanfaat.. lama nggak kelihatan ikut lomba Mas, banyak tugas kampus ya?

      Delete
  14. Asik langkah langkah nya bener juga.. harus di terapkan.

    infografis dan videonya juga mantap.
    Semoga menang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. Masih selalu belajar.. Terimakasih Mbak Laili..

      Delete
  15. keren ilustrasinya kang Masroer, semoga beruntung lombanya ya...

    ReplyDelete
  16. asus the best laptop bagi saya, sayang kemaren beli laptop tapi bukan merk asus, padahal dulu setia banget sama asus

    ReplyDelete