Kategori: ,

Wisata ke Puncak? Jangan Lewatkan Empat Air Terjun Cantik Ini!

Akhir pekan ini, ada yang berencana untuk berwisata ke Puncak, Bogor? Hmmm, tempat wisata yang satu ini memang menjadi destinasi favorit, khususnya bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Bahkan karena favoritnya, jalur menuju Puncak yang macet setiap akhir pekan dan setiap liburan sudah menjadi hal yang biasa dan dimaklumi oleh semua wisatawan.

Karena kawasan Puncak terkenal dengan keindahannya, maka sayang sekali ya jika hanya dikunjungi tanpa bermalam? Untuk itu, ada baiknya Anda melakukan pemesanan penginapan sebelum berangkat. Hal ini untuk mengantisipasi masalah seperti kehabisan kamar atau bahkan mendapatkan kamar namun dengan harga on site yang mahal. Untuk referensi hotel murah di Puncak, Anda bisa klik di sini.

Oh ya, dari sekian banyak objek wisata yang ada, curug adalah objek wisata yang banyak dan mudah ditemui di sekitar daerah ini. Curug sendiri merupakan kata dari bahasa Sunda yang berarti air terjun. Nah, berikut ini adalah beberapa air terjun cantik di Puncak yang dapat Anda kunjungi.

• Curug Cibeureum 
Source: Travel - Kompas.com

Tempat wisata yang pertama ini berada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrangro. Tepatnya berada di bawah kaki Gunung Gede Gunung Pangrangro. Curug Cibeureum memang tidak terlalu tinggi, namun aliran airnya jernih dan cukup deras. Menariknya, ketika berada di sini, Anda tidak hanya disuguhi sebuah air terjun saja. Melainkan ada tiga air terjun yang berjajar: Cibeureum sebagai air terjun utama, Cidendeng, dan Cikundul.

Untuk sampai ke air terjun, Anda harus lebih dulu berjalan sekitar satu kilometer melalui jalan setapak. Jalan setapak ini juga merupakan jalur pendakian Gunung Gede Pangrangro. Karena itu, jangan heran jika sepanjang perjalanan Anda akan bertemu dengan banyak pendaki. Anda juga tidak perlu khawatir bahwa perjalanan Anda akan membosankan. Bagaimana tidak, sepanjang perjalanan menuju Curug Cibeureum, kita akan disuguhi pemandangan alam kaki Gunung Gede Pangrangro yang asri, sehingga membuat otot-otot kita tidak terasa lelah. 

Anda juga akan melalui beberapa pos untuk mencapai air terjun di ketinggian 1675 Mdpl ini. Pos pertama akan Anda jumpai setelah perjalanan selama kurang lebih setengah jam. Di sini terdapat pusat informasi, toilet, dan tempat untuk beristirahat. Selanjutnya di pos kedua, Anda akan menemukan sebuah telaga yang sangat cantik, Telaga Biru. Telaga ini memiliki air yang berwarna biru kehijauan. Anda bisa sejenak kembali merelaksikan tubuh di sini dan sesekali berfoto. Terakhir, di pos ketiga, Anda akan menemukan papan penunjuk arah. Pos ini berada di sisi pertigaan yang disebut Panyacangan Kuda. 

• Curug Cilember
Source: masakuliahkita.blogspot.co.id

Seperti yang kita tahu, wisata air terjun memang identik dengan trekking dan hutan. Pun sama halnya dengan jalur yang harus Anda lalui untuk menyaksikan keindahan Curug Cilember. Akan tetapi, hutan yang harus Anda lewati adalah hutan pinus yang kerap memberikan nuansa yang jauh berbeda dibandingkan hutan rimba dengan pepohonan besar dan tua.

Curug Cilember sendiri merupakan kawasan dengan tujuh air terjun. Akses untuk menuju masing-masing air terjun pun akan semakin sulit seiring tahap yang dilalui. Mulai air terjun keempat hingga pertama, medan yang ditempuh semakin terjal dan berbatu. Kita akan membutuhkan waktu sekitar dua hingga tiga jam untuk mencapai air terjun teratas. Namun jangan khawatir, setiap perjuangan yang kita lakukan untuk mencapai setiap air terjunnya akan terbayar dengan pemandangan yang setimpal. 

Oh ya, kawasan Curug Cilember juga tidak hanya menjadikan air terjun sebagai satu-satunya objek wisata. Di daerah ini, Anda juga dapat mengunjungi Taman Konservasi Kupu-kupu hanya dengan membayar Rp. 5.000,00 saja. Tak hanya itu, di sini Anda juga bisa menikmati fasilitas outbond seperti flying fox. Jika Anda tidak menemukan hotel murah di Puncak untuk bermalam pun, Anda tidak perlu risau. Anda bisa menyewa pondok wisata yang tersedia di kawasan Curug Cilember ini dengan konsep serba kayu.

• Curug Panjang
Source: wisata kuliner indonesia

Curug Panjang bisa jadi tidak setenar Curug Cibeureum atau Curug Cilember. Akan tetapi, keindahannya bisa jadi lebih memikat Anda. Air terjun yang terletak di lereng Gunung Paseban, kawasan Megamendung, Bogor ini memiliki air yang sangat jernih. 

Hal yang juga membedakan Curug Panjang dengan kebanyakan curug lainnya adalah aliran airnya yang tidak jatuh dari tebing tinggi. Aliran air Curug Panjang justru melalui sungai kecil yang merupakan bagian dari Sungai Cirangrang dan memanjang sekitar 20 meter. Kendati demikian, debit air yang mengalir di sini cukup tinggi.

Bagian bawah air terjun Curug Panjang membentuk sebuah kolam alami. Banyak pengunjung yang mengincar untuk bermain-main air di kolam ini. Selain itu, lokasi Curug Panjang yag dikelilingi oleh batu-batu alam yang menambahkan keindahan sekitar sering dijadikan tempat untuk duduk dan bersantai sembari menikmati suasana.

• Curug Naga
Source: raeytuyeee.blogspot.co.id

Ingin melakukan body rafting? Curug Naga bisa jadi pilihan lokasi yang pas. Selain airnya yang jernih, Curug Naga memiliki medan yang cukup menantang dan dikelilingi oleh tebing-tebing yang tinggi. 

Sama seperti Curug Panjang, Curug Naga juga terletak di kawasan Megamendung dan merupakan bagian dari aliran Sungai Cirangrang. Nah, bagian terbaik untuk melakukan body rafting bukanlah persis di Curug Naga, melainkan di sungai berarus yang harus dilewati lebih dulu. Namun, tentu saja Anda tidak bisa sembarangan melakukan body rafting di sini. Anda harus melengkapi diri dengan pakaian dan alat keamanan serta dipandu oleh pemandu wisata Curug Naga.

Nah, itulah sedikit referensi mengenai berbagai curug yang ada di Puncak. Semoga bermanfaat ya? Oh ya, sebelum menjelajahi objek-objek wisata tersebut serta objek wisata lainnya, pastikan Anda juga sudah mendapatkan hotel murah di Puncak. Selamat berlibur!

Anda baru saja membaca Wisata ke Puncak? Jangan Lewatkan Empat Air Terjun Cantik Ini! . Jika bermanfaat, silakan bagikan artikel ini. Dan jangan lupa, tinggalkan jejak Anda di kolom komentar. Terimakasih.

6 komentar:

  1. ibarat pepatah, sekali dayung 2-3 pulau terlampaui itu kang.

    wisata ke 1 tempat dapet bonus beberapa objek wisata. jadi pengen ke bogor lagi ini, dulu baru sempet main ke kebun raya bogor aja hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas.. Yuk, kapan liburan lagi ke Puncak? Jangan lupa pesen hotel dulu Mas..

      Delete
  2. Kalau mau rafting di Curug Naga, apakah harus booking dulu? Atau bisa langsung datang on the spot?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya reservasi dulu, Mbak. Kalaupun datang langsung tetep bisa, selama jadwalnya tdk terlalu padat. Untuk menanyakan jadwal, bisa via WA di 0812 2232 2660 (Kang Andi) atau 0816 947 225 (Kang Tyo). Makasih..

      Delete
  3. Air terjunnya cantik dan segar-segar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas, cocok sekali buat destinasi tujuan refreshing.. hehee

      Delete