Kategori: , ,

Langit Musik, Teman Setia Lika-Liku Hidupku

“ Hidup penuh liku-liku, ada suka ada duka, semua insan pasti pernah merasakannya.. Jalan hidup rupa-rupa, bahagia dan kecewa, baik buruknya sudah pasti ada hikmahnya..”

Begitulah kata Bu Camelia Malik dalam sebuah lagunya yang berjudul Liku-liku”. Lagu yang ngetren sejak tahun 1990-an ini memang sangat pas sekali dalam menggambarkan sebuah perjalanan hidup. Ya, jalan hidup kita memang tidaklah lurus semata, akan tetapi penuh dengan liku-liku. Bahkan tak jarang, ada jalan terjalnya juga kan?
Namanya juga hidup, kadang terasa manis, kadang terasa pahit. Ada suka karena kebahagiaan, ada juga duka karena kepedihan. Jadi, santai saja ya, Sob! Suka ataupun duka pasti ada hikmahnya. Satu hal yang harus kita pahami dalam lika-liku kehidupan, adalah bahwa kebahagiaan tak akan selalu menemani, pun kepedihan juga tak akan selalu menghampiri. Semua akan terus silih berganti, sebagai bukti bahwa di dunia ini memang tak ada yang abadi… Ah, jadi sok bijak gini.. Hehee…
Oh ya, ngomong-ngomong tentang kehidupan, sadar nggak sih kalau setiap lika-liku kehidupan itu cenderung mempengaruhi jenis musik yang kita sukai? Saat hati kita berbunga-bunga misalnya. Saat itu kita juga akan suka dengan musik dan lagu-lagu gembira. Sebaliknya, saat kita merasa gundah gulana, maka kita pun cenderung menyukai musik dan lagu yang iramanya mellow nan sendu. Kok bisa ya? Ya bisa lah! Secara, selain memang tercipta dari ekspresi perasaan penciptanya, musik itu juga menggambarkan suasana hati yang menyanyikannya? Iya kan?

Jadi jangan heran, jika beberapa tahun yang lalu saat saya sedang mengagumi seseorang, maka saya akan suka mendengarkan sekaligus menyanyikan lagu “Terpesona”-nya Glenn Fredly. Atau sesaat setelah mengungkapkan rasa cinta sekaligus mengutarakan niat baik untuk menikahinya, maka saya akan menyukai lagunya Iwan Fals yang berjudul “Ijinkan Aku Menyayangimu”. Selanjutnya, lagu “Menanti Sebuah Jawaban” milik Padi tentunya yang akan menemani hari-hari penuh penantian dan harapan akan diterimanya cinta.
Eh, tapi, tunggu dulu.. dia yang saya kagumi ternyata sudah punya pacar. Yah, mau gimana lagi ya, karena sudah terlanjur cinta, akhirnya ya cuma bisa nyanyi lagu “Puspa”-nya ST12 sambil berharap hubungan mereka segera putus! Dan jika memang yang diharapkan jadi kenyataan, lagunya Naff, “Akhirnya Ku Menemukanmu” yang akan menemani hari-hari bahagia saya. Tapi, bagaimana kalau yang terjadi justru cinta bertepuk sebelah tangan? Jangan khawatir, masih ada lagu “Pupus”-nya Dewa yang akan menghibur segala rasa duka, galau, dan gundah gulana ini.
Begitulah, musik sejak dulu hingga sekarang selalu menemani hari-hari saya. Baik dalam keadaan suka maupun duka. Termasuk ketika saya sedang merasa badmood yang berakibat kehilangan semangat, maka musiklah salah satu hal yang menjadi penyemangat. Ya, Mas Adam Levine-lah yang tak akan membiarkan kita loyo begitu saja. Dia akan memberi suntikan semangat dengan suara merdunya yang bikin gemetar.
" Your sugar.. Yes, please.. Won’t you come and put it down on me? I’m right here, ’cause I need.. Little love, a little sympathy.. "

Hmm, lagu “Sugar” milik Maroon Five ini emang pas banget buat siapa saja yang sedang kehilangan semangat ya? Genjrengan gitar, dentuman drum, serta suara bass yang mengiringi lirik indahnya sudah pasti menjadi mood booster bagi saya sehingga tidak bermalas-malasan lagi. Perumpamaan dari sugar ini sendiri diibaratkan seperti kasih sayang dan semangat yang bisa saya dapatkan dari kamu. Iya, kamu! Jadi, yuk, jaga semangat kita dengan musik agar tetap sweet seperti gula!

Oh ya, di zaman sekarang yang serba digital ini, untuk mendapatkan musik atau lagu-lagu berdasarkan jenis musik, mood dan tema tertentu ternyata tidak susah loh. Karena kita bisa download dan streaming lagu dengan sangat mudah di Langit Musik. Sudah kenal dengan Langit Musik kan?
Langit Musik adalah sebuah aplikasi dan platform musik digital hasil kerjasama Telkomsel dengan PT. MelOn Indonesia yang menghadirkan cara baru untuk menikmati musik tanpa batas, dengan cara download dan streaming lagu melalui smartphone ataupun desktop. Dengan slogan versi terbarunya "Musiknya Hidup Kamu", Langit Musik hadir untuk menggali lebih jauh kebutuhan para penggunanya.
Nah, bagaimana cara untuk dapat mengakses Langit Musik? Pertama-tama, tentu kita harus mendownload aplikasi ini di smartphone kita. Aplikasi Langit Musik ini bisa didownload secara gratis dengan cara buka Google Play bagi pengguna android atau App Store bagi pengguna iOS. Cari Langit Musik, selanjutnya klik Download kemudian install.
Setelah terinstall, silakan buka aplikasi dan melakukan pendaftaran. Caranya, cukup dengan memasukkan nomor Telkomsel yang kita miliki. Bisa dengan kartu Halo, Simpati, As, maupun Loop. Setelah itu, klik "Berikut" untuk mendapatkan kode konfirmasi melalui SMS. Terakhir, masukkan kode konfirmasi tersebut, dan klik tanda centang. Mudah sekali kan?
Oh ya, kenapa sih kita harus memilih aplikasi Langit Musik untuk menemani hari-hari kita? Bukankah aplikasi musik selain Langit Musik itu banyak? Tentu bukannya tanpa alasan ya? Faktanya, aplikasi Langit Musik ini memiliki berbagai keunggulan jika dibandingkan dengan aplikasi musik lainnya. Apa saja?

Pertama, Langit Musik memungkinkan pelanggan bisa bebas melakukan streaming dan mendownload seluruh lagu di katalog Langit Musik yang memiliki koleksi lebih dari 6.000.000 lagu lokal dan internasional. Jutaan lagu yang tersimpan di database Langit Musik tersebut meliputi berbagai genre musik, mulai dari lagu yang jadul hingga yang terbaru. Koleksi lagu yang luar biasa kan? Meskipun beberapa lagu kesukaan saya ada yang belum masuk dalam katalognya. Mudah-mudahan ke depannya semakin lengkap lagi ya?
Kedua, semua lagu di Langit Musik legal. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk memberantas aksi pembajakan musik, baik di tanah air maupun di seluruh dunia. Dengan menjadi pelanggan Langit Musik, berarti kita juga telah melakukan upaya menghargai karya orang lain, yang tentu berdampak pada perkembangan musik di dunia.

Ketiga, tarif layanan Langit Musik Premium sangat terjangkau. Untuk durasi 7 hari hanya Rp 6.600,-. Sedangkan untuk durasi 30 hari hanya Rp 22.000,-. Dengan layanan premium ini, maka kita akan mendapatkan berbagai layanan, termasuk mendengarkan lagu secara offline. Oh ya, Langit Musik juga menyediakan layanan Freemium alias gratis. Namun, tentu dengan layanan yang terbatas. Salah satunya adalah tidak adanya layanan untuk mendengarkan lagu secara offline.
Keempat, lagu-lagu di Langit Musik tidak perlu dipertanyakan kualitasnya, karena dihasilkan dari teknologi Dolbi Digital yang bersuara jernih dan bening. Terlebih, aplikasi Langit Musik ini menyediakan pengaturan equalizer yang memungkinkan kita untuk memilih jenis suara musik sesuai dengan jenis lagu yang sedang diputar. Tak hanya itu, meskipun belum semuanya, sebagian besar lagu-lagunya juga sudah dilengkapi dengan lirik yang membuat kita mudah untuk menirukannya.

Kelima, aplikasi Langit Musik ini menurut saya sudah memenuhi kriteria aplikasi yang user friendly. Ukurannya yang relatif kecil membuat aplikasi ini terasa ringan dioperasikan, termasuk pada smartphone kelas menengah sekalipun selama berplatform android 4.4 ke atas. Tampilan aplikasi yang enak dilihat juga menjadikan fungsi fitur serta menunya mudah dioperasikan dan dipelajari. 
Fitur Langit Musik secara keseluruhan akan terlihat jika kita melakukan tab pada strip tiga yang berada di sebelah kiri atas tampilan aplikasi. Fitur-fitur tersebut meliputi Jelajah, Tag Station, Trending, LaguKu, Pemberitahuan, serta ikon profil dan pengaturan yang terletak pada bagian bawah aplikasi. Okey, sekarang kita bahas fitur dan fungsi menunya satu persatu ya?

Pertama, Jelajah. Fitur ini terdiri dari dua menu, yaitu Untuk Anda dan Cari. Menu Untuk Anda kita gunakan untuk melihat lagu-lagu yang direkomendasikan oleh Langit Musik berdasarkan lagu yang kita suka, serta yang direkomendasikan karena kita pernah memutar lagu tersebut sebelumnya.
Sedangkan menu Cari digunakan untuk mencari lagu. Nah, di dalam menu Cari ini terdapat beberapa pilihan submenu yang meliputi:
  • Lagu Terbaru yang memuat koleksi lagu terbaru, baik Indonesia maupun Internasional
  • Top Hits yang memuat koleksi lagu yang sedang ngehits alias terpopuler saat ini
  • Top Artist yang memuat artist atau penyanyi yang lagu-lagunya sedang ngetop saat ini
  • Moods Anda yang memuat koleksi lagu berdasarkan mood tertentu, mulai Energetic hingga Lagi Labil, dan
  • Aliran yang memuat koleksi lagu sesuai dengan aliran musiknya, seperti Rock, Sing A Long, Party, dan lain-lain.
Oh iya, untuk melakukan pencarian lagu secara langsung, kita juga bisa melakukannya dengan cara mengetikkan kata kunci di kolom pencarian. Kolom pencarian ini akan muncul saat kita melakukan tab pada ikon pencarian yang terletak di sebelah kanan atas tampilan fitur Jelajah, atau juga yang ada di atas deretan teratas menu utama.

Nah, setelah menemukan lagu yang kita inginkan, kita tinggal membuka dan memilih antara memutarnya secara online ataupun mendengarkannya secara offline. Saat membuka sebuah lagu, kita juga bisa melakukan beberapa pilihan tindakan dengan melakukan tab pada ikon tiga garis di pojok kanan atas. Selain pilihan dengarkan lagu secara offline, pilihan lainnya adalah Simpan lagu, Tambahkan ke daftar antrian, Tambahkan ke daftar putar, Bagikan, Lihat Album, dan Lihat Artis.
Kedua, TagStation. Fitur ini berisi koleksi lagu-lagu yang sudah dipilah-pilih oleh Langit Musik sesuai dengan hastag atau temanya. Jika kita memilih salah satu hastag tersebut, maka Langit Musik akan memutar daftar lagu yang tersimpan di dalamnya. Misalnya saja #game, #family, #bahagia, #surprise dan lain-lain. Nah, menariknya adalah daftar lagunya yang tidak bisa kita lihat. Jadi, fitur TagStation itu lebih mirip seperti mendengarkan radio tapi tanpa penyiar dan iklan. Keren sekali kan?
Ketiga, Trending. Fitur ini bisa kita gunakan untuk mencari lagu-lagu yang sedang ngetren atau populer, baik secara nasional maupun per daerah. Untuk melihat lagu yang sedang populer secara nasional, kita bisa melakukan tab pada ikon strip tiga yang terletak di pojok kanan atas. Sedangkan untuk melihat yang sedang populer di daerah tertentu, kita tinggal memilihnya melalui menu Pilih Provinsi ataupun melalui titik-titik pada gambar peta Indonesia yang tersedia.
Keempat, LaguKu. Fitur ini berisi akumulasi jumlah lagu, album, serta daftar putar yang kita mainkan di Langit Musik. Jika kita scroll ke bawah, maka kita akan mendapati daftar lagu yang baru saja kita mainkan, serta daftar lagu yang paling sering kita mainkan di Langit Musik.
Kelima, Pemberitahuan. Fitur ini terdari dari tiga sub menu, yaitu Update, Berbagi dengan saya, serta Promosi. Sub menu Update dan Berbagi dengan saya berisi update lagu yang didengarkan oleh teman-teman ataupun akun artis yang kita ikuti di Langit Musik. Sedangkan sub menu Promosi berisi berbagai promosi yang ditawarkan oleh Langit Musik.
Di bagian paling bawah, ada Profil dan Pengaturan. Menu Profil berisi profil kita sebagai pengguna Langit Musik. Profil pengguna ini dilengkapi dengan data pengikut dan akun Langit Musik yang kita ikuti, durasi lagu yang sudah dimainkan, serta deretan artis atau penyanyi yang lagunya sering kita putar di Langit Musik. Sedangkan menu Pengaturan, berisi beberapa pengaturan yang meliputi:
  • Akun untuk mengatur akun Langit Musik, mulai nama sampai dengan password
  • Pemberitahuan untuk mengatur pemberitahuan terkait informasi-informasi dari Langit Musik
  • Bahasa untuk memilih bahasa yang dipakai dalam aplikasi Langit Musik
  • Pribadi untuk melakukan pengaturan akun secara pribadi
  • Equalizer untuk mengatur equalizer
  • Kelola Penyimpanan untuk melihat kapasitas penyimpanan yang tersedia, yang sudah terpakai, serta menghapus musik yang diputar secara offline, dan
  • Tentang yang berisi syarat dan ketentuan pengguna serta kebijakan pribadi terkait layanan Langit Musik.
Nah, itulah keunggulan-keunggulan Langit Musik, fitur-fitur serta berbagai fungsi menu aplikasinya yang akan setia menemani lika-liku hidup kita. Ibarat sebuah perjalanan, dengan aplikasi Langit Musik, perjalanan hidup kita yang penuh lika-liku akan terasa lebih mengesankan sekaligus mengasyikkan. Untuk membuktikannya, yuk download aplikasi Langit Musik sekarang juga di:
 Langit Musik
Selanjutnya, rasakan sensasi alunan irama musik-musiknya! Oh iya, untuk update informasi dari Langit Musik, jangan lupa like fanspage facebook @LangitMusik616, follow twitter @LangitMusik616, dan juga instagram @LangitMusik_616. Okey?

Terakhir, sebagai bentuk apresiasi saya pada Langit Musik, maka saya berikan bintang 4 untuk review aplikasi versi 4.0.3 ini. Ke depan, jika ada penyempurnaan seperti kelengkapan lirik lagu dan lain-lain, maka saya pun tak akan segan-segan untuk memberikan bintang 5 untuk ratingnya.
Kami tunggu updatenya ya, Langit Musik? Sebagaimana judul lagu-lagu yang saya putar saat ini, Ku Menunggu, Setia Menunggu, dan Selalu Menunggu... Iya, menunggu updatenya aplikasi Langit Musik yang semakin lebih baik...

***

*Postingan blog ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Review Aplikasi Langit Musik kerjasama Langit Musik dan Warung Blogger
Anda baru saja membaca Langit Musik, Teman Setia Lika-Liku Hidupku . Jika bermanfaat, silakan bagikan artikel ini. Dan jangan lupa, tinggalkan jejak Anda di kolom komentar. Terimakasih.

8 komentar:

  1. Eaaa kang Masroer selalu apik tulisannya mantep desainnya :) gudluck kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halah, Mbak Herva.. saya masih belajar nulis kok Mbak.. Makasih yaaa?

      Delete
  2. Saya bacanya jadi sambil joget-joget dangdut Kang :D
    Hidup penuh liku-liiiku~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehee Mas Juni bisa aja.. ayo tarik lagi Mas... hahahaa...

      Delete
  3. Kalo ada liriknya sambil menyelam minum air, eh belajar vocabulary bahasa inggris yo mas. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyo Cak, meskipun kalau nyanyi Inggris suka telat liriknya hahaaa...

      Delete
  4. Kayaknya penulisnya suka lagu dangdut nih....tuh buktinya ada lagu liku-liku...he..he..he..... *kabur*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaa... betul Mbak, Dangdut memang sudah menjadi salah satu musik favoritku sejak dulu hingga kini hehee...

      Delete