Kategori: , ,

Belanja Lebih Hemat di Bukalapak, Kenapa Tidak?

Hari gini, siapa sih yang nggak suka online shopping? Iya, belanja online! Sebuah aktivitas yang memungkinkan kita sebagai konsumen membeli barang atau jasa dari penjual melalui media internet. Hanya dengan duduk manis di rumah, buka laptop ataupun smartphone, pilah-pilih barang dengan harga yang pas, melakukan pembayaran, dan tunggu beberapa saat, maka barang belanjaan pun sudah sampai di depan rumah. Begitu mudah dan praktis kan?

Tentu! Itulah enaknya belanja online. Bahkan saking mudah dan praktisnya, maka tak sedikit di antara kita yang sudah menjadikan aktivitas belanja online ini sebagai bagian dari sebuah gaya hidup yang wajib dilakukan. Tak hanya oleh  kaum wanita saja, akan tetapi, sejak hadirnya berbagai online shop, aktivitas belanja pun digemari juga oleh para pria. Termasuk saya salah satunya.
Nah, berbicara tentang belanja online, kalian tentu sudah tak asing lagi dengan yang namanya Bukalapak kan? Bagaimana tidak, situs layanan jual beli online ini memang sudah menjadi salah satu online marketplace terkemuka di Indonesia. Semua orang yang mempunyai akses internet atau bahkan mereka yang sering menonton televisi sudah pasti akan mengenalnya. Bahkan anak-anak kecil di sekitar rumah saya pun sudah cukup familiar dengannya. Terbukti, mereka sering kali menyanyikan lagu iklan Bukalapak edisi Imlek yang tayang di televisi beberapa waktu yang lalu.

“Bukalapak emang cincai, harga santai kagak lebay, dinego aje say, pasti bisa say, dinego sampai okay…”
Begitulah nyanyian anak-anak yang saya dengar di beberapa kesempatan. Saya sendiri, mengenal Bukalapak sudah lumayan lama. Selain untuk menjual beberapa barang, saya juga menggunakan Bukalapak sebagai tempat belanja favorit. Salah satunya adalah ketika saya membelikan sebuah pasta gigi untuk anak perempuan saya beberapa bulan yang lalu.
"Hah, cuma pasta gigi alias odol saja belinya online? Emang di toko deket rumah nggak ada ya Mas?"
Iya. Ceritanya, berawal dari gigi anak saya yang berlubang kecil. Sebagai orang tua, saya tentu merasa khawatir. Apalagi anak saya saat itu usianya baru satu setengah tahun. Nah, sebagai orang tua yang baik (menurut saya), saya pun membawa anak saya untuk memeriksakan giginya ke dokter gigi keluarga. Di sana, Bu Dokter menjelaskan, bahwa penyebab gigi anak saya berlubang adalah karena kekurangan kalsium. Tapi sayang, Bu Dokter tidak memberikan tindakan apa-apa, kecuali memberi saran agar lebih rajin dalam menyikati gigi si Kecil.
“Yah, kalau itu sih sudah dilakukan tiap hari, Bu Dokter..”, batin saya.
Karena belum puas dengan keterangan Bu Dokter, saya pun membawa anak saya ke Dokter Spesialis Gigi Anak. Ternyata tak jauh beda, Bu Dokter yang ini juga belum berani memberi tindakan medis, dengan alasan usia anak saya masih balita. Katanya, besuk kalau usia anak saya sudah lima tahun, baru bisa diberikan tindakan medis, yaitu tambal gigi. Selanjutnya, beliau hanya menyarankan untuk memberikan pasta gigi yang bisa membantu menguatkan gigi, yaitu Pasta Gigi GC Tooth Mousse.
Nah, sepulang dari Rumah Sakit, saya pun mencoba mencari Pasta Gigi GC Tooth Mousse ini di beberapa apotek terdekat. Tapi ternyata, semua apotek yang saya tuju tidak menyediakan pasta gigi jenis ini. Hingga akhirnya, saya pun kemudian mencoba bertanya pada makhluk yang serba tau, yaitu Mbah Google.
“Oke, Google.. Di mana saya bisa membeli Pasta Gigi GC Tooth Mousse?”
Tanpa basa-basi, Mbah Google pun menunjukkan beberapa pilihan alamat online marketplace yang menjual Pasta Gigi GC Tooth Mousse.

Bagi sebagian orang, mungkin akan terasa bingung dan galau jika dihadapkan pada pilihan toko online yang akan dijadikan tempat tujuan belanja. Tapi tidak bagi saya. Ya, saat itu saya langsung menjatuhkan pilihan untuk membeli Pasta Gigi GC Tooth Mousse ini di Bukalapak. Dan berikut adalah screenshoot data transaksinya.
Lantas, apa alasan saya memilih Bukalapak? Alasannya, tentu karena keunggulan-keunggulan yang dimilikinya. Dari pengalaman jual beli yang saya lakukan di Bukalapak, menurut saya ada beberapa hal yang menjadi nilai plus Bukalapak jika dibandingkan dengan online marketplace lainnya. Beberapa keunggulan tersebut di antaranya adalah:

Pertama, Bukalapak memberi Jaminan Uang Aman 100%. Hal ini tak terlepas dari Escrow System yang diterapkan dalam sistem transaksinya. Akibatnya, jika penjual tidak mengirimkan barang dalam waktu 4×24 jam, maka uang pembeli akan dikembalikan dalam bentuk deposit. Deposit ini nantinya bisa kita gunakan untuk membayar transaksi pembelian yang lain, ataupun kita tarik dulu ke rekening. Dengan sistem yang 100% aman ini, maka kita tidak perlu lagi khawatir akan terjadinya penipuan jual beli online dengan modus tidak dikirimkannya barang yang akan kita beli oleh penjual.
Kedua, proses belanja di Bukalapak sangat mudah. Secara gampang, untuk membeli barang pada pelapak di Bukalapak, kita cukup melakukan lima langkah saja: mencari barang, pilih barang yang kita inginkan dengan cara klik ‘beli’, melengkapi alamat pengiriman barang pada halaman shopping review, melakukan pembayaran ke rekening Bukalapak, dan melakukan konfirmasi terima barang. Sederhana sekali kan?
Oh ya, ada hal yang membuat saya semakin nyaman ketika belanja di Bukalapak, yaitu adanya notifikasi melalui SMS dan email terkait data transaksi serta status pengiriman barang oleh pelapak. Dengan notifikasi tersebut, maka kita akan mengetahui apakah barang yang kita beli sudah dikirim oleh pelapak atau belum. Jika sudah dikirim, kita juga akan mengetahui status keberadaan barangnya.
Ketiga, produk yang ditawarkan di Bukalapak sangat lengkap. Barang apa saja yang kita butuhkan tersedia di Bukalapak dalam berbagai kategori. Mulai dari promo Bukalapak, perawatan dan kecantikan, kesehatan, fashion wanita, fashion pria, handphone, komputer, elektronik, kamera, hobi dan koleksi, olahraga, sepeda, fashion anak, perlengkapan bayi, rumah tangga, food, mobil, part dan aksesoris, motor, industrial, perlengkapan kantor, hingga tiket dan voucher.

Nah, untuk menemukan barang yang kita inginkan, selain dengan mencarinya melalui kategori-kategori tersebut, kita juga bisa mencarinya melalui fitur kotak pencarian yang tersedia. Untuk pencarian yang lebih detail, kita juga bisa menggunakan fitur pencarian berdasarkan paramater harga, kondisi barang, tempat kirim dan parameter lainnya.
Keempat, Bukalapak memberi kemudahan dalam pembayaran. Kita bisa membayar barang yang sudah kita pesan melalui beberapa metode. Mulai dari BukaDompet, Mandiri ClickPay, BCA KlikPay, CIMB Clicks, Rekening ponsel CIMB Niaga, Kartu berlogo VISA/MasterCard, Indomaret, Mandiri E-cash, hingga Transfer lewat bank maupun lewat ATM.
Dan kelima, Bukalapak menawarkan berbagai promo spesial. Promo Bukalapak tersebut tersedia tidak hanya pada season tertentu saja, akan tetapi tersedia setiap hari. Sehingga, kita sebagai konsumen dapat menikmati promo Bukalapak kapan saja hanya dengan melihat promo apa yang sedang berlaku pada laman Bukalapak. Hmm, benar-benar menguntungkan kan? Nah, agar lebih untung, saya akan berbagi tips singkat agar belanja yang kita lakukan di Bukalapak semakin hemat. 
Sebagaimana kita ketahui, berbelanja barang melalui online marketplace seperti Bukalapak, kini memang menjadi salah satu alternatif yang banyak dipilih oleh masyarakat di era digital. Selain praktis dan efisien, kita pun dapat memilih beragam produk yang terkadang sulit untuk kita dapatkan apabila harus datang ke pusat perbelanjaan. Ya, seperti saat saya mencari Pasta Gigi GC Tooth Mousse untuk anak saya yang ternyata tidak tersedia di apotek-apotek.

Akan tetapi, segudang kemudahan yang ditawarkan saat melakukan belanja online, juga bisa membawa dampak negatif tersendiri loh. Bagaimana tidak, apabila tidak terencana, maka uang kita bisa saja terbuang lebih banyak dibanding ketika belanja pada umumnya. Nah, berikut adalah lima tips agar belanja di Bukalapak semakin hemat.
Pertama, lakukan riset sebelum membeli barang. Pastikan bahwa kita sudah mengetahui terlebih dahulu tentang barang apa yang sebenarnya kita butuhkan dan ingin dibeli. Hal ini, tentu akan membuat kita terhindar dari pembelian tidak terencana yang sering berakibat pada membengkaknya pengeluaran bulanan.

Kedua, bandingkan harga. Jangan hanya terpaku pada satu pelapak saja. Karena, sebagaimana online marketplace lainnya, di Bukalapak juga terdiri dari banyak pelapak yang tentu menawarkan barang dagangannya dengan harga yang berbeda-beda.

Ketiga, baca deskripsi barang dengan seksama. Pastikan bahwa barang yang ditawarkan memang sesuai dengan kriteria barang yang memang kita inginkan. Tujuannya adalah untuk menghindari terjadinya kesalahan saat kita melakukan pembelian sebuah produk.

Keempat, minimalisir biaya kirim. Caranya, bisa dengan mencari pelapak yang lokasinya terdekat dengan tempat tinggal kita. Atau juga dengan memilih jasa kurir dengan biaya kirim paling murah.

Dan kelima, manfaatkan voucher, diskon, dan promo belanja yang tersedia. Untuk mendapatkan informasi tersebut, selain dengan berlangganan newsletter Bukalapak, kita juga bisa mengaksesnya melalui Excite Shop. Excite Shop adalah situs yang mengumpulkan ratusan situs e-commerce terpercaya, termasuk Bukalapak. Dengan Excite Shop, kita bisa mendapatkan penawaran cashback dan promo Bukalapak yang sedang berlangsung.
Nah, bagaimana cara berburu promo Bukalapak di Excite Shop? Cara mendapatkan promo Bukalapak di Excite Shop itu sangatlah mudah. Langkah pertama, kita harus mendaftar sebagai member Excite Shop. Caranya, dengan mengisikan ID Pelanggan, Kata Sandi, Nomor HP, serta Alamat Email pada kolom pendaftaran Excite Shop yang tersedia. Setelah terdaftar, lakukan verifikasi kemudian log in ke akun Excite Shop.
Kedua, buka Shop Page Bukalapak di Excite Shop untuk melihat berbagai promo Bukalapak yang sedang berlangsung. Pilih salah satu promo yang diinginkan dengan cara klik ‘Lihat Penawaran’. Setelah itu, secara otomatis kita akan diarahkan ke halaman produk-produk Bukalapak yang sedang dalam program promo.
Dan ketiga, lakukan pembelian barang seperti biasa. Mulai dengan melengkapi alamat pengiriman barang pada halaman shopping review, melakukan pembayaran ke rekening Bukalapak, hingga melakukan konfirmasi terima barang.
Nah, gimana? Mudah dan terasa sangat menguntungkan kan? Mulai sekarang, jika kita akan berbelanja online di Bukalapak, yuk manfaatkan promo Bukalapak yang tersedia di Excite Shop. Karena selain mendapatkan berbagai promo, dengan berbelanja di Bukalapak melalui Excite Shop, kita juga akan mendapatkan Excite Point yang bisa ditukarkan dengan berbagai macam voucher belanja dan resto serta produk-produk menarik lainnya.

Jadi, kalau berbelanja di Bukalapak dengan Excite Shop bisa lebih hemat, kenapa tidak? Iya nggak? Finally, selamat berburu promo Bukalapak di Excite Shop yaa?


***
*Tulisan ini diikutsertakan dalam BlogShop Blog Competition

Anda baru saja membaca Belanja Lebih Hemat di Bukalapak, Kenapa Tidak? . Jika bermanfaat, silakan bagikan artikel ini. Dan jangan lupa, tinggalkan jejak Anda di kolom komentar. Terimakasih.

2 komentar:

  1. Calon juara ini Kang, hehehe... Artikelnya mantab kali. BTW, emang pernah ya Google basa basi?? Hihihi... Good luck kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. Semoga saja Mas.. Oh, nggak pernah ya? Makanya, waktu itu juga nggak pake basa-basi.. Dasar, Mbah Google.. hehee

      Delete