Kategori: ,

Lebaran Semakin Kompak dengan Ethica

Idul Fitri atau Lebaran memang hari yang istimewa. Terbukti, meski Lebaran 1438 H telah berlalu, tapi kesan manisnya seolah tak lekang oleh waktu. Terlebih bagi keluarga yang tinggal di perantauan seperti saya. Selain sebagai hari kemenangan setelah sebulan lamanya berpuasa, Lebaran adalah momentum terbaik untuk mudik ke kampung halaman, berkumpul bersama keluarga, dan bersilaturrahim dengan sanak saudara.

Berbicara tentang Lebaran, selain mudik, banyak sekali tradisi-tradisi yang dilakukan masyarakat Indonesia menjelang dan saat hari lebaran tiba. Mulai dari memasak ketupat, saling mengantar makanan, takbir keliling, halal bi halal, hingga apa-apa yang serba baru. Baju baru salah satunya. Nah, sebenarnya bagaimana sih tinjauan hukum Islam terkait baju yang sebaiknya dikenakan saat Lebaran?
Tak bisa dipungkiri, memakai baju baru pada saat Lebaran memang telah menjadi budaya bagi sebagian besar kaum Muslimin, termasuk di Indonesia. Bagaimana hukumnya? Dari beberapa literatur yang ada, kita bisa menjumpai adanya dalil-dalil sahih berupa hadis Nabi dan atsar Sahabat yang menunjukkan bahwa pemakaian baju baru pada saat Lebaran itu memang boleh dan ada tuntunannya.

Dalam sebuah riwayat dari Abdullah bin Umar Ra dijelaskan bahwa suatu ketika Umar bin Khattab Ra mengambil sebuah jubah dari sutra yang dijual di pasar. Kemudian ia mendatangi Rasulullah SAW dan berkata, “Wahai Rasulullah, belilah jubah ini dan berhiaslah dengannya untuk hari raya dan menyambut tamu.”

Maka Rasulullah SAW pun bersabda, “Sesungguhnya ini (sutra) adalah pakaian orang yang tidak mendapatkan bagian (di Hari Kiamat)”.
Menurut Imam Asy-Syaukani, hadits tersebut menunjukkan bahwa Nabi SAW menyetujui tentang berhias dan pemakaian baju baru yang dilakukan oleh para sahabat di hari raya, selama baju tersebut tidak terbuat dari sutra, karena baju yang terbuat dari sutra haram bagi laki-laki. Pendapat tersebut diperkuat oleh Ibnu Rajab dalam Fathul Bari dan Ibnu Qudamah dalam Al-Mughni, yang menjelaskan bahwa hadits tersebut memang menunjukkan tentang kebiasaan berhias yang dilakukan oleh para Sahabat pada hari raya.

Selain riwayat tentang kebolehan memakai baju baru, ada juga anjuran untuk berhias dan memakai baju terbaik saat hari raya. Sebagaimana dalam sebuah riwayat dari Zaid bin Hasan bin Ali, dijelaskan bahwa ayahnya berkata, “Kami diperintahkan oleh Rasulullah SAW pada dua hari raya untuk memakai pakaian dan wangi-wangian yang ada (terbaik)”. (HR. Al-Hakim, Ath-Thabrani, dan Al-Baihaqi).
Bahkan dalam riwayat dari Ja’far bin Muhammad, disebutkan bahwa “Nabi Muhammad SAW juga memakai pakaian burdah hibarah pada setiap hari raya”. (HR. Baihaqi). Hibarah sendiri merupakan salah satu jenis pakaian burdah (baju bermotif garis) yang dikenal di negeri Yaman, dan termasuk salah satu pakaian terbaik pada masa itu. Dan masih banyak riwayat lain berkenaan dengan berhias dan anjuran memakai baju terbaik di hari raya.

Jadi, baju baru atau baju terbaik yang dianjurkan? Jawabannya, jika baju baru itu adalah baju yang terbaik, maka baju itulah yang paling dianjurkan. Akan tetapi, jika baju barunya bukanlah baju terbaik, atau jika tak punya baju baru, maka yang lebih utama adalah baju terbaik meskipun itu adalah baju lama. Satu hal yang harus diperhatikan adalah, bahwa saat kita mengenakan baju baru ataupun baju terbaik, kita tidak boleh merasa sombong, serta berlebih-lebihan sehingga mengabaikan orang-orang yang tidak mampu di sekitarnya.
Nah, sudah jelas kan bagaimana tinjauan Islam tentang baju yang sebaiknya dikenakan saat Lebaran? Jadi, seandainya tidak punya baju baru, tidak usah merasa khawatir lagi tidak bisa berlebaran sesuai sunnah Nabi ya? Cari saja baju terbaik yang dimiliki, meskipun itu baju lama. Masih ingat lirik lagu lawasnya Dhea Ananda kan?

"Baju baru alhamdu lillaah, tuk dipakai di hari raya
Tak punya pun tak apa-apa, masih ada baju yang lama..."
Begitulah saya dan istri saat lebaran kemarin. Kami kompak untuk berlebaran dengan baju lama terbaik yang kami miliki, yaitu baju keluarga dari Ethica (baca: Etika). Baju keluarga dari Ethica yang kami miliki ini bukanlah baju baru yang kami beli menjelang Lebaran. Akan tetapi, bagi kami, baju keluarga dari Ethica inilah baju terbaik yang kami miliki saat ini, sehingga menjadi baju yang paling tepat untuk dipakai saat Lebaran.

Oh ya, ngomong-ngomong sudah familiar dengan Ethica kan? Tentu ya? Secara Ethica Fashion n Friends yang merupakan re-brand dari Salsakids (2007) dan Salsa Clothing (2010) ini adalah sebuah brand pakaian yang sudah naik daun. Terbukti, baju-baju produk Ethica ini sudah sering banget digunakan oleh banyak bintang film di beberapa sinetron, mulai dari Tukang Bubur Naik Haji, Catatan Hati Seorang Istri hingga Jilbab in Love.
Lantas, apa alasan kami memilih Ethica sebagai baju terbaik keluarga kami untuk berlebaran? Alasannya, tak lain adalah karena keunggulan-keunggulan baju produk dari Ethica. Penasaran kan, apa saja keunggulan Ethica?
Pertama, sesuai dengan visinya ‘Spiritualitas Islam yang Mencerahkan’, baju-baju produk Ethica sangat sesuai dengan kriteria busana muslim dan muslimah, yaitu menutup aurat, longgar, tidak tipis, dan tidak transparan. Baju-baju dari Ethica ini sudah sesuai dengan apa yang difirmankan Allah SWT. dalam QS. Al-A'raf (7):26, “Wahai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan pada kalian pakaian untuk menutupi aurat kalian..”
Kedua, koleksi baju dari Ethica trendy dan selalu update. Bagi saya, hal ini sangatlah penting. Mengingat saat ini motivasi seseorang mengenakan busana muslim, selain untuk memenuhi kewajiban menjalankan syariat agama adalah untuk menunjang penampilan modis pemakainya. Nah, Ethica hadir untuk memberi alternatif pilihan busana muslim terbaru yang sesuai dengan perkembangan trend fashion muslim, namun tetap sesuai dengan kaidah-kaidah syar’i.

Ketiga, baju-baju dari Ethica bahannya sangat berkualitas. Ya, Ethica menggunakan bahan baku yang sangat berkualitas, kainnya tidak akan mudah sobek, sehingga lebih awet. Selain itu, jahitan bajunya juga diproduksi dengan sangat rapi dan profesional. Dari pengalaman saya memakai baju dari Ethica yang hampir setahun ini, saya jadi tahu bahwa kombinasi warna yang matching baju produk Ethica tidak mudah luntur dan pudar. 
Keempat, harga baju Ethica cukup terjangkau. Bagi saya, menggunakan baju muslim berkualitas itu tidak berarti harus selalu mahal. Faktanya, baju-baju Ethica yang berkualitas, memiliki kekuatan warna, variasi motif, dan bernuansa simple namun elegan itu masih cukup terjangkau. Sebagaimana baju Koko KR 24 warna ungu yang saya pakai ini dibandrol hanya sekitar 160 ribuan saja. Sedangkan baju yang dipakai istri saya, yaitu GCT 22 warna ungu ini harganya berkisar antara 250 ribu sampai dengan 260 ribuan saja, tergantung ukurannya. Cukup ramah kantong kan?

Dan kelima, koleksi serta variasi model baju Ethica sangat lengkap. Ada koleksi baju untuk anak-anak muslim, mulai dari OSK, ORK, RSK, Mylia Kids, hingga setelan Koko Anak yang semuanya terlihat ceria dan kaya warna. Dengan perpaduan kreatifitas design dan kekuatan warna kain dari bahan kaos katun, baju anak-anak dari Ethica tentu akan menjadikan mereka semakin percaya diri dalam beraktifitas keseharian.
Ethica juga menyediakan koleksi baju-baju muslim remaja dengan berbagai model. Ada ST, GCT, GST, Arlisa, Mylia, Gamis, Kagumi, dan Koko Remaja. Semua koleksi baju muslim untuk remaja dari Ethica tersebut menggabungkan gaya fashion matching, simple, cerah dan casual. Sehingga meskipun tampil syar’i, para remaja bisa tetap tampil modis dan selalu merasa percaya diri di mana saja dan kapan saja.
Untuk dewasa, di Ethica tersedia banyak sekali koleksi baju muslim dewasa yang elegant, mulai dari Arlisa, GM, GCT, GST, IMARI, MyLia, ST, Stalya, hingga Majma. Tak hanya itu, Ethica juga menyediakan koleksi Baju Couple atau Sarimbit untuk suami istri. Bahkan paket baju keluarga lengkap suami istri dan anak-anak juga ada di Ethica, baik untuk acara resmi maupun yang berkesan lebih santai sebagaimana yang kami kenakan saat lebaran tahun ini. 
Itulah keunggulan-keunggulan Ethica yang menjadikan alasan keluarga kami memilih Ethica sebagai busana terbaik untuk digunakan dalam berlebaran tahun ini. Dengan bahannya yang berkualitas ditambah modelnya yang trendy namun tetap syar’i menjadikan siapa saja akan betah mengenakan busana muslim dari Ethica. Dan yang tak kalah penting, dengan baju keluarga Ethica, saya dan istri semakin kompak menjalani hari-hari lebaran yang memang istimewa dan mengesankan.

Nah, Anda ingin tampil kompak bersama keluarga kan? Berpenampilan syar’i namun tetap trendy seperti kami? Silakan kunjungi website resminya di ethicafashion.com untuk melihat koleksi Busana Muslim 2018 dan Baju Sarimbit 2018, serta busana muslim lain yang mengusung semangat ‘Spiritualitas Islam yang Mencerahkan’.
Untuk memesan busana muslim dari Ethica, kita dapat mengunjungi outlet-outlet Ethica yang tersebar di berbagai daerah. Atau bisa juga melalui Fanspage @EthicaOfficial, Instagram @ethica.id, ataupun Call Center dan Contact Ethica di 022 5209390 dan 081394091884. Selain itu, kita juga bisa menghubungi SMS Center Ethica di 089694277100 dan Email customer@ethicafashion.com, serta marketing@ethicafashion.com.

Yuk, menjadi keluarga muslim yang kompak bersama Ethica!


#KeluargaKompakEthica

*Referensi:
- Al-Qur'an dan Terjemahannya
- Muhammad bin Ali Asy-Syaukani, Nailul Authar
Ibnu Rajab, Fathul Bari
- Ibnu Qudamah, Al-Mughni
- Hakim al-Naisaburi, Al-Mustadrak ‘ala Al-Shohihain
Sulaiman bin Ahmad al-Thabrani, Al-Mu’jam
Abu Bakar Ahmad bin Al-Husain Al-Baihaqi, Sunan Al-Baihaqi
- http://ethicafashion.com




Anda baru saja membaca Lebaran Semakin Kompak dengan Ethica . Jika bermanfaat, silakan bagikan artikel ini. Dan jangan lupa, tinggalkan jejak Anda di kolom komentar. Terimakasih.

8 komentar:

  1. Waaa asiknyaa lebaran pakai baju kembaran kang yaa. . ethica juga modelnyaa bagus bagus dan banyak pilihannyaa. . milihnya gak perlu berdesak-desakan kaya di mall lagii. . hehheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak Lucky.. Lebaran kemarin kami kompak berethica.. Syar'i dan trendy loh..

      Delete
  2. bajunya menarik kang. Warna gitu keren warnanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesuai slogannya, spiritualitas Islam yang mencerahkan.. warnanya cerah-cerah, modelnya juga oke punya..

      Delete
  3. Aku juga suka dengan Ethica kang bagus bahannya dan awet sudah 2 tahun ga bladus, btw mantap infonya dibarengi dengan hadits-haditsnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, ini baju keren bangetlah.. Syar'i tapi tetep trendy...

      Delete
  4. Gak tahan lihat cbr nya itu pengen numpak haha selamat om

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu cb hasil 1200 kata mas, hehee makasih ya? Sukses juga buat mas dirga..

      Delete