Kategori: ,

Laptop 2in1, Gadget Spesial untuk Gaya Hidup Generasi Millennial

Unik dan spesial. Itulah dua kata yang paling pas untuk menggambarkan sisi kehidupan saya sebagai bagian dari generasi millennial. Ya, saya adalah satu di antara 80-an juta lebih penduduk Indonesia yang masuk dalam kategori generasi millennial, generasi yang terlahir ke dunia nan indah permai ini pada kisaran tahun 1980 hingga tahun 2000-an.
Sebagai bagian dari generasi millennial, saya memang memiliki kehidupan yang benar-benar berbeda, yang jarang atau bahkan tidak dimiliki oleh generasi sebelumnya. Dalam hal apapun, termasuk gaya hidup. Nah, penasaran kan, bagaimana gaya hidup saya sebagai bagian dari generasi millennial? Ini dia 5 gaya hidup generasi millennial.
Bagi kaum millennial, termasuk saya, media sosial adalah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan. Bahkan banyak di antaranya yang berkeyakinan bahwa memiliki akun di media sosial itu hukumnya tidak hanya sunnah muakkad* saja, melainkan wajib ‘ain*. Terlalu lebay nggak sih
Tapi, begitulah faktanya. Siapa saja yang masuk dalam generasi ini, memang cenderung lebih aktif dan banyak berinteraksi dengan orang lain melalui media sosial. Entah itu Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, Youtube, WhattsApp, BBM, dan lain sebagainya. Maka tidaklah mengherankan, jika pengguna media-media sosial tersebut didominasi oleh generasi millennial. Tak hanya mendominasi, kaum millennial ternyata juga sangat aktif loh di berbagai media sosial yang ada.
Hobby traveling alias jalan-jalan tersebut muncul karena sebagian besar generasi millennial semacam saya ini, cenderung memiliki sifat mudah bosan dan suka pada berbagai tantangan. Selain itu, para millennial juga memiliki mental fear of missing out, tidak ingin ketinggalan dari hal-hal yang bersifat baru.
Sebuah kiriman dibagikan oleh www.kangmasroer.com (@kangmasroer) pada

Maka jangan heran, jika setiap mengetahui ada tempat baru yang instagrammable, hasrat saya untuk mengunjunginya selalu menggebu-gebu. Ingin rasanya saya segera berpetualang ke sana, ber-selfie dan ber-wefie ria, kemudian mengupload foto-fotonya di Instagram dengan caption “kapan kamu ke sini?”. Setelah itu, biar kekinian seperti para travel blogger yang kece badai, kisah perjalanannya pun segera dituangkan dalam sebuah posting blog.
Generasi millennial memang sangat identik dengan kehidupan yang serba modern dan praktis, termasuk dalam aktifitas ekonominya. Satu contoh saja, dalam membeli barang. Sebagai generasi millennial tulen, saya lebih suka membeli barang secara online dibanding secara offline. Lebih praktis dan mudah, karena bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Untuk urusan pembayaran, serahkan saja pada kartu debit, kartu kredit, ataupun internet banking. Mudah dan praktis.
Tak hanya belanja barang yang dilakukan secara online, generasi millennial juga lebih suka memesan layanan jasa secara online. Mulai dari pesan ojek, sewa mobil, pesan tiket kereta dan pesawat, hingga pesan kamar hotel juga dilakukan secara online. Semua dilakukan hanya dengan sentuhan jari-jari saja. Cukup dengan buka gadget, cari apa saja yang diinginkan, kemudian lakukan pembayaran. Dan bim salabim, semua urusan pun selesai. Yeay!
Majalah Times memang pernah menyebutkan bahwa generasi millennial itu tumbuh ke arah yang lebih buruk dari generasi sebelumnya. Katanya, kaum millennial itu penggila gadget yang cenderung narsis, egois, konsumtif, malas dan manja. Menurut saya, fakta ini tidaklah bisa digeneralisasikan bagi semua generasi millennial yang ada. Karena, keberadaan gadget bagi generasi apapun, pada dasarnya memang ibarat pisau bermata dua. Di satu sisi berdampak positif, di sisi lainnya berdampak negatif.
Maka sebaliknya, bagi saya, kaum millennial itu adalah generasi yang seharusnya cenderung lebih produktif. Logika sederhananya, dengan teknologi gadget yang tak terpisahkan dalam semua segi kehidupannya, kaum millennial dapat menghemat lebih banyak waktu. Nah, dengan menghemat banyak waktu, maka akan lebih banyak pula hal-hal yang berdampak positif lain yang bisa dilakukan. Misalnya saja, mengejar passion menulis sebagaimana yang saya lakukan saat ini.
Secara umum, gaya hidup kaum millennial itu tak jauh-jauh dari makhluk yang bernama gadget dan internet. Baginya, gadget dan internet adalah adalah dua hal terpenting yang harus mendampinginya di manapun ia berada. Ibarat pepatah, “bagai beliung dan asahan”, keberadaan keduanya seolah menjadi satu hal yang tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari.
Apapun profesi kesehariannya, generasi millennial akan selalu menjadikan gadget dan internet sebagai teman setianya setiap saat. Bahkan jika harus menjalani profesi sebagai seorang pendidik seperti saya. Saya berpendapat, jika seorang pendidik dari generasi sebelumnya berperan sebagai pusat belajar, maka pendidik dari generasi millennial berfungsi fasilitator yang tugasnya memfasilitasi siswa-siswinya untuk belajar.

Sebagai pendidik yang masuk dalam bagian kaum millennial, saya meyakini bahwa guru bukanlah satu-satunya sumber belajar. Sehingga, proses pembelajaran hingga evaluasi yang saya lakukan bersama dengan anak-anak lebih banyak memanfaatkan media gadget dan internet. Kini, gadget dan internet tak ubahnya seperti sebuah perpustakaan besar, yang memiliki koleksi jutaan bahkan milyaran informasi untuk pembelajaran.

Nah, begitulah gambaran gaya hidup saya sebagai bagian dari generasi millennial. Benar-benar spesial kan?

Karena gaya hidupnya yang spesial, maka generasi millennial juga dituntut untuk menggunakan gadget spesial yang berbeda dari yang dimiliki oleh generasi pendahulunya. Dan menurut saya, gadget spesial yang paling cocok untuk menemani gaya hidup kaum millennial adalah laptop 2in1, laptop yang menggabungkan fitur laptop dan tablet.

Dengan laptop 2in1, maka sudah pasti berjejaring sosial di dunia maya, traveling, belanja online, dan sejumlah hal produktif lainnya dapat dilakukan hanya dengan satu gadget saja. Lebih hemat, lebih fleksibel, dan lebih praktis! Maka tidaklah berlebihan, jika laptop 2in1 ini menjadi gadget spesial impian saya dalam waktu dekat ini.
Oh ya, laptop 2in1 atau yang sering disebut laptop hybrid ini, secara umum bisa dibedakan menjadi dua tipe, yaitu Detachable dan Convertible. Detachable adalah tipe laptop 2in1 yang layarnya bisa dilepas dari keyboardnya, sehingga berfungsi sebagai tablet. Sedangkan Convertible adalah tipe laptop 2in1 yang layarnya bisa dibalik atau diputar, sehingga berbentuk tablet. Kedua tipe laptop 2in1 ini mempunyai nilai plus tersendiri, sehingga kita bisa memilih mana yang terbaik di antara keduanya sesuai dengan kebutuhan kita masing-masing.
Nah, untuk mewujudkan impian memiliki laptop 2in1 ini, beberapa hari yang lalu saya mulai browsing di blibli.com. Kenapa di blibli.com? Bagi saya, blibli.com adalah tempat spesial untuk mendapatkan gadget yang spesial. Karena selain menawarkan cicilan 0%, gratis pengiriman, beragam cara pembayaran, blibli.com juga menawarkan berbagai promo dan diskon menarik saat kita melakukan pembelian gadget impian.
Lebih dari pada itu, blibli.com juga menyediakan laptop intel 2in1 terbaik dari berbagai tipe, merk, dan model. Ada ASUS Transformer Book T100HA-FU014T Gray Notebook, HP X2 Slate Book 10-H0007 Hitam Tablet, HP X360 11-N028TU Merah Smart PC, hingga Lenovo Yoga 300 Putih Laptop 2 in1. Dan masih banyak lagi. Semua brand tersebut menggunakan prosesor intel dalam notebook dan laptop 2in1-nya. Sehingga benar-benar terjamin kualitasnya. Spesialnya lagi, semua notebook dan laptop 2in1 di katalog blibli.com, ditawarkan dengan harga yang murah. So, bagi generasi millennial, tidak ada alasan lagi ya untuk tidak segera beralih kepada gadget spesial, yaitu laptop 2in1.

***
*Glosarium:
Sunnah muakkad: sangat dianjurkan
Wajib 'ain: keharusan pribadi atau individu yang tak bisa diwakilkan
**Referensi data:
http://sp2010.bps.go.id/
http://time.com/247/millennials-the-me-me-me-generation/
https://www.blibli.com/
https://www.intel.co.id/



Anda baru saja membaca Laptop 2in1, Gadget Spesial untuk Gaya Hidup Generasi Millennial . Jika bermanfaat, silakan bagikan artikel ini. Dan jangan lupa, tinggalkan jejak Anda di kolom komentar. Terimakasih.

10 komentar:

  1. Replies
    1. Sama Mas.. Yuk nabung, biar impiannya segera terwujud..

      Delete
  2. Jadi tambah pengen nih ngeliat postingan macam ni. Saya juga akun sosmednya banyak banget kang, malah semua catatan password disimpan jadi satu di penyimpanan online.

    Kartunya banyak amat ituh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang lapotop 2in1 pas banget buat gaya hidup mas Hendra.. Semoga segera terealisasi ya Mas? Wah, tlaten banget dicatat passwordnya.. Kalau saya, semua passwordnya sama Mas..

      Buat belanjah-belanjah biar gampang hehee

      Delete
  3. generasi milenial banget. akun medsosnya aktif semua itu mas? mantaabs

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aktif semua Mas, sebenarnya lebih dari itu.. tapi yang lain gak aktif-aktif banget hehee

      Delete
  4. Keren dah laptop 2in1 ini buat generasi milennial kayak kta2 ya mas, kapan ya aku punya lptop ini, hehe...musti nabung dulu dah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas, harganya juga bervariasi kok mas.. Dan masih cukup terjangkau..

      Delete
  5. Kalau saya suka dengan notebook 2 in 1 yang bisa buat gambar Mas, keren pokonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya suka semuanya Mas.. lebih praktis dan fleksibel buat gaya hidup kids generasi now hehee

      Delete