, , ,

ASUSPRO B8230, Ciptakan Konten Kreatif Agar Blog Tetap Eksis

Kita tentu sepakat ya, bahwa saat ini ngeblog bisa dilakukan oleh siapapun. Tak hanya mereka yang biasa bergelut di dunia IT saja, kini ngeblog juga dilakukan oleh semua kalangan. Bahkan oleh orang yang tak pernah mengenyam pelajaran TIK sekalipun, seperti saya ini. Ya, aktivitas yang dilakukan oleh makhluk bernama blogger dengan PC atau laptop sebagai senjata andalannya itu, kini memang semakin menunjukkan kepopulerannya. Terlebih setelah hadirnya berbagai processor generasi baru yang menopang kinerja PC ataupun laptop. Sudah tentu akan mendukung aktivitas para blogger dalam menyajikan konten yang menarik bagi para pembacanya. Iya nggak?

Sebut saja, Intel Core i3/Intel Core i5/Intel Core i7 Processor yang dirilis oleh Intel Corporation beberapa tahun terakhir ini. Processor-processor tersebut kita ketahui memiliki teknologi Hyper Threading untuk proses multitasking, ditambah dengan Turbo Boost untuk performance prima pada Intel Core i5 dan Intel Core i7. Bahkan pada Intel Core i7 ini memiliki Clock Speed hingga 1,06 GHz. Kecepatan luar biasa yang tentu sangat membantu aktivitas para blogger kan?
Spesifikasi Intel Core i3/Intel Core i5/Intel Core i7 Processor
Oh ya, berbicara tentang blog, pernah nggak membayangkan, bagaimana kira-kira potensi blog ke depannya? Apa ya yang akan terjadi pada blog kita 10 atau 20 tahun di masa yang akan datang? Pertanyaan-pertanyaan yang menurut saya menarik untuk direnungkan bagi kita para blogger. Dan untuk menjawabnya, mungkin kita perlu belajar dari para blogger yang sudah merasakan kesuksesan luar biasa ya?

Arianna Huffington salah satunya. Pada saat pertama kali meluncurkan The Huffington Post pada 9 Mei 2005 silam, mungkin ia tidak membayangkan apa yang akan terjadi dengan blognya 10 tahun kemudian. Blog huffingtonpost.com yang awal mulanya berisi cerita Arianna ketika melihat berbagai hal di Amerika itu kemudian menjadi besar. Bahkan saking besarnya, hingga menarik AOL untuk mengakuisisinya pada 7 Februari 2011 dengan harga US$ 315 juta! Harga yang sangat fantatis untuk sebuah blog bukan?
Lihatlah total kunjungannya sebulan terakhir! Setara dengan harganya kan?

Tapi, mungkin kita tak perlu jauh-jauh ke Amerika ya? Mari kita menengok perjalanan blog Female Daily milik blogger perempuan asli Indonesia, Hanifa Ambadar. Ya, blog femaledaily.com yang awalnya hanya berisi tulisan-tulisan tentang kosmetik dan cara pemakaiannya itu, kini menjadi forum diskusi perempuan-perempuan Indonesia. Setiap bulannya, blog ini dikunjungi oleh jutaan perempuan. Sehingga soal penghasilan, sepertinya kita tak perlu meragukannya lagi. Produk apapun yang dipromosikannya, pasti akan mendapat banyak perhatian di tempat ini.
Female Daily kini jadi forum diskusi jutaan perempuan Indonesia

Arianna dan Hanifa ini tentu hanya dua contoh dari seberapa besar potensi yang ada di dunia blog. Masih banyak blogger-blogger lain yang tak kalah sukses. Dan memang, untuk mencapai hasil yang maksimal seperti mereka, tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Tentu butuh perjuangan dan kesabaran yang luar biasa. Lantas, bagaimana sih caranya agar sebuah blog bisa tetap eksis dan sukses di kemudian hari?
Tentu banyak cara agar sebuah blog bisa tetap eksis, dan tiap blogger saya yakin punya tipsnya masing-masing. Namun, satu hal yang harus kita fahami adalah bahwa faktor terpenting eksisnya sebuah blog itu terletak pada trafiknya. Kalau trafiknya tinggi, maka bisa dibilang bahwa masa depan blog tersebut cukup menjanjikan.
Inilah kuncinya agar blog tetap eksis

Saya sendiri sampai saat ini belum bisa membayangkan bagaimana trafik blog-blog saya di kurun waktu 10 tahun yang akan datang. Akankah semakin meningkat seperti impian semua orang atau justru sebaliknya? Biarlah waktu yang menjawabnya. Saat ini, satu hal yang bisa saya lakukan hanyalah berusaha semaksimal mungkin dan berdo’a, agar blog-blog saya ini tidak mengalami kemunduran hingga membuatnya menjadi sampah di dunia maya.

Salah satu usaha yang saya lakukan agar blog-blog saya tidak kehilangan trafik adalah dengan membuat konten blog yang kreatif dengan senjata andalan yang saya miliki, ASUS X441S. Harapannya tentu tak lain agar blog saya terlihat menarik bagi pengunjung. Karena tak bisa dipungkiri, konten kreatiflah kunci agar sebuah blog itu tidak kehilangan trafik dan tetap eksis di masa yang akan datang.
ASUS X441S, senjata andalan saya untuk ngeblog selama ini

Nah, berbicara tentang konten blog sendiri, tidak bisa tidak kita pasti bersinggungan dengan yang namanya artikel. Ya, karena bagaimanapun artikel adalah konten paling dasar yang harus ada di dalam sebuah blog. Jika blog diibaratkan sebuah rumah, maka artikel-lah perabotnya. Bisa dibayangkan kan bagaimana jika rumah tanpa perabot? Tentu rumah tersebut belum siap untuk dihuni.

Namun, apakah dengan artikel saja cukup membuat blog kita menjadi menarik di mata pengunjung? Tentu tidak kan? Ibarat rumah yang akan terkesan indah jika dilengkapi dengan hiasan, maka kita pun butuh konten penunjang yang kreatif seperti gambar ataupun video. Fungsi gambar, selain mempercantik tampilan, juga sebagai ilustrasi dan media yang menjelaskan informasi yang akan kita sampaikan. Sedangkan video, selain untuk menarik perhatian pembaca, juga untuk menyampaikan informasi yang tidak bisa disampaikan oleh gambar, misalnya suara.
Bagaimana cara menciptakan konten yang kreatif? Bagi saya, syarat utama yang harus dipenuhi untuk membuat konten kreatif di blog itu hanya tiga hal. Pertama, adalah ide kreatif. Ya, ide kreatif adalah hal terpenting dari sebuah konten, baik konten tulisan, gambar, maupun video. Bagaimana tidak, biasanya kegagalan menjadi seorang blogger itu adalah ketika ia kehilangan ide-ide atau gagasan kreatif untuk menyusun sebuah artikel. Iya kan?

Kedua, skill atau ketrampilan. Maksudnya adalah kemampuan kita dalam membuat konten. Jika kontennya berupa tulisan mungkin tidak begitu sulit ya? Berbeda jika kontennya berupa gambar atau video yang tentu membutuhkan kemampuan untuk mengoperasikan berbagai program editor gambar dan video. Lantas, bagaimana bagi yang tidak punya skill? Tak usah khawatir. Anda bisa mengikuti jejak saya, yaitu dengan belajar dari buku, artikel di blog, ataupun video tutorial yang sudah banyak bertebaran di internet.
Tiga syarat pokok ini harus dipenuhi untuk membuat konten kreatif

Dan yang ketiga, adalah perangkat untuk membuat konten. Punya ide dan punya skill, namun jika tidak disertai perangkat yang mendukung untuk membuat sebuah konten, tentu akan terasa sia-sia kan? Terlebih jika konten tersebut berupa gambar dan video. Sudah pasti kita membutuhkan PC ataupun laptop yang mumpuni untuk menghasilkan sebuah konten yang kreatif.

Nah, berbicara tentang perangkat, sebenarnya laptop ASUS yang saya gunakan saat ini sudah cukup membantu aktivitas saya saat ngeblog. Termasuk dalam pembuatan konten yang kreatif. Namun, karena saya bukanlah blogger full time yang seluruh waktunya dicurahkan untuk ngeblog, saya merasa bahwa waktu yang saya miliki untuk membuat konten blog itu cukup terbatas. Sehingga, saat ini saya berharap dapat memiliki sebuah perangkat super cepat yang mampu menyelesaikan pekerjaan membuat konten kreatif dalam waktu yang relatif lebih singkat.
Setelah mencari referensi ke sana kemari dan dihadapkan pada berbagai pilihan, maka akhirnya saya putuskan untuk melabuhkan hati saya pada Si Mungil dan Cantik, ASUSPRO B8230. Ya, notebook profesional varian terbaru dari ASUS dengan dimensi layar 12 inci yang memberi kesan mungil, cantik dan elegan inilah pilihan saya. Alasannya, tak lain karena spesifikasinya yang sangat mumpuni untuk menemani hari-hari saya dalam menciptakan konten blog yang kreatif.
Spesifikasi ASUSPRO B8230

Nah, dalam membuat konten blog yang kreatif, saya melakukan beberapa langkah. Pertama, mencari ide kreatif. Langkah ini adalah langkah pertama, sekaligus yang paling utama. Bagaimana tidak, ide kreatif inilah yang nantinya saya ekspresikan dalam tulisan serta konten visual berupa gambar maupun video. Untuk mendapatkan ide kreatif, selain dengan membaca atau menonton tv, biasanya saya melakukan jalan-jalan ke tempat-tempat tertentu untuk mencari inspirasi.

Setelah ide dan bahan penulisan kita dapatkan, seyogyanya memang segera dituangkan dalam tulisan. Namun, dengan alasan berat, seringkali saya tidak membawa laptop saat bepergian, sehingga saya tidak bisa langsung menuliskannya.
Jalan-jalan untuk mencari ide dan bahan untuk posting blog (Artikelnya terpilih sebagai Juara 1 Lomba Blog Jogja Heritage dan bisa dibaca di sini)

Maka, beruntung sekali jika saya memiliki ASUSPRO B8230. Laptop yang berdimensi 31 x 21,5 x 1,29 – 2,06 cm dengan berat yang hanya 1,33 kg ini, tentu akan terasa sangat simpel dan ringan dibawa ke mana saja. Sehingga begitu mendapat ide segar, saya bisa langsung menuliskannya tanpa menunggu ide-ide itu memudar. Terlebih baterai Li-Polymer 3-cell 49W yang dimiliki ASUSPRO B8230 mampu mensupport tenaga selama 8 jam, sehingga saya tidak perlu khawatir kehabisan baterai saat di luar rumah.

Tak hanya baterai yang tahan lama, notebook yang bercover bahan aluminium ini juga didesain sebagai notebook yang berdaya tahan tinggi. Terbukti, selain memenuhi standar militer MIL-STD 810G, ASUSPRO B8230 ini juga telah lulus berbagai uji tes dengan pengujian yang lebih ketat dibanding laptop lainnya. Sehingga, notebook ini memang sangat mendukung untuk diajak bepergian ke mana saja.
Tak hanya baterainya yang kuat, ASUSPRO B8230 juga berstandar militer loh..

Kedua, menulis artikel. Langkah ini bisa dilakukan di mana saja. Jika memang di tempat yang dikunjungi tidak memungkinkan saya untuk segera menuliskan artikel, biasanya saya membuat catatan kecil berupa draft di dalam kertas ataupun smartphone. Kemudian dikembangkan dalam tulisan dan diketikkan pada malam harinya. Tak jarang, untuk sekedar mengingat detail ide-ide tersebut, saya sengaja mengerjakannya di depan rumah dengan pencahayaan yang terbatas.

Meskipun remang-remang, rasanya saya tak perlu khawatir kesusahan dalam mengerjakannya. Karena backlight keyboard yang terdapat pada ASUSPRO B8230 akan memastikan saya dapat mengetik dengan mudah di mana saja. Termasuk di tempat yang gelap sekalipun. Touchpadnya pun intuitif yang mendukung Gesture Smart untuk sentuhan jari hingga multi-point semudah mengoperasikan smartphone. Tak hanya itu, kedalaman tuts keyboard yang mencapai 2 mm dengan desain ergonomis 19,05 mm juga memberikan kenyamanan tersendiri, yang tentu akan mengurangi tingkat kelelahan jari-jari saat mengetik.
Spesifikasi keyboard dan touchpad ASUSPRO B8230

Ketiga, membuat konten pendukung. Setelah tulisan selesai, maka langkah yang saya lakukan selanjutnya adalah membuat gambar maupun video sebagai pendukung tulisan. Untuk membuat konten gambar, saya memanfaatkan beberapa aplikasi, baik offline maupun online. Beberapa di antaranya, sebagaimana yang saya gunakan untuk membuat konten gambar dan video dalam posting ini adalah Adobe Photoshop, Photo Scape, Paint, Picpick, Canva, Powtoon, dan Videopad.

Sebagaimana kita tahu, aplikasi editor tersebut mempunyai keunggulan dan kekurangan masing-masing. Sehingga untuk membuat sebuah gambar ataupun video, sekaligus untuk mengefisienkan waktu, sering kali saya menggunakan beberapa aplikasi secara bersamaan. Bisa dibayangkan kan, apa yang biasanya terjadi? Ya, lemot! Bahkan tak jarang, karena over load memory, laptop  pun jadi tidak merespon.
Multitasking seperti ini membuat kinerja laptop lemot, bahkan kadang terjadi not responding

Nah, hal tersebut sepertinya tak akan terjadi lagi jika saya menggunakan ASUSPRO B8230. Laptop ber-processor dan kartu grafis generasi terbaru, yaitu Intel® Core™ i7-6500 Processor dan Intel® Core™ i5-6200 yang berkecepatan hingga 3,1 GHz ini dibekali 4 GB DDR4 2133MHz SD RAM Onboard Memory. Dengan spesifikasi itu, sudah pasti sangat mendukung untuk pembuatan konten kreatif yang mengharuskan saya membuka banyak aplikasi secara bersamaan. Rasanya, dengan ASUSPRO B8230, istilah not responding tak akan muncul lagi saat saya melakukan multitasking.

Oh ya, meskipun RAM dan kapasitas penyimpanannya sudah cukup mumpuni, kita juga bisa melakukan upgrade dengan kapasitas penyimpanan serta memori RAM yang lebih besar. Nah, hebatnya ASUSPRO B8230 ini sudah menyediakan kemudahan untuk proses upgrade. Kita bisa membuka kompartemen bagian bawah bodi ASUSPRO B8230 dengan mudah hanya dengan alat sederhana seperti obeng. Jadi, tak perlu dibawa ke teknisi ya?
ASUSPRO B8230 menyediakan kemudahan upgrade dan pemeliharaan

Keempat, mengedit konten. Langkah yang saya lakukan dalam mengedit konten adalah dengan membaca ulang artikel yang sudah ditulis, serta mengecek gambar ataupun video. Pengecekan ini dilakukan tidak hanya sekali dua kali, akan tetapi berkali-kali. Sehingga untuk mengurangi dampak mata lelah karena menatap monitor, saya tentu membutuhkan laptop dengan layar Anti-Glare 60Hz Panel with 45% NTSC With Wide View Technology sebagaimana yang dimiliki ASUSPRO B8230 ini.
Layarnya yang anti glare membuat siapapun betah di depan laptop

Pada tahap editing ini, langkah yang tak boleh saya abaikan adalah mengecek tingkat keontetikan artikel saya dengan tool plagiarism checker. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa artikel yang saya buat ini benar-benar unik di mata search engine seperti Google. Karena meskipun kita menulisnya tanpa melakukan copy paste, tidak menutup kemungkinan beberapa kalimat di dalam artikel kita ternyata sudah pernah digunakan oleh orang lain. Iya kan?
Pastikan 100% unique agar benar-benar unik di mata SERP

Kelima, mempostingnya di blog. Langkah ini dilakukan setelah saya yakin bahwa konten blog yang saya buat sudah benar-benar siap untuk dibaca oleh ratusan bahkan ribuan orang. Selanjutnya, saya tinggal membagikannya ke media sosial serta mensubmit url artikel ke Google webmaster tools. Tujuannya adalah agar artikel yang saya buat segera terindeks oleh mesin pencari, sehingga mudah ditemukan oleh pengguna internet.

Cukup lima langkah untuk membuat konten kreatif...

Nah, itulah gambaran langkah-langkah yang saya lakukan dalam membuat konten kreatif di blog. Hasilnya, dengan konten yang kreatif, 20 tulisan saya berhasil terpilih sebagai pemenang lomba blog yang saya ikuti dalam setahun terakhir kemarin. Lebih dari itu, merujuk pada data similarweb, tercatat bahwa blog saya ini dikunjungi tak kurang dari 40 ribu kali perbulannya. Sesuatu yang patut disyukuri tentunya. Iya kan?
Total kunjungan blog saya sebulan terakhir

Memang, dari segi angka, apa yang saya capai belumlah setara jika dibandingkan dengan pencapaian Arianna dan Hanifa. Oleh karenanya, saya tidak boleh berpuas diri. Sehingga sampai saat ini, saya pun masih terus belajar dan belajar untuk membuat konten blog yang lebih menarik. Bagi saya, dengan hadirnya berbagai perangkat canggih sebagaimana ASUSPRO B8230 ini, tidak ada alasan bagi seorang blogger untuk tidak mengekspresikan dirinya dengan menciptakan konten blog yang kreatif. Jadi, yuk ciptakan konten kreatif, agar blog kita tetap eksis!

#EkspresikaDirimu #AsusIntel #BloggerPerempuan
***

*Referensi:
- www.asus.com
bloggerperempuan.com/asuspro-b8230
*Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog Asus yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Asus Indonesia

,

Daftar Lomba Blog Februari 2017 (Update!)

Hmm, nggak terasa ya, bulan Januari tinggal tiga hari. Tapi, jumlah postingnya masih dalam hitungan jari. Nggak apa-apalah ya, yang penting masih tetep bikin posting, jadi blognya nggak kelihatan sepi. Yah, namanya mood menulis, kadang menggebu-menggebu, kadang tiba-tiba hilang ditelan keterbatasan waktu.

Tapi ya sudahlah, nggak usah terlalu dipikirkan. Toh, nggak ada gunanya menyesali waktu yang sudah kita tinggalkan. Sekarang, lebih baik kita tatap bulan depan. Ya, bulan Februari, bulan yang sering disebut oleh para remaja sebagai bulan kasih sayang. Padahal, yang namanya kasih sayang kan tiap hari sepanjang 12 bulan. Iya kan? 

So, dari pada ikut-ikutan latah merayakan hari kasih sayang yang cuma sehari itu, yuk siapkan ide serta bahan untuk ikutan lomba menulis di blog. Banyak lomba blog di bulan Februari loh, Kawan. Tentukan pilihan dan siapkan tulisan mulai sekarang. Siapa tahu dapet hadiah uang jutaan. Kan bisa buat jalan-jalan sama kamu. Iya.... kamuu...


1. Bank BTN Blog Competition. Temanya adalah Transformasi Digital Bank BTN dalam Meningkatkan Layanan Perbankan. Deadline 3 Februari 2017. Hadiah total tabungan senilai puluhan juta rupiah.
2. Lomba Resensi Buku Laris Manis Wisata Halal. Deadline 3 Februari 2017. Hadiahnya uang tunai dan tiket menginap di Hotel Trans Studio Bandung.
3. Kontes SEO Glori Melamine. Temanya adalah Glorimelamine.com Produsen Peralatan Makan Industri Horeka terbaik di indonesia. Deadlinenya 5 Februari 2017. Hadiahnya uang tunai jutaan rupiah dan voucher belanja.
4. Gamatechno Blog Writing Competition. Temanya adalah Membangun Smart City dengan Pemanfaatan Teknologi Informasi. Deadline 14 Februari 2017. Hadiah totalnya 3,25 Juta Rupiah.
5. Jogjavancaza Ulas Wisata Jogja. Temanya adalah Ulas Wisata Jogja. Deadline 28 Februari 2017. Hadiahnya macem-macem, mulai kamera, uang tunai hingga free trip untuk hunting sunrise di Puthuk Setumbu.
6. Giveaway: All About Malang Raya. Temanya All About Malang Raya. Hadiahnya macem-macem, dicek sendiri ya?
7. ABAH Blog Writing Competition. Temanya adalah Share Your Digital Marketing Stories. Deadline 18 Februari 2017. Hadiah total Jutaan Rupiah.
8. #LawanNeuropati Blogging Competition. Temanya adalah Waspada neuropati mengintai gaya hidup kamu. Deadline 10 Februari 2017. Hadiah total 10 Juta Rupiah.
9. Pop Ice Blog Competition. Temanya adalah Milkshake Favorite Gue. Deadlinenya akhir Februari. Hadiahnya gadget-gadget keren.
10. Langit Musik Blog Competition. Temanya adalah Review Aplikasi Langit Musik. Deadine 27 Februari 2017. Hadiah Total 14,5 Juta loh!

Baca juga artikel saya untuk lomba: 
ASUSPRO B8230, Ciptakan Konten Kreatif Agar Blog Tetap Eksis dan Yamaha R15, Jagonya Motor Sport Impianku

11. Lomba Menulis Surat Cinta Vemale.com. Temanya adalah Surat Cinta Untuknya. Deadline 18 Februari 2017. Hadiahnya 4 tiket masuk JungleLand Adventure Theme Park, Bogor.
12. Omiyago Blog Competition. Temanya adalah Kuliner Indonesia. Deadline 25 Februari 2017. Hadiahnya paket menarik dari Omiyago.
13. Kompasiana Blog Competition. Temanya adalah Menurut Anda, Apa Peran Blog dan Blogger? Deadline 5 Februari 2017. Hadiah total 7 Juta Rupiah.
14. Kompetisi Blog BPJS Ketenagakerjaan. Temanya adalah Bahagia di Hari Tua. Deadline 23 Februari 2017. Hadiah total 30 Juta Rupiah.

Contoh tulisan untuk lomba ini, bisa dilihat di Bahagia di Hari Tua Bersama BPJS Ketenagakerjaan

15. Kompetisi Blog E-Commerce iPrice. Temanya adalah Strategi Menanggulangi dan Meningkatkan Kepuasan Pelanggan E-Commerce. Deadline 28 Februari 2017. Hadiahnya 2,5 Juta Rupiah.
16. Kompetisi Menulis #KasihSayang Hipwee. Ada 5 pilihan tema. Deadline 14 Februari 2017. Hadiahnya Kamera Polaroid Instax dan lain-lain.
17. Blog Competition WTC eMall. Temanya adalah WTC eMall tempat nongkrong asyik buat komunitas. Deadline 11 Februari 2017. Hadiahnya Samsung A7 dan hadiah menarik lainnya.
18. Blogging Competition - Reksa Dana Online, Investasi Aman dan Mudah. Temanya  Investasi Reksa Dana Online Aman dan Mudah Bersama Danareksa Investment Management. Deadline 21 Februari 2017. Hadiah totalnya 10 Juta Rupiah lho, Bro!
19. Lomba blog 2017 AntMediaHost. Temanya adalah Resolusi online 2017 bersama layanan dedicated server AntMediaHost. Deadline 28 Februari 2017. Hadiahnya gadget keren dan hadiah menarik lainnya.
20. Lomba Blog #KEB5th. Temanya adalah Internet (4G LTE) Membuat Hidup Lebih Berarti dalam KEBeragaman. Deadline 19 Februari 2017. Hadiahnya banyak dan macem-macem.
21. Amazing Sakura Blogger Competition. Temanya adalah How Amazing Japan. Deadline 28 Februari 2017. Hadiahnya Paket Liburan ke Jepang gratis untuk 2 pemenang! Asseek!!
22. Kompasiana Blog Competition. Temanya adalah Menghadirkan Masa Depan Bangsa Lewat Interaksi Digital. Deadline 28 Februari 2017. Hadiah total 15 Juta untuk 10 pemenang!
23. Lomba Review Jasa Foto FotoKimono. Temanya adalah Foto ala Jepang di FotoKimono. Deadline 28 Februari 2017. Hadiahnya 1 Juta Rupiah dan Voucher Kimono.
24. Blog Kontes Gangnam District. Temanya adalah Gangnam District, Hunian Modern Baru di Pusat Bekasi. Deadline 25 Februari 2017. Hadiah total 20 Juta Rupiah.
25. Lomba Blog Review #Journey2Andalusia. Temanya adalah Review Buku Jelajah Tiga Daulah: Journey to Andalusia. Deadline 22 Februari 2017. Hadiahnya Voucher Gramedia 1 Juta Rupiah.
26. Lomba Blog Pesona Kalbar 2017. Temanya adalah Pesona Kalbar: Pariwisata Masa Depan Kita. Deadlinenya 28 Februari 2017. Hadiah total jutaan Rupiah.


Baca juga: Daftar Lomba Blog Maret 2017 (Update)

Untuk info selengkapnya, silakan klik judul lombanya ya Kawan? Sementara itu dulu. Besuk kalau ada lagi dan sempat, saya update lagi. Dan mohon maaf, deadlinenya tidak sempat diurutkan. Dicermati saja ya? Oh ya, kalau Anda punya info lomba blog lainnya, boleh kok ditambahkan di kolom komentar. Terimakasih. Selamat menulis dan berkompetisi. Semoga sukses... 

, ,

Yamaha R15, Jagonya Motor Sport Impianku

Tak terasa, hampir enam tahun sudah Si Biru menemani hari-hari saya. Sehingga, tak terhitung sudah berapa kali suka duka yang saya jalani bersamanya. Saat panasnya terik mentari ataupun derasnya hujan, dialah yang mengantarkan saya ke mana saja. Berangkat kerja, mudik ke tempat orang tua, hingga menjelajah ke desa-desa untuk mencari belahan jiwa.

Oh ya, Si Biru yang saya maksud ini adalah motor Yamaha Vega ZR, motor yang pertama kali saya beli dari hasil keringat sendiri di pertengahan tahun 2011 silam. Saat saya menulis artikel ini, saya intip speedometernya sudah menunjukkan angka 52.305 km. Jarak yang setara dengan 92 kali perjalanan dari Prambanan, tempat tinggal saya saat ini, ke Jakarta! Tak mengherankan memang, karena dulu hampir setiap akhir pekan saya pulang kampung ke Kutoarjo, Purworejo. Saya masih ingat betul, bahwa jarak Prambanan ke Kutoarjo adalah 102 km.
Meski jarak tempuhnya sudah sedemikian panjang, tetapi hingga kini motor saya ini masih terasa nyaman untuk dikendarai. Hal ini, tentu tak terlepas dari perawatan yang saya lakukan. Ya, saya rutin melakukan service di bengkel resmi Yamaha. Tepatnya di bengkel resmi Yamaha SBM Kalasan Sleman, Yogyakarta.

Nah, saat menyervice Si Biru beberapa waktu yang lalu, saya dimintai oleh seorang Customer Service Yamaha untuk mengisi sebuah survey. Salah satu pertanyaan yang masih saya ingat adalah,
“Jika dalam waktu dekat ini, Anda akan membeli motor Yamaha, motor tipe apa yang akan Anda beli?”
Dan tau nggak, kira-kira apa jawaban saya? Dengan cepat saya menuliskan Yamaha YZF-R15! Ya, saya memang sedang memimpikan untuk memiliki motor sport yang lebih sering disebut dengan Yamaha R15 ini.
Kenapa saya memilih motor Yamaha R15? Ya sudah pasti, karena tampilannya yang super keren dan spesifikasinya yang  sangat mumpuni. Kita tahu, Yamaha R15 adalah salah satu jajaran R-Series yang merupakan kasta motor sport Yamaha yang sangat kental dengan DNA Racingnya. Dengan berbalut full fairing khas motoGP, menjadikan tiap sisi motor ini terkesan gagah dan sporty.



Lihat saja bodi sampingnya yang full fairing dengan beberapa lekukan tegas serta garis lembut yang semakin memperkuat kesan sporty-nya. Lihat juga split seater atau model jok terpisah yang berbahan jok anti slip sebagaimana moge sport kelas dunia. Tentu membuat tampilannya semakin sporty kan? Berlanjut pada bagian belakang motor, kita bisa menyaksikan buritannya yang tampak dibuat lebih meruncing ke belakang sehingga semakin memperkuat kesan bahwa Yamaha R15 ini memang jagonya motor sport. Nah, bagaimana dengan spesifikasinya?
Sepertinya, kita tak perlu meragukan mesin motor sporty ini. Dibekali mesin tipe SOHC 4 katup dengan silinder tunggal yang berkapasitas hingga 150 cc, Yamaha R15 tentu akan menghasilkan tenaga yang cukup besar. Terbukti mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 12,2 kw pada 8500 rpm dengan torsi 14,5 Nm pada 7500 rpm. Sehingga bisa dipastikan bahwa Yamaha R15 ini memang keren dan kencang.
Tenaga besar yang dihasilkan mesin Yamaha R15 tersebut kemudian disalurkan ke roda penggerak melalui sistem transmisi kopling manual 6 speed. Meski tenaganya besar, motor keren ini ternyata juga irit bahan bakar. Hal ini terjadi karena Yamaha R15 sudah menggunakan teknologi sistem bahan bakar Fuel Injection sebagaimana teknologi MotoGP. Hasilnya, proses konsumsi bahan bakar pun menjadi lebih efisien.
Motor Yamaha R15 dilengkapi dengan speedometer multifungsi berdesain mutakhir. Panel instrument pada speedometernya didesain dengan memadukan panel digital dan panel analog. Panel digital yang terletak di bagian kiri, selain menampilkan indikator bahan bakar dan kecepatan tempuh dalam hitungan km/jam, juga dilengkapi beberapa lampu indikator. Mulai dari indikator lampu netral, lampu sein, lampu tembak, hingga indikator oli.
Sementara panel analog di bagian kanan menampilkan rpm yang ditunjukkan dengan jarum penunjuk dan angka-angka. Dengan kombinasi panel digital dan analog tersebut tentu membuat tampilan speedometer Yamaha R15 ini lebih sporty, penuh gaya, dan informatif. Bagaimana tidak, dengan kedua panel tersebut, sudah pasti pengemudi akan lebih mudah dalam membaca informasi yang ditampilkannya. Iya kan?
Tampilan Yamaha R15 yang gagah ini sepertinya memang tak terlepas dari dimensi atau rangka pembentuknya. Ya, motor dengan kapasitas bensin 12 liter ini memang mengandalkan rangka Delta Box yang dikenal kokoh ala Superbike. Namun, meskipun dari tampilannya tampak berbobot, sebenarnya berat motor sport garapan Yamaha ini hanya 136 kg, sehingga tetap akan terasa ringan.
Nah, untuk dimensinya sendiri, Yamaha R15 memiliki panjang 1.975 mm, lebar 660 mm, dan tinggi 1.070 mm. Dari dimensi tersebut, tentu kita bisa mengetahui bahwa motor pabrikan Jepang ini memang memiliki dimensi yang lumayan ramping untuk kelas motor sport. Jarak sumbu rodanya adalah 1.345 mm, sedangkan ketinggian dari dasar tanah hingga kursi 800 mm, ukuran yang sesuai dengan postur tubuh rata-rata orang Indonesia.
Kesan gagah dan sporty Yamaha R15 juga terlihat dari headlamp yang ditampilkannya. Ya, headlamp motor sport ini sudah menggunakan dual lamp yang tentu akan memberikan pencahayaan yang optimal bagi pengemudi. Tak hanya itu, Yamaha R15 juga menghadirkan teknologi lampu LED pada stop lamp yang akan membuat lampu belakangnya tampak lebih terang.
Di sisi lain, Yamaha R15 ini juga melengkapi dirinya dengan velg sporty yang terbalut dengan ban jenis tubeless. Ban depannya berukuran 90/80-17, sedangkan ban belakang berukuran 130/80-17. Kedua ukuran ban tersebut tentu akan membuat pengendara lebih mudah dalam bermanuver di jalanan, khususnya pada saat tikungan tajam.
Tak hanya keren, gagah, dan sporty, Yamaha R15 juga sudah mengusung fitur keselamatan dan kenyamanan bagi penggunanya. Untuk menunjang keselamatan pengendara, Yamaha R15 mengandalkan sistem rem cakram dengan diameter 245 mm pada bagian depan, dan 220 mm pada bagian belakang. Kedua rem cakaram tersebut tentu cukup mampu untuk mengontrol laju kecepatannya. Bahkan ketika terpaksa dilakukan pengereman mendadak sekalipun.
Nah, untuk menunjang kenyamanan, Yamaha R15 mengandalkan dua suspensi yang kuat. Suspensi bagian depan menggunakan tipe suspensi Teleskopik, sedangkan bagian belakang menggunakan Link Type Monocross. Kedua suspensi tersebutlah yang akan meredam setiap goncangan ketika kita melewati jalan yang tidak rata. Sehingga, kenyamanan pengemudi dalam berkendara pun akan lebih terjamin.
Nah, berikut adalah spesifikasi lengkap Yamaha R15:
Keren kan? Pasti!! Itulah Yamaha R15jagonya motor sport yang sedang saya impikan pagi, siang dan malam. Terlebih yang warnanya biru, baik yang seri Racing Blue maupun yang Movistar. Do’akan ya, agar impian saya segera jadi kenyataan? Biar Si Biru di rumah saya punya teman..
Oh ya, ngomong-ngomong, motor sport impianmu R15 yang warna apa?

***
*Referensi:
http://www.yamaha-motor.co.id
https://www.youtube.com/watch?v=75wbyw-wIuI
**Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Yamaha Jagonya Motor Sport. Isi tulisan di luar tanggung jawab Yamaha.

Mendongkrak Keuntungan Situs Bisnis dengan Live Chat Subiz

Sejak masuknya makhluk bernama internet ke Indonesia di kurun waktu 1990-an, entah disadari atau tidak, banyak sekali perubahan gaya hidup yang kita alami. Satu di antaranya adalah dalam hal gaya berjual beli. Terlebih ketika dunia internet kita memasuki era 3G atau bahkan 4G. Hal tersebut, tentu saja mendorong tumbuh kembangnya trendsetter-trendsetter baru mengenai arah mode serta lifestyle masyarakat kita yang semakin melek teknologi.

Orang-orang yang dulunya rela berdesak-desakan untuk mendapatkan sebuah barang yang mereka inginkan, kini mulai mengubahnya dengan cara yang lebih praktis dan efisien, yakni dengan belanja online. Tak terkecuali mereka yang dulunya berdagang dengan cara tradisional, kini mulai membuka lapak bisnisnya di internet dengan membuat sebuah website toko online sebagai tempat untuk menawarkan dan menjual barang atau jasa mereka.
Sebagaimana teori bisnis pada umumnya, kepercayaan dan kredibilitas sebuah toko online adalah hal mendasar yang sangat penting. Hal yang tentu tak bisa dipungkiri, sebab konsumen adalah raja dan pelanggan adalah brand ambassador. Sehingga, untuk meningkatkan kepercayaan konsumen dan pelanggan terhadap bisnis kita, maka salah satu strategi yang bisa kita lakukan adalah dengan memberikan pelayanan yang maksimal dan memuaskan. Ya, pelayanan prima adalah salah satu kunci sukses dalam membangun sebuah e-commerce.

Nah, untuk bisnis online, tentunya pelayanan kepada pelanggan tidak bisa dilakukan secara langsung. Iya kan? Hal itu disebabkan karena adanya jarak dan waktu yang terbatas antara pengelola toko online dengan pelanggannya. Oleh karena itu, untuk memberikan pelayanan yang prima, kita perlu menyediakan fasilitas yang tepat. Salah satunya adalah dengan live chat.

Live Chat dan Manfaatnya Bagi Bisnis Online

Live chat adalah aplikasi chatting yang memungkinkan customer melakukan chat secara langsung dengan penyedia barang atau jasa secara online. Live chat website ini akan sangat berguna bagi pengunjung sebuah situs toko online yang masih ragu ataupun merasa bingung dengan alur transaksi pada website toko online kita. Lebih dari itu, keuntungan yang bisa didapat jika sebuah website toko online menggunakan live chat ini banyak sekali. 
Di antaranya, pertama, live chat memudahkan calon pembeli untuk berkomunikasi dengan pengelola. Hanya dengan membuka web, pengunjung bisa langsung bertanya tentang produk yang ditawarkan kepada admin atau customer service yang berperan sebagai penjual. Komunikasi dalam live chat juga tidak ribet, karena tidak perlu membuka tab ataupun jendela baru.

Kedua, live chat akan menjadikan kesan fast response sebuah website toko online. Hal ini sangat penting, karena fast response adalah salah satu hal terpenting dalam pelayanan prima terhadap pelanggan. Pelanggan tidak perlu menunggu terlalu lama, sehingga pengalaman berbelanja mereka akan terasa menyenangkan. Dengan begitu, maka mereka tidak akan segan untuk melakukan pembelian selanjutnya.

Ketiga, live chat mengurangi bounce rate dan cart abandonment. Tak bisa dipungkiri, banyak dari pengunjung website ataupun toko online yang merasa bingung dan kesal karena tak kunjung mendapatkan balasan ketika menghubungi customer service lewat SMS atau BBM. Akibatnya, mereka beralih ke website toko online lain yang lebih informatif dan fast response. Padahal, jika menggunakan fitur live chat, customer service dapat menjelaskan informasi yang dibutuhkan pengunjung dengan cepat dan jelas. Hal ini tentu dapat mengurangi bounce rate maupun cart abandonment atau peninggalan keranjang belanja.
Keempat, live chat menghemat biaya komunikasi. Sebagai perbandingan, jika sebuah website toko online masih menggunakan telepon, maka pengelola harus merekrut banyak orang sebagai customer service yang melayani calon pembelinya. Sedangkan, live chat memungkinkan seorang customer service untuk merespon beberapa pertanyaan atau komplain sekaligus. Dan masih banyak lagi.

Oh ya, berbicara tentang live chat, saat ini ada beberapa penyedia aplikasi live chat yang bisa membantu dalam mengembangkan bisnis online. Dan setiap situs website toko online mungkin memerlukan produk yang berbeda sesuai kebutuhannya. Namun, tentu ada beberapa kendala atau kekurangan dari aplikasi-aplikasi tersebut. Oleh karenanya, bagi Anda yang ingin kemudahan dalam menyediakan pelayanan prima, alangkah baiknya jika Anda menggunakan aplikasi Live Chat Subiz.

Mengenal Live Chat Subiz dan Keunggulannya

Live Chat Subiz merupakan sebuah wadah berupa software yang disediakan oleh Subiz.com yang fungsinya adalah sebagai alat untuk mengintegrasikan komunikasi secara langsung melalui widget chat box yang terpasang di situs web. Software ini mempunyai dua komponen utama yaitu widget chat untuk komunikasi dengan pengunjung atau konsumen secara langsung, serta menu dashboard yang berfungsi sebagai pusat kendali bagi agen atau pengelola untuk mengawasi dan menjawab berbagai pertanyaan dari pengunjung.
Live Chat Subiz ini memiliki beberapa keunggulan. Di antaranya, pertama, pemasangan Live Chat Subiz sangat mudah, tidak memerlukan keahlian khusus dalam bidang IT. Bagaimana tidak, untuk menggunakan Live Chat Subiz, kita cukup dengan mengunjungi https://dashboard.subiz.com/signup.html untuk mengisi semua kolom informasi. Klik ‘buat akun saya’, kemudian buka email konfirmasi dan mulai masuk ke dashboard Subiz. Terakhir, pasang kode widget chat Subiz di blog kita. Mudah sekali kan?

Kedua, widget chat box Subiz terintegrasi di bagian bawah situs web. Sehingga, pengunjung tinggal mengklik widget untuk memulai obrolan dengan pengelola website. Ketiga, software widget chat box Subiz bisa diaplikasikan pada berbagai jenis browser dan perangkat, baik PC, laptop maupun mobile. Keempat, widget Live Chat Subiz dapat disesuaikan dengan berbagai tema, skema warna dan teks yang berbeda sesuai dengan tampilan website.

Kelima, Live Chat Subiz menyediakan berbagai fitur yang integratif. Satu di antaranya adalah fitur 'pemicu' atau undangan auto chatting, yang memungkinkan kita untuk mengirim undangan chatting secara otomatis ke pengunjung. Selain itu, Live Chat Subiz juga menyediakan fitur yang dapat membantu kita dalam mengelola serta merancang metode dan strategi marketing bisnis. Dengan fitur tersebut, kita dapat mengetahui informasi menyeluruh tentang aktivitas pengunjung website kita. Dan masih banyak keunggulan-keunggulan lainnya.
Oh ya, untuk memaksimalkan Live Chat Subiz dalam mendongkrak bisnis online yang kita jalankan, kita bisa melakukan beberapa tips, di antaranya:
  • Posisikan widget Live Chat Subiz di tempat yang strategis, sehingga tidak mengganggu aktivitas pengunjung
  • Custom widget Live Chat Subiz yang dengan tema website kita agar tidak mengurangi kenyamanan penglihatan pengunjung
  • Gunakan fitur undangan auto chatting dengan kustomisasi yang sedemikian rupa, seperti sapaan kepada pengunjung secara otomatis setelah mereka melihat detil produk, dan lain sebagainya
  • Segera transfer percakapan kepada agen lain, ketika kita sedang sibuk atau ketika kita kurang berkompeten menangani pertanyaan atau keluhan pelanggan
  • Maksimalkan laporan pengunjung yang ada pada dashbor, untuk kemudian kita gunakan sebagai acuan dalam meningkatkan bisnis online kita ke depannya.
Nah, itulah beberapa keunggulan sekaligus tips memanfaatkan Subiz sebagai solusi live chat untuk mendongkrak keuntungan situs bisnis online yang kita jalankan. Jika Anda tertarik dan ingin membuktikan sensasi keunggulan fitur-fiturnya, Anda bisa menggunakan Live Chat Subiz dengan memanfaatkan fitur trial selama 30 hari terlebih dahulu. Fitur yang didapatkan dari trial ini adalah semua fitur dari paket Standar, yang meliputi dukungan untuk 100 chat pada saat bersamaan, riwayat chat dan laporan yang mencakup 3 bulan ke belakang, dan lain-lain.
Saat masa trial habis, Anda secara otomatis akan diikutsertakan dalam Paket Gratis, tentu dengan fitur yang terbatas. Jika Paket Gratis tidak mencukupi kebutuhan live chat, Anda bisa memilih paket Standard atau paket Lanjutan sesuai dengan kebutuhan. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap, silakan kunjungi websitenya di Subiz.com. Selamat mencoba!


Wisata ke Puncak? Jangan Lewatkan Empat Air Terjun Cantik Ini!

Akhir pekan ini, ada yang berencana untuk berwisata ke Puncak, Bogor? Hmmm, tempat wisata yang satu ini memang menjadi destinasi favorit, khususnya bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Bahkan karena favoritnya, jalur menuju Puncak yang macet setiap akhir pekan dan setiap liburan sudah menjadi hal yang biasa dan dimaklumi oleh semua wisatawan.

Karena kawasan Puncak terkenal dengan keindahannya, maka sayang sekali ya jika hanya dikunjungi tanpa bermalam? Untuk itu, ada baiknya Anda melakukan pemesanan penginapan sebelum berangkat. Hal ini untuk mengantisipasi masalah seperti kehabisan kamar atau bahkan mendapatkan kamar namun dengan harga on site yang mahal. Untuk referensi hotel murah di Puncak, Anda bisa klik di sini.

Oh ya, dari sekian banyak objek wisata yang ada, curug adalah objek wisata yang banyak dan mudah ditemui di sekitar daerah ini. Curug sendiri merupakan kata dari bahasa Sunda yang berarti air terjun. Nah, berikut ini adalah beberapa air terjun cantik di Puncak yang dapat Anda kunjungi.

• Curug Cibeureum 
Source: Travel - Kompas.com

Tempat wisata yang pertama ini berada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrangro. Tepatnya berada di bawah kaki Gunung Gede Gunung Pangrangro. Curug Cibeureum memang tidak terlalu tinggi, namun aliran airnya jernih dan cukup deras. Menariknya, ketika berada di sini, Anda tidak hanya disuguhi sebuah air terjun saja. Melainkan ada tiga air terjun yang berjajar: Cibeureum sebagai air terjun utama, Cidendeng, dan Cikundul.

Untuk sampai ke air terjun, Anda harus lebih dulu berjalan sekitar satu kilometer melalui jalan setapak. Jalan setapak ini juga merupakan jalur pendakian Gunung Gede Pangrangro. Karena itu, jangan heran jika sepanjang perjalanan Anda akan bertemu dengan banyak pendaki. Anda juga tidak perlu khawatir bahwa perjalanan Anda akan membosankan. Bagaimana tidak, sepanjang perjalanan menuju Curug Cibeureum, kita akan disuguhi pemandangan alam kaki Gunung Gede Pangrangro yang asri, sehingga membuat otot-otot kita tidak terasa lelah. 

Anda juga akan melalui beberapa pos untuk mencapai air terjun di ketinggian 1675 Mdpl ini. Pos pertama akan Anda jumpai setelah perjalanan selama kurang lebih setengah jam. Di sini terdapat pusat informasi, toilet, dan tempat untuk beristirahat. Selanjutnya di pos kedua, Anda akan menemukan sebuah telaga yang sangat cantik, Telaga Biru. Telaga ini memiliki air yang berwarna biru kehijauan. Anda bisa sejenak kembali merelaksikan tubuh di sini dan sesekali berfoto. Terakhir, di pos ketiga, Anda akan menemukan papan penunjuk arah. Pos ini berada di sisi pertigaan yang disebut Panyacangan Kuda. 

• Curug Cilember
Source: masakuliahkita.blogspot.co.id

Seperti yang kita tahu, wisata air terjun memang identik dengan trekking dan hutan. Pun sama halnya dengan jalur yang harus Anda lalui untuk menyaksikan keindahan Curug Cilember. Akan tetapi, hutan yang harus Anda lewati adalah hutan pinus yang kerap memberikan nuansa yang jauh berbeda dibandingkan hutan rimba dengan pepohonan besar dan tua.

Curug Cilember sendiri merupakan kawasan dengan tujuh air terjun. Akses untuk menuju masing-masing air terjun pun akan semakin sulit seiring tahap yang dilalui. Mulai air terjun keempat hingga pertama, medan yang ditempuh semakin terjal dan berbatu. Kita akan membutuhkan waktu sekitar dua hingga tiga jam untuk mencapai air terjun teratas. Namun jangan khawatir, setiap perjuangan yang kita lakukan untuk mencapai setiap air terjunnya akan terbayar dengan pemandangan yang setimpal. 

Oh ya, kawasan Curug Cilember juga tidak hanya menjadikan air terjun sebagai satu-satunya objek wisata. Di daerah ini, Anda juga dapat mengunjungi Taman Konservasi Kupu-kupu hanya dengan membayar Rp. 5.000,00 saja. Tak hanya itu, di sini Anda juga bisa menikmati fasilitas outbond seperti flying fox. Jika Anda tidak menemukan hotel murah di Puncak untuk bermalam pun, Anda tidak perlu risau. Anda bisa menyewa pondok wisata yang tersedia di kawasan Curug Cilember ini dengan konsep serba kayu.

• Curug Panjang
Source: wisata kuliner indonesia

Curug Panjang bisa jadi tidak setenar Curug Cibeureum atau Curug Cilember. Akan tetapi, keindahannya bisa jadi lebih memikat Anda. Air terjun yang terletak di lereng Gunung Paseban, kawasan Megamendung, Bogor ini memiliki air yang sangat jernih. 

Hal yang juga membedakan Curug Panjang dengan kebanyakan curug lainnya adalah aliran airnya yang tidak jatuh dari tebing tinggi. Aliran air Curug Panjang justru melalui sungai kecil yang merupakan bagian dari Sungai Cirangrang dan memanjang sekitar 20 meter. Kendati demikian, debit air yang mengalir di sini cukup tinggi.

Bagian bawah air terjun Curug Panjang membentuk sebuah kolam alami. Banyak pengunjung yang mengincar untuk bermain-main air di kolam ini. Selain itu, lokasi Curug Panjang yag dikelilingi oleh batu-batu alam yang menambahkan keindahan sekitar sering dijadikan tempat untuk duduk dan bersantai sembari menikmati suasana.

• Curug Naga
Source: raeytuyeee.blogspot.co.id

Ingin melakukan body rafting? Curug Naga bisa jadi pilihan lokasi yang pas. Selain airnya yang jernih, Curug Naga memiliki medan yang cukup menantang dan dikelilingi oleh tebing-tebing yang tinggi. 

Sama seperti Curug Panjang, Curug Naga juga terletak di kawasan Megamendung dan merupakan bagian dari aliran Sungai Cirangrang. Nah, bagian terbaik untuk melakukan body rafting bukanlah persis di Curug Naga, melainkan di sungai berarus yang harus dilewati lebih dulu. Namun, tentu saja Anda tidak bisa sembarangan melakukan body rafting di sini. Anda harus melengkapi diri dengan pakaian dan alat keamanan serta dipandu oleh pemandu wisata Curug Naga.

Nah, itulah sedikit referensi mengenai berbagai curug yang ada di Puncak. Semoga bermanfaat ya? Oh ya, sebelum menjelajahi objek-objek wisata tersebut serta objek wisata lainnya, pastikan Anda juga sudah mendapatkan hotel murah di Puncak. Selamat berlibur!

, ,

Kisi-kisi USBN PAI SMA/SMK Tahun Pelajaran 2016/2017 (Kurikulum 2006 dan 2013)

Pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional Pendidikan Agama Islam (USBN PAI) Tahun Pelajaran 2016/2017 mencakup 3 (tiga) ranah yang diujikan, yaitu: ranah sikap melalui penilaian akhlak mulia, ranah pengetahuan melalui ujian tulis, dan ranah keterampilan melalui ujian praktik.

Ujian tulis dilaksanakan dengan maksud mengukur kemampuan peserta didik terkait pemahamannya terhadap materi pelajaran Pendidikan Agama Islam. Sedangkan praktik dilaksanakan dengan maksud mengukur keterampilan peserta didik dalam aspek membaca dan hafalan Al-Qur’an, dan jenis-jenis praktik ibadah dalam kehidupan sehari-hari.

Untuk menghadapi USBN PAI 2016/2017, baik tertulis maupun praktik tentu membutuhkan beberapa persiapan. Salah satu persiapan yang harus dilakukan adalah mempelajari Kisi-kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional Pendidikan Agama Islam (USBN PAI) Tahun Pelajaran 2016/2017. Nah, berikut adalah link untuk mendownload Kisi-kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional Pendidikan Agama Islam (USBN PAI) Tahun Pelajaran 2016/2017 untuk Kurikulum 2006 dan 2013.



Unduh juga Prediksi Soal USBN PAI beberapa tahun yang lalu untuk melihat latihan soal.

Semoga bermanfaat!