Saturday, October 29, 2016

Kategori: , ,

Kioson Sebagai Jembatan Kesenjangan Digital UMKM

Entah disadari atau tidak, sejak masuknya makhluk bernama internet ke Indonesia di sekitar tahun 1990-an, banyak sekali perubahan gaya hidup yang kita alami. Salah satunya adalah dalam hal gaya berjual beli. Terlebih ketika dunia internet memasuki era 3G atau bahkan 4G. Hal tersebut, tentu saja mendorong pertumbuhan trendsetter-trendsetter baru mengenai arah mode dan lifestyle masyarakat kita yang semakin digital.

Orang-orang yang dulunya rela berdesak-desakan untuk mendapatkan sebuah barang yang mereka suka, kini mulai menggantinya dengan cara yang lebih praktis, yakni dengan belanja online. Tak terkecuali mereka yang dulunya berdagang dengan cara tradisional, kini mulai membuka lapak bisnisnya di internet dengan membuat sebuah toko online.

Namun tak bisa dipungkiri, dampak mengasyikkan dari digital ekonomi tersebut masih terbatas hanya bisa dinikmati oleh segelintir orang saja, yakni masyarakat yang ada di perkotaan. Sedangkan masyarakat desa, tentu hanya bisa gigit jari saja melihat perkembangan digital yang sedemikian rupa. Betul nggak? Untuk membuktikannya, mari kita tengok di sekeliling kita. Di era digital ini, para pemilik toko kelontong, toko pulsa, kios-kios kecil serta UMKM lainnya masih kita saksikan menjual barang dagangannya hanya dengan cara tradisional saja. Dan hal tersebut tentu adalah akibat dari kesenjangan digital yang ada.
Kesenjangan apapun, termasuk kesenjangan digital memang sebuah realita yang tak bisa dihindarkan. Terlebih di negara Indonesia yang luasnya lebih dari tiga ribu kali dari luas Singapura! Namun, bukan berarti kesenjangan digital itu hanya untuk diterima saja, tanpa sebuah usaha untuk mengatasinya. Iya kan? Kesenjangan digital adalah jurang pemisah, sehingga sebesar apapun lebarnya harus tetap diusahakan untuk dipersempit dan dibuatkan sebuah jembatan yang menghubungkannya. Nah, dalam hal ekonomi digital, salah satu jembatannya adalah Kioson. Sudah tahu apa itu Kioson kan?
Kioson itu KIOS Online ya? Ya, secara gampangnya begitu. Lebih tepatnya, Kioson adalah sistem aplikasi yang diluncurkan oleh PT. Kioson Komersial Indonesia untuk menjembatani kesenjangan ekonomi digital antara masyarakat kota dan masyarakat desa. Langkah yang ditempuhnya adalah dengan menjalin kerja sama dengan pemilik UMKM yang tersebar di seluruh pelosok daerah di Indonesia. Kioson sendiri didirikan pada bulan Mei tahun 2015 lalu oleh para ahli di bidang Merchandising, E-Commerce, Telekomunikasi dan Industri Keuangan.

Sesuai dengan taglinenya “Semua Bisa Online”, para pedagang menengah ke bawah yang sebelumnya berdagang secara tradisional saja, maka setelah bergabung menjadi E-Tailer (Electronic Retailer) Kioson, mereka dapat berdagang secara online. Hal tersebut tentu berimbas pada pendapatan para pemilik toko yang akan meningkat secara signifikan. Bagaimana tidak, dengan menjadi E-Tailer Kioson, mereka akan memperoleh pendapatan dari bisnis retail, agen pembayaran (payment point), serta program keagenan (agency models) yang diterapkan oleh Kioson.
Tapi, kenapa harus Kioson? Mungkin ada yang bertanya demikian. Jawabnya sudah pasti, tentu karena keunggulan-keunggulannya. Emang apa saja sih keunggulan Kioson? Keunggulannya banyak! Di antaranya:
Pertama, seluruh transaksi di Kioson dilakukan secara tunai, sehingga lebih aman dan terpercaya. Kedua, proses transaksi di Kioson melalui internet, sehingga tidak ada istilah sms pending ataupun jaringan yang lemah.  Ketiga, berbagai macam transaksi, mulai dari isi pulsa, bayar tagihan, hingga belanja online berbagai jenis barang semuanya ada di Kioson. Selain ketiga keunggulan tersebut, masih ada keunggulan-keunggulan lainnya, seperti proses pengiriman barang yang super cepat dengan biaya yang juga super murah.
Tak hanya itu, dengan bergabung menjadi E-Tailer Kioson, kita juga akan mendapatkan berbagai keuntungan. Di antaranya, pertama, komisi langsung yang didapat dari setiap transaksi yang kita lakukan. Kedua, di Kioson terdapat banyak produk barang dan jasa yang bisa ditawarkan. Saking banyaknya, maka seolah-olah kita mempunyai sebuah mall digital. Hebat kan? Dan ketiga, dengan lengkapnya produk yang tersedia dengan harga yang terjangkau, sudah pasti kita akan menjadi tujuan transaksi para pelanggan. Serta masih banyak keuntungan-keuntungan lainnya.
Dengan melihat berbagai keunggulan serta keuntungan tersebut, Anda tentu tertarik untuk bergabung menjadi E-Tailer Kioson kan? Makanya, mari segera gabung menjadi E-Tailer Kioson, biar ikut ketiban rejeki yang cetar membahana. Caranya gimana? Gampang banget, karena Kioson sudah menyediakan dua paket pilihan bagi siapa saja yang akan bergabung menjadi E-Tailernya.

Pertama, Paket Gold. Paket ini cocok bagi calon pengguna yang belum memiliki tablet android. Untuk mendaftar paket gold ini, kita cukup membayar dengan Rp. 900.000. Dengan mendaftar paket ini, kita akan mendapatkan satu tablet android, saldo Kioson sebesar Rp. 100.000, banner untuk toko E-Tailer, serta buku panduannya.
Kedua, Paket Kioson GO. Paket ini diperuntukkan bagi calon pengguna  yang sudah memiliki tablet atau smartphone android. Nah, jika kita memilih paket ini, maka yang perlu kita lakukan adalah mendownload aplikasi Kioson yang ada di Google Playstore. Caranya adalah sebagai berikut:
Masuk saja di Google Playstore, ketik Kioson di kolom pencarian, pilih aplikasi Kioson kemudian klik pasang. Selanjutnya, klik terima dan tunggu aplikasi terpasang di perangkat android kita. Mudah kan?
Nah, setelah aplikasi terpasang, maka kita tinggal mendaftar menjadi E-Tailer Kioson. Oh ya, sebelum mendaftar, siapkan terlebih dahulu file foto KTP di perangkat android kita. Setelah siap, silakan buka aplikasi Kioson, kemudian melakukan pendaftaran di menu Daftar. Isikan identitas dengan lengkap dan unggah foto KTP di tempat yang tersedia. Setelah selesai, klik Kirimkan.
Selanjutnya, kita tinggal menunggu SMS dan email dari Kioson yang berisi ID Kioson (KCP) serta password untuk masuk ke aplikasi Kioson. Setelah kita mendapat SMS dan email dari Kioson, catat ID Kioson serta paswordnya. Kemudian gunakan ID Kioson serta pasword tersebut untuk masuk ke aplikasi Kioson.
Oh ya, untuk mengganti PIN, kita bisa masuk melalui Lupa Password/Membuat Password. Isikan ID Kioson, kemudian klik Kirimkan. Setelah itu, kita akan mendapat SMS dari Kioson yang isinya adalah No. OTP. Nah, nomor tersebut nanti digunakan ketika kita akan mengatur password akun Kioson.
Jika kita sudah berhasil mendaftar sebagai E-Tailer Kioson, maka untuk bisa merasakan hujan badai rejeki dari Kioson, tentu kita harus melakukan transaksi top up saldo dan penjualan. Bagaimana cara top up saldo dan melakukan transaksi penjualan di Kioson? Sabar ya, sebelum membahas itu, mari kita kupas aplikasi Kioson beserta fungsi berbagai menunya.
Aplikasi Kioson yang diperbaharui pada tanggal 21 September 2016 ini adalah versi 5.8. Aplikasi ini dapat dioperasikan pada smartphone berbasis android versi 4.0 ke atas. Dengan ukurannya yang relatif kecil, yakni 17 MB menjadikan aplikasi Kioson ini terasa sangat ringan ketika dijalankan, bahkan dengan smartphone kelas menengah sekalipun. Aplikasi Kioson ini dapat diakses dengan cepat serta dapat dijalankan di mana saja dan kapan saja, selama ada jaringan internet.

Keunggulan lainnya adalah tampilan aplikasi Kioson ini sangat simpel, namun fungsi menu-menunya sudah mencukupi kebutuhan penggunanya, yakni sebagai sarana yang mudah dan praktis untuk berjual beli secara online. Dan bagi saya, aplikasi Kioson ini sudah masuk dalam kriteria aplikasi yang user friendly, karena tampilannya yang enak dilihat, fungsi menu-menunya mudah dioperasikan serta mudah dipelajari, sehingga membuat E-Tailer dan pelanggannya merasa nyaman menggunakan aplikasi ini. Nah, berikut adalah tampilan beranda aplikasi Kioson beserta penjelasan singkat fungsi menu-menunya.
Pertama, menu bagian atas, yang terdiri dari ID KCP, Saldo Tersedia, Transaksi Hari Ini, serta ikon Log Out. 
  • ID KCP menunjukkan identitas dari E-Tailer. 
  • Saldo Tersedia menunjukkan jumlah saldo Kioson yang dimiliki oleh E-Tailer. Menu Saldo Tersedia jika ditab maka akan menampilkan informasi penjualan.
  • Penjualan Hari Ini menunjukkan jumlah transaksi yang dilakukan oleh E-Tailer selama satu hari ini.
  • Log Out digunakan untuk keluar dari aplikasi.
Kedua, menu bagian samping kiri, yang menampilkan produk-produk yang bisa dijual oleh E-Tailer, antara lain:
  • Belanja untuk melihat daftar barang yang bisa dijual oleh E-Tailer kepada pelanggannya. Selain terdapat kolom pencarian, di menu Belanja ini, barang-barang yang dijual juga sudah dipisahkan dalam kategori-kategori tertentu, sehingga akan memudahkan E-Tailer dalam menawarkan barang dagangannya.
Oke, kita lanjutkan ya?
  • Pulsa digunakan untuk melakukan transaksi isi ulang pulsa. 
  • Paket Data digunakan untuk isi ulang paket data internet.
  • PLN digunakan untuk pembelian token listrik pra bayar dan pembayaran tagihan listrik pasca bayar. 
  • PDAM digunakan untuk pembayaran tagihan air. 
  • TV digunakan untuk pembelian voucher TV berlangganan pra bayar dan pembayaran tagihan TV berlangganan pasca bayar.
  • Tiket Kereta Api digunakan untuk pembelian tiket kereta api. 
  • Multi Finance digunakan untuk pembayaran pinjaman atau kredit. 
  • Keagenan digunakan untuk pengajuan pinjaman di Bank Sinarmas serta pemasangan dan pembayaran iklan di OLX. 
  • Asuransi digunakan untuk pembelian asuransi dan pembayaran premi asuransi. 
Oh ya, di antara semua menu yang berisi produk yang bisa dijual oleh E-Tailer ini, ada beberapa menu yang belum berfungi karena masih dalam tahap pengembangan. Mudah-mudahan menu-menu tersebut segera diupdate oleh Kioson, sehingga produk yang bisa ditawarkan E-Tailer kepada pelanggannya semakin lengkap.

Ketiga, menu sebelah kanan, yang menampilkan berbagai menu yang bisa digunakan E-Tailer untuk melakukan transaksi. Dari sebelah atas paling kiri adalah menu Panel Kioson yang berisi berbagai sub menu dengan fungsinya masing-masing.
  • Pendapatanku digunakan untuk menampilkan pendapatan yang kita peroleh dari hasil transaksi di Kioson.
  • Rekening KCP berisi laporan pembayaran yang dilakukan E-Tailer.
  • Pengembalianku digunakan untuk mengembalikan uang jika ada pengembalian order atau pesanan yang masih tertunda.
  • Permintaan Platform Kredit digunakan untuk meminta platform kredit atau pinjaman dari Kioson.
  • Pembayaran Online terdiri dari: Tambah Balance untuk konfirmasi transfer ke rekening Kioson yang sudah dilakukan oleh E-Tailer, Cek Pembayaran untuk mengecek status pembayaran, Bantuan Panduan Pembayaran untuk meminta bantuan kepada Customer Service Kioson terkait pembayaran, dan Detail Rekening Kioson untuk melihat rincian Bank Kioson.
  • Bantuan terdiri dari: Teknis, Operasional, Pengambilan untuk meminta bantuan kepada Customer Service Kioson, Setting untuk melakukan pengaturan printer, serta Signal Boost untuk mencari jaringan terbaik yang mendukung operasi aplikasi Kioson.
  • GPS untuk mengatur lokasi E-Tailer.
  • Sync untuk melakukan sinkron ulang aplikasi Kioson.
  • Informasi untuk menampilkan informasi KCP.
  • Update Software untuk memeriksa dan mengupdate versi terbaru aplikasi Kioson.
Kembali ke beranda ya? Setelah Panel Kioson ada menu-menu lain, yaitu:
  • Kotak Pesan yang digunakan untuk melihat pesan dari Kioson.
  • Pencarian Pesanan untuk mencari pesanan yang sudah dilakukan.
  • Rincian Pesanan untuk melihat rincian dari barang yang sudah dipesan.
  • Bayar Pesanan untuk membayar barang yang sudah dipesan.
  • Cetak Receipt untuk mencetak tanda terima dari transaksi yang sudah dilakukan.
  • Kunci Layar untuk mengunci layar aplikasi.
  • Dan terakhir, Refund Pelanggan digunakan jika ada permintaan pengembalian uang dari pelanggan kepada E-Tailer.
Nah, itulah fungsi-fungsi dari menu yang ada di aplikasi Kioson. Setelah mengetahui fungsi dari masing-masing menu tersebut, maka sekarang saatnya kita merasakan hujan badai rejeki dari Kioson yang sesungguhnya. Caranya tentu dengan melakukan top up saldo, kemudian menawarkan produk-produk yang tersedia di Kioson. Untuk selanjutnya melakukan berbagai transaksi penjualan yang akan memberikan banyak keuntungan bagi kita E-Tailer Kioson.
Sebelum bertransaksi tentu kita harus top up saldo terlebih dahulu ya? Top up saldo ini bisa dilakukan secara kilat dengan transfer melalui ATM ke Rekening Bank Sinarmas dengan Kode Bank: 153 dan No. Rekening: 8383+No. HP kita yang terdaftar di akun Kioson, misalnya: 8383087734955521. Top up dengan cara ini bisa dilakukan dengan minimal top up Rp. 20.000. Disebut kilat, karena lima menit setelah transfer, saldo akan masuk ke akun Kioson secara otomatis tanpa melalui proses konfirmasi.

Cara lainnya adalah dengan transfer ke Rekening Kioson melalui ATM, mobile banking, ataupun internet banking. Minimal top up dengan cara ini adalah Rp. 10.000. Adapun Rekening Kioson yang bisa kita pilih adalah:
  • Bank BCA : 494 305 6776
  • Bank Mandiri: 121 000 3622622
  • Bank BRI : 0329 0100 35 91303
Setelah melakukan top up dengan cara ini, selanjutnya kita harus melakukan konfirmasi melalui aplikasi Kioson. Caranya masuk ke Panel Kioson, pilih Pembayaran Online, pilih Tambah Balance, lalu isikan data konfirmasi yang ada. Pastikan data yang kita input sudah benar, kemudian klik Kirim Rincian Pembayaran. Untuk lebih jelasnya, silakan lihat video berikut ya?



Nah, setelah melakukan konfirmasi, kita tinggal menunggu saldo masuk ke akun Kioson, biasanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit sejak konfirmasi dilakukan. Jika karena suatu hal, misalnya karena salah input data konfirmasi seperti yang pernah saya lakukan beberapa waktu yang lalu, yang berakibat top up saldo kita belum disetujui, maka kita tak perlu khawatir.  Kita bisa menghubungi Kioson untuk minta bantuan.
Caranya adalah dengan masuk ke Panel Kioson, pilih Pembayaran Online, pilih Bantuan Panduan Pembayaran, masukkan No. HP kita dan klik Hubungi. Tunggu beberapa saat, nanti Customer Service Kioson akan menghubungi kita untuk membantu proses konfirmasi. 
Menurut pengalaman saya selama bergabung dengan Kioson, pihak Kioson ini sangat tanggap sekali terhadap keluhan dan kendala yang dialami E-Tailernya. Dan inilah yang juga menjadi keunggulan Kioson. Oh ya, untuk kemudahan konfirmasi, jangan lupa setiap melakukan top up saldo, selalu simpan slip transfernya.
Bagaimana cara melakukan transaksi penjualan di Kioson? Caranya sangat mudah dan praktis. Secara umum, kalau kita menelisik aplikasi Kioson, cara melakukan transaksi penjualan di Kioson ini dapat dibedakan menjadi dua sesuai jenis produknya.

Pertama, transaksi pembayaran untuk jenis produk barang. Caranya adalah dengan masuk melalui menu Belanja. Selanjutnya, pelanggan memilih jenis barang yang akan dibeli. Setelah pelanggan cocok dengan barang yang akan dibelinya, kemudian Tambahkan ke Keranjang. Nah, untuk proses pembayarannya adalah melalui ikon Keranjang yang ada di bagian atas menu Belanja.
Kedua, transaksi pembayaran untuk jenis selain barang seperti pulsa, token listrik, tagihan PDAM dan lain sebagainya. Caranya adalah langsung masuk melalui menu-menu tersebut. Kemudian melakukan proses transaksi yang akan dilakukan. Sebagai contoh, ketika ada pelanggan saya yang akan membeli token listrik, maka langsung saja masuk ke menu PLN. Pilih Voucher PLN Pra Bayar, masukkan ID Meter Pelanggan dan No. HP, kemudian Kirimkan. Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat di gambar berikut ini ya?
Gimana, cukup mudahkan? Oh ya, untuk informasi lebih lengkap tentang Kioson, Anda bisa mengunjungi website resminya di kioson.com. Atau hubungi Layanan Online Kioson E-Tailer (LOKET) di:
  • 0818 0721 8383 (XL)
  • 0857 7625 8383 (Indosat)
  • 0899 983 8383 (Three)
  • 0812 9556 8383 (Telkomsel)
Untuk melihat video tutorial berbagai transaksi, silakan mengunjungi dan subscribe Channel Youtube Kioson. Jangan lupa juga untuk like akun Fanspage Facebook @kiosonindonesia, follow Twitter @kioson_etailer serta Instagram @kioson_etailer untuk mendapatkan informasi terupdate tentang Kioson.
Kioson sebagai jembatan kesenjangan digital UMKM, sudah membuktikan komitmennya untuk melakukan digitalisasi masyarakat, terutama bagi mereka yang hidup di daerah-daerah lapis dua di Indonesia (Rural Society). Hadirnya aplikasi Kioson yang user friendly, yakni mudah dipelajari dan dioperasikan, menjadikan siapapun bisa memiliki kios online. Tak pandang apapun latar belakang pendidikan dan di manapun tempat tinggalnya. Bahkan, dengan membawa smartphone yang sudah terinstall aplikasi Kioson, berdagang pun bisa dilakukan di mana saja, tidak terbatas di toko atau kios semata.

Akhirnya, kini para pemilik UMKM yang tersebar di desa-desa pun bisa ikut merasakan dampak mengasyikkan dari digital ekonomi yang sebenarnya telah lama terjadi di Indonesia. Dengan berbagai keunggulan Kioson serta keuntungan yang diberikan kepada E-Tailernya, maka tak ada alasan bagi kita untuk tidak bergabung menjadi E-Tailer Kioson. Bergabung dengan Kioson, berarti ikut serta dalam upaya menjembatani kesenjangan digital.  Yuk, gabung sekarang juga dengan mendownload aplikasi Kioson di:
Selanjutnya, lakukan top up serta transaksi di Kioson, dan rasakan sensasi hujan badai rejekinya!

***
* Referensi:
http://kioson.com/
https://www.youtube.com/channel/UC8KQCu0rdnkVMcFhoOZv8Uw
**Tulisan ini diikutsertakan dalam Kioson Blog Competition



Anda baru saja membaca Kioson Sebagai Jembatan Kesenjangan Digital UMKM . Jika bermanfaat, silakan bagikan artikel ini. Dan jangan lupa, tinggalkan jejak Anda di kolom komentar. Terimakasih.

8 komentar:

  1. Good luck mas, pasti menang ini, lengkap banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin,semoga sukses deh. Bagus tulisanya, progressnya semakin maju saja

      Delete
    2. Aamiin.. makasih kunjungan dan do'anya mbak Mei..
      Masih selalu belajar mas Amir.. Kata motivasi, mereka yang bergerak yang akan selalu menuai sukses.. hehee

      Delete
  2. Wa animasinya keren banget Kang... Sukses deh !....
    Dapet lagi deh nih mah nominasinya!...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah gak ada apa-apanya kalau dibanding punya Mas Adhi.. Ajarin buat info grafis dong, Mas.. Itu susah gak sih?
      Aamiin, sukses juga ya? Makasih kunjungannya..

      Delete
  3. Terbaikkk.... lengkap banget mas :D , saya sepertinya nggak ada apa apanya deh :D , kalau kompetitornya seperti ini, saya tidak berharap yang muluk- mulk deh mas :D

    eh iya mas, saya mau tanya, itu cara buat gambar gif , sama desain gambarnya via apa ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kunjungannya.. setiap tulisan ada keunggulan dan kekurangan masing-masing mas.. itu pake editor online, disempurnakan dengan photoscape, mas..

      Delete