Sunday, July 24, 2016

Kategori: ,

Ethica, Fashion Muslim untuk Keluarga yang Mencerahkan

Kita tentu sepakat ya, bahwa Islam adalah agama yang indah dan sempurna. Dan ketika kita memilih Islam sebagai sebuah jalan hidup, itu berarti kita harus berkomitmen menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup yang mengatur seluruh segi kehidupan, sejak bangun tidur sampai beranjak tidur kembali. Tak terkecuali juga dengan cara berpakaian atau berbusana.
Nah, berbicara tentang busana, Allah SWT. berfirman dalam QS. Al-A'raf (7):26 yang artinya: Wahai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan pada kalian pakaian untuk menutupi aurat kalian, dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian taqwa, itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah agar mereka ingat.”

Dari ayat tersebut, Allah SWT. memberi penjelasan kepada kita bahwa fungsi pakaian atau busana setidaknya ada dua. Pertama, pakaian atau busana berfungsi sebagai penutup aurat. Fungsi menutup aurat inilah yang merupakan fungsi utama dalam berpakaian atau berbusana. Dan yang kedua, pakaian atau busana berfungsi sebagai perhiasan.

Dari fungsi pertama tersebut, yaitu pakaian atau busana sebagai penutup aurat, yang kemudian diperjelas oleh Rasulullah SAW dalam hadits-haditsnya, maka didapati sebuah pemahaman bahwa kriteria busana bagi laki-laki muslim adalah: menutup aurat dan tidak terbuat dari emas atau sutera. Adapun kriteria busana bagi wanita muslimah adalah: menutup aurat, tidak transparan atau tembus pandang, serta tidak ketat dalam artian menunjukkan bentuk dan lekuk tubuhnya.
Bagaimana dengan fungsi pakaian atau busana sebagai keindahan? Berbicara tentang keindahan berbusana tidak terlepas dari warna, motif dan model. Terkait dengan model, Islam tidak memberi batasan dalam persoalan model pakaian, sepanjang fungsi utamanya yaitu menutup aurat tetap terpenuhi. Namun, satu hal yang harus kita garis bawah dari hadits Nabi SAW, bahwa bagi kaum pria dilarang menyerupai model busana wanita, begitu-pula sebaliknya.

Selanjutnya, kalau kita mau mengkaji hadits-hadits Nabi, akan kita temui bahwa Rasulullah SAW. sendiri menggunakan busana dengan berbagai macam model dan warna, sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits dari Al-Bara' Ra., ia berkata: "Adalah Nabi SAW. berperawakan sedang, dan sungguh aku pernah melihat Beliau mengenakan "Hullah" berwarna merah, dan aku tidak pernah melihat seorang pun yang lebih indah dan pantas dalam mengenakan hullah dari Beliau"(HR. Bukhari Juz VII hal. 197)

Hadits tersebut menyebutkan model atau bentuk busana yaitu ‘Hullah’ dan warna merah. Al-Imam Muhammad bin Abu Bakar bin 'Abdul-Qadir Ar-Razi menjelaskan ‘Hullah’ sebagai “model pakaian berupa kain sarung dan baju luar (seperti 'aba-ah atau jubah, jaket dll). Tidak bisa disebut Hullah melainkan busana yang terdiri dari dua kain tersebut". (Mukhtarush-Shihah hal. 151).
Tak bisa dipungkiri, manusia dengan segala peradabannya memang memiliki naluri untuk mengembangkan apapun yang ada di sekitarnya, termasuk dalam perkembangan model pakaian. Didasari oleh kewajiban untuk mengenakan pakaian tertutup bagi muslim dan muslimah, membuat perkembangan busana muslim terus mengalami perubahan seiring dengan bergantinya waktu, pengaruh etnik dan budaya suatu daerah.

Di Indonesia sendiri, geliat trend busana muslim semakin berkembang dari tahun ke tahun. Bahkan tersiar kabar bahwa Indonesia merupakan kiblat fashion bagi para pemakai baju muslim di dunia. Hebat kan? Hal tersebut tentu dikarenakan Indonesia memiliki desainer-desainer berbakat yang selalu mengembangkan hasil karyanya. Dengan kreativitas yang mereka miliki, mereka menciptakan berbagai model busana muslim yang modern sesuai dengan perkembangan jaman.
Kini pemakaian busana muslim bukan hanya sebagai kewajiban menjalankan syariah agama saja. Akan tetapi sebagaimana fungsi pakaian sebagai keindahan, para desainer menjadikan trend fashion muslim yang bisa menunjang penampilan pemakainya. Bahkan trend fashion tersebut bukan hanya terjadi di kalangan hijabers atau kaum muda saja, akan tetapi juga menarik perhatian para kalangan dewasa yang sudah berkeluarga. Sebagai buktinya yaitu dengan hadirnya berbagai model baju keluarga, seperti baju sarimbit suami istri plus anak.

Perkembangan trend fashion muslim tersebut tentu berdampak pada beberapa produsen busana muslim, baik yang berskala besar maupun produksi rumahan. Mereka selalu menginovasi produknya dengan berbagai mode baru agar mampu memperluas pangsa pasar, serta meningkatkan minat konsumen. Semakin hari, semakin muncul brand-brand baru busana muslim. Salah satunya adalah Ethica Fashion.
Pernah mendengar tentang Ethica (baca: Etika) Fashion n Friends kan? Ya, Ethica Fashion n Friends adalah sebuah brand pakaian yang mengusung ‘Spiritualitas Islam yang Mencerahkan’ melalui kekuatan warna, variasi motif, design simple, dan matching yang terdiri atas paduan kain kaos terpilih dan kain katun berkualitas.

Ethica ini merupakan re-brand dari Salsakids (2007), dan Salsa Clothing (2010) yang disempurnakan lebih matang, kuat, unik dan mempunyai karakter tersendiri. Koleksi pakaian muslimnya pun bisa dibilang cukup lengkap.
Untuk pakaian anak, Ethica memadukan kreatifitas design dan kekuatan warna kain dari bahan kaos katun, yang tentunya akan menjadikan anak-anak semakin percaya diri dalam beraktifitas keseharian. Model busana anak yang ditawarkan Ethica meliputi: OSK, ORK, RSK, Mylia Kids, dan setelan Koko Anak.
Sedangkan pakaian untuk remaja, Ethica menggabungkan gaya fashion matching, simple, cerah dan casual. Sehingga meskipun tampil syar’i, para remaja bisa tetap modis dan selalu merasa percaya diri dengan penampilannya. 
Untuk remaja, Ethica menyediakan berbagai koleksi dengan berbagai model dan warna yang mencerahkan, di antaranya: ST, GCT, GST, Arlisa, Mylia, Gamis, Kagumi, dan Koko Remaja.
Selain itu, Ethica juga menawarkan Hafa (Happy Family) series, yaitu produk sarimbit yang terdiri dari Kagumi, KR, ORK, dan K. Dengan mengikuti trend fashion muslim yang ekslusif, Hafa Series ini sangat cocok menemani hari-hari special untuk keluarga.
Hafa Series ini tersedia dalam lebih dari 20 pilihan model dan warna cerah yang tentu akan membuat penampilan keluarga kita menjadi sangat istimewa. Dan satu hal yang paling penting, Ethica tidak melupakan aspek fungsi utama pakaian, yaitu sebagai penutup aurat.
Untuk melihat koleksi fashion muslim lainnya, dengan berbagai model dan warnanya yang mencerahkan, kita dapat mengunjungi website resminya di ethicafashion.com. Bagaimana, Anda tertarik bukan? Pastinya ya? 

Nah, jika tertarik dengan produk-produk fashion muslim dari Ethica, kita dapat mengunjungi outlet-outlet Ethica yang tersebar di berbagai daerah. Kita juga dapat memesan produk-produk Ethica melalui Fanspage Ethica, Twitter Ethica, Instagram Ethica, ataupun Call Center dan Contact Ethica022 5209390, 081802283288, dan 081394091884. Selain itu, kita juga bisa menghubungi SMS Center Ethica: 089694277100, PIN BB: 76B9C615, dan Email: customer@ethicafashion.com, serta marketing@ethicafashion.com.

Oh ya, jika Anda tertarik bergabung sebagai agen Ethica, Ethica juga menawarkan kerjasama keagenan dengan sistem keagenan berjenjang mulai dari Agen Silver, Agen Gold, Agen Platinum, hingga Agen Manager. Untuk menjadi agen Ethica, kita cukup melakukan deposit uang dengan nilai tertentu dan menjalankan target transaksi tahunan sesuai dengan jenjang masing-masing agen.

Finally, hanya Ethica, fashion muslim untuk keluarga yang berkomitmen untuk mewujudkan ‘Spiritualitas Islam yang Mencerahkan’..


#HAppyFAmilyByEthica

***
*Referensi tulisan dan gambar:
- Al-Qur'an dan Terjemahannya
- Shahih Bukhari
Mukhtarush-Shihah
http://ethicafashion.com/
**Tulisan ini diikutsertakan dalam Ethica Blogging Competition

Anda baru saja membaca Ethica, Fashion Muslim untuk Keluarga yang Mencerahkan . Jika bermanfaat, silakan bagikan artikel ini. Dan jangan lupa, tinggalkan jejak Anda di kolom komentar. Terimakasih.

4 komentar:

  1. Ternyata makna Ethica itu bersal dri Etika ya. Suka bnget dengan filosofi dri Brand Pakaian ini. Warna pakaiannya juga cerah ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mbak Rohmah, dan yang lebih membuat saya sangat suka, Ethica itu meskipun banyak model dengan warna cerahnya, Ethica tidak melupakan fungsi utama pakaian sebagai penutup aurat. Itulah yang membuat Ethica layak diberi predikat Fashion Muslim untuk Keluarga yang Mencerahkan.. Makasih kunjungannya ya...

      Delete
  2. Jadi kepengen punya baju keluarga Ethical nih, warna dan modelnya menarik ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mencerahkan dan tak melupakan fungsi pakaian sebagai penutup aurat.. makasih kunjungannya ya? Monggo dipesan..

      Delete