Kategori: ,

Keunggulan Menggunakan Top Domain Level .net/ .com untuk Aktivitas Ngeblog Sehari-hari

Berapa ya kira-kira jumlah blog di seluruh dunia saat ini? Tiba-tiba saja muncul pertanyaan yang agak nyleneh di benak saya. Tetapi, karena penasaran, saya pun mencoba untuk mencari informasi ke sana ke mari. Dan akhirnya saya menemukan jawabannya dari sebuah survey yang dilakukan oleh Netcraft, perusahaan penyedia layanan Internet yang berbasis di Bath, Inggris.

Dikutip dari netcraft.com dalam Netcraft Web Server Survey yang dilakukannya, didapati bahwa pada tahun 2010 silam, jumlah blog di dunia sebanyak 206.956.723. Angka tersebut naik menjadi 697.089.489 di tahun 2012. Kemudian melonjak tajam menjadi 968.882.453 pada tahun 2014 silam. Mungkin di tahun 2016 ini sudah lebih dari satu milyar ya? Berapapun angka pastinya, jumlah yang luar biasa tentunya. Iya kan?
Memang, tak bisa dipungkiri, saat ini aktivitas ngeblog merupakan sebuah fenomena yang terjadi di berbagai belahan dunia. Tak terkecuali di Indonesia. Mungkin, pada awalnya aktivitas ngeblog ini memang hanya dilakukan oleh orang-orang tertentu saja, yakni mereka yang biasa bergelut di dunia teknologi informasi dan aktif berselancar di dunia maya. Namun sekarang, ngeblog telah masuk ke semua kalangan.

Mempunyai blog dan ngeblog seolah telah menjadi sebuah kebutuhan sehingga kini aktivitas itu dilakukan oleh siapa saja. Tak hanya praktisi IT, pelajar, mahasiswa, dosen, peneliti, ngeblog juga dilakukan oleh orang biasa. Temanya pun bermacam-macam. Ada yang santai dan ringan tapi mencerahkan. Ada juga yang serius dan sarat dengan ilmu yang memberikan tambahan pengetahuan bagi pembacanya. Sehingga tidak berlebihan jika banyak pengamat yang memprediksi bahwa masa depan internet berada pada blog.
Oh ya, berbicara tentang aktivitas ngeblog, sebenarnya apa sih tujuan Anda ngeblog? Saya kira, meskipun aktivitasnya sama, yakni buat entri baru kemudian dipublikasikan, tapi tujuannya pasti berbeda-beda antara blogger yang satu dengan yang lainnya. Bener nggak? Ada yang sekedar iseng, ajang curhat, menyalurkan hobby, ingin berbagi, mendapatkan teman, belajar menulis, dan lain sebagainya. Ada juga yang ngeblog tujuannya untuk promosi dan sarana mendapatkan penghasilan.
Nah, meskipun tujuannya berbeda-beda, tapi saya yakin keinginan para blogger itu sebenarnya cuma satu, yaitu bagaimana caranya agar blognya dikunjungi dan dibaca oleh orang lain. Iya nggak? Sementara kita tahu, bahwa jumlah blog itu sedemikian banyaknya.

Lantas, bagaimana caranya agar blog kita mudah ditemukan oleh mesin pencari? Caranya adalah dengan menjadikan blog kita berbeda dengan yang lainnya, yaitu dengan memperkuat personal branding blog kita. Dan salah satu strateginya adalah dengan menggunakan Top Level Domain (TLD) dotnet ataupun dotcom.

Dengan Top Level Domain .net/.com, blog kita akan tampak berbeda dengan lainnya, sehingga memungkinkan lebih banyak dikunjungi dan dibaca oleh orang lain. Tak hanya itu, kalau kita tahu, keunggulan Top Level Domain .net/ .com ini banyak sekali bagi keberadaan blog kita. Apa saja?
Pertama, dengan Top Level Domain .net/.com, URL atau alamat blog mudah diingat. Satu contoh saja, mudah diingat yang mana kira-kira antara www.kangmasroer.com atau www.kangmasroer.blablablabla.com? Lebih mudah diingat URL yang pertama kan? Tentu, karena URL-nya lebih pendek tanpa embel-embel domain tertentu sebagaimana blog gratisan.

Kedua, dengan Top Level Domain .net/.com, kita akan terlihat lebih profesional. Hasilnya, blog kita tentu akan lebih dipercaya oleh pengunjung. Faktor ini sangatlah penting dalam dunia bisnis. Jadi, jika tujuan kita ngeblog adalah sebagai sarana promosi bisnis, maka salah satu syarat wajibnya adalah dengan menggunakan Top Level Domain .net/.com.

Ketiga, dengan Top Level Domain .net/.com, kita akan terlihat lebih serius. Bagaimana tidak, menggunakan Top Level Domain .net/ .com kan berbayar? Karena berbayar sudah pasti akan menunjukkan bahwa antusias kita dalam ngeblog lebih serius jika dibanding dengan domain gratisan. Dengan itu, maka secara otomatis pengunjung pun akan menyukai blog kita. Alasannya, karena mereka percaya bahwa kita akan memberikan konten yang terbaik untuk dibaca. 

Keempat, dengan Top Level Domain .net/.com, blog kita akan menjadi mudah untuk optimasi SEO. Artikel-artikel blog dengan Top Level Domain .net/.com akan mempunyai potensi yang lebih besar untuk mengalahkan jenis artikel yang sama yang dibuat oleh blog dengan sub domain gratis. Ini terjadi karena blog dengan Top Level Domain .net/.com memang mampu bersaing untuk menempati posisi teratas di mesin pencari.

Kelima, dengan Top Level Domain .net/.com, blog kita akan lebih mudah dimonetisasi dengan berbagai iklan. Tak bisa dipungkiri, untuk memonetisasi blog dengan berbagai iklan, beberapa pihak pengiklan terkadang mengharuskan sebuah blog telah memakai Top Level Domain .net/ .com. Meskipun tidak semua pengiklan menerapkan kebijakan tersebut. 

Keenam, dengan Top Level Domain .net/.com, kita akan memiliki reputasi di dunia blogosphere. Seseorang yang memiliki Top Level Domain .net/ .com akan lebih dihargai jika dibandingkan dengan blog yang menggunakan subdomain. Hal itu tentu akan memudahkan kita untuk mendapatkan tawaran kerjasama dari perusahaan ataupun agen untuk membuat content placement, job review dan kerjasama lainnya. 

Ketujuh, dengan Top Level Domain .net/.com, blog kita akan terlihat lebih keren dan bergengsi. Tentu ini bisa dipahami, karena menggunakan Top Level Domain .net/ com itu berbayar, sehingga sedikit banyak akan memiliki gengsi tersendiri jika dibanding blog dengan sub domain gratis. Lebih dari itu, blog kita akan terlihat keren seperti website resminya perusahaan-perusahaan besar di dunia. Benar-benar keren kan?

Saya sendiri menggunakan Top Level Domain .com untuk blog saya www.kangmasroer.com ini sejak awal tahun 2016 kemarin. Selain karena keunggulan-keunggulan tersebut di atas, alasan saya memilih untuk menggunakan Top Level Domain .com setidaknya juga karena dua hal.
Pertama, .com adalah Top Level Domain terpopuler di dunia. Terbukti dari data VeriSign, Inc, penyedia nama domain dan keamanan internet, didapat data bahwa pengguna .com hingga 30 Juni 2016 mencapai 127,5 juta nama.

Kedua, harga Top Level Domain .com (termasuk .net) relatif terjangkau. Sebagai buktinya, mari kita cek di DotComForMe, sebuah situs yang dikelola oleh TRAM Digital Works yang sedang mengkampanyekan .com sebagai domain blog, baik untuk kepentingan pribadi, maupun kepentingan komersil. Ketika saya mencoba mengecek harga domain untuk proses custom domain blog saya dari menggapairidho-nya.blogspot.co.id menjadi www.menggapairidhonya.com, ternyata harganya cuma Rp.100.000,- pertahun. Itu artinya hanya Rp.8.333,33 per bulan, atau Rp.277,77 per harinya. Bayangkan, sangat terjangkau sekali kan?
Kalau boleh cerita, sejujurnya ada rasa menyesal setelah saya melakukan custom domain ke Top Level Domain .com selama hampir setahun ini. Akan tetapi bukan menyesal karena Top Level Domain .com tidak berdampak positif pada blog saya. Sebaliknya, saya merasakan manfaat yang luar biasa dari Top Level Domain .com bagi aktivitas ngeblog saya. Dan yang membuat saya menyesal, kenapa saya baru melakukannya di awal tahun ini. Padahal, sebenarnya saya mulai ngeblog sudah sejak tahun 2010 silam.

Nah, berbicara tentang manfaat Top Level Domain .com dalam aktivitas ngeblog saya sehari-hari itu sangatlah banyak. Namun, di antara sekian banyak tersebut, setidaknya ada tiga hal besar yang selama ini sangat saya rasakan.
Pertama, jumlah pengunjung yang naik secara signifikan. Meski tak bisa dipungkiri, pada awal melakukan custom domain ke Top Level Domain .com sempat mengalami penurunan. Namun, secara perlahan dan pasti, pengunjung blog saya dari bulan ke bulan mengalami peningkatan yang lumayan pesat sampai dengan sekarang.

Kedua, dengan Top Level Domain .com, saya juga berhasil mendapatkan pengakuan sebagai mitra Google yang berhak menayangkan iklan Google Adsense di blog. Senang? Ya, iyalah. Rasanya seperti ketika kita mengungkapkan rasa cinta pada gadis pujaan kemudian gayung bersambut gitu. Secara, seperti kita ketahui bersama, banyak sekali kan para blogger yang sudah mengungkapkan rasa cintanya kepada Mbah Google dengan mengajukan permintaan menayangkan iklannya? Namun, karena suatu hal kemudian ditolak mentah-mentah. (Tetap semangat ya, Kakak.. semua akan indah pada waktunya.. *emoticon smile*)

Dan ketiga, jika dibanding dengan sebelum melakukan migrasi ke Top Level Domain .com, saat ini saya lebih mendapatkan kemudahan untuk mendapatkan tambahan penghasilan. Entah itu dari lomba blog yang berhasil saya menangkan, ataupun hasil dari Google Adsense. Dan yang terbaru adalah dari perusahaan atau agen yang menawarkan job review ataupun content placement. Memang, dengan Top Level Domain .com, blog kita akan lebih diperhitungkan oleh pihak-pihak yang akan menawarkan kerjasama dengan para blogger.

Nah, itulah pengalaman saya menggunakan  Top Level Domain .com untuk aktivitas ngeblog sehari-hari. Terlihat sangat mengasyikkan bukan? Jadi, melihat keunggulan menggunakan Top Domain Level .net/ .com, masihkah Anda akan mempertahankan sub domain gratis? Tentu tidak ya? Makanya, yuk segera custom domain blog ke Top Level Domain .com. Kemudian kita dukung kampanye DotComForMe, agar semua netizen menyadari pentingnya Top Level Domain .net/ .com di era digital ini!

Oh ya, untuk mendapatkan Top Level Domain .net/ .com dengan harga yang murah, silakan kunjungi langsung situs resmi dotcomforme di www.dotcomforme.com. Untuk update promo dan informasi lainnya silakan, like fanspage Facebook @dotcomforme, dan follow Twitter @dotcomformeSebagai penutup, sebuah kata bijak versi blogger, "Ilmu itu liar seperti keledai, maka ikatlah dengan mempostingnya di blog!" So, selamat ngeblog ya?


#DotComForBlogging
***

*Tulisan ini diikutsertakan dalam #DotComForBlogging Blog Competition

Anda baru saja membaca Keunggulan Menggunakan Top Domain Level .net/ .com untuk Aktivitas Ngeblog Sehari-hari . Jika bermanfaat, silakan bagikan artikel ini. Dan jangan lupa, tinggalkan jejak Anda di kolom komentar. Terimakasih.

20 komentar:

  1. mantap om, ente memang total kalau nulis. ajarin saya dong :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 masih belajar Mas. Makasih kunjungannya ya?

      Delete
  2. Replies
    1. Iya mas, yuk buruan blog-blog lainnya yang masih bersub domain, dimigrasikan.. hehehe

      Delete
  3. Emang lbh enak nembak SEO pakai domain. Byk untungnya pakai TDL tu

    ReplyDelete
  4. Iya, benar. Lebih mudah dioptimasi seo.. Trims kunjungannya.

    ReplyDelete
  5. Sayaa pengen banget nih kang pindah pakai TLD, tp masih bingung kalau misal pindah TLD artikel lama ttp bisa diakses nggak ya meskipun domainnya ganti gtu?

    ReplyDelete
  6. Masih bisa mbak, kan sistemnya hanya redirect saja. kangmasroer.com ini juga blog lama saya,dulu namanya paisman1prambananklaten.blogspot.com . Kalo ada orang yg membuka blog itu, otomatis akan masuk ke blog ini. Gitu mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh begitu.. .makasih banyaak kang, bismillah pindah TLD. Mumpung domain namaku masih available 😁

      Delete
    2. Iya, insyaallah nggak akan menyesal mbak.. menyesalnya mungkin karena terlambat saja hehee.. selamat mencustom domain blog ya?

      Delete
  7. tulisannya keren.. setuju banget kalau blog TLD itu emang banyak untungnya, terutama sebagai tambahan penghasilan :)
    saya doakan semoga tulisan ini menang, amiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih mbak Baiq.. Mbak Baiq sudah merasakan duluan bagaimana TLD dotcom itu bisa menambah penghasilan.. dulu awalnya juga mikir. Ini kalau nggak menghasilkan seolah rugi karena harus perpanjang.. ternyata setelah pake TLD dotcom, baru merasakan untungnya hehee..

      Delete
  8. Banyak banget ya, Mas manfaatnya. Dari sekedar hobi menulis bisa menghasilkan juga. Apalagi kalo sudah pake TLD nih!^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, bener banget mbak.. kegemaran jadi pemasukan.. lumayan banget kan mbak?

      Delete
  9. Mantap mas animasinya, jadi lebih mengerti tentang penjelasan yang diberi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah, lagi belajar ini, Mas.. makasih ya?

      Delete
  10. Kalau udah tau banyak sekali keunggulan menggunakan top level domain seperti ini (Terutama .net/.com), Saya yakin sebentar lagi para blogger akan banyak yg upgrade domainnya jadi domain berbayar.

    Terlebih lagi, memilih nama domain tidaklah sesulit memilih hosting yang memang benar-benar harus selektif...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas.. Ini rencananya saya juga sebentar lagi mau custom domain TLD lagi buat blog yang satunya, Mas..

      Delete
  11. hobi yang mengasikan blogging, terlebih juga pake TLD makin kece :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget Mas.. makin keren dan makin menghasilkan.. Aamiin. Makasih Mas..

      Delete