Kategori: , , ,

Menggapai Impian Bersama ShopBack

“Kalau mimpi, jangan tinggi-tinggi! Nanti kalau jatuh, sakitnya tiada terkira loh..”
Pernah nggak mendengar orang bilang demikian? Pastinya pernah ya? Memang, kalimat sederhana yang sering membuat kita down itu tak jarang diucapkan oleh orang-orang yang ada di sekitar kita. Akibatnya, banyak sekali di antara kita yang tidak berani bermimpi karena takut kalau jatuh akan terasa sakit. Padahal, sebenarnya tidak ada salahnya loh memiliki mimpi setinggi mungkin. Asalkan, kita bisa mengubahnya menjadi sebuah impian yang diikuti komitmen kuat untuk menggapainya. 

Percayalah, saat kita punya komitmen yang kuat, jatuh dari impian yang setinggi apapun, rasanya hanya seperti tersandung batu kerikil. Sakitnya cuma sesaat. Jadi, jangan sampai kita hidup tetapi tidak memiliki impian ya, karena impian merupakan awal dari kesuksesan seseorang. Impian apa saja, termasuk impian untuk memiliki barang-barang tertentu.
Berbicara tentang barang impian, sebagai manusia normal, saya pun memiliki banyak keinginan untuk memiliki berbagai barang. Barang-barang tersebut memang sudah menjadi barang impian saya di beberapa toko online sejak lama. Bahkan sampai-sampai seperti lagunya Arafiq, “siang kunantikan dan malam aku impikan..” (lebay mode on). Nah, penasaran kan dengan barang-barang impian saya? Ini dia…
Barang impian pertama saya adalah printer. Ya, saya memang sudah memendam rasa untuk memiliki barang ini sejak dulu kala. Bagaimana tidak, sejak sewindu yang lalu, saat saya mulai bekerja sampai zaman semodern ini, saya belum pernah menyanding makhluk yang namanya printer di rumah. Padahal, sebenarnya saya sangat membutuhkan kehadirannya di rumah untuk memenuhi kebutuhan yang berhubungan dengan pekerjaan. Mulai dari ngeprint RPP, soal-soal, daftar nilai, hingga dokumen-dokumen lainnya.
“Lah, terus kalau nggak punya printer, selama ini ngeprint itu semua di mana, Mas?”
Selama ini saya memanfaatkan printer yang ada di kantor. Tapi tahu sendiri lah, bagaimana keadaan di kantor. Jumlah pemakainya lebih dari 50 orang, sedangkan printernya cuma tiga. Itupun yang dua rusak dan satunya hampir rusak. Jadi bisa dibayangkan, kalau mau ngeprint harus antri dulu seperti antri sembako di pasar murah! Kadang, karena terdesak deadline, dengan sangat terpaksa saya ngeprint di warnet depan kantor. Nah, atas dasar itulah, saya pun bertekad untuk dapat segera menyunting makhluk ini sebagai salah satu teman hidup di rumah.
Oh ya, printer yang menjadi gebetan saya saat ini adalah Printer Canon Pixma MP287. Printer ini merupakan printer multifungsi. Ia tak hanya bisa mencetak atau ngeprint saja, tapi juga bisa memindai (scan) dan mengcopy dokumen tulisan ataupun gambar menggunakan teknologi flatbed yang dimilikinya. Tak hanya itu, printer ini juga dibekali fitur Easy WebPrint EX yang bisa mencetak dokumen tulisan dan foto langsung dari website ataupun blog. Keren kan?
“Wah, hebat sekali, Mas. Mahar untuk meminangnya berapa? Pasti mahal ya?”
Sebenarnya nggak juga sihCanon Pixma MP287 ini adalah printer kelas atas tapi harganya ekonomis. Beberapa hari yang lalu saya cek di Lazada (https://www.shopback.co.id/lazada) harganya hanya Rp. 980.000,-. Sangat terjangkau kan? Memang. Tetapi masalahnya, setiap mau meminang barang yang satu ini, selalu aja ada kebutuhan lain yang harus diprioritaskan. Jadinya, sampai detik ini Canon Pixma MP287 pun masih setia menjadi wist list semata.
Selanjutnya adalah kamera digital. Barang ini menjadi impian kedua saya sejak kurang lebih setahun yang lalu, saat saya aktif kembali dalam rutinitas ngeblog. Ya, sudah barang tentu dalam sebuah posting blog memang dibutuhkan foto-foto sebagai penjelas sebuah tulisan kan?

Nah, selama ini, untuk mendapatkan foto sebagai unsur penunjang tulisan, saya memanfaatkan kamera HP yang saya punya. Sudah bisa ditebak gimana hasilnya kan? Hasilnya jelas kalau dalam suasana yang cukup pencahayaan saja. Eh tidak, kalau dalam tempat yang minim cahaya, hasilnya juga tetep manis kok, sampai-sampai seperti ada semut-semutnya gitu. Saking buramnya, hehehe..

Lantas, kamera digital seperti apa yang saya impikan? Hmm, karena saya tidak menyandang gelar fotografer profesional, maka saya hanya menginginkan kamera digital yang harganya terjangkau tapi kualitasnya cukup memukau.
“Emang ada ya, Mas?”
Ada, yaitu Kamera Digital Sony Cyber Shot DSC-WX300. Di Es.id by Electronic Solutions (https://www.shopback.co.id/electronic-solution), harga kamera ini hanya Rp. 999.000,-. Secara khusus, saya menyukai kamera pocket ini karena ukurannya yang mungil. Dengan ukuran body sekitar 96.0 mm x 54.9 mm x 25.7 mm dan bobot hanya 164 gram, membuat kamera ini benar-benar terlihat begitu slim dan elegan serta ringan dibawa kemana saja untuk menemani tugas mulia seorang blogger seperti saya.

Bentuknya yang mungil bukan berarti kualitasnya juga mungilnya ya? Faktanya, kamera keren ini memiliki kemampuan optical zoom hingga 20x serta dibekali dengan sensor Exmor R CMOS beresolusi 18.2 MP! Tak hanya itu, kamera yang juga mempunyai fitur built-in WIFI ini, ternyata juga dilengkapi fitur Optical SteadyShot dengan Active Mode yang berfungsi sebagai image stabilization yang akan memastikan kualitas gambar prima di setiap jepretan dalam berbagai kondisi. Dengan kamera ini, saya tak akan lagi merasa khawatir ketinggalan untuk mengabadikan momen berharga dengan kualitas gambarnya yang jernih dan tajam. Mantab nggak tuh?
Barang impian yang ketiga adalah oven. Oven ini memang salah satu wist list yang juga saya idam-idamkan dapat menjadi penghuni rumah saya. Tetapi bukan untuk saya. Melainkan untuk penghuni rumah yang setia menemani hidup saya selama ini. Siapa coba? Siapa lagi kalau bukan istri tersayang? Ya, saya memang memiliki harapan untuk bisa membelikan istri sebuah oven yang bisa digunakan untuk membuat roti yang manis. Semanis pembuatnya..
Dan tau nggak, ternyata oven yang diinginkan istri saya adalah Electrolux Oven Toaster EOT-4805K. Katanya, oven ini adalah alat yang tepat untuk membuat berbagai jenis makanan, seperti ayam panggang, roti, pizza ataupun kue. Selain dibekali dengan tombol temperatur kontrol dengan suhu maksimum 250°C, oven ini juga dilengkapi dengan pengatur waktu otomatis, yang tentu akan menjadikan aktivitas memasak akan jadi lebih mudah.

Sepertinya ibunya anak-anak ini memang pintar, tau aja barang bagus. Dan yang membuat lebih pintar lagi, adalah saat saya bertanya tentang harganya. Ia menjelaskan bahwa harga aslinya di Bhinneka (https://www.shopback.co.id/bhinneka) adalah Rp. 1.020.000,-. Tetapi, karena sedang ada diskon 9% jadinya hanya Rp. 919.000,-. Yah, memang wanita itu pintar banget kalau urusan berburu diskon ya?
Okey, itulah tiga barang impian saya saat ini. Sebenarnya masih banyak sih barang impian yang lain. Tapi biar lebih fokus untuk dapat menggapainya, saya tuliskan tiga saja dulu. Ketiganya sengaja saya tulis dengan harapan agar segera dapat tercapai. Sebagaimana banyak motivator yang bilang, “Tulis impianmu, maka dia akan mengejarmu!” Besuk kalau ketiganya sudah terwujud, akan saya tuliskan juga barang-barang impian yang lain.
Oh ya, untuk mewujudkan impian memiliki ketiga barang tersebut, saat ini kami (saya dan istri) selalu menyisihkan uang untuk ditabung setiap bulannya. Sedikit demi sedikit sih, tapi lama-lama kan jadi bukit? Besuk kalau memang sudah terkumpul, tinggal membelanjakannya di ketiga toko online tersebut.

Nah, berbicara tentang belanja online, saya punya satu tips agar belanja online yang kita lakukan jadi semakin hemat. Ya, caranya tak lain adalah dengan berbelanja melalui ShopBack. Sudah kenal dengan ShopBack kan? Harus kenal! Sekarang sudah tahun 2017, zaman di mana belanja online sudah menjadi gaya hidup kita semua gitu loh! Iya kan? Tapi, kalau emang di antara kalian ada yang belum tau, bolehlah saya kenalkan.
ShopBack adalah situs yang akan mencarikan dan menawarkan diskon menarik dari ratusan toko online, sekaligus memberikan cashback kepada kita. Jadi, ketika kita berbelanja online melalui ShopBack di toko online yang menjadi partner ShopBack, maka ShopBack akan mengembalikan sebagian uang yang kita bayar dalam bentuk cashback.

Sebagai contoh, jika saya membeli ketiga barang impian saya sebagaimana di atas, maka saya harus membayar sejumlah Rp. 2.898.000,-. Nah, jika saya belanjanya melalui ShopBack maka saya akan mendapatkan pengembalian uang sebesar Rp.118.115,-. Jumlah cashback tersebut didapat dengan rincian 4% dari produk elektronik Lazada, 1% dari transaksi kategori gadget dan aksesoris di Es.id by Electronic Solution, dan 7,5% dari transaksi perkakas rumah tangga di Bhinneka. Besarnya cashback ini bervariasi mulai 1% hingga ratusan ribu rupiah sesuai dengan ketentuan toko online, kategori barang, ataupun besarnya transaksi. Lumayan banget kan?
Saya sendiri mengenal ShopBack memang belum lama. Sehingga, meskipun sudah berkali-kali belanja online, baru akhir-akhir ini saja saya belanja barang menggunakan ShopBack. Salah satunya, yaitu ketika membelikan sepeda roda tiga buat anak saya beberapa waktu yang lalu. Nah, secara garis besar, langkah-langkah yang harus kita lakukan untuk mendapatkan cashback adalah sebagai berikut:

Pertama, buka situs ShopBack di https://www.shopback.co.id atau juga melalui aplikasi ShopBack yang sudah terinstall di smartphone kita. Agar kita bisa mengakses dengan mudah kapan saja dan di mana saja, saran saya sih lebih baik kita menginstall aplikasinya di smartphone. Buka Play Store bagi pengguna android atau App Store bagi pengguna IOs. Cari ShopBack, kemudian pasang.
Setelah terinstall ataupun masuk di situsnya, lakukan pendaftaran dengan email ataupun akun Facebook yang kita miliki. Setelah terdaftar, lakukan verifikasi email, kemudian log in. Selanjutnya, kita akan diarahkan ke beranda ShopBack. Oh ya, sebelum memulai belanja, jangan lupa untuk memperbarui informasi di profil kita agar bisa mendapatkan ekstra bonus Rp. 20.000,-. 
Kedua, buka dan pilih daftar toko online yang menjadi partner ShopBack. Klik link toko online tempat kita akan membeli barang. Setelah itu, maka secara otomatis kita akan dialihkan ke situs toko online tersebut.
Langkah selanjutnya, lakukan belanja seperti biasa di situs toko online yang kita pilih. Mulailah dengan mencari barang, cek detail barang, melakukan pembelian hingga ke pembayaran.
Dan ketiga, buka menu Rincian Cashback pada situs ataupun aplikasi ShopBack, maka setelah durasi waktu tertentu kita akan mendapati cashback yang masuk secara otomatis di akun ShopBack dengan status 'Tertunda'. Status 'Tertunda' tersebut akan berubah menjadi 'Bisa diklaim' dalam durasi waktu tertentu. Adapun lamanya, berbeda-beda antara toko online yang satu dengan yang lain. Dan jika statusnya sudah berubah, maka kita dapat meminta pembayaran, dengan ketentuan setelah cashbacknya terkumpul minimal Rp. 50.000,-. 
Nah, itulah langkah-langkah untuk mendapatkan cashback dari belanja online yang kita lakukan dengan ShopBack. Sangat mudah dan menguntungkan kan? Jujur saja, saya agak menyesal juga sih kenapa nggak dari dulu mengenal ShopBack. Kalau dari dulu kan cashbacknya sudah cukup untuk membeli salah satu dari tiga barang impian saya? Hehee…

Tapi ya sudahlah, yang lalu biarlah berlalu. Dari pada menyesali yang sudah terjadi, lebih baik kita menatap masa depan yang penuh dengan impian. Iya, impian untuk memiliki barang idaman. Mulai sekarang, setiap belanja online, saya akan melakukannya bersama ShopBack biar lebih hemat. Oh ya, kalian juga pasti punya barang impian kan? Mau tiap belanja barang impian dikasih cashback? Yuk, kita ShopBackin aja bareng-bareng!

***
*Tulisan ini diikutsertakan dalam Kontes Blog "Kamu Meminta, ShopBack Kabulkan"


Anda baru saja membaca Menggapai Impian Bersama ShopBack . Jika bermanfaat, silakan bagikan artikel ini. Dan jangan lupa, tinggalkan jejak Anda di kolom komentar. Terimakasih.

15 komentar:

  1. Mantap kali kang. Saya juga ikutan nih,good luck buat kita semua ya... Aaamiiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tulisan Mas Hendra juga nggak akalah mantab!! Aamiin.. Makasih Mas..

      Delete
  2. Ahaaaay
    Semoga barang impian kita sama-sama dikabulkan oleh Shopback dan Tuhan yang Maha Kuasa ya kaaaang ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. Makasih kak Ros. Kak Ros punya impian apa ya? Nanti aku intip ah..

      Delete
    2. eciyeeee... kita sama-sama dapet kang >.<

      Delete
    3. Iya, alhamdu lillah.. Selamat ya Kakroos..

      Delete
  3. Semoga tercapai y kang impiannya :) gudluck

    ReplyDelete
  4. mantabs, selamat ya jadi salah satu pemenang. tulisannya emang sangat oke dan layak buat jdi juara, sukses terus mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mbak Baiq.. Masih selalu belajar menulis kok.. Mbak Baiq tak kalah mantab.. Sukses juga..

      Delete
  5. Alhamdulillah ya kang, rezeki dari Allah melalui lomba blog. Kita sama-sama menang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas Hendra, alhamdu lillah.. Sukses terus Mas..

      Delete
  6. selamat yaa kang masRoer. menang/
    https://www.shopback.co.id/blog/post/pengumuman-pemenang-kontes-blog-shopback

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdu lillah, makasih Bah.. Selamat juga, nama Al Fatih juga ada loh..

      Delete
  7. Selamat ya kang,
    aku lagi merhatiin nih biar bisa menangin writing competition dari ruparupa.com

    ReplyDelete