Kategori:

Pengertian & Hukum Zakat Profesi MatahariMall

Agama Islam memiliki rukun Islam yang terdiri dari 5 rukun yang harus dilaksanakan oleh setiap muslim. Dengan melaksanakan rukun Islam, seorang muslim dikatakan sebagai muslim yang menjalankan perintah Allah SWT. Namun jika tidak melaksanakan rukun Islam maka seorang muslim bisa dikatakan tidak melaksanakan perintah-Nya.

Apa saja 5 rukun Islam yang harus dijalankan muslim? Berikut penjelasannya.
1. Membaca 2 Kalimat Syahadat
2. Melaksanakan Sholat
3. Membayar Zakat
4. Berpuasa di Bulan Suci Romadhon
5. Pergi Haji (Jika Mampu)

Dari kelima rukun diatas, ada 1 rukun yang harus dijalankan oleh orang yang beragam Islam yaitu membayar zakat setiap tahun. Zakat itu banyak macamnya mulai dari zakat fitrah, zakat mal, dan zakat profesi. Untuk zakat profesi, anda yang sudah bekerja atau memiliki profesi harus membayar zakat profesi. Zakat profesi berarti membayarkan sebahagian hartanya dari hasil uang yang didapatkan dari gaji, komisi, atau bayaran dari pekerjaan atau juga profesi. Apa saja pekerjaan atau profesi yang harus dibayarkan zakatnya seperti berikut ini:

1. Profesi sebagai dokter yang masuk kategori medical profession
2. Profesi sebagai teknisi atau insinyur yang masuk kategori engineering profession
3. Profesi sebagai pengajar, dosen, tenaga pendidik, atau guru yang masuk kategori teaching profession
4. Profesi konsultan, wartawan, dan profesi lainnya.

Jumlah yang harus dibayarkan untuk zakat profesi ini adalah jumlah penghasilan dalam periode tertentu dikali dengan 2,5%. Misalkan anda adalah karyawan yang bekerja di perusahaan swasta yang berlokasi di Jakarta. Gaji yang didapatkan selama sebulan oleh anda sebesar 5 juta rupiah, jadi seperti ini hitungannya:

Gaji sebesar Rp. 3.000.000,- perbulan dengan zakat Profesi 2,5% sehingga Zakat yang harus dibayarkan adalah Rp. 3.000.000,- x 2,5% sebesar Rp. 75.000,- perbulan. Jika ingin dibayarkan pertahun adalah (Rp. 3.000.000 x 12) x 2,5% sebesar Rp. 900.000,- pertahun. Dan untuk proses pembayarannya, anda bisa datang ke BAZIS atau mengunjungi zakat profesi MatahariMall yang membantu anda untuk membayar zakat profesi dengan cepat dan mudah ke Badan Amil Zakat Nasional.

Anda baru saja membaca Pengertian & Hukum Zakat Profesi MatahariMall . Jika bermanfaat, silakan bagikan artikel ini. Dan jangan lupa, tinggalkan jejak Anda di kolom komentar. Terimakasih.

2 komentar:

  1. Sedikit paham nih aku, jadi tahu. Nambah ilmu lagi dari kang Masroer nih :)
    Hatur nuhun kang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mas.. Semoga bermanfaat :)

      Delete