Kategori: ,

7 Cara Mudah Pemesanan Kereta Api Online

Tak terasa, Ramadhan tinggal menghitung hari, dan Idul Fitri pun terasa semakin dekat saja. Pasti di antara Anda banyak yang akan memesan kereta api untuk acara mudik lebaran. Iya kan? Secara, lebaran adalah salah satu momen terspesial dalam setiap tahun. Sehingga bagi sebagian masyarakat, mudik lebaran menjadi hal wajib yang harus dilakukan.

Tak bisa dipungkiri, hingga saat ini kereta api merupakan transportasi favorit semua orang untuk perjalanan mudik ke luar kota.  Bagaimana tidak, jika dibandingkan dengan bus, kereta api memang lebih nyaman dan tergolong aman, ditambah tak ada macet dan full AC meskipun kelas ekonomi biasa. Jika dibandingkan dengan pesawat terbang, tentu saja harga tiket kereta api lebih terjangkau.

Apalagi saat ini, PT. KAI sebagai pihak yang mengelola transportasi darat berupa kereta api di Indonesia sudah mulai memperbaiki fasilitas yang dirasa kurang baik, dan menambah fasilitas yang belum ada sebelumnya. Salah satunya adalah memberikan kemudahan bagi calon penumpang untuk membeli tiket mudik kereta lebaran secara online

Nah, untuk Anda yang ingin memesan tiket mudik kereta lebaran secara online, namun masih belum mengetahui bagaimana caranya, simak saja penjelasan berikut ini ya?

  1. Bukalah website resmi untuk pemesanan tiket mudik kereta lebaran, yakni melalui link https://tiket.kereta-api.co.id/. Setelah website terbuka, silakan memilih stasiun asal dan stasiun yang menjadi tujuan Anda. Kemudian isikan data keberangkatan Anda beserta jumlah penumpang yang ikut dalam tujuan mudik Anda.
  2. Setelah selesai, klik tulisan “tampilkan”. Selanjutnya akan muncul  beberapa pilihan jenis kereta api yang masih tersedia, harga tiket, jam keberangkatan kereta, jam kedatangan kereta api, dan status tiket mudik kereta lebaran pada saat itu (sedang habis atau masih tersedia).
  3. Langkah selanjutnya, pilihlah salah satu jenis tiket mudik kereta lebaran yang sudah ditampilkan, kemudian klik “booking”. Maka di website akan muncul informasi reservasi tiket kereta api. Baca dengan seksaama semua informasi yang sudah terpampang pada website, setujui semua aturannya, lalu klik “lanjutkan”.
  4. Kemudian, Anda diminta untuk mengisi identitas penumpang sesuai dengan kartu identitas calon penumpang. Data yang Anda masukkan harus sesuai dengan kartu identitas yang Anda miliki ya? Setelah selesai, klik “lanjutkan”.
  5. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengonfirmasi tipe pembayaran dan memilih nomor tempat duduk. Jika Anda ingin mengganti posisi tempat duduk, silakan klik “pindah”, lalu pilih gerbong dan tempat duduk yang masih kosong.
  6. Proses pemesanan tiket mudik kereta lebaran Anda secara online telah selesai. Anda diberi waktu 3 jam untuk membayar sesuai dengan kode pembayaran yang telah didapat.
  7. Ketika Anda melakukan pembayaran, otomatis Anda akan menerima email resmi dari PT. KAI. Di dalam email tersebut termuat kode booking yang berguna untuk mencetak tiket di hari H ketika keberangkatan mudik.
Nah, itulah 7 cara mudah untuk memesan tiket mudik kereta lebaran secara online. Agar tak ketinggalan kereta, jangan lupa untuk datang ke stasiun minimal 30 menit sebelum jadwal keberangkatan kereta api Anda. Semoga rencana mudiknya sukses dan menyenangkan ya?

Anda baru saja membaca 7 Cara Mudah Pemesanan Kereta Api Online . Jika bermanfaat, silakan bagikan artikel ini. Dan jangan lupa, tinggalkan jejak Anda di kolom komentar. Terimakasih.

8 komentar:

  1. Mantab, khusus yang pengen mudik lebaran nanti, wajib baca nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas,buat persiapan yang mau mudik dengan kereta tanpa ribet..

      Delete
  2. tips mantap mas, untuk para pemudik agar tidak mengantri dan bisa lebih santai bisa memesan secara online tentunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, Mas. Sekarang ini zaman digital, apa-apa bisa didapatkan dengan online, sehingga tidak perlu mengantri..

      Delete
  3. oke banget nih mas, sekarang udah jamannya digital jadi semua urusan tiket bepergian jadi lebih mudah dan gak ngantri lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Mas.. hidup di zaman modern memang segalnya dimudahkan oleh teknologi ya?

      Delete
  4. Sip banget nih, Mas. Cocok banget dibaca bagi yang mau mudik lebaran nanti. Makin kesini mah makin mudah, termasuk beli tiket kereta api dengan cara online. Begitu juga bagi yang tidak tau caranya, sudah ada di media online. Salah satunya di blog kang Masroer ini :)

    ReplyDelete
  5. Waaah.. keren ya. Tapi apa belum ada aplikasi mobile nya gitu ya untuk memesan tiket kereta api ini?

    ReplyDelete