Gaji Pas-pasan Bisa Naik Haji? Simak Caranya di Sini! - KangMasroer.Com

Gaji Pas-pasan Bisa Naik Haji? Simak Caranya di Sini!

Gaji Pas-pasan Bisa Naik Haji? Simak Caranya di Sini!(Image source: Pexels)

Di zaman serba maju seperti sekarang, cara investasi Reksadana terasa semakin mudah dan praktis. Hal ini seharusnya menjadi pemicu semangat bagi Anda untuk mulai berinvestasi. Apalagi jika sekarang Anda sedang berniat untuk naik haji dan ingin mempersiapkan kebutuhan dananya secara matang. 

Menjalankan ibadah haji menjadi impian bagi banyak orang. Namun memang dibutuhkan biaya yang tidak sedikit jika ingin menjalankan ibadah tersebut. Mereka yang memiliki gaji pas-pasan biasanya merasa insecure tidak bisa menjangkau ibadah haji. Padahal jika dipersiapkan dengan benar, orang yang bergaji pas-pasan sekalipun bisa mencapai impian untuk naik haji. 

Tips Atur Gaji Pas-pasan untuk Naik Haji

Bisakah gaji pas-pasan diatur sedemikian rupa agar cukup untuk naik haji? Jawabannya, tentu saja bisa! Anda bisa mengelola gaji tersebut dengan sebaik mungkin sehingga ada alokasi yang bisa dimanfaatkan untuk pergi haji. Berikut adalah beberapa tips mengatur gaji pas-pasan agar dapat dipakai untuk pergi haji:

• Pelajari Rincian Biaya Haji

Pertama-tama, Anda bisa mempelajari rincian biaya ibadah haji terlebih dahulu. Jika tidak tahu berapa besar biaya yang harus dipersiapkan maka bagaimana bisa Anda mengelola gaji tersebut secara optimal. Jadi hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari informasi sebanyak mungkin mengenai rincian biaya haji yang berlaku saat ini. 

Dapatkan informasi yang update mengenai rincian biaya haji. Di sini Anda bisa mendapatkan gambaran, berapa banyak uang yang harus dipersiapkan dan berapa lama waktu yang tersedia untuk mempersiapkannya. Apalagi ibadah haji memakan biaya yang cukup besar, jadi tidak ada salahnya untuk mencari informasi rincian biayanya terlebih dahulu. 

• Gunakan Tabungan Khusus

Sangat disarankan untuk memakai tabungan khusus dalam persiapan ibadah haji ini. Biaya yang dibutuhkan untuk menjalankan ibadah haji tidaklah murah. Anda memang harus menabung sedikit demi sedikit apalagi jika gaji Anda terhitung pas-pasan. Supaya menabung lebih efektif maka Anda bisa membuka akun tabungan khusus. 

Sebenarnya saat ini ada banyak bank yang menawarkan program tabungan khusus untuk ibadah haji. Namun Anda bisa saja membuatnya sendiri tanpa perlu memakai program tabungan haji secara spesifik. Pastikan saja akun rekening tabungannya berbeda sehingga Anda tahu kalau tabungan tersebut khusus untuk persiapan dana haji. 

• Alokasikan Dana Cadangan

Jangan lupa, penting sekali untuk membuat alokasi dana cadangan. Saat berangkat haji nanti, Anda harus punya dana lebih atau dana cadangan. Dana ini di luar bujet yang dipakai untuk membiayai ibadah haji itu sendiri. Dana cadangan ini bisa dikatakan sebagai dana untuk antisipasi jika ada kebutuhan-kebutuhan lain yang perlu dipenuhi. 

Selama menjalankan ibadah haji, sebenarnya ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Banyak jenis aspek yang perlu dimasukkan dalam rencana bujet Anda. Jika sudah ada alokasi dana cadangan maka hal ini tidak akan menjadi masalah dan Anda benar-benar siap untuk mencukupinya. 

Lakukan Investasi Reksadana bersama digibank by DBS(Image source: Pexels)

• Tekan Pengeluaran

Usahakan untuk meminimalkan pengeluaran selama persiapan ibadah haji. Perlu diingat lagi kalau ibadah haji memakan biaya yang tidak sedikit. Anda perlu mempersiapkan biaya yang besar jika ingin mencapai impian untuk berhaji. Jika sudah ada kesadaran ini maka Anda pasti tidak akan kesulitan untuk menekan pengeluaran agar impian tersebut tercapai. 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan demi menekan pengeluaran. Misalnya dengan menerapkan gaya hidup minimalis agar bisa lebih berhemat. Anda juga bisa memangkas anggaran yang sebenarnya tidak terlalu penting. Batasi juga pemakaian pinjaman supaya Anda bisa menabung lebih banyak. Kontrol keinginan Anda agar tidak mudah tergoda mengikuti tren yang terjadi di masyarakat. 

• Lakukan Investasi

Strategi berikutnya yang bisa Anda lakukan demi mewujudkan impian berhaji adalah investasi. Investasi bisa menjadi salah satu langkah tepat untuk dilakukan jika Anda punya target finansial tertentu. Misalnya saja Anda ingin menjalankan ibadah haji dan hanya bisa terwujud jika Anda punya biaya yang memadai. Jadi langsung saja lakukan investasi di instrumen yang tepat. 

Reksadana bisa jadi pilihan instrumen yang tepat untuk Anda manfaatkan. Tentunya besar kecil profit yang didapat sangat dipengaruhi oleh jenis produk Reksadana yang Anda pilih. Perhitungkan baik-baik, berapa lama jangka waktu investasi agar tahu produk Reksadana apa yang bagus untuk diinvestasikan. Lakukan juga analisis agar tidak salah pilih Reksadana. 

Lakukan Investasi Reksadana bersama digibank by DBS

Anda bisa mempersiapkan dana berhaji mulai dari sekarang lewat investasi Reksadana. Cara investasi Reksadana saat ini semakin mudah dan praktis karena bisa diakses melalui Aplikasi digibank by DBS. Berikut ini beberapa kelebihan yang bisa Anda nikmati dari layanan aplikasi investasi tersebut:

  • Investasi bisa dimulai dengan modal ringan mulai dari Rp100 ribu.
  • Pembelian Reksadana berkala lebih mudah dan fleksibel. 
  • Ada 3 kelompok Reksadana yaitu Reksadana kinerja terbaik, terpopuler, dan scoring terbaik. 
  • Tersedia lebih dari 50 produk Reksadana.
  • Daftar SID (Single Investor Identification) sekaligus transaksi jual, beli, dan switch Reksadana bisa mudah dilakukan lewat satu aplikasi. 

Anda bisa mendapatkan manfaat investasi Reksadana secara optimal melalui aplikasi ini. Investasi jadi lebih mudah untuk dilakukan dan bisa dipantau secara fleksibel. Anda bisa memulainya dari sekarang sebagai bentuk persiapan dana untuk menjalankan ibadah haji di masa depan. 

Cara investasi Reksadana pakai Aplikasi digibank by DBS benar-benar mudah dan praktis. Tidak ada lagi alasan bagi Anda untuk menunda investasi karena merasa ribet dan susah. Langsung saja klik di sini untuk informasi lebih lengkap dan mulai langkah investasi Anda sekarang juga!


0 Tanggapan untuk "Gaji Pas-pasan Bisa Naik Haji? Simak Caranya di Sini!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel