Kebiasaan Boros Selama Ramadhan, Hindari agar Keuangan Sehat! - KangMasroer.Com

Kebiasaan Boros Selama Ramadhan, Hindari agar Keuangan Sehat!

Kebiasaan Boros Selama Ramadhan, Hindari agar Keuangan Sehat!
(Image source: https://unsplash.com/photos/N_Y88TWmGwA) 

Banyak orang beranggapan bahwa di bulan Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk berhemat. Namun faktanya justru ada beberapa kebiasaan di bulan Ramadhan yang menyebabkan seseorang menjadi lebih boros. Misalnya sering ikut buka bersama di luar, belanja baru baru berlebihan, hingga kondisi naiknya kebutuhan bahan pokok. 

Untuk menghindari masalah tersebut, Anda perlu mengatur keuangan secara bijak. Untuk memudahkan pengelolaan keuangan, Anda bisa membuka tabungan online. Dengan adanya tabungan online, Anda bisa menyimpan uang dengan aman dan memantaunya secara mudah. 

Saat ini membuka tabungan online bisa Anda lakukan secara mudah. Tabungan online akan memudahkan Anda dalam mengelola dan mengontrol keuangan. Dengan cara ini, Anda bisa menghindari pengeluaran-pengeluaran yang bikin keuangan membengkak. Lantas apa saja sih kebiasaan yang bikin boros saat Ramadhan. 

Kebiasaan yang Bikin Boros di Bulan Ramadhan

Sejatinya dalam bulan puasa bisa membuat pengeluaran Anda semakin minim. Karena saat berpuasa, Anda tidak lagi mengeluarkan uang untuk makan, minum, atau membeli cemilan seharian. Sayangnya, tidak sedikit orang yang justru boros atau mengeluarkan banyak uang saat Ramadhan. 

Berikut kebiasaan boros selama bulan Ramadhan yang bikin kantong Anda jebol:

1. Terlalu Sering Buka Puasa Bersama 

Bulan puasa biasanya menjadi momen untuk agenda bukber atau buka bersama, baik bersama kolega kerja, teman SD, SMP, SMA, kuliah, teman tongkrongan, dan lainnya. Kegiatan ini biasanya untuk menjalin silaturahmi khususnya yang sudah lama tidak bertemu atau sembari membahas pekerjaan. Dengan banyaknya undangan untuk buka bersama ini bisa membuat Anda lebih boros. Kenapa kira-kira?

Jadi, umumnya bukber di adakan di kafe-kafe atau restoran ternama. Minimal Anda harus mengeluarkan biaya makan, minum, dan lainnya kurang lebih Rp. 50 ribu. Bayangkan, jika Anda terlalu sering ikut bukber, belum lagi Anda harus mengeluarkan uang lagi untuk sahurnya, bukan?. Alangkah baiknya jika bukber sewajarnya saja, misalnya seminggu sekali. Tapi, semisal acara bukbernya gratis itu lebih baik untuk menghemat pengeluaran.

Kebiasaan yang Bikin Boros di Bulan Ramadhan
(Image source: https://www.freepik.com/free-photo/eid-al-fitr-concept-with-top-view-tea_2075135.htm)

2. Beli Takjil Berlebihan

Penyebab boros selanjutnya adalah terlalu banyak membeli jajaran ringan atau biasa yang disebut dengan takjil. Bagi masyarakat Indonesia, rasanya belum lengkap jika buka puasa belum ada menu takjil. Sehingga, saat puasa seharian hasrat untuk membeli takjil terkadang membuat kalap sehingga membeli dalam jumlah yang sangat banyak.

Sedangkan saat sudah buka puasa, tidak sedikit makanan yang akhirnya tidak termakan karena kekenyangan. Daripada mubazir, alangkah baiknya Anda memperhatikan kebiasaan ini dengan beli takjil secukupnya saja, yang terpenting Anda bisa membatalkan puasa lebih awal.

3. Kalap Diskon Lebaran

Pada bulan Ramadhan terutama saat mendekati lebaran, biasanya menjadi momen istimewa bagi para penjual untuk memberikan berbagai penawaran diskon. Mulai dari diskon pakaian, barang-barang elektronik, sepatu hingga makanan. 

Bagi Anda yang hobi banget belanja, alangka baiknya Anda memperhatikan penyebab boros satu ini. Jangan sampai Anda terhasut dan akhirnya membuat kalap belanja banyak. Untuk menghindarinya, kurangi main-main ke pusat perbelanjaan biar tidak tergiur dengan diskon yang membuat Anda ketagihan. 

4. Berlebihan Beli Baju Lebaran

Saat momen lebaran, di Indonesia sangat identik dengan memakai baju baru. Setiap menjelang lebaran pasti banyak sekali yang berbondong-bondong ke pusat perbelanjaan untuk membeli baju-baju yang lagi trendi. 

Memang tidak masalah kalau hanya membeli satu atau dua baju saja agar terlihat fashionable saat bertemu keluarga besar atau teman. Oleh karena itu, hal yang perlu Anda perhatian adalah saat belanja di pusat perbelanjaan, jangan sampai Anda kalap dan terlalu berlebihan membeli baju untuk lebaran.

Tips Mengatur Keuangan di Bulan Ramadhan

Agar selama bulan Ramadhan kondisi finansial Anda tetap sehat dan terpenting tidak membuat lebih boros, Anda perlu mengatur pengeluaran dan pemasukan. Berikut cara ampuh dalam mengatur keuangan selama bulan puasa.

1. Rencanakan Pengeluaran Sejak Awal

Saat sudah mendekati bulan Ramadhan, Anda harus mempersiapkan rencana keuangan. Terutama membuat prioritas pengeluaran. Dengan memiliki rencana keuangan yang baik dan tidak tercampur, anda akan lebih mudah dalam mengalokasikan uang ke beberapa pos pengeluaran seperti untuk ikut buka puasa bersama, belanja bulanan, THR untuk saudara hingga anggaran untuk mudik.

2. Atur Jadwal Buka Bersama

Sebenarnya menghadiri acara buka bersama dan kegiatan lainnya di bulan puasa tidak salah. Tetapi, jika Anda terlalu sering sedangkan kondisi keuangan tidak mendung tentu akan menjadikan beban finansial Anda boros. Oleh karena itu, Anda perlu menentukan prioritas jadwal buka puasa bersama seperti dengan keluarga dan saudara terdekat. 

3. Pahami Situasi Diri dan Kebutuhan

Cara selanjutnya yang perlu Anda terapkan adalah memahami kondisi keuangan dan membedakan antara keinginan dengan kebutuhan. Misalnya membeli makanan atau minum untuk berbuka puasa, alih-alih memberi self reward karena sudah puasa seharian, namun malah kalam membeli bergaram menu buka puasa.

4. Menggunakan Aplikasi untuk Mengatur Keuangan

Tips menghemat terakhir yang bisa Anda lakukan adalah memanfaatkan aplikasi keuangan. Oleh karena itu, Anda perlu memiliki tabungan online. Dengan adanya tabungan online, Anda bisa mengelola keuangan secara mudah, serta memantau segala aktivitas baik pemasukan hingga pengeluaran. Selain itu, adanya fitur-fitur dalam aplikasi keuangan akan mempermudah Anda dalam membuat perencanaan keuangan.

Itulah tips yang bisa Anda terapkan selama bulan Ramadhan agar lebih hemat dan membuat finansial lebih sehat. Bicara soal aplikasi keuangan, ada rekomendasi lembaga atau bank yang sangat cocok bagi Anda dalam mengatur keuangan untuk menabung online. 

Menggunakan PermataME untuk Mengelola Keuangan

Salah satu rekening atau tabungan online yang cocok digunakan di era digital adalah PermataME. Tabungan online ini akan membantu kebutuhan Anda menabung dan mengelola keuangan, Dengan memanfaatkan tabungan ini, Anda bisa menjaga keuangan tetap aman selama bulan Ramadhan. 

PermataME adalah tabungan online dari PermataBank. Pembuatan rekening PermataME bisa dilakukan secara online menggunakan aplikasi mobile banking PermataMobile X yang bisa diunduh di Play Store dan App Store. Tabungan online ini dihadirkan untuk memudahkan nasabah dalam mengelola dan mengontrol keuangan di era digital.

Sejumlah keunggulan tabungan online PermataME, di antaranya bebas biaya admin tanpa syarat apa pun, mendapat bonus saldo di awal, bebas biaya tarik tunai di ATM dan Indomaret, banyak cashback dan diskon merchant, dan gratis transfer ke bank lain tanpa syarat.

Bagaimana cara memiliki tabungan ini? Informasi lebih lengkap mengenai tabungan online PermataME bisa Anda baca di laman berikut https://www.permatabank.com/id/tabungan-retail/permatame



0 Tanggapan untuk " Kebiasaan Boros Selama Ramadhan, Hindari agar Keuangan Sehat!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel