6 Langkah Simulasi Kredit Mobil Bekas dan Cara Menghitungnya - KangMasroer.Com

6 Langkah Simulasi Kredit Mobil Bekas dan Cara Menghitungnya

6 Langkah Simulasi Kredit Mobil Bekas dan Cara Menghitungnya
(Image source: pixabay)

Ketika membeli mobil, kamu akan dihadapkan pada dua pilihan pembayaran, yaitu tunai dan kredit. Pembayaran secara kredit ternyata tidak hanya berlaku untuk mobil baru, tapi bisa juga untuk mobil bekas pakai. Bagaimanakah simulasi kredit mobil bekas?

Pada prinsipnya sama saja, yaitu kamu harus menentukan mobil yang ingin dibeli dulu untuk mengetahui harganya. Kalau sudah, kamu bisa mensimulasikan kreditnya dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara Simulasi Kredit Mobil

1. Tentukan Uang Muka

Kalau harga mobil sudah diketahui, sekarang tentukan berapa biaya uang mukanya. Umumnya, uang muka tidak kurang dari 30% harga mobil. Misalnya harga mobil Rp300 juta, maka uang muka yang disarankan ada di angka Rp90 jutaan.

2 Hitung Jumlah Pokok Kredit

Kemudian hitung jumlah pokok kredit, yaitu harga awal mobil dikurangi dengan uang muka. Masih dengan contoh yang sama, mobil harga Rp300 juta dan uang muka Rp90 juta, maka jumlah pokok kreditnya adalah Rp210 juta.

3. Hitung Bunga Kredit

Pembayaran menggunakan kredit pasti memberlakukan bunga. Contohnya bunga yang berlaku adalah 6% dengan suku bunga flat. Kemudian tenor atau jangka waktu pembayaran yang kamu pilih adalah 3 tahun.

Maka total bunga kredit yang mesti kamu bayar adalah 3 x 6% x Rp210 juta = Rp37,8 juta. Bunga ini tidak dibayarkan sekaligus, tapi bersamaan dengan cicilan setiap bulannya.

4. Hitung Nominal Cicilan

Di sini kamu sudah mengetahui jumlah pokok dan bunga kredit. Selanjutnya adalah menghitung besarnya cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya. Karena memilih tenor 3 tahun, artinya ada 36 bulan cicilan.

Perhitungannya menjadi seperti ini Rp210 juta + Rp37,8 juta : 36 bulan = Rp6.883.333

Berdasarkan simulasi ini, bisa disimpulkan bahwa kamu harus membayar cicilan sebanyak Rp6,83 juta setiap bulannya selama 3 tahun penuh untuk melunasinya.

5. Tambahkan Asuransi dan Biaya Lainnya

Selain biaya-biaya wajib yang telah dijelaskan di atas, umumnya kredit mobil bekas juga berlaku biaya asuransi dan administrasi. Asuransi untuk tenor 3 tahun biasanya ada di angka 9,5% dari total harga mobil. 

Mengambil dari contoh mobil harga Rp400 juta, maka asuransi yang harus dibayarkan adalah Rp38 juta. Lalu untuk administrasinya umumnya Rp1 juta atau kurang. Asuransi dan administrasi ini harus dibayarkan di awal, sehingga total biaya awal yang diperlukan adalah:

Rp100 juta (DP) + Rp6,83 juta (cicilan pertama) + Rp39 juta (biaya lainnya) = Rp145,83 juta.

Simulasi Kredit Mobil Bekas Lebih Mudah

Langkah-langkah simulasi kredit mobil yang sudah dijelaskan sebelumnya memang cukup rumit. Kalau ingin lebih mudah dalam melakukan simulasi kredit, sebaiknya manfaatkan platform mobbi atau yang dulu dikenal dengan mo88i.

Platform jual beli mobil bekas ini tidak hanya menyediakan beraneka macam mobil second berkualitas, tapi ada juga kalkulator simulasi kredit yang akan membantu kamu menghitung biaya cicilan per bulan. Kalau sudah sesuai dengan kondisi keuangan, kredit bisa langsung diajukan.


0 Tanggapan untuk " 6 Langkah Simulasi Kredit Mobil Bekas dan Cara Menghitungnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel