Ingin Membangun Studio Musik? Manfaatkan Pinjaman Tanpa Agunan - KangMasroer.Com

Ingin Membangun Studio Musik? Manfaatkan Pinjaman Tanpa Agunan

Ingin Membangun Studio Musik? Manfaatkan Pinjaman Tanpa Agunan
(Image source: https://www.freepik.com/free-photo/music-equipment-home-studio_13455257.htm)

Memiliki hobi bermain musik pastinya makin asyik kalau memiliki studio musik sendiri. Terlebih bagi Anda yang ingin membangun studio musik profesional untuk penggunaan pribadi atau persewaan umum. Dengan adanya studio musik profesional, Anda bisa berlatih musik sepuasnya tanpa harus membayar uang sewa. Sehingga, Anda bisa meningkatkan performa bermain musik bersama grup yang Anda miliki. 

Memiliki studio di rumah pastinya menjadi kebanggan tersendiri bagi Anda yang hobi bermain musik. Sekali pun biaya membantun studio di rumah mencapai puluhan hingga ratusan juta, tapi Anda bisa menggunakannya sewaktu-waktu. Selain digunakan sendiri, Anda bisa menyewakan studio musik untuk teman-teman yang suka berlatih musik. 

Masalahnya, banyak orang merasa kesulitan membangun studio musik karena terbatasnya biaya. Padahal, Anda bisa memanfaatkan pinjaman tanpa agunan untuk membangun studio musik sendiri. Nantinya, Anda hanya perlu menyiapkan desain studio musik dan merencanakan biaya yang Anda butuhkan saja. Bagaimana, Anda tertarik membangun studio musik? 

Tips Membuat Studio Musik

Membangun studio musik impian bukan tidak mungkin kalau Anda tahu taktiknya. Setelah mengajukan pinjaman tanpa agunan dari bank, Anda bisa segera merencanakan konsep studio dengan matang. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

1. Siapkan Ruang Kosong

Salah satu langkah membuat studio musik adalah menentukan ruang kosong yang ada di rumah. Pastikan, Anda menyesuaikan ukuran studio dengan kebutuhan yang akan Anda gunakan. Misal, Anda membutuhkan ruang musik untuk memainkan lima jenis alat musik, berarti Anda membutuhkan ruang kosong yang cukup luas. 

Pertimbangkan juga lokasi ruangan yang akan Anda gunakan sebagai ruang musik. Karena ruangan berada di rumah, jangan sampai keberadaannya justru mengganggu ketenangan di rumah. Supaya tetap aman, Anda bisa memilih ruangan yang berada paling jauh dari tempat beraktivitas keluarga. Misal, ruangan yang ada di paling pojok atau belakang rumah.

Perlu Anda ketahui, ukuran ruang sebuah studio idealnya membutuhkan lahan sekitar 4x5 meter. Kalau Anda ingin membuat studio rekaman sekaligus, Anda bisa menambahkan ruang sebesar 3x4 meter.

2. Membuat Ruangan Menjadi Kedap Suara

Kalau ingin ruangan tetap tenang, Anda bisa menggunakan dinding peredam suara di dalam studio. Caranya dengan memanfaatkan material kedap suara di dalam studio. Misalnya, karpet, busa telur, gipsum, rockwool, hingga kain polister. Biasanya, kebanyakan orang akan menggunakan material polyethylene terephthalate (PET) untuk menyerap dan mengedapkan suara sekaligus. 

Tips Membuat Studio Musik
(Image source: https://www.freepik.com/free-photo/talented-person-producing-music_13455211.htm)

3. Tentukan Desain atau Konsep Studio

Bagian paling penting saat membuat ruang studio sendiri adalah menentukan desain atau konsep studio yang Anda inginkan. Misalnya, melengkapi ruang studio dengan sofa-sofa minimalis untuk menambah kenyaman Anda. Selain itu, siapkan juga meja dan bangku-bangku kecil untuk melengkapi studio.

Untuk mempercantik ruangan, Anda perlu memperhatikan warna furniture dengan warna studio. Misal, bagi Anda yang ingin mengusung studio tema vintage, Anda bisa memilih furniture yang terbuat dari bahan kayu. Berikutnya, Anda bisa memadukan warna-warna coklat, krem, dan putih agar suasana vintage makin terasa. 

4. Pemeliharaan Alat Musik

Kalau ruang studio musik sudah lengkap sekaligus dengan material kedap suara, Anda tinggal menata interior di dalamnya saja. Salah satunya dengan meletakkan instrumen musik di tempat yang tepat. 

Untuk memasang gitar, Anda bisa menggantungkan di tempat yang aman dan bebas lembab. Untuk merawat piano dan drum pastikan Anda tidak meletakkan barang berat di atasnya. Berikutnya, Anda bisa membersihkan alat musik dengan rutin agar terbebas dari debu dan karat.

Estimasi Biaya Membeli Alat Musik

Setelah mengetahui langkah-langkah membangun studio musik sendiri di rumah, Anda bisa mencari tahu estimasi biaya yang Anda butuhkan. Tak ada salahnya Anda membandingkan harga antar toko untuk mendapat harga yang bersaing. Nah, berikut beberapa perkiraan biaya yang bisa Anda jadikan pertimbangan saat pergi ke toko musik.

  • Gitar 2: Rp3.000.000
  • Keyboard: Rp3.500.000
  • Drum: Rp6.000.000
  • Bass: Rp2.000.000
  • Mix dan kabel: Rp3000.000
  • Mixer: Rp5.000.000

Dengan rancangan biaya tersebut, Anda dapat menganalisa berapa bujet yang akan Anda butuhkan untuk melengkapi studio musik. Meski tidak murah, Anda bisa mengajukan pinjaman tanpa agunan untuk membeli peralatan musik Anda. Sehingga, Anda dapat berlatih dengan nyaman dan tenang. 

Pinjaman KTA untuk Membangun Studio Musik

Setelah mengetahui tips membangun studio, kini tak perlu bingung lagi apa saja yang perlu Anda siapkan. Soal biaya Anda tak perlu bingung, karena Anda bisa menggunakan pinjaman KTA untuk membeli alat musik maupun peralatan studio. 

Supaya makin untung, Anda bisa memilih pinjaman KTA cepat cair dari PermataKTA yang merupakan layanan pinjaman tanpa agunan yang disediakan oleh PermataBank. Layanan KTA ini menyediakan dana pinjaman yang besar mencapai Rp300 juta, sehingga sangat cocok untuk kebutuhan membangun studio musik impianmu.

Anda akan menikmati banyak keuntungan lainnya ketika menggunakan PermataKTA. Selain pinjaman dana hingga Rp300 juta, sejumlah kelebihan lain yang bisa Anda nikmati di antaranya tenor hingga 5 tahun, bunga rendah dan kompetitif mulai dari 0.88%, besar angsuran tetap hingga akhir masa pinjaman, pembayaran secara autodebet, serta syarat dan cara pengajuannya yang mudah. 

Untuk mengetahui informasi selengkapnya, Anda bisa mengunjungi laman https://www.permatabank.com/id/kta-retail/permatakta


0 Tanggapan untuk "Ingin Membangun Studio Musik? Manfaatkan Pinjaman Tanpa Agunan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel