Saturday, October 29, 2016

Kategori: , ,

Tips Menang Lomba Blog bagi Pemula

Sebenarnya saya berat menulis artikel ini. Bukan karena saya pelit berbagi tips, tapi karena saya masih merasa belum pantas berbagi tips terkait cara menang lomba blog. Tapi, bagaimana lagi, karena ada permintaan dari beberapa teman pendatang baru di dunia lomba blog, ya akhirnya saya putuskan untuk sedikit berbagi. Sekaligus, ini sebagai posting spesial (tapi gak pake telor) dalam rangka Hari Blogger Nasional 27 Oktober 2016. Mudah-mudahan bisa menjadi motivasi bagi Blogger-blogger pemula (termasuk saya) untuk meramaikan dunia per-blog-an Indonesia.

Perlu diperhatikan, tips ini khusus bagi 'pemula' yang mau terjun dalam ajang lomba blog, tidak berlaku bagi para mastah (orang-orang yang sudah malang melintang dan sering menang dalam lomba blog) ya? Karena mereka pasti punya tips dan trik tersendiri yang lebih jitu.

Nah, ini dia 8 Tips Menang Lomba Blog bagi Pemula:

Pertama, pilih tema yang sesuai dengan kemampuan. Secara, lomba blog sekarang kan banyak banget tuh? Hampir setiap bulan itu selalu ada lomba blog yang jumlahnya juga tak bisa dihitung dengan jari. Nah, kalau kita mengikuti semuanya, tentu hasilnya tak akan maksimal. So, pilih tema yang sesuai saja. Kalau bisa, pilih juga lomba blog yang peluangnya banyak, yaitu lomba yang banyak pemenangnya tapi sedikit pesertanya. Emang ada ya?

Kedua, menulislah dengan totalitas, mengerahkan pikiran dan tenaga semaksimal mungkin. Jangan hanya asal-asalan saja. Karena bagaimanapun, tulisan kita akan dibaca oleh ratusan bahkan ribuan orang, termasuk Dewan Juri yang terhormat. Jadi menulislah, dengan gaya tulisan yang menarik. Nah, salah satu tips biar terlihat menarik adalah dengan membuat paragraf pertama seperfect mungkin. Dengan itu, maka Dewan Juri akan tertarik untuk membaca tulisan kita secara keseluruhan.

Ketiga, buatlah info grafis seunik dan semenarik mungkin. Karena kebanyakan lomba blog juga memberi penilaian lebih pada gambar-gambar yang ada dalam posting kita. Bagi yang kurang lihai dalam desain grafis (seperti saya ini), bisa membuat gambar yang unik dengan program-program yang sederhana dioperasikan. Gambar yang unik itu tidak selalu dihasilkan dari desainer grafis yang mumpuni kan?

Keempat, tulislah artikel di blog serapi mungkin dengan tulisan yang mudah dibaca. Maksudnya, font hurufnya jangan terlalu kecil, atau terlalu besar, jangan ada typo (salah ketik), serta pilihlah jenis font huruf dengan tingkat keterbacaan tinggi. Kalau tulisannya saja susah terbaca, tentu Dewan Juri juga akan merasa malas untuk membaca. Dewan Juri juga manusia loh. Bukan hanya tulisan, gambar yang rapi, tampilan tema blog yang enak dilihat sedikit banyak juga mempengaruhi penilaian. Ini insting saya, tapi yakinlah ini benar.

Kelima, bacalah syarat dan ketentuan (S & K) lomba blog. Ini sangat penting, karena kebanyakan penyelenggara lomba (tapi tidak semuanya) itu tidak punya toleransi terkait kurang lengkapnya syarat dan ketentuan lomba. Tulisan baik, desain oke, tapi kalau ada S & K yang tidak terpenuhi, ya siap-siap saja tulisan kita tidak diikutsertakan dalam penialaian. Jadi sia-sia kan?

Keenam, belajarlah dari para mastah lomba blog (orang-orang yang sering menang dalam lomba blog). Cara belajarnya sangat simpel, kunjungi blognya, kemudian baca tulisan-tulisannya yang diikutsertakan dalam lomba blog. Dengan itu, kita akan lebih menguasai banyak kosakata serta gaya bahasa yang akan membuat tulisan kita menjadi lebih manis. Udah kayak gula aja :-)

Ketujuh, jadilah blogger yang pantang menyerah. Coba bayangkan, kalau kita mudah menyerah, kemudian ikut lomba dan kalah tentu kita tidak akan mau mengikuti lomba blog lagi. Ketahuilah, bahwa lomba blog itu tidak pasti, yang menang di lomba A belum tentu menang di lomba B, dan sebaliknya. Jadi, jangan minder (berkecil hati) terlebih dahulu sebelum mencoba.

Kedelapan, berdo’a pada Tuhan Yang Maha Kuasa. Ini yang tak kalah penting. Karena tak bisa dipungkiri, usaha tanpa do’a adalah kesombongan, dan ketahuilah bahwa kesombongan itu akan membawa kehancuran. Halah, udah kayak guru agama saja :-)

Okey, sementara saya berikan 8 tips dulu ya? Mudah-mudahan bermanfaat. Selamat mengamalkan dan semoga berhasil! Selamat Hari Blogger Nasional, majulah Bloggers Indonesia! Teruslah menulis dan menghasilkan karya-karya yang menginspirasi! Salam…

Anda baru saja membaca Tips Menang Lomba Blog bagi Pemula . Jika bermanfaat, silakan bagikan artikel ini. Dan jangan lupa, tinggalkan jejak Anda di kolom komentar. Terimakasih.

14 komentar:

  1. motivasi nya keren mas, bang, pak, atau yang lainnya deh...oh iya saya termasuk pemula ni dalam masalah ngeblog-ngblog...tolong masukannya atas blog saya
    nurmustakim.wordpress.com
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blognya sudah bagus kok mas Muhammad..gaya bahasa tulisannya juga sudah lumayan oke.. makasih kunjungannya mas..

      Delete
  2. Wih akhirnya Mas Masroer ngeluarin tips jitu menang lomba.. aduh senengnya.. Tipsnya juga keren loh, dan isi dari tipsnya pun kayaknya mas masroer banget, *soalnya aku suka pantau artikelnya mas*
    thanks sudah share ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas Ardi, ini disarikan dari pengalaman pribadi.. sst, tapi ini untuk pemula lho mas.. blogger macam mas Ardhi ini level tipsnya lebih tinggi lagi dari ini..

      Delete
  3. Saya suka sama artikelnya, Keren gan bener banget tuh tips.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya, semoga bermanfaat utk kita semua..

      Delete
  4. Makasih mas telah berbagi dan siap dipelajari :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Weleh-weleh.. ini lagi.. sudah dikasih prakata "khusus untuk pemula" lho mas.. Tips ini sudah gak manjur bagi sampean.. kalah tinggi ilmunya.. heheee

      Delete
  5. Replies
    1. Sampean gak termasuk pemula loh Mas.. hehee...

      Delete
    2. ini tipsnya bermanfaat banget bagi newbie seperti saya,

      terimakasih banyak mas..

      tapi untuk desaign atau infografis yang bagus gitu berapa persen ya menunjangnya untuk blog competition

      Delete
    3. Untuk infografis tergantung jenis lomba dan dewan jurinya mbak.. Jadi, lomba yg satu dengan yang lain berbeda. Ada yang infografis dominan dalam penilaian, ada yang hanya sebagai pelengkap saja.. Makasih sudah berkunjung..

      Delete
  6. Terima kasih infonya, Mas. Ngemeng-ngemeng, agar tulisan mudah dan nyaman dibaca, Mas menyarankan font apa,mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk menjawab ini sebenarnya butuh survey kecil-kecilan.. hehee.. Tapi kalau saya pribadi suka dengan default font ukuran large..

      Delete