Kategori: ,

Yamaha R15, Jagonya Motor Sport Impianku

Tak terasa, hampir enam tahun sudah Si Biru menemani hari-hari saya. Sehingga, tak terhitung sudah berapa kali suka duka yang saya jalani bersamanya. Saat panasnya terik mentari ataupun derasnya hujan, dialah yang mengantarkan saya ke mana saja. Berangkat kerja, mudik ke tempat orang tua, hingga menjelajah ke desa-desa untuk mencari belahan jiwa.

Oh ya, Si Biru yang saya maksud ini adalah motor Yamaha Vega ZR, motor yang pertama kali saya beli dari hasil keringat sendiri di pertengahan tahun 2011 silam. Saat saya menulis artikel ini, saya intip speedometernya sudah menunjukkan angka 52.305 km. Jarak yang setara dengan 92 kali perjalanan dari Prambanan, tempat tinggal saya saat ini, ke Jakarta! Tak mengherankan memang, karena dulu hampir setiap akhir pekan saya pulang kampung ke Kutoarjo, Purworejo. Saya masih ingat betul, bahwa jarak Prambanan ke Kutoarjo adalah 102 km.
Meski jarak tempuhnya sudah sedemikian panjang, tetapi hingga kini motor saya ini masih terasa nyaman untuk dikendarai. Hal ini, tentu tak terlepas dari perawatan yang saya lakukan. Ya, saya rutin melakukan service di bengkel resmi Yamaha. Tepatnya di bengkel resmi Yamaha SBM Kalasan Sleman, Yogyakarta.

Nah, saat menyervice Si Biru beberapa waktu yang lalu, saya dimintai oleh seorang Customer Service Yamaha untuk mengisi sebuah survey. Salah satu pertanyaan yang masih saya ingat adalah,
“Jika dalam waktu dekat ini, Anda akan membeli motor Yamaha, motor tipe apa yang akan Anda beli?”
Dan tau nggak, kira-kira apa jawaban saya? Dengan cepat saya menuliskan Yamaha YZF-R15! Ya, saya memang sedang memimpikan untuk memiliki motor sport yang lebih sering disebut dengan Yamaha R15 ini.
Kenapa saya memilih motor Yamaha R15? Ya sudah pasti, karena tampilannya yang super keren dan spesifikasinya yang  sangat mumpuni. Kita tahu, Yamaha R15 adalah salah satu jajaran R-Series yang merupakan kasta motor sport Yamaha yang sangat kental dengan DNA Racingnya. Dengan berbalut full fairing khas motoGP, menjadikan tiap sisi motor ini terkesan gagah dan sporty.



Lihat saja bodi sampingnya yang full fairing dengan beberapa lekukan tegas serta garis lembut yang semakin memperkuat kesan sporty-nya. Lihat juga split seater atau model jok terpisah yang berbahan jok anti slip sebagaimana moge sport kelas dunia. Tentu membuat tampilannya semakin sporty kan? Berlanjut pada bagian belakang motor, kita bisa menyaksikan buritannya yang tampak dibuat lebih meruncing ke belakang sehingga semakin memperkuat kesan bahwa Yamaha R15 ini memang jagonya motor sport. Nah, bagaimana dengan spesifikasinya?
Sepertinya, kita tak perlu meragukan mesin motor sporty ini. Dibekali mesin tipe SOHC 4 katup dengan silinder tunggal yang berkapasitas hingga 150 cc, Yamaha R15 tentu akan menghasilkan tenaga yang cukup besar. Terbukti mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 12,2 kw pada 8500 rpm dengan torsi 14,5 Nm pada 7500 rpm. Sehingga bisa dipastikan bahwa Yamaha R15 ini memang keren dan kencang.
Tenaga besar yang dihasilkan mesin Yamaha R15 tersebut kemudian disalurkan ke roda penggerak melalui sistem transmisi kopling manual 6 speed. Meski tenaganya besar, motor keren ini ternyata juga irit bahan bakar. Hal ini terjadi karena Yamaha R15 sudah menggunakan teknologi sistem bahan bakar Fuel Injection sebagaimana teknologi MotoGP. Hasilnya, proses konsumsi bahan bakar pun menjadi lebih efisien.
Motor Yamaha R15 dilengkapi dengan speedometer multifungsi berdesain mutakhir. Panel instrument pada speedometernya didesain dengan memadukan panel digital dan panel analog. Panel digital yang terletak di bagian kiri, selain menampilkan indikator bahan bakar dan kecepatan tempuh dalam hitungan km/jam, juga dilengkapi beberapa lampu indikator. Mulai dari indikator lampu netral, lampu sein, lampu tembak, hingga indikator oli.
Sementara panel analog di bagian kanan menampilkan rpm yang ditunjukkan dengan jarum penunjuk dan angka-angka. Dengan kombinasi panel digital dan analog tersebut tentu membuat tampilan speedometer Yamaha R15 ini lebih sporty, penuh gaya, dan informatif. Bagaimana tidak, dengan kedua panel tersebut, sudah pasti pengemudi akan lebih mudah dalam membaca informasi yang ditampilkannya. Iya kan?
Tampilan Yamaha R15 yang gagah ini sepertinya memang tak terlepas dari dimensi atau rangka pembentuknya. Ya, motor dengan kapasitas bensin 12 liter ini memang mengandalkan rangka Delta Box yang dikenal kokoh ala Superbike. Namun, meskipun dari tampilannya tampak berbobot, sebenarnya berat motor sport garapan Yamaha ini hanya 136 kg, sehingga tetap akan terasa ringan.
Nah, untuk dimensinya sendiri, Yamaha R15 memiliki panjang 1.975 mm, lebar 660 mm, dan tinggi 1.070 mm. Dari dimensi tersebut, tentu kita bisa mengetahui bahwa motor pabrikan Jepang ini memang memiliki dimensi yang lumayan ramping untuk kelas motor sport. Jarak sumbu rodanya adalah 1.345 mm, sedangkan ketinggian dari dasar tanah hingga kursi 800 mm, ukuran yang sesuai dengan postur tubuh rata-rata orang Indonesia.
Kesan gagah dan sporty Yamaha R15 juga terlihat dari headlamp yang ditampilkannya. Ya, headlamp motor sport ini sudah menggunakan dual lamp yang tentu akan memberikan pencahayaan yang optimal bagi pengemudi. Tak hanya itu, Yamaha R15 juga menghadirkan teknologi lampu LED pada stop lamp yang akan membuat lampu belakangnya tampak lebih terang.
Di sisi lain, Yamaha R15 ini juga melengkapi dirinya dengan velg sporty yang terbalut dengan ban jenis tubeless. Ban depannya berukuran 90/80-17, sedangkan ban belakang berukuran 130/80-17. Kedua ukuran ban tersebut tentu akan membuat pengendara lebih mudah dalam bermanuver di jalanan, khususnya pada saat tikungan tajam.
Tak hanya keren, gagah, dan sporty, Yamaha R15 juga sudah mengusung fitur keselamatan dan kenyamanan bagi penggunanya. Untuk menunjang keselamatan pengendara, Yamaha R15 mengandalkan sistem rem cakram dengan diameter 245 mm pada bagian depan, dan 220 mm pada bagian belakang. Kedua rem cakaram tersebut tentu cukup mampu untuk mengontrol laju kecepatannya. Bahkan ketika terpaksa dilakukan pengereman mendadak sekalipun.
Nah, untuk menunjang kenyamanan, Yamaha R15 mengandalkan dua suspensi yang kuat. Suspensi bagian depan menggunakan tipe suspensi Teleskopik, sedangkan bagian belakang menggunakan Link Type Monocross. Kedua suspensi tersebutlah yang akan meredam setiap goncangan ketika kita melewati jalan yang tidak rata. Sehingga, kenyamanan pengemudi dalam berkendara pun akan lebih terjamin.
Nah, berikut adalah spesifikasi lengkap Yamaha R15:
Keren kan? Pasti!! Itulah Yamaha R15jagonya motor sport yang sedang saya impikan pagi, siang dan malam. Terlebih yang warnanya biru, baik yang seri Racing Blue maupun yang Movistar. Do’akan ya, agar impian saya segera jadi kenyataan? Biar Si Biru di rumah saya punya teman..
Oh ya, ngomong-ngomong, motor sport impianmu R15 yang warna apa?

***
*Referensi:
http://www.yamaha-motor.co.id
https://www.youtube.com/watch?v=75wbyw-wIuI
**Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Yamaha Jagonya Motor Sport. Isi tulisan di luar tanggung jawab Yamaha.

Anda baru saja membaca Yamaha R15, Jagonya Motor Sport Impianku . Jika bermanfaat, silakan bagikan artikel ini. Dan jangan lupa, tinggalkan jejak Anda di kolom komentar. Terimakasih.

13 komentar:

  1. Kalo aku sih lebih milih yang warna biru langit ... Itu juga kalo ada...eheheh

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Semoga impiannya tercapai ya pak :D

    ReplyDelete
  4. hitam!

    sekarang udah jarang pulang purworejo mas? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau liburan saja Mas, soalnya si anak masih kecil.. belum berani laju motor..

      Delete
  5. Ganteng nih yang hitam hehe ...
    Wah ada yg baru nih gif animasi nya, pake software apa mas?

    ReplyDelete
  6. Si Hitam juga keren.. Tapi aku sudah terlanjur cinta sama warna biru.. hehee

    ReplyDelete
  7. Wah semakin pro saja nih Masnya, sukses Mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehee masih selalu belajar kok Mas.. Makasih mas Amir..

      Delete
  8. kalau saya sih kepingin yg R25 apalagi yg sudah pake ABS.
    btw bikin sub judul bergambar dan bisa menyesuaikan gambarnya saat dibuka di hp juga bisa menyesuaikan, piye kang.
    saya bikin kok klo liat di HP jadi jelek. tapi kalo di web bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, R25 juga keren.. Ini new R15 juga sudah dirilis Yamaha. Semuanya sporty abis.

      Mungkin template utk mobile perlu diatur ke template yg khusus, Mas. Bukan yg standar..

      Delete