Kategori:

Tempat Wisata di Bantul Ini Bikin Kamu Merasa Ada di Atas Awan

Yogyakarta memang istimewa dan punya sejuta pesona. Bukan hanya budayanya saja, namun beragam objek wisata alamnya pun begitu menarik, terutama area dataran tingginya yang menawarkan sejuta panorama cantik layaknya di atas awan. Kebun Buah Mangunan yang ada di Kabupaten Bantul adalah salah satunya.

Namun, ternyata bukan hanya Kebun Buah Mangunan saja loh yang akan membuatmu takjub. Soalnya, masih banyak banget objek wisata di Bantul yang nggak kalah menarik untuk dikunjungi dan recommended banget untuk dijadikan sebagai objek foto. Penasaran kan? Ini dia beberapa lokasi wisata di Bantul yang akan membuatmu seperti di atas awan.

1. Bukit Panguk

Di Bukit Panguk, kamu akan menemukan hamparan perbukitan bernuansa hijau serta keindahan gumpalan awan. Di sana, terdapat pula beberapa gardu pandang dari kayu dan bambu yang menjorok ke arah bibir tebing sehingga membuat siapa saja akan puas menikmati pemandangan alam.
Bukit Panguk terletak di Dusun Kediwung, Desa Mangunan, Dlingo. Untuk menuju ke objek wisata ini, dibutuhkan waktu kurang lebih 2 jam dengan jarak 20 km dari pusat Kota Yogyakarta. Dengan harga tiket yang sangat murah, yakni sebesar Rp 3 ribu per orang, kamu sudah bisa menikmati pemandangan alam di Bukit Panguk dari pukul 05.00 sampai 18.00 WIB. Keren kan?

2. Bukit Lintang Sewu

Keindahan Bukit Lintang Sewu ini sepertinya memang tidak bisa diragukan lagi. Bagaimana tidak, sejauh mata memandang, hamparan panorama alam dengan tanaman pohon pinus dan kayu putih akan kamu dapati di sini. Menariknya lagi, di bukit ini kamu juga bisa melihat panorama senja yang keelokannya nggak bisa diragukan lagi.
Objek wisata Lintang Sewu ini terletak di Desa Muntuk, Dlingo. Jaraknya dari pusat kota Yogyakarta pun nggak terlalu jauh, karena bisa ditempuh selama 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Untuk bisa menikmati panorama di area wisata ini, kamu cukup menyediakan budget sebesar Rp 2 ribu untuk tiket masuk ditambah biaya parkir motor sebesar Rp 2 ribu atau Rp 3 ribu untuk parkir mobil. Sangat terjangkau, kan?

3. Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan terletak di ketinggian 200 meter dari permukaan laut, tepatnya di Mangunan, Dlingo, Bantul. Dengan ketinggian itu, nggak heran kalau saat berada di sini kamu akan seperti ada di atas awan. Sejauh mata memandang, kamu akan disuguhi pemandangan cantik, termasuk gumpalan-gumpalan awannya. Nggak hanya itu loh, di tempat ini juga ada spot foto menarik yang terbuat dari kayu berbentuk hati.
Sesuai dengan namanya, objek wisata ini memang ditanami berbagai macam buah-buahan. Ada pohon durian, rambutan, mangga, jeruk hingga manggis yang tumbuh di lahan kira-kira seluas 23 hektar. Selain itu, ada juga pepohonan lain, seperti jati, pinus, king grass dan salak magium yang ditanam di kebun buah yang dikelola oleh pemerintah ini.

Oh iya, akses menuju ke lokasi wisata ini pun nggak terlalu sulit. Kamu hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam saja kalau berangkat dari pusat kota Yogyakarta. Harga tiket masuknya juga sangat murah, yakni hanya sebesar Rp 5 ribu per orang. Di tempat ini kamu bisa menikmati panorama alam yang sangat eksotis mulai dari pukul 08.00 sampai 18.00 WIB. 

4. Jurang Tembelan

Jika kamu berkunjung ke Bantul, objek wisata satu ini sayang banget untuk kamu lewatkan. Ya, Jurang Tembelan yang berdekatan dengan Kebun Buah Mangunan ini menawarkan panorama alam yang super cantik. Dengan beberapa spot foto menarik, seperti miniatur perahu dari bambu serta gardu pandangnya akan membuatmu seperti di atas awan. Pasalnya, si tempat ini juga di kelilingi gumpalan awan yang memanjakan mata. 
Terletak di Dukuh Kanigoro, Mangunan, Jurang Tembelan berjarak sekitar 22 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta. Waktu tempuhnya sekitar 1,5 jam. Sejauh ini, tidak ada tiket masuk untuk bisa masuk ke wisata yang buka dari pagi hingga malam ini. Jadi, kamu hanya dikenakan biaya parkir saja. Namun, kalau kamu ingin hunting foto di atas perahu, kamu perlu menyediakan budget sebesar Rp 3 ribu saja. Tertarik berkunjung?

5. Puncak Becici

Puncak Becici juga memungkinkan kamu untuk menikmati suasana seperti di atas awan. Ya, lokasinya ada di area puncak! Jadi, nggak heran kalau di sini juga disediakan gardu pandang bagi pengunjung untuk menikmati panorama alam. Dari puncak Becici ini, kamu juga bisa melihat pemandangan Kota Yogyakarta hingga Gunung Merapi loh.
Oh iya, objek wisata ini terletak di Dusun Dunung Cilik, Desa Gunung Muntuk, Dlingo. Jaraknya dari Yogyakarta sekitar 22 km saja, sehingga kamu hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam untuk mengunjunginya. Jika berkunjung kemari, kamu cukup menyediakan budget sebesar Rp 2 ribu untuk tiket masuk serta tambahan parkir kendaraan senilai Rp 2 ribu  untuk motor dan Rp 3 ribu mobil. 

Nah, beberapa lokasi wisata di Bantul yang akan membuatmu seperti di atas awan. Ternyata banyak banget ya destinasi wisata yang bisa dijadikan pilihan saat kita liburan ke Bantul, Yogyakarta. So, selamat berwisata ya, Gaes

***
Referensi: qupas.id

Anda baru saja membaca Tempat Wisata di Bantul Ini Bikin Kamu Merasa Ada di Atas Awan . Jika bermanfaat, silakan bagikan artikel ini. Dan jangan lupa, tinggalkan jejak Anda di kolom komentar. Terimakasih.

0 komentar:

Post a Comment