Kategori: ,

Hal-Hal Penting Sebelum Meminjam Modal

Ada beberapa hal yang lebih baik Anda perhatikan sebelum Anda meminjam dari berbagai sumber pengumpulan modal pengembangan bisnis usaha seperti venture capitalist. Bunga, beberapa jenis biaya atau bahkan fakor sumber dana memang menjadi faktor utama dari penentuan peminjaman dari sumber pengumpulan modal pengembangan bisnis usaha. Tetapi ada faktor penting lainnya selain hal tersebut yang harus Anda perhatikan. Salah satu faktor tersebut yaitu Literasi, tentunya tidak semua orang tahu cara kerja dari tekfin yang merupakan salah satu sumber pengumpulan modal pengembangan bisnis usaha.

Tidak hanya itu, bahkan pihak peminjam tidak tahu jelas manfaat dari berbagai macam sumber pengumpulan modal pengembangan bisnis usaha untuk mereka. Maka dari itu, Anda harus memastikan pihak perusahaan sumber pengumpulan modal pengembangan bisnis usaha venture capitalist tersebut memberikan literasi yang bisa berupa edukasi ke pihak nasabahnya. Baik itu mengenai perhitungan bunga, resiko, manfaat dan biaya bahkan cara dalam menggunakan fitur ataupun produk. Tidak hanya itu saja, adapun bantuan-bantuan yang dapat mendongkrak pemahaman mengenai bisnis.

Dari semakin tingginya tingkat literasi yang diberikan dari berbagai sumber pengumpulan modal pengembangan bisnis usaha seperti venture capitalist, tentunya semakin bisa mereka bisa memilih serta memanfaatkan produk/ layanan jasa finansial atau keuangan yang sesuai tujuan masing-masing kondisi finansial. Dengan begitu, maka masyarakat juga dapat melakukan perencanaan finansial/ keuangan dengan semakin cerdas.

Tidak hanya itu saja, mereka juga akan terhindar dari berbagai aktivitas keuangan/ finansial yang tidak menguntungkan. Selain itu, manfaat layanan dari para pihak sumber pengumpulan modal pengembangan bisnis usaha ini yaitu penggunaan dana untuk pinjaman tersebut akan semakin terarah. Selain faktor literasi, adapun  faktor regulasi yang harus dimaksimalkan dari setiap pihak sumber pengumpulan modal pengembangan bisnis usaha.

Poin satu ini bisa dibilang tidak kalah penting, bisa dibilang sekarang ini sudah banyak sekali sumber pengumpulan modal pengembangan bisnis usaha seperti venture capitalist. Tetapi sayangnya masih banyak fintech yang belum mengikuti regulasi serta diawasi regulator yang mempunyai otoritas. Di Indonesia itu sendiri pihak yang mengatur hal tersebut yaitu OJK atau Otoritas yang mengatur Jasa Keuangan.

Dalam mendapatkan izin OJK ini, berbagai sumber pengumpulan modal pengembangan bisnis usaha termasuk fintech yang telah mendaftarkan diri nantinya akan dipantau pada waktu satu tahun. Hal tersebut berguna supaya bisa mengetahui apakah instansi atau perusahaan tersebut dapat berjalan dengan baik atau tidak. Kalau perusahaan tersebut belum mendapatkan izin dari pihak OJK, maka pihak sumber pengumpulan modal pengembangan bisnis usaha tersebut memang pada dasarnya masih tidak boleh melakukan penawaran produknya kepada masyarakat.

Tanda lampu hijau yang diberikan dari OJK juga memudahkan masyarakat dalam memilih layanan sumber pengumpulan modal pengembangan bisnis usaha yang terpercaya dan aman. Hal tersebut disebabkan dari berbagai perusahaan sumber pengumpulan modal pengembangan bisnis usaha yang terdaftar telah memenuhi standar aspek otoritas terkait dengan infrastruktur penunjang aktivitas/ kegiatan operasional.

Tidak hanya itu saja, terkait juga dengan sistem elektronik, sampai aspek mitigasi risiko. Jika suatu sumber pengumpulan modal pengembangan bisnis usaha masih belum mengikuti aspek regulasi yang sudah ada, maka akan lebih baik dihindari. Eksistensi dari penyedia modal seperti fintech bisa dikatakan sebagai suatu upaya dalam pendukungan sharing economy dengan jumlah yang sangat besar. Tetapi, masyarakat yang sebagai penggunanya harus juga memerhatikan keamanan ketika mengakses permodalan lewat berbagai sumber pengumpulan modal pengembangan bisnis usaha seperti venture capitalist.


Anda baru saja membaca Hal-Hal Penting Sebelum Meminjam Modal . Jika bermanfaat, silakan bagikan artikel ini. Dan jangan lupa, tinggalkan jejak Anda di kolom komentar. Terimakasih.

0 komentar:

Post a Comment