Kategori: , , ,

#BukaInspirasi Menggapai Mimpi: 5 Inspirasi Usaha Bersama Bukalapak

Normalnya, setiap manusia pasti punya mimpi. Maka dari itu, tidaklah mengherankan jika sejak masa TK pun, kita sudah mulai disuguhkan dengan pertanyaan-pertanyaan mengenai cita-cita. Iya kan? Ya, mimpi dan cita-cita pada dasarnya sama. Mimpilah yang akan mengantarkan seseorang menggapai cita-citanya. Jadi, ketika ada seseorang yang tidak mempunyai mimpi, maka kemungkinan besar hidupnya akan terasa tanpa arah dan tujuan, bagaikan perahu yang lepas kemudi di tengah samudra.

Nah, masalahnya, banyak sekali di antara kita yang memilih tertidur pulas dan enggan terbangun untuk mewujudkan impian menjadi kenyataan. Tak jarang, kita sendiri juga mudah menyerah dengan mimpi-mimpi yang sudah kita gantungkan setinggi langit. Terlebih ketika orang-orang yang ada di sekitar kita banyak ber-nyinyir ria tentang mimpi-mimpi kita.
“Kalau bermimpi itu jangan terlalu tinggi! Nanti kalau nggak tercapai, kau akan terjatuh menghujam ke bumi..”
Sering mendengar perkataan demikian? Kalimat sok bijak itu memang acap kali membuat kita takut bermimpi karena khawatir kalau terjatuh dari mimpi-mimpi itu akan terasa sakit. Padahal, sebenarnya tidak ada salahnya loh ya, kita memiliki mimpi setinggi mungkin. Asalkan, kita punya komitmen yang kuat untuk menggapainya.
Kata bijak Achmad Zaky, CEO Bukalapak

Yakinlah, saat kita punya komitmen yang kuat, jatuh dari impian setinggi langit pun, rasanya hanya seperti tersandung batu kerikil. Setelah sakit sesaat, bangun kembali dan berusahalah lebih keras lagi membuat 'pesawat ulang alik' yang lebih hebat untuk kembali menggapai mimpi-mimpi di langit. So, jadilah pribadi yang berani untuk bermimpi ya, karena impian merupakan awal dari kesuksesan seseorang.
“Keberanian adalah alat paling penting untuk bisa memahami alam semesta.” Begitulah kata Achmad Zaky, Ceo BukaLapak.

Berbicara tentang impian, sebagai manusia normal, saya pun memiliki banyak impian. Seperti Nobita dalam film Doraemon, impian atau keinginan saya sebagai manusia normal itu banyak sekali. Satu di antaranya adalah memiliki hunian idaman. Ya, impian memiliki rumah sendiri itu muncul ketika saya mulai hidup di perantauan sekitar 8 tahun yang lalu.

Impian memiliki rumah sendiri itu pun semakin menjadi-jadi saat saya merasakan bagaimana pahit getirnya hidup di rumah kontrakan. Terlebih setelah saya menikah dan memiliki buah hati, memiliki rumah sendiri jelas menjadi prioritas utama yang mau tidak mau harus segera saya wujudkan.
Proses pembangunan hunian idaman saya

Bagi orang kampung yang terlahir dari orang tua dengan keadaan ekonomi menengah ke bawah seperti saya, membangun rumah adalah salah satu impian besar dan terasa berat untuk diwujudkan. Bagaimana tidak, kalian tentu paham bahwa biaya membangun rumah tidaklah sedikit. Makanya, saat itu banyak sekali orang yang mengatakan bahwa cita-cita saya itu tak ubahnya seperti mimpi di siang bolong alias hanya khayalan semata.

Melihat realita itu semua, lantas apa yang saya lakukan? Apakah saya merasa down? Oh, jelas tidak! Saya terinspirasi dari apa yang dikatakan oleh Napoleon Hill dalam bukunya "Think and Grow Rich":

“Keyakinan adalah titik awal dari semua pengumpulan kekayaan. Keyakinan adalah dasar semua “keajaiban”, dan semua misteri yang tidak bisa dianalisis dengan aturan ilmu pengetahuan.

Keyakinan adalah satu-satunya penawar kegagalan yang diketahui orang. Keyakinan adalah unsur “kimia”, yang kalau dipadukan dengan do’a, akan memberikan seseorang sebuah komunikasi dengan inteligensi tanpa batas!”
Kata bijak Napoleon Hill dalam "Think and Grow Rich"

Ya, saya pun yakin bahwa mimpi tidaklah selamanya menjadi mimpi ketika kita mau bangun dari tidur dan segera bergegas untuk mewujudkannya. Gaji bulanan saya boleh saja pas-pasan, tapi saya selalu berusaha untuk menjadikannya pas untuk mewujudkan segala macam impian, termasuk impian memiliki rumah idaman yang alhamdu lillah telah setahun ini menjadi kenyataan. Untuk mewujudkan impian memiliki rumah sendiri itu, selain menyisihkan dari gaji bulanan, saya pun mencari penghasilan lain dari selain gaji bulanan.

Berbicara tentang tambahan penghasilan, di era digital ini, mencari panghasilan lain dari gaji bulanan itu bisa dibilang susah-susah gampang. Susah bagi mereka yang belum tahu cara-caranya, dan gampang bagi yang sudah tahu jalannya. Kalau kita tahu, era digital ini sebenarnya telah menawarkan segala kemudahan bagi kita.

Misalnya saja, ketika kita mau menambah penghasilan dengan cara berjualan, maka kita bisa berjualan dengan memanfaatkan kemudahan teknologi yang ada di era digital ini, yakni dengan cara berjualan secara online. Sebagai contoh, adalah berjualan di Bukalapak, salah satu online marketplace terkemuka di Indonesia.
Keberadaan Bukalapak memang sangat berperan bagi siapa saja yang berniat untuk berjualan secara online dengan modal yang terbatas. Dengan Bukalapak, kita dapat berjualan tanpa harus memiliki toko di pusat perbelanjaan ataupun memiliki kios di pasar. Bukalapak memberikan fasilitas bagi kita sebagai pelaku UKM berupa toko online yang bisa melayani pembeli dari seluruh Indonesia di manapun dan kapanpun.

Bahkan, tak hanya berjualan saja, Bukalapak juga memberikan peluang kepada kita untuk memiliki usaha yang bisa menjadi sumber penghasilan bagi kita. Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi inspirasi yang bersumber dari pengalaman pribadi tentang usaha-usaha yang bisa dilakukan bersama Bukalapak. Okey, tanpa basa-basi berikut adalah 5 inspirasi usaha yang bisa kita lakukan bersama Bukalapak.
Jika kita memiliki produk, baik barang ataupun jasa yang bisa dijual, maka inspirasi usaha pertama yang saya rekomendasikan adalah sebagai seller atau yang sering dikenal sebagai pelapak. Kenapa harus menjadi seller atau pelapak? Karena, dengan berjualan di Bukalapak, pelapak akan mendapat banyak keuntungan. Apa saja?
Enam keuntungan menjadi pelapak di Bukalapak

Pertama, pelapak akan menerima notifikasi SMS setiap ada pesanan. Sehingga, pelapak bisa fokus jualan online tanpa harus buang-buang waktu untuk melayani calon pembeli yang tidak serius. Kedua, pelapak akan mendapatkan feedback positif secara otomatis dari sistem saat transaksi sukses, walaupun pembeli tidak memberikan feedback saat transaksi. Feedback ini sudah pasti sangat berguna bagi reputasi siapapun yang berjualan secara online.

Ketiga, pelapak tidak perlu menunggu lama untuk menerima uang pembayaran, karena uang pembayaran langsung dicairkan oleh sistem Bukapalak setelah pembeli memberikan ulasan pesanan atau paling lambat 2×24 jam setelah barang terkirim menurut sistem ekspedisi. Keempat, setiap barang pelapak menjadi prioritas di mesin pencarian. Hal ini bisa terjadi, karena setiap halaman di Bukalapak telah melalui proses SEO (Search Engine Optimization) sehingga tampil lebih unggul di mesin pencarian seperti Google dan sebagainya.
Walldecor poster motivasi, salah satu jualan saya di Bukalapak

Kelima, pelapak tidak perlu repot menghitung ongkos kirim, karena sistem Bukalapak akan otomatis menghitung ongkos kirim yang harus dibayarkan oleh pembeli. Dan keenam, pelapak akan mendapatkan edukasi kewirausahaan online, karena Bukalapak terus membangun semangat kewirausahaan kepada pelapak dengan memberikan tips dan trik jitu dalam berjualan secara online.
Jika kita tidak punya produk sendiri yang bisa dijual di Bukalapak, maka menjadi reseller adalah alternatif kedua yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Secara gampangnya, reseller adalah orang yang membeli produk dari supplier atau distributor dengan harga yang lebih murah dari pasaran untuk kemudian dijual kembali dengan harapan mendapatkan keuntungan dari penjulan barang tersebut.

Keuntungan menjadi reseller di Bukalapak itu lumayan besar, tergantung seberapa jumlah barang yang berhasil kita jual ulang. Caranya juga tidak terlalu sulit, asalkan kita mengetahui tips-tips agar kita sukses menjadi reseller.
Tips menjadi reseller hebat di Bukalapak

Beberapa tips yang bisa diterapkan saat kita memutuskan menjadi reseller di Bukalapak di antaranya, adalah mengenali produk dengan baik, mencari supplier yang terpercaya, membandingkan produk yang satu dengan yang lain, serta rajin memasarkanlah produk melalui berbagai media sosial yang dimiliki.
Ingin jadi pelapak tapi tidak punya produk untuk dijual? Atau ingin jadi reseller tapi terkendala modal? Jangan khawatir, masih ada peluang lain yang bisa kita lakukan, yaitu menjadi dropshipper Bukalapak. Yang dimaksud dengan dropshipper adalah orang meminta supplier untuk mengirimkan barang atau produk kepada pembeli kita.
Keuntungan menjadi dropshipper di Bukalapak

Keuntungan yang diambil oleh dropshipper biasanya memang cenderung kecil, karena kalau dropshipper menaikkan harga yang lebih tinggi akan beresiko pada berkurangnya kepercayaan konsumen. Namun, jika kita mampu menjualkan barang dalam jumlah yang besar, keuntungan yang sedikit itu tentu akan menjadi berlipat-lipat.
Usaha menjadi agen Bukalapak ini sudah saya lakukan sejak lama. Caranya sangat simpel, yakni kita hanya cukup menjual produk-produk digital yang ada di Bukalapak kepada konsumen yang ada di sekitar kita. Melalui Bukalapak, kita bisa menjual beberapa produk digital, seperti pulsa dan paket data, tiket kereta dan pesawat, token listrik, dan tagihan pembayaran lainnya.
Keuntungan menjadi mitra Bukalapak

Untuk menjual produk digital ini, kita bisa bergabung menjadi mitra Bukalapak ataupun tidak. Jika konsumen harian yang kita miliki lumayan banyak, alangkah baiknya jika kita bergabung menjadi mitra Bukalapak, karena keuntungan yang didapatkan oleh mitra lebih besar jika dibandingkan dengan penjual produk digital biasa. Dengan bergabung menjadi mitra, maka kita akan mendapatkan komisi berdasarkan penjualan yang kita lakukan.
Satu lagi, usaha menambah penghasilan selain cara-cara di atas adalah dengan melalui affiliate Bukalapak. Affiliate Bukalapak adalah program yang memposisikan kita sebagai pemasar mencantumkan iklan yang dilakukan Bukalapak pada situs yang kita miliki. Dari iklan tersebut, kita akan mendapatkan komisi yang akan diberikan oleh Bukalapak, berdasarkan dari penjualan sukses yang berhasil kita dapatkan.
Keuntungan affiliate program Bukalapak

Langkah-langkah untuk mengikuti affiliate Bukalapak ini sangatlah mudah. Pertama, adalah mendaftarkan diri di Bukalapak Affiliate Program, kemudian memiilih offer untuk mendapatkan link Afiliasi. Setelah itu, promosikan link Afiliasi tersebut di website yang kita miliki. Ketika ada calon pembeli membuka link Afiliasi, mengunjungi Bukalapak, kemudian melakukan transaksi sukses, maka kita akan mendapatkan komisi sesuai dengan skema komisi dan offer yang kita pilih. Mudah kan?

Nah, itulah 5 inspirasi usaha yang bisa kita lakukan bersama Bukalapak untuk mendapatkan penghasilan. Saya #BukaInspirasi tersebut agar kita semua tidak terbelenggu dan terjajah dari setiap mimpi-mimpi yang tengah kita rajut. Karena, dengan penghasilan dari usaha bersama Bukalapak itu, sedikit banyak pasti juga akan menambah daya luncur 'pesawat ulang alik' kita untuk menembus cakrawala dan menggapai impian-impian yang ada di langit. Mari memerdekakan diri untuk menggapai impian bersama Bukalapak!


#BukaInspirasi

***

Referensi:
- www.bukalapak.com
- Napoleon Hill, Think and Grow Rich (Berpikir dan Bertumbuh Kaya), Edisi Revisi 2007

Anda baru saja membaca #BukaInspirasi Menggapai Mimpi: 5 Inspirasi Usaha Bersama Bukalapak . Jika bermanfaat, silakan bagikan artikel ini. Dan jangan lupa, tinggalkan jejak Anda di kolom komentar. Terimakasih.

20 komentar:

  1. Di Bukalapak semua orang bisa menjadi penjual dan pelapak. Apalagi harga pulsa di Bukalapak paling murah, bisa dijual lagi hehe

    ReplyDelete
  2. Kereeen kang ... Bukalapak emang peduli sekali dengan para pelaku UKM Indonesia.

    ReplyDelete
  3. Zaman now, mau kulakan produk gak perlu susah2 keliling pasar ya Kang, cukup buka aja Bukalapaknya, ntar barang datang sendiri.

    ReplyDelete
  4. Setuju mas, berani itu segalanya ya buat usaha. Sebaliknya takut satu kali akan mendatangkan ketakutan ketakutan yang lain.

    ReplyDelete
  5. Keyakinan bukan hanya untuk pengumpulan kekayaan saja, tapi juga tak bisa dihapus oleh keraguan, oleh karena itu yakinlah!

    ReplyDelete
  6. BUkalapak favorite aku nih belanja apalagi kalau ada flash sale hihi

    ReplyDelete
  7. Di buka lapak tuh kaya ada simbiosis yang saling menguntungkan satu sama lain ya ...

    ReplyDelete
  8. lengkap banget ya Bukalapak ini, saya juga jualan di Bukalapak dan sangat puas jualan di Bukalapak...

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah, selamat ya Kang atas rumah impian yang berhasil dibangun. Saya juga punya cita-cita sama yakni punya rumah impian. Benar tuh Bukalapak sangat membantu pelaku UKM, teman-teman saya pun banyak yang ngelapak di sana. Semoga Bukalapak selalu jaya

    ReplyDelete
  10. Wah, alhamdulillah calon rumahnya Kang Masroer sudah mau selesai, semoga dilancarkan, semangat terus bermimpi dan menjadikan kenyataan bersama Bukalapak, Kang

    ReplyDelete
  11. Ini di samping rumah ada umkm kpingin deh pakai jasa bukalapak biar tmbh brkembang dn maju

    ReplyDelete
  12. win win solution banget ya kalau sama buka lapak joinannya ,. keren CEO nya

    ReplyDelete
  13. Mantaap berjualan memang jalan rejeki yang luas, apalagi di bukalapak :)

    ReplyDelete
  14. Waaah ulasan yang menarik sekaligus saya jadi dapat inspirasi usaha yang bisa kita lakukan bersama Bukalapak, boleh juga nih ide-idenya Mas saya terapin juga, mudah-mudahan bisa sukses nantinya. Aamiin...

    ReplyDelete
  15. Marketplace kaya gini tuh ngebntu banget sih menurut saya dari segi pembeli atau penjual juga.

    ReplyDelete
  16. Ulasannya lengkap banget mas. Aku jadi tahu nih marketplace bukalapak ternyata keren nih.

    ReplyDelete
  17. Curahan hatinya mirip banget sama aku kak. .Pengen banget punya rumah dan lago ngalamin suka dukanya hidup ngontrak bareng suami. Hehe..


    Semoga kelak doa-doa kita terijabah ya kak.. Aamiin. .Ayoo Semangaat wujudkan mimpi.

    ReplyDelete
  18. banyak jalan menuju jualan ya mba ^^

    ReplyDelete
  19. Top buat BukaLapak, top buat para UMKM Indonesia.

    ReplyDelete
  20. Ternyata banyak inspirasi usaha di Bukalapak ya. Bener2 bantu umkm Indonesia 😀

    ReplyDelete