Manfaat Bermain Game Online Secara Bijak - KangMasroer.Com

Manfaat Bermain Game Online Secara Bijak

Manfaat Bermain Game Online Secara Bijak

Bermain game online melalui gadget—baik PC maupun smartphone—seringkali memang dianggap sebagai sebuah masalah, terutama oleh para orangtua. Banyak orang tua yang menganggap bahwa bermain game sama sekali tidak mendatangkan manfaat. Terlebih dengan adanya berbagai mitos, seperti bermain game dapat merusak kerja otak dan membuat seorang menjadi bodoh.

Memang benar, ada dampak negatif yang bisa ditimbulkan dari bermain game online. Mulai dari terganggunya kesehatan tubuh dan kesehatan mata, mengubah seseorang menjadi apatis dan asosial, mengeluarkan banyak uang, hingga gangguan mental berupa kecanduan game. Namun, semua dampak negatif itu hanya akan terjadi jika kamu tidak bijak dalam bermain game online.

Jika kamu bisa bijak saat bermain game online, misalnya dengan selalui ingat waktu, memperhatikan kesehatan tubuh dan kesehatan mata, memilah dan memilih game yang akan dimainkan, yaitu game yang gratis, tidak ada unsur judi, pornografi, dan kekerasan; bermain game tidak akan berdampak negatif lho. Sebaliknya, bermain game secara bijak justru akan mendatangkan berbagai manfaat. Berikut ini adalah beberapa manfaat bermain game online secara bijak. 

1. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris

Salah satu manfaat bermain game online yang terkadang tidak kita sadari adalah bahwa game online mampu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Bagaimana tidak, hampir seluruh game online, fitur atau menunya ditampilkan menggunakan bahasa Inggris. Alasan penggunaan bahasa Inggris sendiri, karena bahasa Inggris itu memang fleksibel untuk dipahami oleh masyarakat seluruh dunia.

Pirates and Treasures

Tidaklah mengherankan jika para pengembang game pun menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam game. Dengan fitur dan menu game yang berbahasa Inggris ini, mau tidak mau kita pun harus paham beberapa kosakata bahasa Inggris yang ada di dalam sebuah game. Jadi, sedikit banyak kita pun akan semakin jago memahami bahasa Inggris.

2. Meningkatkan Kemampuan Penyelesaian Masalah

Selain meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, bermain game juga mampu meningkatkan kemampuan penyelesaian masalah. Hal ini bisa dimengerti, karena setiap game sudah pasti akan menuntut para pemainnya untuk menyelesaikan tantangan yang ada pada game tersebut. Entah itu untuk mendapatkan skor yang tinggi, untuk memenangkan sebuah game saat melawan pemain lain ataupun melawan batas waktu yang ditentukan dalam sebuah game.

Dengan berbagai tantangan tersebut, tidaklah mengherankan jika kemampuan dalam pemecahan masalah para pemain game ini pun semakin hari semakin meningkat. Pasalnya, kemampuan memecahkan masalah itu membutuhkan berbagai kreativitas yang cukup tinggi serta cara berpikir yang tidak biasa. Dan, kemampuan penyelesaian masalah seperti ini sangat berguna lho dalam menghadapi berbagai masalah dalam kehidupan sehari-hari.

3. Mengasah Kemampuan Otak

Manfaat bermain game online selanjutnya, adalah untuk mengasah otak. ya, sebuah studi dari The Journal of Neuroscience pada tahun 2015 yang lalu sempat meneliti 69 peserta dan meminta setengah dari mereka untuk bermain game. Sedangkan, sisanya tidak bermain apa-apa. Hasilnya, ternyata menunjukkan bahwa orang-orang yang bermain game memiliki memori yang lebih kuat daripada yang tidak bermain apa-apa.

Solitaire untuk mengasah otak

Nah, untuk mengasah otak, saya lebih suka memainkan game yang ringan, seperti permainan kartu Solitaire. Game yang bisa diakses melalui Solitaire.org ini, selain menuntut kita untuk berpikir jauh ke depan pada berbagai pilihan yang ada, juga membutuhkan strategi dan logika untuk menyelesaikannya. Jadi, otak kita sedikit banyak akan terasah dengan sendirinya.

4. Menghilangkan Stres dan Kejenuhan

Siapa yang sering merasa stres dan jenuh karena rutinitas sehari-hari yang monoton? Ya, rutinitas yang itu-itu saja seringkali memang membuat kita stres dan dan jenuh, ya kan? Terlebih di masa pandemi seperti saat ini, yang menganjurkan kita untuk banyak menghabiskan waktu di rumah saja.

So, agar tidak merasa jenuh dan stres, kalian bisa kok bermain game online sebentar. Setuju atau tidak, bermain game online terbukti berguna untuk menurunkan tingkat stres dan kejenuhan karena rutinitas sehari-hari. Kalau khawatir memori gadgetmu penuh, kamu nggak perlu menginstallnya di smartphone kok. Cukup dengan memainkan game browser yang ringan saja, rasa jenuh dan stresmu pun akan segera hilang seketika.

5. Meningkatkan Fokus

Selain mengasah otak dan menghilangkan stres, bermain game online juga bisa meningkatkan fokus lho. Namun perlu diketahui, tidak semua game bisa meningkatkan fokus ya! Pilihlah game yang memang mendorong pemainnya untuk fokus menyelesaikan game. Misalnya saja, Mahjong. Game yang bisa dimainkan melalui browser PC maupun smartphone ini menuntut kita fokus untuk mencocokkan dua ubin yang terbuka dari puluhan ubin lain yang ada di lapangan bermain.

Mahjong melatih fokus

Selain mahjong, game lain yang menuntut kita fokus adalah Hidden Object Games, yaitu permainan menemukan benda tersembunyi di antara benda-benda lainnya dalam batas waktu yang ditentukan. Game yang juga bisa dimainkan secara gratis melalui Solitaire.org ini terdiri dari banyak game, seperti Pirates and Treasures, yaitu menemukan benda-benda tersembunyi milik bajak laut dan Hidden Kitchen, yaitu menemukan benda-benda tersembunyi yang ada di dapur.

Nah, itulah beberapa manfaat bermain game online, jika kita lakukan secara bijak. Selain mampu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dan kemampuan menyelesaikan masalah, bermain game online secara bijak juga mampu menghilangkan stres, meningkatkan kemampuan otak dan fokus. So, jadilah gamer yang bijak ya!


0 Tanggapan untuk " Manfaat Bermain Game Online Secara Bijak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel