5 Cara Mengatasi Jerawat dengan Mudah - KangMasroer.Com

5 Cara Mengatasi Jerawat dengan Mudah

5 Cara Mengatasi Jerawat dengan Mudah
(Image source: pixabay)

Siapa pun pasti mendambakan kulit wajah yang sehat dan bersih. Bagaimana tidak, dengan penampilan kulit wajah yang sehat dan bersih, seseorang cenderung lebih percaya diri. Sayangnya, gangguan pada kulit wajah sering kali dialami oleh pria maupun wanita. Satu di antaranya, adalah jerawat.

Munculnya jerawat di wajah memang cukup mengganggu penampilan. Penyebab munculnya jerawat sendiri, menurut National Institute of Arthritis and Musculoskeletal and Skin Diseases, adalah karena adanya sel kulit mati atau sebum berlebih yang menyumbat folikel rambut. Biasanya jerawat yang muncul kemudian menyebabkan peradangan pada kulit wajah, bintik gelap, dan seringkali juga menyebabkan rasa nyeri saat disentuh.

Lantas, bagaimana cara mengatasi jerawat? Berikut ini adalah 5 cara mengatasi masalah jerawat dengan mudah.

1. Rajin Cuci Muka secara Rutin

Cara mengatasi masalah jerawat yang pertama, adalah dengan rajin mencuci muka dengan menggunakan sabun yang berbahan lembut. Agar wajah tetap bersih, biasakan untuk mencuci muka dengan sabun minimial dua kali sehari, yaitu pada pagi hari dan pada malam hari sebelum kita tidur.

Agar hasilnya maksimal, kamu bisa menambah hitungannya, yaitu setelah bangun tidur, saat beristirahat, dan setelah terpapar polusi udara dari luar ruangan. Jika dilakukan secara rutin, langkah ini terbukti efektif untuk membersihkan wajah dari minyak dan kotoran yang seringkali memicu berkembangnya bakteri penyebab jerawat.

2. Gunakan Masker Wajah

Cara mengatasi permasalahan jerawat yang kedua, yaitu dengan menggunakan masker wajah. Agar terbebas dari efek samping masker wajah, pilihlah masker wajah yang terbuat dari bahan alami. Ya, kamu bisa menggunakan produk masker wajah siap pakai berbahan alami yang beredaran di pasaran. Atau, kamu bisa juga memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar rumah.

Bahan alami di sekitar rumah yang perlu kamu sediakan adalah mentimun, tomat, kunyit, lidah buaya, yoghurt, madu, dan telur. Haluskan semua bahan tersebut kemudian oleskan secara merata pada wajah. Diamkan sejenak sekitar 15 menit, kemudian bilaslah dengan air hangat. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan masker wajah secara rutin, minimal dua kali dalam seminggu.

3. Hindari Menyentuh Jerawat

Cara mengatasi jerawat satu ini sedikit susah untuk dilakukan. Pasalnya, saat ada jerawat di wajah, seseorang biasanya justru sering menyentuh jerawatnya. Beberapa orang malah tak hanya menyentuh, melainkan juga memencetnya. Padahal, tindakan ini bisa mengiritasi kulit dan memperburuk jerawat lho. Jerawat jadi semakin meradang dan saat jerawat hilang akan meninggalkan bekas hitam.

Memencet jerawat juga bisa membuat jerawat bertambah parah, karena kotoran dan bakteri terdorong masuk lebih dalam. Bahkan, bakteri penyebab jerawat juga bisa ikut menyebar ke area wajah yang lain, sehingga membuat masalah jerawat tak kunjung selesai. So, hindari menyentuh dan memencet jerawat ya! 

4. Menerapkan Pola Makan yang Sehat

Bagi kamu yang punya masalah jerawat membandel, coba terapkan pola makan yang sehat. Sebisa mungkin, kurangi mengonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak dan gula. Pasalnya, kedua kandungan tersebut membuat produksi minyak pada kulit menjadi lebih banyak, sehingga memicu tumbuhnya jerawat di wajah.

Untuk mengatasi masalah jerawat, alangkah baiknya jika kamu memperbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan yang mengandung antioksidan. Antioksidan ini terkandung dalam sayuran-sayuran yang berwarna cerah, seperti bayam, paprika, dan buah beri. Sayuran dan buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti alpukat, lemon, dan tomat juga bisa kamu konsumsi untuk menjaga kesehatan kulit wajah.

5. Gunakan Produk Sensatia Botanicals

Cara lain untuk mengatasi jerawat yang perlu dicoba adalah menggunakan produk-produk dari Sensatia Botanicals. Sensatia Botanicals merupakan sebuah brand yang selalu konsisten memanfaatkan bahan-bahan alami dalam komposisi produknya. Salah satu produk yang recomended untuk mengatasi permasalahan jerawat, adalah Facial C-Serum Oily Acne Prone. 

Selain mengandung Vitamin C yang cukup tinggi, Essential c-serum satu ini juga mengandung rosehip oil serta daun tea tree yang efektif untuk mencegah timbulnya jerawat. Selain serum ini, masih banyak produk lain dari Sensatia Botanicals yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah jerawat yang membandel, seperti Acne Clarifying Facial Cleanse, Acne Clarifying Facial Scrub, Acne Clarifying Charcoal Mask, hingga Acne-Prone Facial Hydrate.

Nah, itulah 5 cara mengatasi jerawat dengan mudah. Hasilnya bisa jadi memang tidak instan. Namun, kelima cara tersebut di atas perlu dilakukan secara rutin agar hasilnya lebih terasa efektif dan maksimal. Semoga bermanfaat, ya!


0 Tanggapan untuk " 5 Cara Mengatasi Jerawat dengan Mudah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel