Ragam dan Fungsi Truk Pengangkut Alat Berat - KangMasroer.Com

Ragam dan Fungsi Truk Pengangkut Alat Berat

Ragam dan Fungsi Truk Pengangkut Alat Berat
(Image source: pixabay)

Truk pengangkut alat berat memiliki fungsi yang sangat berbeda dibandingkan dengan truk biasa. Bahkan dari bentuknya saja, keduanya pun sangat berbeda. Truk pengangkut alat berat memiliki fungsi utama untuk memindahkan alat berat dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Meski alat berat banyak yang memiliki roda dan bisa dikendarai, namun alat berat dilarang untuk melaju secara langsung di jalan raya.

Alasannya tentu saja adalah masalah keamanan. Ukuran alat berat sangat besar, namun di sisi lain jalannya lambat. Hal ini bisa memicu kecelakaan pada pengguna jalan lainnya. Untuk itulah dibutuhkan truk pengangkut alat berat yang bisa memindahkan alat dengan lebih cepat dan aman.

Di Indonesia sendiri, United Tractors menjadi salah satu tempat yang jual truk pengangkut alat berat berkualitas. Namun sebelum membelinya, ada baiknya Anda kenali dulu beberapa jenis truk pengangkut alat berat beserta fungsinya berikut ini:

Truk Self Loader

Truk self loader menjadi salah satu jenis favorit karena memiliki kelebihan dibandingkan jenis yang lain. Pada truk self loader, terdapat mesin hidrolik yang memungkinkan truk berposisi miring untuk menyeimbangkan berat alat berat di bagian belakang. Hal ini tentu memudahkan pengguna untuk menaikkan alat berat sebelum dipindahkan.

Di United Tractors, Anda bisa mendapatkan self loader dari merk Tadano. Truk pengangkut alat berat terbaik ini dilengkapi dengan jack remote control sehingga hidrolik bisa dioperasikan dengan mudah dari jarak jauh. Selain itu, juga terdapat winch dengan performa tinggi yang akan membantu meningkatkan produktivitas dan keamanan kerja.

Truk Towing

Meski fungsi utamanya adalah untuk mengangkut kendaraan yang mogok maupun rusak di tengah jalan, namun jenis truk ini juga bisa difungsikan untuk mengangkut alat berat berukuran kecil. Namun untuk alat berat yang besar dan bobotnya banyak, tentu tidak bisa dipindahkan menggunakan jenis truk ini.

Truk Tronton

Truk tronton bisa dibilang merupakan truk terbesar di kelasnya yang bisa mengangkut beban hingga 20 ton. Namun kekurangan dari truk ini adalah adanya bak tertutup di sisi kanan kiri, yang tentunya tidak bisa memuat alat berat dengan bentuk atau lebar tertentu. Namun untuk beberapa jenis alat berat yang ukurannya lebarnya tidak terlalu besar, truk jenis ini masih bisa digunakan. Biasanya truk tronton lebih sering dipakai untuk mengangkut material maupun mendistribusikan barang.

Truk Lossbak

Truk satu ini sebenarnya hampir sama dengan truk tronton, namun bedanya memiliki bagian belakang terbuka tanpa penutup di sisi kanan dan kiri. Hal ini memungkinkan truk lossbak bisa mengangkut alat berat dengan lebih fleksibel dari segi bentuk dan ukuran.

Truk Lowbed

Truk lowbed cocok digunakan mengangkut alat berat yang susah dipindahkan, berkat sasisnya yang sangat rendah. Selain itu, truk jenis ini umumnya memiliki panjang ekstra dibandingkan truk lain, sehingga cocok dipakai memindahkan alat berat yang berukuran besar atau memiliki alat yang cukup panjang.

Untuk Anda yang cari truk pengangkut alat berat indonesia berkualitas, tak perlu ragu berbelanja di United Tractors. Tak hanya menyediakan truk saja, United Tractors juga jual alat berat untuk berbagai sektor seperti pembangunan, pertambangan, pertanian, perkebunan, dan juga kehutanan. United Tractors juga menjadi distributor resmi untuk sejumlah brand terbaik dunia yang memiliki deretan produk alat berat canggih dan inovatif.


0 Tanggapan untuk " Ragam dan Fungsi Truk Pengangkut Alat Berat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel