9 Langkah Mudah Merawat Mobil Anda - KangMasroer.Com

9 Langkah Mudah Merawat Mobil Anda

9 Langkah Mudah Merawat Mobil Anda
Mobil yang rutin digunakan tentu memerlukan perawatan yang rutin juga. Merawat mobil dengan maksimal akan membuat kondisi mobil tetap awet dan nyaman digunakan. Lakukan pemeriksaan untuk memastikan seluruh komponen mobil bekerja dengan baik dan apakah ada bagian yang harus diganti. Berikut adalah 9 langkah mudah merawat mobil Anda

1. Perhatikan Kondisi Ban

Ban mobil memiliki peranan penting bagi keselamatan dan kenyamanan berkendara. Komponen inilah yang bergesekan langsung dengan jalanan dan juga menanggung berat kendaraan. Pastikan selalu rutin melakukan pengecekan ban mobil secara berkala demi mengetahui apakah tekanan anginnya sudah tepat, apakah permukaannya sudah mulai retak-retak atau apakah karet ban sudah mulai menipis dan perlu diganti. Jangan pernah menyepelekan kondisi ban yang mulai bermasalah, sebab hal ini bukan tidak mungkin bisa menjadi penyebab kecelakaan yang berbahaya saat Anda berkendara.

2. Pastikan Lampu Berfungsi Dengan Baik

Tentunya kita tahu, bahwa lampu mobil bukanlah sekadar aksesoris semata. Melainkan komponen keselamatan yang tujuannya tentu sebagai alat penerangan. Tak hanya menjadi sumber cahaya saat berkendara di malam hari atau cuaca gelap, lampu mobil berfungsi juga sebagai alat komunikasi. Contohnya adalah lampu sein, lampu ini merupakan isyarat yang wajib dipergunakan sebelum berbelok kanan atau kiri, atau sekadar menepi agar kendaraan di sekitar kita bisa menjaga jarak aman. Nah karena pentingnya fungsi lampu pada kendaraan, baiknya melakukan pemeriksaan lampu secara rutin juga jangan terlewatkan. Pastikan komponen lampu baik itu lampu depan, belakang, lampu kabut, lampu sein dan lampu rem semua berfungsi dengan baik.

3. Periksa Aki Mobil 

Aki mobil merupakan sumber listrik utama yang menghidupkan mobil. Jika aki telah usang atau akrab disebut dengan aki soak, mobil biasanya akan kesulitan untuk dinyalakan. Cara mudah merawat aki mobil adalah dengan mengetahui masa pakai aki tersebut. Biasanya aki mobil akan bertahan hingga 2-5 tahun. Salah satu penyebab aki mobil bisa berumur lebih pendek adalah cuaca. Jika mesin sering dalam keadaan terlalu panas kemudian ditambah dengan cuaca luar yang juga panas, biasanya cairan aki akan cepat menguap dan dan merusak struktur aki sehingga aki jadi cepat soak. Tak hanya itu, mobil yang terparkir terlalu lama dan jarang dipakai juga bisa menyebabkan aku jadi soak. Hal ini disebabkan pengisian daya aki lebih minim dan mengakibatkan komponen aki jadi kehilangan muatan listrik. Karenanya pastikan selalu melakukan pengecekan aki dan segera menggantinya jika diperlukan.

4. Ganti Oli Mesin

Mengganti oli mesin mobil adalah langkah perawatan rutin mobil yang wajib dilakukan agar performanya tetap terjaga. Manfaat dari mengganti oli mesin mobil antara lain mesin jadi lebih bersih, tarikan jadi lebih enteng, mobil jadi lebih awet dan terawat sehingga harga jualnya akan tetap stabil. Oli mobil memiliki masa pakai yang tak hanya bergantung pada jarak tempuh saja. Karenanya penting bagi Anda untuk mengganti oli mesin mobil sesuai dengan jadwalnya. Jika tidak dilakukan, mesin mobil akan mudah kotor dan berkarat, sehingga kerusakan berat akan terjadi dan butuh biaya yang mahal untuk memperbaikinya.

5. Gunakan Shampo Mobil

Untuk perawatan eksterior mobil Anda, tentunya cara paling mudah memastikan mobil selalu dalam keadaan bersih bebas dari debu dan kotoran, terutama sisa-sisa air hujan yang menempel. Gunakan shampo khusus mobil yang akan membersihkan sekaligus menjaga permukaan body mobil Anda. Selain itu Anda juga bisa rutin memoles permukaan mobil dengan menggunakan pasta poles. Biasanya pasta ini diformulasikan khusus untuk kendaraan agar tidak merusak lapisan cat permukaan mobil. Perawatan ini bisa Anda lakukan setidaknya 3 sampai 4 kali dalam setahun agar mobil tetap terlihat seperti baru. 

6. Cek Fungsi Transmisi 

Meskipun komponen transmisi mobil baik itu matic maupun manual terdiri dari rangkaian yang rumit, jangan ragu untuk selalu memeriksanya. Periksa cairannya dan isi ulang tepat waktu untuk menghindari kerusakan internal. Jika Anda menemukan beberapa gangguan, maka sebaiknya luangkan waktu untuk memperbaikinya.

7. Servis Rem 

Salah satu komponen terpenting dari setiap mobil adalah remnya. Rem mobil memiliki peran besar dalam menjaga keselamatan selama berkendara. Jadi, jika Anda merasa sistem pengereman Anda tidak bekerja secara efisien, segera perbaiki. Selalu sempatkan juga untuk memeriksa kondisi komponen cakram rem secara rutin walaupun tidak ada keluhan. 

8. Periksa Radiator 

Komponen penting lain dari mobil adalah radiator yang berperan besar dalam mendinginkan kendaraan. Overheating bisa menjadi gangguan bagi Anda yang selalu bisa dihindari jika radiator mobil Anda berfungsi dengan baik.

9. Rutin Servis Berkala

Trik merawat mobil yang paling bermanfaat bagi pemilik mobil adalah rutin melakukan servis berkala di bengkel yang terpercaya seperti bengkel resmi Suzuki. Anda mendapatkan akses suku cadang asli dan teknisi profesional yang terlatih.

Selalu perhatikan poin-poin ini agar mobil Anda tetap dalam kondisi prima saat mengemudi dan terbebas dari kendala mobil jangka panjang.


0 Tanggapan untuk "9 Langkah Mudah Merawat Mobil Anda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel