Tips Membuat Mezzanine, Hadirkan Ruang Minimalis nan Estetik - KangMasroer.Com

Tips Membuat Mezzanine, Hadirkan Ruang Minimalis nan Estetik

Tips Membuat Mezzanine, Hadirkan Ruang Minimalis nan Estetik
(Image: https://www.instagram.com/p/CcpP98iPX35/) 

Membuat mezzanine menjadi solusi bagi Anda yang ingin memiliki ruang tambahan di rumah minimalis. Mezzanine adalah ruang atau lantai tambahan yang berada tengah antara lantai bawah dan plafon atau atap rumah. Umumnya luas mezzanine hanya sepertiga dari luas ruangan sehingga cukup simpel dan tidak memakan banyak space. 

Konsep mezzanine cocok diterapkan bagi Anda yang tinggal di perkotaan dengan luas rumah yang terbatas. Dengan membuat mezzanine, Anda bisa memiliki ruang tambahan tanpa harus merombak bangunan rumah. Namun seringkali keinginan membuat mezzanine harus tertunda karena modal belum mencukupi. 

Apabila ingin segera membuat mezzanine, Anda bisa mengajukan pinjaman KTA dari perbankan untuk mendapat tambahan modal. Dengan memanfaatkan pinjaman KTA, keinginan Anda untuk memiliki mezzanine bisa terwujud dengan cepat. Namun sebelum itu, Anda harus tahu tips membuat mezzanine dan rincian keperluan yang dibutuhkan. 

Tips Membuat Mezzanine

Membuat mezzanine biasanya dilakukan oleh keluarga yang membutuhkan ruang tambahan di rumah minimalis. Mezzanine bisa difungsikan sebagai kamar tambahan, ruang santai, ruang kerja, perpustakaan, dan sebagainya. Pastinya Anda dan keluarga ingin membuat mezzanine yang aesthetic dan berfungsi secara maksimal. 

Berikut ini sejumlah hal yang perlu Anda perhatikan saat ingin membuat mezzanine:

1. Sesuaikan dengan Tinggi dan Luas Bangunan

Tips Membuat Mezzanine
(Image: https://www.instagram.com/p/CbwmvRUvQjx/) 

Hal pertama yang wajib Anda perhatikan saat akan membuat mezzanine adalah menyesuaikan tinggi dan luas ruangan. Setelah menentukan ruang yang akan diisi dengan mezzanine, pastikan Anda memperhitungkan tinggi dan luas mezzanine yang ideal. 

Tinggi lantai mezzanine harus berada dalam posisi di tengah antara atap atau langit-langit plafon dengan lantai ruangan. Anda juga perlu memastikan tinggi lantai mezzanine tidak menghalangi kepala Anda saat melintas di bawahnya. Ahli desain bangunan menyarankan tinggi ideal ruang mezzanine yakni 440 cm. 

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan luas ruangan yang digunakan untuk membuat mezzanine. Luas mezzanine yang ideal adalah sepertiga dari luas ruangan utama. Dengan begitu mezzanine tidak akan membuat ruangan menjadi sesak dan tidak mengganggu sirkulasi udara. 

2. Perhatikan Fungsi Ruang Mezzanine

Anda juga perlu memperhatikan fungsi ruang mezzanine yang akan dibuat. Ruang mezzanine dibangun dengan konsep semi terbuka atau ruang tanpa penutup. Pastikan penggunaan ruang mezzanine tidak mengganggu kenyamanan keluarga Anda dalam beraktivitas di rumah. 

Tentukan juga fungsi ruang mezzanine untuk kebutuhan apa? Apakah sebagai ruang kerja, ruang santai, ruang belajar, atau ruang bermain anak. Apabila ingin menggunakan ruang mezzanine sebagai tempat bermain anak, maka harus ada pembatas demi menjaga keamanan anak. 

Perhatikan Pencahayaan dan Sirkulasi Udara

Pencahayaan dan sirkulasi udara juga menjadi hal yang tak boleh Anda lewatkan saat membuat mezzanine. Meski memanfaatkan ruang yang sudah ada, mezzanine juga harus mendapat pencahayaan yang optimal dan sirkulasi udara yang baik. 

Untuk menghadirkan aliran udara di ruang mezzanine, Anda perlu membuat ventilasi dan jendela yang sesuai luas ruangan. Selain membuka akses udara dari luar, Anda juga bisa melancarkan sirkulasi udara memakai kipas angin atau AC. 

Sementara untuk pencahayaan di ruang mezzanine, Anda harus menyesuaikan dengan fungsinya. Misalkan ruang mezzanine digunakan sebagai tempat belajar, maka Anda harus menghadirkan pencahayaan yang mendukung kenyamanan belajar. Anda juga bisa memasang lampu khusus untuk kebutuhan belajar. Saat siang hari, Anda bisa memanfaatkan sinar matahari untuk menerangi ruang mezzanine. 

3. Merancang Desain dan Denah Ruang Mezzanine

Selanjutnya Anda perlu merancang desain dan denah ruang mezzanine. Seperti membuat ruang baru pada umumnya, Anda harus merencanakan desain ruangan, gaya interior, furniture, hingga material yang akan digunakan. 

Untuk memilih konsep desain mezzanine, Anda bisa mencari referensi di media sosial atau internet. Pastikan Anda memilih desain yang sesuai dengan keinginan keluarga dan kondisi ruangan Anda. Pemilihan material juga perlu dipertimbangkan secara matang. Anda bisa memakai material yang bisa menyatu dengan bangunan utama, seperti baja ringan, beton ringan, atau kayu. Sementara pembatas mezzanine bisa menggunakan kayu, kaca, atau railing. 

4. Memilih Tangga Sesuai Fungsi

Saat membangun mezzanine, Anda juga harus mempertimbangkan pilihan tangga. Sebab tangga tersebut menjadi akses untuk naik ke lantai mezzanine. Pastikan tangga yang digunakan terbuat dari material yang aman dan nyaman saat dipijak naik dan turun. 

Memilih tangga juga harus sesuai dengan fungsi ruang mezzanine. Selain itu, desain tangga juga harus disesuaikan dengan konsep mezzanine dan senada dengan dekorasinya. Apakah konsep mezzanine Anda bergaya industrial, gaya natural kayu, gaya soft, dan lainnya. 

Rincian Keperluan untuk Membuat Mezzanine

Setelah merancang desain dan denah mezzanine yang akan dibangun, selanjutnya Anda perlu menyiapkan dana untuk membuat mezzanine. Pembangunan mezzanine memerlukan sejumlah material dan beberapa bagian pengerjaan. 

Berikut ini daftar keperluan yang dibutuhkan untuk membuat ruang mezzanine:

1. Biaya Rangka Lantai

Pembangunan mezzanine membutuhkan rangka lantai yang kuat untuk menopang barang-barang atau perabot yang akan diletakkan di atasnya. Pastikan rangkanya juga mampu menahan sejumlah orang saat berada di mezzanine. 

Rangka untuk ruang mezzanine biasanya memakai material galvanis. Harga besi galvanis bisa berbeda-beda tergantung dari kualitasnya. Untuk besi galvanis standar dijual dengan harga Rp500.000 per meternya. 

2. Biaya Pembuatan Tangga

Tangga untuk ruang akses naik mezzanine bisa menggunakan material besi. Tinggi tangga mezzanine umumnya hanya sekitar 2 meter. Harga tangga untuk ruang mezzanine kisaran Rp300.000 per meternya. Tinggi tangga dan jenis material yang dipilih akan menentukan biaya pembuatan mezzanine. 

3. Biaya Pembuatan Pagar 

Pagar mezzanine bisa dibuat dengan berbagai konsep sesuai keinginan dan fungsi ruangan. Anda bisa membuat pagar kayu, pagar besi bersela, pagar full tanpa sela, dan konsep lainnya. Untuk menghemat biaya, sebaiknya Anda menempatkan mezzanine di pojok ruangan atau menempel pada dinding. 

4. Biaya Alas Lantai

Ada banyak jenis alas lantai yang bisa Anda pilih untuk ruang mezzanine. Salah satu material yang bisa Anda pilih adalah berbahan triplek. Sebaiknya Anda menggunakan triplek yang tebalnya minimal 2 cm supaya kokoh sebagai alas mezzanine. Harga triplek tersebut kisaran Rp300.000 per lembarnya. 

5. Biaya Lapisan Vinyl

Lantai ruang mezzanine juga perlu dilapisi supaya nyaman saat diduduki. Anda bisa menggunakan lantai vinyl sebagai pelapisnya. Harga karpet vinyl dengan kualitas standar yakni kisaran Rp140.000 per meter. 

6. Biaya Plafon

Rangka bagian bawah lantai mezzanine juga perlu dilapisi dengan plafon supaya lebih rapi dan tampak cantik. Harga atap plafon minimalis kisaran Rp500.000 per meter. Harga plafon juga bisa berbeda-beda tergantung dari kualitasnya. 

7. Biaya Material Lainnya

Saat menyiapkan dana untuk membuat mezzanine, jangan lupa untuk menghitung biaya material lainnya. Anda juga memerlukan tambahan biaya untuk membeli baut, paku, dan material pendukung lainnya. 

Itulah daftar keperluan yang harus Anda siapkan untuk membuat mezzanine. Harga material dan biaya jasa tukang bisa berbeda-beda di tiap daerah dan seiring bergantinya tahun. Jadi Anda perlu melakukan riset mengenai harga sejumlah komponen biayanya sesuai dengan tempat tinggal Anda. 

Menggunakan Pinjaman KTA untuk Modal Membuat Mezzanine

Setelah memahami tips di atas pastinya Anda semakin yakin dan ingin segera membuat mezzanine. Membuat ruang mezzanine memang membutuhkan biaya tidak sedikit. Jika saat ini dana Anda masih terbatas, Anda bisa memanfaatkan pinjaman KTA sebagai tambahan modal membangun mezzanine. Dengan begitu keinginan untuk memiliki ruang tambahan di rumah minimalis bisa terwujud secepatnya. 

Salah satu pinjaman KTA bunga rendah yang bisa Anda pilih adalah PermataKTA. Layanan KTA dari PermataBank ini memberikan pinjaman dana dalam jumlah besar hingga Rp300 juta sehingga sangat mendukung kebutuhan Anda untuk membuat mezzanine. Pengajuan PermataKTA bisa Anda lakukan secara online melalui aplikasi mobile banking PermataMobile X yang tersedia di Play Store dan juga App Store.

Untuk mengetahui informasi selengkapnya, Anda bisa mengunjungi laman https://www.permatabank.com/id/kta-retail/permatakta.

0 Tanggapan untuk " Tips Membuat Mezzanine, Hadirkan Ruang Minimalis nan Estetik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel