Kenali Operasi Bariatrik: Manfaat, Prosedur dan Biayanya - KangMasroer.Com

Kenali Operasi Bariatrik: Manfaat, Prosedur dan Biayanya

Kenali Operasi Bariatrik: Manfaat, Prosedur dan Biayanya
(Image source: Pexels)

Mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui apa itu operasi bariatrik. Dalam laman National Library of Medicine menyebutkan bahwa operasi bariatrik adalah pengobatan paling efektif untuk menurunkan berat badan dengan hasil yang dapat bertahan lama jika dibandingkan dengan modifikasi gaya hidup. 

Kamu dapat melakukan operasi satu ini dengan menggunakan pinjaman bunga rendah. Biasanya operasi ini dilakukan oleh pengidap obesitas yang memiliki risiko tinggi mengalami gangguan kesehatan tertentu. 

Manfaat Operasi Bariatrik

Faktanya, The London Obesity Group menyebutkan bahwa orang yang menjalani operasi satu ini berhasil kehilangan berat badannya setidaknya sebesar sebanyak 50%. Hasilnya ini tentu dapat bervariasi tergantung pada jenis operasi yang dilakukan. 

Misalnya, operasi bypass dapat mengurangi berat badan berlebih sekitar 70 persen, operasi saklar duodenum dapat mengurangi berat badan berlebih sekitar 80 persen, sedangkan operasi gastrektomi dapat mengurangi berat badan berlebih sekitar 30 hingga 80 persen. 

Untuk mengetahui keberhasilan dari operasi bariatrik yang telah dilakukan, biasanya akan dipantau oleh dokter untuk periode waktu 18 hingga 24 bulan. Beberapa manfaat yang dapat diperoleh setelah melakukan operasi bariatrik adalah:

• Turunkan Hormon Lapar

Dengan operasi bariatrik ini, manfaat pertama yang dapat ditimbulkan adalah mampu menurunkan produksi hormon yang memicu rasa lapar dan  mampu meningkatkan proses metabolisme tubuh. Caranya yaitu dengan melakukan pengaturan ulang proses metabolisme tubuh untuk mencegah terjadinya kenaikan berat badan.

• Mengurangi Risiko Penyakit Kencing Manis

Bagi orang-orang tertentu yang mengalami kondisi sindrom metabolik, setelah melakukan operasi bariatrik akan mengurangi tanda dan juga gejala penyakit kencing manis yang mengancam. 

• Dapat Meningkatkan Kualitas Hidup

Selain bertujuan untuk mengurangi berat badan berlebih, ternyata operasi bariatrik dapat membantu untuk meningkatkan kualitas hidup pasien sehingga dapat menjadi lebih sehat. Bahkan operasi ini dapat menurunkan risiko kematian sebesar 40 persen yang bisa diakibatkan oleh komplikasi penyakit.  

Prosedur Operasi Bariatrik

Sebaiknya tidak gegabah memutuskan bahwa kamu memerlukan prosedur operasi bariatrik. Sebab, seseorang dapat melakukan operasi bariatrik jika mengalami kondisi seperti berikut:

● Mengalami obesitas parah yang dimana indeks massa tubuhnya melebihi 40;

● Mengalami obesitas morbid dimana indeks massa tubuhnya mulai dari 35 hingga 39,9 disertai dengan masalah kesehatan yang serius seperti halnya diabetes, penyakit jantung, hipertensi, dan juga sleep apnea.

Kamu dapat memastikan dua kondisi di atas dengan berkonsultasi pada dokter spesialis. Jika dokter sudah memberikan imbauan untuk melakukan prosedur operasi bariatrik, maka kamu dapat mempersiapkan dana dengan pinjaman bunga rendah dan seluruh persyaratan yang diperlukan. 

Apabila sudah siap, maka dokter akan memberikan beberapa informasi penting, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Persiapan sebelum dilakukannya tindakan operasi;
  • Pemeriksaan medis secara keseluruhan;
  • Batasan asupan makanan dan minuman yang tinggi serat dan juga konsumsi obat-obatan tertentu;
  • Memberikan saran untuk memulai latihan fisik secara aktif dan berhenti merokok.

Prosedur Operasi Bariatrik(Image source: Pexels)

Sebelum operasi dilakukan, pasien akan diberikan anestesi umum sehingga pasien akan berada pada kondisi tertidur selama operasi berlangsung. Ini karena pada umumnya, operasi bariatrik termasuk dalam operasi besar dan terbuka dengan membuat sayatan berukuran cukup besar di bagian perut.

Kemudian, perlu kamu ketahui bahwa terdapat beberapa jenis prosedur operasi bariatrik yang dilakukan di dunia medis, yaitu:

• Bypass Lambung

Ini merupakan prosedur operasi bariatrik yang umum dilakukan. Operasi ini bertujuan mengurangi kemampuan perut dalam menampung makanan dan juga menurunkan penyerapan nutrisi. 

Disini Dokter akan memotong bagian atas lambung dan kemudian dokter akan memotong usus kecil, lalu menutup kembali bagian lambung yang tersisa. Sehingga pada saat makanan masuk akan secara langsung menuju ke usus halus di bagian tengah.

Setelah operasi ini dilakukan, lambung hanya dapat menampung sekitar 30 gram makanan saja yang sebelumnya dapat menampung makanan hingga tiga liter. Kondisi inilah yang membuat berat badan dapat menurun cukup drastis.

• Gastrektomi Sleeve 

Prosedur ini merupakan sebuah cara dimana Dokter akan melakukan pengangkatan kurang lebih 80 persen bagian lambung sehingga yang tersisa hanyalah kantong panjang dengan ukuran seperti tabung. 

Sama seperti prosedur sebelumnya, prosedur operasi satu ini bertujuan untuk mengurangi asupan makanan ke tubuh dan juga mengurangi terbentuknya hormon ghrelin yang berfungsi untuk mengatur nafsu makan sehingga hasilnya lebih efektif. 

Dengan pengajuan pinjaman online KTA tidak menutup kemungkinan kamu juga dapat melakukan operasi satu ini.

• Duodenal Switch

Prosedur satu ini terbagi lagi menjadi dua jenis yaitu, yang pertama hampir sama dengan prosedur operasi gastrektomi. Kemudian yang kedua adalah dengan cara mengaitkan usus bagian ujung pada duodenum yang letaknya sangat dekat dengan bagian lambung. 

Prosedur duodenal switch juga memiliki tujuan yang sama yaitu untuk menurunkan asupan makanan yang masuk ke lambung dan secara otomatis dapat mengurangi daya serap tubuh akan nutrisi yang berasal dari makanan. Namun sayangnya, prosedur ini memiliki risiko yang cukup tinggi akan defisiensi vitamin dan juga malnutrisi.

• Adjustable Gastric Band

Pada prosedur operasi satu ini, sederhananya lambung akan diikat menggunakan alat khusus dengan bentuk menyerupai cincin. Setelah alat ini terpasang, dokter akan mengencangkan atau mengendorkan cincin tersebut sesuai dengan kebutuhan. 

Adanya cincin ini akan membatasi asupan jumlah makanan yang masuk ke dalam lambung dan membuat perut terasa lebih cepat kenyang. 

Agar dapat melakukan operasi bariatrik dengan dokter dan fasilitas terbaik, pastikan kamu  menyiapkan dana yang cukup! Karena operasi bariatrik ini dapat menelan biaya mulai dari puluhan hingga ratusan juta tergantung jenis, rumah sakit, dan fasilitas yang akan digunakan.

Sekalipun biaya yang dibutuhkan cukup besar, ada solusi untukmu! Kamu bisa mengandalkan digibank KTA! Ini adalah pinjaman bunga rendah berlimit hingga Rp200 juta yang bisa diperoleh dengan approval cuma 60 detik. Kamu tidak memerlukan dokumen fisik untuk apply.

Jadi, ayo ajukan pinjaman digibank KTA dan lakukan operasi bariatrik demi kesehatan yang lebih baik! Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai syarat dan proses apply, kamu bisa klik di sini!


0 Tanggapan untuk "Kenali Operasi Bariatrik: Manfaat, Prosedur dan Biayanya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel