Sebelum Berutang, Ketahui 5 Manfaat Utang Produktif - KangMasroer.Com

Sebelum Berutang, Ketahui 5 Manfaat Utang Produktif

Sebelum Berutang, Ketahui 5 Manfaat Utang ProduktifImage source: freepik.com/jcomp

Apa yang dimaksud dengan utang produktif? Utang produktif adalah jenis utang yang diambil dengan tujuan untuk menghasilkan pendapatan atau nilai yang dapat meningkatkan kondisi keuangan kamu dalam jangka panjang. Sebelum memutuskan untuk mengambil utang produktif, penting untuk memahami manfaat-manfaat yang dapat kamu peroleh dari penggunaan utang produktif dengan cara yang tepat.

Dilansir dari situs ilovelife.co.id tidak semua utang berdampak buruk. Kamu bisa mengambil dan mengelola utang dengan cara yang benar agar produktif dan bisa mendatangkan manfaat lebih banyak pada kondisi keuangan jangka panjang. Ini termasuk penggunaan paylater yang saat ini sedang tren.

Banyak orang menggunakan metode pembayaran tertunda untuk memenuhi kebutuhan konsumtif saja. Padahal, jika digunakan dengan cara yang bijak, salah satu bentuk pinjaman online tersebut bisa menjadi jenis utang produktif yang mendatangkan keuntungan finansial kamu. Maka dari itu, kamu perlu menggunakan aplikasi paylater terbaik dan mengatur dananya agar mendapat manfaat yang lebih besar.

Manfaat Utang Produktif

Manfaat Utang ProduktifImage source: freepik.com/jcomp

Semua jenis utang wajib dikelola dengan benar agar tidak mengganggu kondisi finansial kamu. Lantas apa manfaat utang  jangka panjang bagi perusahaan? Utang produktif untuk kebutuhan operasional perusahaan atau bisnis digunakan untuk meningkatkan aset dan pendapatan kamu lebih besar lagi. Berikut ini beberapa manfaat utang produktif bagi bisnis yang perlu kamu ketahui.

1. Peningkatan Modal Usaha

Mengambil utang untuk mendirikan atau mengembangkan bisnis adalah strategi umum yang digunakan oleh pengusaha. Kamu bisa memperoleh modal yang diperlukan untuk mengembangkan bisnis dengan mengambil utang. Ini dapat mencakup modal awal, inventaris, atau perluasan operasional bisnis.

2. Meningkatkan Potensi Keuntungan Lebih Tinggi

Dana utang yang kamu kelola untuk kebutuhan bisnis, maka kamu berpeluang meningkatkan potensi keuntungan bisnis lebih besar dari jumlah utang yang kamu ambil. Oleh karena itu, kamu wajib melakukan pengelolaan utang dengan benar, seperti memisahkan dana bisnis dengan dana pribadi, mengatur anggaran utang, mengoptimalkan dana utang dengan menerapkan strategi bisnis yang tepat, dan menjalankan operasional bisnis dengan lebih baik.

3. Pengelolaan Aset Lebih Leluasa

Utang produktif untuk kebutuhan bisnis bisa meningkatkan aset bisnis kamu lebih tinggi dari sebelumnya. Kamu juga bisa mengelola aset bisnis dengan lebih leluasa dan tidak mudah melakukan pencairan aset likuid yang dimiliki. Bisnis kamu bisa tetap berjalan dengan stabil tanpa perlu kehilangan aset bisnis yang kamu bangun sejak bisnis mulai dijalankan.

4. Diversifikasi Portofolio Investasi

Utang produktif dapat membantu kamu melakukan diversifikasi portofolio investasi. Ini berarti kamu tidak hanya mengandalkan satu jenis investasi untuk pertumbuhan kekayaan dan aset bisnis. Diversifikasi juga bisa membantu mengurangi risiko bisnis yang mungkin terjadi, sekaligus juga meningkatkan potensi keuntungan bagi bisnis dalam jangka panjang.

5. Peningkatan Skor Kredit

Mengelola utang produktif dengan baik dapat membantu meningkatkan skor kredit bisnis kamu. Skor kredit sangat penting untuk pertumbuhan bisnis jangka panjang. Jika skor kredit terus meningkat, maka kamu bisa mendapatkan akses lebih mudah ke pinjaman dengan suku bunga yang lebih rendah di masa depan. 

Contoh-Contoh Utang Produktif

Secara umum, semua utang yang diambil untuk kebutuhan bisnis dan usaha adalah contoh utang produktif. Untuk lebih jelas lagi, berikut ini beberapa contoh produk pinjaman yang termasuk dalam utang produktif.

1. Kredit Usaha

Produk pinjaman ini merupakan utang produktif yang sangat bermanfaat untuk memulai dan mengembangkan bisnis kamu. Kamu bisa mendanai operasional bisnis kamu dengan leluasa

2. Kredit Modal Kerja

Produk pinjaman ini diberikan untuk membiayai kebutuhan operasional bisnis. Kredit modal kerja bersifat sementara dan digunakan untuk menjaga likuiditas bisnis agar tetap berjalan lancar.

3. KPR Komersial 

Produk KPR untuk membeli rumah, ruko, atau properti lain yang ditujukan untuk bisnis dan komersial merupakan utang produktif sekaligus investasi. Nilai aset properti akan terus bertambah, di saat yang sama kamu bisa mendapatkan keuntungan dari properti yang disewakan atau digunakan sebagai tempat operasional bisnis lain.

4. Pinjaman Dana Pendidikan

Produk pinjaman dengan tujuan untuk dana pendidikan juga termasuk utang produktif. Setelah menyelesaikan pendidikan, kamu bisa bekerja dan menghasilkan uang lebih banyak dibandingkan pinjaman dana pendidikan yang telah diambil. Pendidikan juga merupakan investasi masa depan agar kehidupan dan kondisi keuangan kamu jadi lebih baik.

Manfaatkan PayLater di Bank Digital Jadi Utang Produktif

Seperti yang telah kamu ketahui, paylater secara umum digunakan sebagai utang konsumtif untuk membiayai kebutuhan harian kamu. Namun sebenarnya, jenis pinjaman online ini bisa dimanfaatkan sebagai utang produktif juga. Kamu hanya perlu menggunakan dana yang didapat untuk kebutuhan operasional bisnis dan memisahkannya dari penggunaan pribadi.

Kamu bisa mengakses pinjaman tersebut melalui aplikasi paylater terbaik, yaitu digibank by DBS. Platform perbankan digital ini menawarkan sederet keunggulan yang bisa kamu manfaatkan untuk mengubah pinjaman konsumtif dan produktif bagi kebutuhan operasional bisnis kamu. 

Adapun kelebihan paylater di digibank by DBS adalah:

  • Kamu bisa akses dan monitor 24/7 di Aplikasi digibank by DBS
  • Kartu Kredit cicilan ringan hingga 60 bulan dengan approval dalam 60 detik
  • GRATIS iuran tahun pertama

Kamu bisa segera memanfaatkan limit pinjaman untuk memenuhi kebutuhan operasional dan pengembangan bisnis. Pengelolaan dana bisnis jadi lebih mudah dengan akses digibank by DBS selama 24/7 melalui 1 aplikasi saja. Kamu bisa memonitor penggunaan dana pinjaman tersebut agar sesuai dengan tujuannya, yaitu mengembangkan bisnis kamu.

Tertarik mendapatkan pinjaman produktif di digibank by DBS? Langsung klik di sini untuk informasi produk lebih lengkap.


0 Tanggapan untuk "Sebelum Berutang, Ketahui 5 Manfaat Utang Produktif"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel