5 Tips Jaga Arus Kas Seimbang saat Biaya Hidup Makin Tinggi - KangMasroer.Com

5 Tips Jaga Arus Kas Seimbang saat Biaya Hidup Makin Tinggi

5 Tips Jaga Arus Kas Seimbang saat Biaya Hidup Makin Tinggi
(Image souce: Pexels/Michael Burrows)

Kemudahan transaksi saat ini seharusnya membuat kita bisa mengatur keuangan secara lebih efektif dan efisien. Misalnya saja lewat metode transaksi paylater atau pembayaran nanti yang memungkinkan kita menjaga arus kas tetap seimbang. Selain itu berbagai fitur transaksi digital lainnya juga perlu diperhitungkan. 

Hanya saja saat ini biaya hidup yang harus ditanggung cenderung semakin tinggi. Kondisi tersebut membuat banyak orang merasa kesulitan untuk menjaga cash flow atau arus kas keuangan mereka tetap seimbang. Jika kamu juga merasakan hal yang sama, mari cari tahu lebih jauh apa saja yang bisa kamu lakukan. 

Tips Menjaga Arus Kas Seimbang

Saat ini masyarakat mulai menyadari bahwa biaya hidup yang harus kita tanggung semakin besar dengan penyebab bervariasi. Dikutip dari Katadata Media Network, dari 1000 responden yang disurvei ada 75% yang memprediksi peningkatan biaya hidup terjadi karena kenaikan BBM. 

Selain itu ada total 73% yang memprediksi akan ada inflasi di tahun 2024 mendatang. Hal ini tentu menjadi perhatian khusus bagi kita apalagi jika kita tetap ingin memenuhi kebutuhan hidup di masa depan. Penting sekali bagi kita untuk menjaga keuangan tetap stabil di tengah kondisi yang semakin sulit ini. 

Salah satu upaya yang dapat kita lakukan adalah menjaga arus kas atau cash flow agar tetap stabil. Hanya saja hal ini tidak mudah untuk dilakukan apalagi saat biaya hidup semakin tinggi. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga keseimbangan arus kas di tengah situasi biaya hidup yang terus meningkat:

● Buat Anggaran Dana Lebih Ketat

Tips pertama, kamu perlu membuat anggaran dana yang lebih ketat dari sebelumnya. Saat biaya hidup semakin tinggi maka kamu harus mengatur keuangan terutama pengeluaranmu lebih baik lagi. Buatlah anggaran keuangan yang benar-benar sesuai kebutuhan dan kemampuanmu. 

Penyusunan anggaran dana bulanan ini juga harus detail agar jelas kemana saja uang akan dikeluarkan. Kamu juga bisa mencari alternatif lain untuk mengeluarkan uang jika dirasa pengeluaranmu terlalu besar. Dalam perencanaan anggaran ini, pastikan pemasukan dan pengeluaran berjalan seimbang. 

● Selalu Evaluasi Pengeluaranmu

Kamu juga harus selalu mengevaluasi pengeluaran yang sudah kamu lakukan. Jika kamu sudah menyusun rencana anggaran maka akan lebih mudah untuk mengevaluasi pengeluaran tersebut. Kamu bisa memastikan apakah pengeluaranmu memang sudah sesuai dengan rencana anggaran atau belum. 

Ini juga menjadi cara termudah untuk melihat apakah arus kasmu sudah stabil. Jika pengeluaran terlalu besar maka secara otomatis cash flow tidak seimbang. Artinya kamu perlu melakukan evaluasi dan perbaikan agar pengeluaran sesuai kebutuhan dan seimbang dengan pemasukan. 

Tips Menjaga Arus Kas Seimbang(Image source: Pexels/Picjumbocom)

● Buatlah Prioritas dalam Kebutuhanmu

Belajarlah untuk membuat prioritas dalam kebutuhanmu. Saat biaya hidup semakin tinggi maka hal yang penting untuk dilakukan adalah lebih bijak dalam menggunakan uang. Apalagi jika kamu punya kebutuhan yang cukup banyak jenisnya, pisahkan dan urutkan sesuai prioritas. 

Melalui cara ini, bukan tidak mungkin kamu akan menemukan hal-hal yang selama ini seperti kamu butuhkan padahal sebenarnya tidak. Kamu akan lebih bijak mengeluarkan uang dan tahu apa saja yang sebenarnya penting. Jika pengeluaranmu fokus pada hal-hal penting, maka stabilitas arus kas pasti lebih terjaga. 

● Selalu Siapkan Dana Darurat atau Cadangan

Pastikan kamu juga selalu mempersiapkan dana darurat atau cadangan untuk berjaga-jaga. Ini sangat penting untuk kamu lakukan mengingat biaya hidup saat ini semakin tinggi dan situasi juga sulit diprediksi. Jangan hanya fokus pada pemenuhan kebutuhan namun penuhi juga alokasi dana daruratmu. 

Dana darurat dan dana cadangan ini bisa kamu simpan di berbagai tempat. Mulai dari rekening atau tabungan bank, instrumen investasi, dan lain sebagainya. Lebih baik menyimpannya di beberapa tempat berbeda jadi ada banyak sumber dana cadangan yang bisa diandalkan. 

● Belanja Bijak Pakai Metode yang Tepat

Tidak bisa dipungkiri bahwa pengeluaran terbesar kita adalah saat berbelanja. Jadi kamu bisa mulai memilih langkah atau cara belanja yang paling tepat. Misalnya saja belanja dengan menggunakan fitur paylater. Ini akan sangat membantu kamu untuk menjaga cash flow agar tetap seimbang. 

Apa itu paylater? Ini merupakan metode transaksi beli sekarang bayar nanti. Cara ini bisa kamu pakai jika kamu harus membeli sesuatu atau mengeluarkan uang dalam jumlah besar. Arus kas bisa jadi tidak seimbang jika ada pengeluaran terlalu besar jadi kamu bisa menggunakan fitur transaksi tersebut. 

Melalui cara ini, kamu bisa melakukan pembayaran secara bertahap. Pengeluaranmu bisa lebih dikendalikan dan tidak perlu mengeluarkan dana cukup besar dalam satu waktu. Asalkan kamu memakai layanan paylater ini dengan bijak maka kamu bisa mendapat banyak keuntungan dan lebih mudah mengatur cash flow. 

Belanja Pakai Paylater Aman dari Bank Digital

Kini kamu bisa menggunakan fitur pembayaran nanti tersebut dengan mudah dan aman lewat bank digital. Belanja lebih praktis tanpa merusak cash flow dengan fitur digibank Pay Later dari digibank by DBS yang menawarkan banyak keuntungan. 

Berikut ini beberapa kelebihan yang dimiliki oleh layanan digibank Pay Later dari digibank by DBS, diantaranya: 

Dengan digibank ini, kamu bisa mendapatkan berbagai keuntungan, seperti: 

  • Pilihan cicilan hingga 60 bulan
  • Konversi cicilan instant 24/7 melalui aplikasi digibank
  • Monitor status cicilan kapanpun dan dimanapun

Kehadiran fitur transaksi paylater ini sebaiknya kamu manfaatkan dengan bijak untuk keuntungan pribadi. Kamu bisa mulai menggunakan digibank Pay Later dari digibank by DBS yang memberi banyak keuntungan tadi untuk mengatur cash flow agar selalu seimbang. Silakan klik di sini jika kamu ingin mengakses informasi lebih lengkap.  


0 Tanggapan untuk "5 Tips Jaga Arus Kas Seimbang saat Biaya Hidup Makin Tinggi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel