3 Jenis Keramik untuk Kolam Renang Indoor dan Tips Memilihnya - KangMasroer.Com

3 Jenis Keramik untuk Kolam Renang Indoor dan Tips Memilihnya

3 Jenis Keramik untuk Kolam Renang Indoor dan Tips Memilihnya
Pexels/Pixabay


Memiliki kolam renang indoor tentu menjadi impian semua orang. Jika Anda ingin membangunnya, maka wajib mengetahui berbagai hal penting, termasuk jenis keramik yang cocok digunakan untuk area tersebut. Hal ini penting karena pemilihan keramik menentukan kualitas bangunan kolam renang.

Pada artikel kali ini, Anda akan mendapat informasi tentang variasi dan motif keramik, serta tips memilih keramik untuk kolam renang indoor berkualitas. Selain itu, Anda akan direkomendasikan produk terbaik untuk mendukung kualitas keramik kolam renang.

3 Jenis Keramik Lantai Kolam Renang Indoor

Sebelum membangun kolam renang indoor, sebaiknya Anda menentukan variasi keramik yang akan digunakan. Keramik ini berfungsi sebagai dasar atau lantai pembuatan kolam renang. Berikut ini tiga jenis atau variasi keramik yang dapat digunakan sebagai lantai kolam renang indoor.

● Keramik Kaca

Variasi pertama adalah keramik kaca atau glass pool tiles, yang mana jenis ini memiliki serat kaca yang mendukung tampilan kolam renang indoor Anda lebih indah. Daya tahan jenis kaca keramik ini cukup tinggi, yaitu anti jamur, anti noda, dan tahan terhadap bahan kimia, sehingga Anda tidak perlu melakukan perawatan khusus.

● Keramik Mosaik

Jenis keramik kedua yang cocok untuk kolam renang indoor adalah keramik mosaik. Jenis ini memiliki motif yang tidak hanya indah, tetapi juga memiliki kelebihan daya tahan yang cukup tinggi. 

Pertama, tidak mudah pecah dan memiliki daya tahan yang baik terhadap tekanan air. Kedua, perawatan yang mudah menjadi keunggulan keramik mosaik.

● Keramik Batu Alam

Terakhir, ada variasi keramik batu alam, yang mana jenis ini menjadi favorit banyak orang. Walaupun untuk perawatannya cukup rumit, jenis batu alam untuk bahan keramik kolam renang masih digandrungi masyarakat. 

Alasannya karena nilai estetika yang cukup tinggi dengan berbagai pilihan warna sesuai dengan konsep kolam renang indoor Anda. 

Macam-macam Motif Keramik Lantai Kolam Renang Indoor

Selain berbagai jenis atau variasi keramik, terdapat pula macam-macam motif terbaik untuk mendukung pembangunan lantai kolam renang indoor Anda. Berikut ini macam-macam motif yang dapat Anda ketahui.

● Motif Keramik Kayu

Motif kayu yang digunakan untuk lantai kolam renang indoor akan menampilkan kesan natural, mewah, dan nyaman. Warna alami dari kayu akan memberikan kesan dan nilai aesthetic yang tinggi. Maka dari itu, motif ini dapat menjadi alternatif bagi Anda yang sedang membangun kolam renang indoor.

● Motif Keramik Pasir

Kedua, terdapat motif keramik pasir yang juga dapat digunakan sebagai lantai dasar kolam renang indoor. Keunggulan motif ini adalah tidak mudah licin karena memiliki tekstur kasar. Selain itu, keramik dengan motif pasir terkesan lebih netral dan sesuai dengan konsep apa saja.

● Motif Keramik Teraso

Terakhir adalah motif keramik teraso yang cocok bagi Anda penyuka konsep dan desain klasik dengan warna natural. Anda dapat memilih berbagai warna seperti warna cokelat, krem, dan hijau. Keramik teraso terbuat dari pecahan marmer yang memiliki dua jenis permukaan, yaitu kasar atau pebble wash dan mengkilap atau glossy.

Tips Memilih Keramik Lantai Kolam Renang Indoor yang TepatPexels/Pixabay

Tips Memilih Keramik Lantai Kolam Renang Indoor yang Tepat

Apabila Anda sudah memilih berbagai jenis dan motif keramik untuk lantai dasar kolam renang indoor, selanjutnya Anda wajib mengetahui tips bermanfaat ketika memilih keramik sebagai lantai kolam renang, yakni sebagai berikut:

● Persiapkan Budget

Tips pertama adalah mempersiapkan budget terbaik, karena memilih jenis dan motif keramik yang berkualitas sesuai yang Anda inginkan tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Biasanya, harga keramik tidak hanya ditentukan oleh kualitas keramik, tetapi juga variasi warna, ukuran, jenis dan motif.

● Pilih Warna dan Motif Terbaik

Memilih warna dan motif terbaik menjadi tips yang dapat Anda lakukan berikutnya. Kolam renang biasanya cenderung berwarna biru dengan motif umum yang standar. Anda dapat mulai memilih keramik dengan warna cerah lainnya dengan motif yang mengutamakan nilai estetika tinggi.

● Pilih Tekstur Keramik yang Aman

Memilih keramik dengan mempertimbangkan keamanan menjadi tips yang tidak kalah penting untuk Anda ketahui. 

Maka dari itu, Anda dapat memilih keramik yang permukaannya tidak licin dan tidak mudah pecah. Karena jika Anda memilih keramik dengan kualitas yang buruk, maka akan membahayakan Anda ketika berenang.

● Pertimbangkan Perawatan yang Mudah

Tips terakhir adalah memilih keramik yang mudah untuk dirawat. Memiliki kolam renang indoor butuh perawatan yang sama baiknya dengan kolam renang outdoor. Anda harus memilih keramik yang mudah dirawat, seperti keramik yang mudah dibersihkan dari kotoran.

Selain itu, pastikan perekat keramik kolam renang indoor Anda menggunakan SikaCeram®-850 Design. Dengan begitu, dijamin keramik kolam renang indoor milik Anda tahan lama dan mudah dirawat.

Kesimpulan

Penjelasan di atas menunjukkan bahwa ketika memutuskan untuk membangun kolam renang indoor, banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Khususnya, mempertimbangkan untuk menggunakan jenis dan motif keramik yang tepat. Karena hal ini berkaitan dengan keamanan dan kegunaan kolam renang secara optimal.

Ketika memasang keramik kolam renang indoor, Anda tentu membutuhkan lem keramik serbaguna dan berkualitas agar jarak antar keramik tidak mudah bocor dan keramik tidak pecah. Salah satu produk terbaik yang dapat direkomendasikan adalah SikaCeram®-850 Design.

Kegunaan perekat keramik seperti SikaCeram®-850 Design juga memiliki keunggulan seperti mudah diaplikasikan hanya dengan cartridge gun, serta jarak lebar nat mencapai 2-15 mm membuat produk ini cocok untuk proyek kolam renang. Selain itu, tersedia 2 komponen cartridge ganda berdampingan dengan static mixer nozzle.

Adapun keunggulan lebih spesifiknya, produk ini bisa diaplikasikan pada lantai dan dinding, memiliki banyak pilihan warna, penyusutan kecil, tahan abrasi, noda, dan bahan kimia, workability bagus, serta mudah dibersihkan.

Tidak perlu ragu untuk menggunakan produk ini, karena Sika merupakan pencetus waterproofing semen pertama di Indonesia dan telah berdiri selama 113 tahun. Tidak hanya itu, Sika telah menangani banyak project global. Salah satunya adalah Quito Metro di Ecuador. 

Jadi, Anda tidak perlu meragukan kualitas produknya lagi. Pakai produk Sika sekarang juga dan pilih jenis keramik terbaik untuk menghasilkan kolam renang indoor berkualitas. Untuk informasi lebih lengkap, klik di sini!


0 Tanggapan untuk "3 Jenis Keramik untuk Kolam Renang Indoor dan Tips Memilihnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel