Wednesday, July 20, 2016

Kategori: , ,

Dari Pemuda Untuk Sumbawa Hebat dan Bermartabat

Siapa yang tak kenal Sumbawa? Saya yakin, hampir semua di antara kita pernah mendengar nama Sumbawa. Entah itu Sumbawa sebagai pulau, suku, kesultanan, ataupun kabupaten. Atau bahkan Sumbawa sebagai penghasil susu kuda liarnya. Dan ketika kita berbicara tentang Sumbawa tentu tidaklah lengkap tanpa membahas sebuah kabupaten yang terluas di pulau Sumbawa. Apa lagi kalau bukan Kabupaten Sumbawa?

Ya, Kabupaten Sumbawa, salah satu daerah dari sepuluh kabupaten dan kota yang berada di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat. Kabupaten yang terletak di sebagian besar bagian barat Pulau Sumbawa ini, batas wilayahnya adalah Laut Flores dan Teluk Saleh di sebelah utara, Kabupaten Dompu di sebelah timur, Samudra Hindia di sebelah selatan, serta Kabupaten Sumbawa Barat di sebelah barat.

Selanjutnya, marilah kita menilik sejenak visi dan misi Sumbawa. Jika kita melihat visi Kabupaten Sumbawa, yakni “Terwujudnya Masyarakat Mandiri, Berdaya Saing dan Berkepribadian, Berlandaskan Semangat Gotong Royong”, tentu kita akan melihat bahwa kabupaten ini memang bertekad untuk menjadikan masyarakatnya hidup dalam kemakmuran. Terlebih jika kita menengok visi pembangunan yang bertajuk “Sumbawa Hebat dan Bermartabat” yang didengungkan oleh Bapak Bupati H.M. Husni Djibril, B.Sc, beserta Bapak Wabup Drs. H. Mahmud Abdullah.
Husni-Mo dengan visi pembangunan "Sumbawa Hebat dan Bermartabat"
Tagline “Sumbawa Hebat dan Bermartabat” tentu bukanlah slogan semata. Namun, merupakan visi pembangunan yang memang untuk diwujudkan, mengingat Kabupaten Sumbawa ini mempunyai banyak potensi yang mendukung terwujudnya visi pembangunan tersebut. Di antaranya adalah: kepemudaan, olah raga, kebudayaan, dan pariwisata.

Membahas tentang kepemudaan, tentu akan mengingatkan kita akan sebuah ungkapan, “A generation who will one day become our national leader”. Begitulah kata Benjamine Fine dalam bukunya 1.000.000 Deliquents. Sebuah pernyataan yang mengisyaratkan bahwa generasi muda memang memiliki posisi yang penting dan strategis karena menjadi poros bagi punah atau tidaknya sebuah negara.

Generasi muda adalah pewaris bangsa dan negara ini. Baik buruknya bangsa ke depan tergantung kepada bagaimana generasi mudanya, apakah mereka memiliki kepribadian yang kokoh, semangat nasionalisme dan karakter yang kuat untuk membangun bangsa dan negaranya (nation and character). Dan dalam konteks yang lebih sempit adalah membangun daerahnya masing-masing.
Pemuda adalah pewaris bangsa
Bagaimana dengan pemuda Sumbawa? Kalau kita menyimak dengan seksama, maka kita akan mendapati bahwa Kabupaten Sumbawa sejauh ini telah berhasil mencetak generasi muda yang berfikir positif untuk berkreasi yang kemudian melahirkan karya-karya nyata yang monumental dan membawa pengaruh dan perubahan yang besar bagi daerahnya.

Sebagai contoh, dalam ajang Pemilihan Pemuda Pelopor. Terbukti sejak tahun 2011 hingga 2013, Pemuda Pelopor dari Kabupaten Sumbawa selalu mewakili Provinsi NTB di tingkat Nasional. Bukan sekedar mewakili, namun mereka menorehkan nama baik bagi daerahnya. Salah satunya adalah Sahabuddin, pemuda dari Desa Bungin yang di tahun 2011 silam berhasil meraih juara tiga nasional Pemuda Pelopor Bidang Kelautan.

Masih di bidang yang sama, di tahun 2012, Hardawiansyah, Pemuda Pelopor dari Pulau Kaung juga berhasil meraih juara dua nasional. Prestasi tersebut tentu menunjukkan bahwa pemuda Kabupaten Sumbawa mampu menghasilkan karya nyata berupa perintisan, penciptaan dan pengembangan potensi sumber daya laut yang meliputi sumber daya laut, biota laut, pantai dan atau terumbu karang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sumbawa.

Kemudian di tahun 2013, Nurmini dari Desa Gapit Kecamatan Empang meraih juara dua nasional pada Bidang Kewirausahaan. Sebuah prestasi yang juga menunjukkan bahwa pemuda Kabupaten Sumbawa juga mampu menciptakan karya nyata berupa pengembangan inovasi produk yang bertumpu pada sumber daya lokal, sehingga memiliki nilai tambah. Seperti sesuatu yang sebelumnya tidak bermanfaat menjadi memiliki nilai ekonomis serta telah dapat dimanfaatkan dan berhasil meningkatkan perekonomian, taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sumbawa.
Nurmini, Juara 2 Nasional Pemuda Pelopor dari Kab. Sumbawa
Masih di tahun yang sama, Pemuda Pelopor Kabupaten Sumbawa Bidang Sosial Budaya yang bernama Ikbal juga berhasil mendapatkan juara harapan satu nasional. Sebuah prestasi yang menunjukkan bahwa pemuda Kabupaten Sumbawa juga menghasilkan karya nyata berupa penciptaan kreasi atau pengembangan sosial budaya yang senantiasa mengangkat harkat dan martabat bangsa dan negara serta mampu meningkatkan kesejahteraan umum, khususnya masyarakat Kabupaten Sumbawa.

Di ajang lain, beberapa prestasi tingkat nasional yang berhasil dipersembahkan pemuda Sumbawa adalah juara OSN SMP Iklusi tingkat Nasional, yang diukir oleh Ikramansyah, siswa asal SMPN 3 Sumbawa. Prestasi lainnya ditorehkan oleh Aulia Binti Bintoro, siswi asal SMPN 1 Sumbawa yang berhasil menjadi wakil Indonesia dalam ajang World Scout Jambore Internasional di Jepang.

Melihat berbagai prestasi baik di tingkat nasional dan internasional yang berhasil diraih oleh para pemuda dan pemudi Sumbawa, tentu menjadi pertanda bahwa masyarakat Kabupaten Sumbawa berhasil dalam menjadikan generasi mudanya sebagai investasi masa depan. Harapan selanjutnya, tentu semoga prestasi pemuda Sumbawa bisa menginspirasi pemuda-pemudi indonesia di berbagai daerah lainnya. Dari pemuda untuk Sumbawa Hebat dan Bermartabat, dari Sumbawa untuk Indonesia!

*Referensi tulisan dan gambar:
**Tulisan ini diikutsertakan dalam Blog Disporabudpar 2016 dengan tema Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata untuk Sumbawa Hebat dan Bermartabat.
 Lomba Blog 2016
Anda baru saja membaca Dari Pemuda Untuk Sumbawa Hebat dan Bermartabat . Jika bermanfaat, silakan bagikan artikel ini. Dan jangan lupa, tinggalkan jejak Anda di kolom komentar. Terimakasih.

0 komentar:

Post a Comment