Kategori: , ,

7 Kelebihan Virtual Private Server (VPS) Hosting

Jika kita memiliki website di dunia maya, kita membutuhkan web server untuk tempat menaruh data-data website kita. Ada tiga macam web server yang bisa kita gunakan sebagai web hosting yaitu Shared Server, virtual private server (VPS), dan Dedicated Server. VPS murah karena kita cuma menyewa sebagian server saja dan masih berbagi dengan website lain menyerupai sistem Shared Server, namun fitur dan fasilitas yang didapat sama seperti Dedicated Server. Jadi secara teknikal VPS merupakan hybrid atau campuran antara shared dan dedicated server.

Bagaimana cara kerja VPS Hosting murah?

Jika Anda menyewa Dedicated Server, itu berarti Anda menyewa server secara penuh. Dedicated Server bisa digunakan secara optimal kalau website yang Anda kelola memiliki traffic yang tinggi. Dengan begitu Anda bisa mengurangi risiko kecepatan server melambat seperti yang sering terjadi pada Shared Server. Dedicated server bisa menjadi pilihan ketika Anda ingin mengatur server secara spesifik sesuai keinginan Anda.

Tentu saja tidak semua orang membutuhkan web server secara penuh, contohnya ketika Anda baru merintis website. Traffic website baru masih sepi belum terlalu padat, jadi Anda bisa menghemat biaya dengan menyewa sebagian porsi server saja seperti di Shared Server hosting. Di sini Anda akan berbagi server dengan website-website lain.

Kalau cara kerja VPS hosting berada di tengah-tengah kedua server hosting di atas. Satu mesin server dibagi atas beberapa virtual kompartemen. Dengan menggunakan software server, kompartemen-kompartemen ini kemudian diseting agar tiap unit kompartemen bisa berfungsi sebagai server independen. Satu virtual server kemudian akan digunakan untuk hosting satu website. 

Singkatnya, VPS hosting memungkinkan kita mendapatkan server pribadi (berikut atributnya seperti CPU, RAM, disk storage, OS dan bandwith) untuk menjalankan website kita, walaupun kenyataannya virtual server kita tersebut berada dalam satu server induk bersama-sama dengan virtual server milik orang lain. Karena server yang kita dapat bentuknya hanya virtual bukan nyata, maka harga VPS Indonesia.

Apa saja kelebihan VPS Hosting?
  • Privasi dan keamanan website terjamin karena Anda memiliki server sendiri dan tidak berbagi dengan orang lain. Tidak akan ada orang yang bisa melihat dan mengakses data-data website Anda.
  • Anda memiliki sistem operasi sendiri. Ini berarti Anda mendapatkan juga aplikasi-aplikasi server seperti PHP, MySQL, atau Apache. Dengan begitu, Anda bisa mengatur sendiri virtual server sesuai dengan keinginan Anda.
  • Apapun yang Anda lakukan terhadap virtual server Anda, tindakan tersebut tidak akan berpengaruh terhadap virtual server lain meskipun secara teknikal berada dalam satu server induk. Jadi Anda bisa merestart virtual server Anda kapan saja Anda inginkan.
  • Setiap VPS mendapatkan alokasi jumlah RAM masing-masing. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan RAM seoptimal mungkin untuk website Anda tanpa perlu khawatir dipakai juga oleh orang lain. Hal inilah yang sering terjadi pada Shared hosting dimana orang lain bisa saja memakai sebagian besar RAM di saat kita sangat membutuhkan RAM yang cukup besar juga.
  • Biaya sewa VPS lebih murah dari Dedicated hosting yang benar-benar menggunakan satu server nyata.
  • Anda memiliki kuasa untuk mengontrol server Anda sendiri. Hal yang tidak mungkin terjadi pada shared web hosting. Anda akan mendapatkan root access, dan kesempatan mengakses script yang tidak diizinkan di lingkungan shared web hosting.
  • Jika Anda memilih management VPS hosting maka Anda akan tetap mendapat technical support dari perusahaan dalam hal mengatur server, menjaga keamanannya dan lain-lain.

Itulah 7 kelebihan VPS hosting. Salah satu perusahaan yang menyediakan VPS hosting dengan kualitas pelayanan prima adalah domainesia.com Di sana Anda akan disajikan beberapa VPS plan per bulan yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan web hosting dan kondisi finansial Anda.

Anda baru saja membaca 7 Kelebihan Virtual Private Server (VPS) Hosting . Jika bermanfaat, silakan bagikan artikel ini. Dan jangan lupa, tinggalkan jejak Anda di kolom komentar. Terimakasih.

0 komentar:

Post a Comment