Kategori: ,

7 Cara Mudah untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja

Sesuka atau secinta apapun kita pada bidang pekerjaan yang kita geluti saat ini, ada saat-saat tertentu dimana kita mulai merasa bosan dan jenuh. Entah itu karena pekerjaan yang monoton, kondisi meja yang berantakan, manajemen pekerjaan yang belum maksimal, hingga masalah pilihan meja maupun kursi kerja yang kurang nyaman.

Semua itu dapat menyebabkan kita kehilangan semangat saat bekerja. Kehilangan semangat akan membuat produktivitas kita menurun. Padahal, dalam dunia kerja, kita harus terus menjaga tingkat produktivitas agar tetap stabil. Untuk mengatasi hal tersebut kamu membutuhkan beberapa tips berikut ini.

Jangan sembarangan memilih meja dan kursi kerja

Banyak orang tidak bisa bekerja maksimal ketika mereka menggunakan meja yang terlalu tinggi atau sebaliknya, kursi yang terlalu rendah. Akibatnya, badan atau tangan jadi mudah lelah sehingga terjadi tingkat penurunan produktivitas dari waktu ke waktu.

Untuk mengatasinya, kamu hanya perlu mencari meja dengan tinggi atau ukuran yang pas, kemudian pasangkan dengan kursi kerja yang paling ideal, yang membuat kamu merasa nyaman dan bebas bergerak serta tidak mudah lelah.

Manfaatkan waktu beristirahatmu sebaik mungkin

Banyak orang tidak menyadari, atau mungkin sudah menyadari bahwa penyebab mengapa produktivitas kerja mereka menurun adalah karena kurang beristirahat. Yang sayangnya, tidak diindahkan karena alasan tertentu.

Di malam hari, sebisa mungkin matikan semua peralatan elektronik yang bisa mengganggu waktu istirahatmu. Mulai dari televisi hingga gadget. Tapi jika kamu tidak ingin mematikan gadget, kamu hanya perlu mengaktifkan mode silent dan matikan juga getar dari notifikasi karena hal tersebut sama saja dengan dering yang bisa mengganggu.

Berangkatlah tidur 1 jam sebelum jam tidur. Misalnya jika jam tidur mau adalah jam 10.00 malam, maka mulailah bersiap-siap pada jam 09.00. Sikat gigi, cuci kaki, tangan, dan muka, lalu matikan lampu dan bersiaplah untuk tidur. Jangan biasakan diri tidur mulai jam 10.00, karena apabila tidak mengantuk, kamu bisa saja tidur jam 11.00 malam sehingga waktu tidurmu akan berkurang.

Agar tidur nyenyak dan tidurmu lebih berkualitas, biasakan kamar dalam keadaan gelap gulita. Karena menurut ahli kesehatan, mematikan lampu saat tidur bisa membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, menurunkan resiko depresi, tidur lebih nyenyak, bisa membuat tubuh dan otak lebih segar serta fit di keesokan harinya, mencegah gangguan metabolisme tubuh, dan mencegah kerusakan DNA.

Tahan diri untuk tidak membuka HP jika tidak ada notifikasi

Jika kamu tidak membutuhkan HP untuk bekerja, biasakan mengaktifkan mode silent saat jam kerja. Dan gunakanlah nada dering hanya pada panggilan telepon apa pesan-pesan penting seperti dari bos atau dari anggota keluarga saja. Jika tidak, biasakan diri untuk tidak memegang dan menyalakan HP jika tidak ada notifikasi.

Karena menyalakan HP berpotensi membuat kamu merasa ingin melakukan sesuatu entah itu berkirim pesan Whatsapp, update status di sosial media, melihat status orang, dan lain sebagainya. Yang pasti akan menyita banyak waktu.

Manfaatkan musik atau sebaliknya

Beberapa orang bisa termotivasi dan lebih bersemangat ketika mendengarkan musik saat bekerja. Sebaliknya, ada orang yang merasa tidak bisa berkonsentrasi jika ada suara-suara yang mengganggu termasuk musik di sekitarnya.

Jangan ragu untuk belajar atau kursus untuk meningkatkan skill

Investasi leher keatas (ilmu pengetahuan/skill) sangat penting peranannya untuk meningkatkan produktivitas kerja. Karena semakin lihai kamu di bidang ini, maka akan semakin mudah kamu mengerjakan setiap pekerjaan.

Datanglah lebih awal ke kantor

Jangan pernah datang terlambat apalagi tepat waktu. Jika ingin produktivitas kerja meningkat, pastikan kamu datang lebih awal ke kantor. Datang lebih awal memungkinkan kamu untuk beres-beres meja kerja, mempersiapkan segala sesuatu, membersihkan tempat kerja, hingga menata jadwal. Jadi, Saat memasuki jam kerja, kamu sudah siap tempur.

Memanfaatkan teknologi

Ada banyak jenis teknologi terbaru yang bisa membantu kita menyelesaikan pekerjaan dengan cepat. Mulai dari smartphone, internet, komputer, dan lain-lain. Jangan ragu-ragu untuk membuka diri terhadap teknologi dan keterampilan baru yang bisa membantu meningkatkan produktivitas kerja.


Anda baru saja membaca 7 Cara Mudah untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja . Jika bermanfaat, silakan bagikan artikel ini. Dan jangan lupa, tinggalkan jejak Anda di kolom komentar. Terimakasih.

0 komentar:

Post a Comment