Langkah Mudah Merawat Listrik Panel Surya yang Bisa Anda Terapkan - KangMasroer.Com

Langkah Mudah Merawat Listrik Panel Surya yang Bisa Anda Terapkan

Di negara-negara maju seperti Jepang, Jerman maupun Amerika, tenaga surya sudah banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan penunjang listrik di negara mereka. Bukan tanpa alasan, melainkan karena memang energi panas matahari ini memiliki banyak sekali kelebihan dibandingkan dengan energi yang lainnya, selain itu juga tidak mudah habis, karena bisa dirasakan setiap hari. Bahkan banyak diantara rumah-rumah yang ada disana sudah menggunakan atap panel surya.

Meskipun pada awalnya biaya yang harus dikeluarkan dalam pemasangannya terbilang cukup besar, namun semakin lama justru masyarakat menjadi kian hemat beban atau biaya, karena aliran listrik yang didapatkan cukup tinggi dan tidak membutuhkan terlalu banyak pengeluaran tambahan lainnya. Hanya saja mungkin membutuhkan perawatan yang tepat, sehingga nantinya panel surya tersebut tidak mudah rusak, bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik dalam jangka waktu yang lama. Berikut ini diantara beberapa tips dalam merawatnya, yaitu:


1. Selalu memeriksa bagian terminal, pastikan bahwa kabel koneksi terpasang dalam kondisi yang tepat, apalagi jika seandaiya kabel tersebut ada di bagianluar atau area yang cukup rawan, jangan sampai dalam kondisi terbuka, karena nantinya akan membahayakan pengguna jalan yang lewat.



2. Memeriksa bagian control charger, baterai hingga inverter dalam kondisi yang benar-benar aman. Jika kondisi daerah tersebut cukup rawan, apalagi saat hujan datang, maka taruhlah di bagian yang agak tinggi, sehingga tidak ada kemungkina air nantinya akan mengenainya dan merusak komponen.

3. Pastikan untuk menggunakannya secara bijak, dalam penggunaannya sendiri tentunya ada beberapa aturan yang harus dipenuhi, baik itu apa saja yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan pada perangkat tersebut, lakukan langkah-langkah yang sudah ditetapkan tersebut, sehingga nantinya perangkat bisa lebih awet.

Langkah-langkah preventif ini sangatlah penting untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Apalagi untuk pemakaian panel surya dalam skala besar, bukan hanya pada rumah tangga saja, melainkan juga pada sebuah bidang industri atau perusahaan, sehingga harus dilakukan controlling setiap saat oleh tenaga yang tepat, percayakan pada Sewatama. Untuk informasi lengkap bisa akses situsnya disini http://sewatama.com/id/.



0 Tanggapan untuk "Langkah Mudah Merawat Listrik Panel Surya yang Bisa Anda Terapkan "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel