Pilih Apartemen atau Kost Sebagai Hunian Sementara? Pertimbangkan 5 Hal Berikut Ini!

Pilih tinggal di apartemen atau kost? Kebingungan semacam ini ternyata tidak hanya terjadi di kalangan mahasiswa, ya Guys? Para pekerja kantoran yang tinggal sendiri di kota-kota besar sebagaimana Jakarta pun sering kali merasakan yang namanya galau ketika mencari hunian sementara.

Baik apartemen ataupun kost-kostan, keduanya memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. So, sebelum kalian menentukan pilihan apartemen atau kost, ada baiknya jika kalian perlu mempertimbangkan 5 hal berikut ini.

Biaya

Hal pertama yang sering kali jadi pertimbangan saat seseorang akan menyewa hunian sebagai tempat tinggal adalah biaya. Pada umumnya, biaya untuk tinggal di apartemen tentu lebih mahal dibanding biaya tinggal di kost-kostan. Bagaimana tidak, biaya tinggal di kost-kostan biasanya hanya meliputi sewa kost bulanan saja, meski ada beberapa beberapa penyedia kost yang juga memungut biaya tambahan seperti pemakaian listrik dan lain sebagainya.
Sedangkan, jika kita tinggal di apartemen, maka biaya yang harus dikeluarkan meliputi banyak hal. Selain sewa apartemen yang biasanya langsung dibayar untuk jangka waktu tahunan, tinggal di apartemen juga dikenakan service charge, listrik, dan air. Bahkan, di beberapa apartemen juga terdapat biaya untuk menyewa tempat parkir kendaraan.

Fasilitas

Tinggal di apartemen memang membutuhkan biaya yang lebih besar, namun sebanding dengan fasilitas yang disediakannya. Hampir di setiap apartemen selalu terdapat kolam renang, tempat fitness atau olahraga, minimarket, taman, lahan parkir yang luas hingga fasilitas publik lainnya. Ya, apartemen memang menawarkan fasilitas yang lebih lengkap daripada kost-kostan.
Namun, tidak semua kost-kostan minim fasilitas ya, Guys. Di beberapa tempat di kota-kota besar juga dapat kita jumpai kost-kostan yang memiliki fasilitas setara yang sangat lengkap. Bahkan, terkadang lebih lengkap dari apartemen. Tentu saja, harga sewa kost dengan fasilitas lengkap tersebut juga lebih mahal dibanding harga sewa kost-kostan pada umumnya.

Perabotan

Pada umumnya, penyedia kost-kostan menawarkan kamar kost lengkap dengan perabotannya. Dengan demikian, penyewa kost tidak lagi dipusingkan dalam pembelian perabotan untuk kebutuhan sehari-harinya. Hal ini juga akan memberikan kemudahan tersendiri bagi penyewa kost saat ia harus pindah kost, karena barang-barang yang dibawanya tidak akan terlalu banyak.

Berbeda dengan penyewa apartemen. Mereka seringkali harus dipusingkan dengan membeli berbagai perabotan untuk kebutuhan sehari-harinya. Meskipun, ada juga beberapa apartemen yang disewakan lengkap dengan perabotannya. Namun apartemen seperti ini harga sewanya tentu jauh lebih mahal dari biasanya, dan terkadang disertai juga dengan kewajiban untuk menitipkan sejumlah uang sebagai jaminan jika terjadi kerusakan pada perabotan-perabotan yang ada.

Lokasi dan Keamanan

Biasanya, jarak antara tempat tinggal dengan tempat beraktivitas juga menjadi salah satu pertimbangan dan alasan mengapa seseorang memilih untuk tinggal di apartemen ataupun kost-kostan. Ya, apartemen dan kost-kostan memang memiliki segi lokasi yang berbeda. Apartemen pada umumnya berada di pusat kota, sedangkan kost-kostan tempatnya kebanyakan berada di pinggiran kota.
Dari segi keamanan, keamanan dari apartemen tentu lebih terjamin, karena yang bisa memasuki lokasi atau kawasan apartemen tersebut hanyalah orang-orang yang memiliki akses saja. Jadi, tidak semua orang bisa masuk ke kawasan apartemen. Sedangkan, keamanan kost-kostan bisa dibilang hanya dijaga oleh penyedia kost-kostan saja.

Privasi dan Lingkungan

Pertimbangan privasi dan lingkungan tentu tergantung pada selera masing-masing. Ada orang yang suka ketenangan, tapi ada juga ada yang suka keramaian. Bila mereka yang lebih suka ketenangan, yang setelah pulang dari beraktivitas ingin langsung istirahat, serta ingin privasinya lebih terjamin, maka apartemen adalah pilihan yang tepat.
Sedangkan, bagi mereka yang lebih suka berkumpul bersama teman-teman setelah beraktivitas seharian, tinggal di kost-kostan tentu lebih cocok. Karena, kost-kostan memang menawarkan suasana kekeluargaan yang lebih akrab, sehingga sangat cocok bagi mereka yang senang berkumpul bareng teman-teman.

Nah, itulah 5 hal yang perlu kalian pertimbangkan sebelum menentukan pilihan tinggal di apartemen atau kost-kostan, Guys. Apapun pilihan kalian, satu hal yang pasti, saat ini mencari hunian sementara, baik berupa apartemen ataupun kost-kostan tidaklah susah, karena saat ini sudah ada yukstay.com. YukStay merupakan perusahaan properti teknologi yang merupakan online marketplace untuk sewa-menyewa apartemen dan tempat kost.

Dengan yukstay.com, kita bisa mencari dan mendapatkan apartemen ataupun kost-kostan sesuai keinginan dengan mudah. Misalnya saja, untuk sewa kost Jakarta Barat, kalian cukup menentukan lokasi dan menentukan room type yang akan dicari, maka YukStay akan memberikan beberapa daftar pilihan tempat kost yang ada, untuk kemudian kita tinggal menentukan pilihan.


0 Tanggapan untuk "Pilih Apartemen atau Kost Sebagai Hunian Sementara? Pertimbangkan 5 Hal Berikut Ini!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel