Mau Sewa Bulanan Atau Tahunan? Inilah Untung Ruginya

(Image Source: pixabay.com)

Tempat tinggal adalah kebutuhan primer bagi semua orang. Namun, semakin lama, harga tanah dan properti semakin menanjak. Oleh karena itu, banyak orang yang memilih menyewa rumah. Ada dua pilihan pembayaran ketika mengontrak rumah, yaitu sewa rumah tahunan dan sebagian sewa rumah bulanan. Adanya dua metode pembayaran ini membuat banyak orang merasa bingung ingin memilih yang mana. Masing-masing baik sewa tahunan ataupun bulanan memiliki kelebihan dan kekurangan. Mari kita simak bersama-sama.

Sewa Rumah Bulanan

Berikut ini adalah untung dan ruginya menyewa rumah secara bulanan, antara lain:

1. Tempat tinggal sementara
Salah satu keuntungan menyewa rumah secara bulanan adalah kefleksibilitasan. Bagi anda yang telah memiliki tempat tinggal namun masih dalam perbaikan karena bocor, misalnya, sewa bulanan adalah pilihan yang tepat. Meskipun anda bisa tinggal di tempat saudara atau orang tua untuk sementara, pilihan sewa rumah bulanan mungkin akan lebih nyaman. Hal ini karena anda bebas beraktivitas, melakukan apapun yang anda inginkan tanpa merasa segan akan saudara atau orang tua anda.

2. Akan segera pindah ke tempat lain
Sewa bulanan akan tepat bagi orang yang akan segera pindah ke tempat lain. Jika anda bekerja di Jakarta, misalnya, dan akan segera pindah ke Bandung karena mendapat promosi pekerjaan, sewa rumah tahunan akan merugikan. Sebaliknya, anda lebih baik memilih sewa rumah bulanan karena sewaktu-waktu Anda bisa segera pindah tanpa merasa rugi sudah membayar uang kontrakan selama satu tahun penuh. 

3. Masa sewa bisa diperpanjang
Jika anda merasa nyaman tinggal di rumah yang anda sewa, anda bisa memperpanjang masa sewa rumah. Dari bulanan, anda bisa mengubah menjadi tahunan. Tentunya, akan ada beberapa perjanjian yang perlu disepakati antara pemilik dan penyewa rumah. Namun, anda tidak perlu khawatir karena perjanjian akan disetujui kedua belah pihak tanpa merugikan salah satu pihak. Anda bahkan bisa berdiskusi dengan pemilik rumah jika ingin menambah ketentuan yang berkaitan dengan sewa rumah.

4. Biaya sewa terjangkau
Secara keseluruhan, sewa rumah secara tahunan tentu lebih murah daripada sewa bulanan. Namun, jika anda tidak punya pekerjaan, tentu sewa bulanan menjadi lebih murah. Terlebih, sewa bulanan memberikan anda waktu untuk mengenal daerah atau lingkungan tempat anda tinggal apabila anda berasal dari luar kota.

5. Ketidakstabilan masa kontrak
Terkadang, pemilik rumah bisa mengakhiri masa sewa rumah secara tiba-tiba karena suatu hal. Hal ini tentu akan membuat anda kesal. Namun, biasanya pemilik sewa rumah akan memberikan informasi tentang rumah sewa lain sebelum ‘mengusir’ anda. Karena itu, anda harus siap-siap akan hal ini.

6. Biaya tidak stabil
Kadang, secara tiba-tiba, pemilik sewa rumah menaikkan harga sewa. Banyak faktor yang menyebabkan pemilik menaikkan harga sewa rumah. Misalnya, biaya listrik dan air naik. Karena itu, pemilik rumah sewa terpaksa menanggungkan biaya kepada penyewa dengan cara menaikkan harga sewa. 

7. Susah dicari
Anda mungkin harus ekstra berusaha mencari sewa rumah bulanan karena mayoritas, pemilik apartemen atau rumah menyewakan rumah tahunan. Banyak faktor yang membuat mereka untuk tidak menyediakan sewa rumah bulanan. Hal ini karena jika orang yang menyewa rumah mereka sebelumnya telah pindah, mereka tentu akan mempromosikan lagi rumah sewa mereka. Membuat brosur, memikirkan lokasi untuk menempelkannya, mengecat ulang rumah, dan memperbaiki kerusakan membuat pemilik rumah tidak membuka sewa bulanan,

Sewa Rumah Tahunan

Bagaimana dengan sewa rumah tahunan? Apa untung dan ruginya sewa rumah tahunan? Mari kita diskusikan!

1. Biaya Lebih Mahal
Dari segi biaya, mungkin sewa tahunan terlihat lebih mahal. Jika anda perlu membayar 600 ribu untuk sewa per bulan dan 5 juta untuk sewa tahunan, mana yang anda pilih? Memang sewa tahunan terlihat lebih mahal, namun secara keseluruhan , justru sewa bulanan yang lebih mahal. Dengan menyewa rumah secara tahunan, anda tidak hanya menghemat biaya namun mempunyai pilihan untuk menabung. Tidak selamanya anda menyewa rumah untuk anda tinggal kan? Pasti terpikirkan untuk membeli rumah. Karena itu, anda perlu menabung!

2. Waktu tinggal yang lama
Jika anda diterima kerja yang jauh dari tempat tinggal anda, anda bisa memilih untuk mencari sewa rumah tahunan. Karenanya, anda akan tinggal di daerah tersebut untuk waktu yang lama. Namun, sebaiknya anda menyiapkan biaya sewa terlebih dahulu. Mintalah kebijakan cicilan, karena sebagian pemilik sewa memperbolehkan penyewa membayar sewa dengan cicilan selama tiga atau empat kali.

3. Permanent
Jika anda mendadak tidak ingin meneruskan tinggal di rumah yang anda sewa tahunan, anda tidak akan bisa meminta biaya yang sudah anda bayarkan. Karena itu, anda akan merugi. Lebih baik anda mengobservasi rumah yang akan anda sewa selama setahun. Jadi, anda akan nyaman karena telah mengetahui fasilitas yang ditawarkan oleh pemilik rumah.

4. Masa kontrak stabil
Berbeda dengan sewa bulanan, masa kontrak sewa tahunan adalah stabil. Jadi, pemilik tidak bisa tiba-tiba ‘mengusir’ anda. Namun, anda bisa tidak meneruskan tinggal di rumah yang anda sewa dengan konsekuensi anda tidak akan meminta kembali biaya yang anda telah bayarkan.

5. Penghuni
Sekali anda telah menyewa rumah tahunan, anda akan bebas untuk menghuninya bersama keluarga atau teman anda. Tentu saja, dengan persepakatan bersama. Anda bisa berbagi uang sewa rumah tahunan dengan para penghuni lain. Anda juga bisa merencanakan untuk menyewa rumah tahunan bersama teman kerja atau teman kampus anda. 

6. Lingkungan yang peduli
Menyewa rumah tahunan berarti anda harus bersiap untuk bersosialisasi dengan tetangga sekitar selama satu tahun penuh. Usahakan untuk membaur dan ikut kegiatan bersama para warga sekitar. Tentu saja, dengan berkenalan dengan para warga, akan ada hubungan timbal balik antara anda dengan warga. Jika anda sedang bermasalah, misalnya, para warga akan menolong anda. Sebaliknya, tolonglah warga jika mereka sedang berada dalam kesusahan.

7. Berbagai macam pilihan
Untuk mencari sewa rumah tahunan sangatlah mudah, berbeda dengan sewa rumah bulanan. Karena itu, meskipun anda tidak berada di daerah ibukota pun, Anda bisa menemukan rumah kontrakan dengan sistem sewa tahunan dengan mudah. Bahkan terdapat banyak pilihan. Dengan begitu, Anda bisa membandingkan antara rumah sewa yang satu dengan yang lain, untuk mengetahui biaya, fasilitas, dan perabotan yang ditawarkan. Karenanya, anda bisa memilih satu yang menurut anda terbaik.

Baik sewa rumah bulanan dan sewa rumah tahunan memiliki kelebihan dan kekurangan. Anda bisa mempertimbangkan hal tersebut untuk menentukan pilihan apakah ingin sewa bulanan ataukah sewa tahunan. Pastikan anda memilih satu sesuai kebutuhan anda agar anda tidak menyesal di kemudian hari. 

Pada umumnya, kontrak tahunan adalah paling ideal, beberapa daftar harga sewa rumah tahunan berikut adalah contoh jika Anda ingin segera mencari hunian untuk keluarga.

Dari semua faktor di atas, faktor kenyamanan menjadi faktor utama. Jika anda merasa nyaman tinggal di suatu tempat, tentu anda akan betah di sana. Itulah sekilas info tentang sewa bulanan dan tahunan. 

0 Tanggapan untuk "Mau Sewa Bulanan Atau Tahunan? Inilah Untung Ruginya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel