Tips Interview Kerja agar Diterima - Kang Masroer

Tips Interview Kerja agar Diterima

Tips Interview Kerja
(Image source: pixabay)

Wawancara atau interview kerja merupakan langkah terakhir yang berpengaruh sekali terhadap keputusan apakah Anda diterima bekerja atau tidak di sebuah perusahaan. Curriculum Vitae yang sudah Anda buat boleh jadi telah didesain dengan sangat indah dan sangat lengkap. Namun, semua hal tersebut tentu akan sia-sia jika wawancara atau interview Anda tidak memberi kesan yang baik kepada seorang HRD.

Agar mampu melewati sebuah proses interview dengan mudah, Anda tentu membutuhkan sebuah kisi-kisi. Ya, asal tahu saja, seorang Human Resourches Development (HRD) umumnya benar-benar akan memilih siapa saja yang pantas untuk direkrut di perusahaan tersebut. So, sebelum melakukan wawancara atau interview kerja, pastikan Anda sudah mempersiapkan dengan sebaik-baiknya ya!

Nah, berikut ini adalah beberapa tips interview kerja agar diterima yang tentu akan sangat bermanfaat bagi Anda para pelamar kerja.

Gunakan Pakaian yang Sopan Sesuai Budaya Perusahaan

Tips interview kerja yang pertama adalah usahakan Anda untuk mengenakan pakaian yang sopan sesuai dengan budaya berpakaian di perusahaan tempat Anda melamar kerja. Apa tujuannya? Tak lain tak bukan adalah agar Anda benar-benar memperoleh kesan yang baik sebagai seorang pelamar kerja.

Jika perusahaan tempat Anda melamar kerja memiliki budaya berpakaian yang casual, maka sebisa mungkin Anda menghindari berpakaian yang terlalu formal dan kaku. Sebaliknya, jika perusahaan tempat Anda melamar kerja memiliki budaya berpakaian formal, maka pastikan pakaian yang Anda kenakan bergaya formal dan profesional.

Cari Tahu Sebanyak-banyaknya Informasi tentang Perusahaan

Sebelum Anda melakukan proses interview atau wawancara kerja, ada baiknya Anda juga sudah mencari tahu terlebih dahulu informasi tentang perusahaan tempat Anda melamar kerja. Hal ini bertujuan agar ketika HRD bertanya kepada Anda tentang perusahaannya, maka Anda bisa menjawabnya dengan benar.

Tak hanya informasi tentang bagaimana posisi perusahaan tempat Anda melamar kerja tersebut serta perusahaan mana saja yang menjadi pesaingnya, Anda juga perlu mencari informasi tentang berbagai keunggulan yang dimiliki oleh perusahaan, serta bagaimana cara terbaik agar perusahaan tersebut menjadi lebih maju.

Buatlah HRD Senang dengan Sikap Anda

Salah tips interview kerja agar Anda diterima selanjutnya adalah dengan menunjukkan sikap yang baik mulai dari memasuki ruangan hingga selesai interview kerja. Misalnya saja, saat memasuki ruangan, Anda bisa membungkukkan kepala kepada HRD sebagai tanda penghormatan kemudian menjabat tangannya dengan erat.

Setelah itu, duduklah dengan tenang, berikan senyum, kemudian menyapa HRD dengan ramah dan wajar. Sebisa mungkin, Anda juga duduk dengan posisi badan tegap, tidak miring ke samping, terlalu condong ke depan ataupun ke belakang. Sikap-sikap semacam ini tentu akan membuat seorang HRD merasa senang dengan sikap Anda.

Jawablah Pertanyaan HRD dengan Jujur dan Profesional

Saat melakukan interview kerja, mungkin HRD akan menanyakan beberapa pertanyaan: “apakah saat melamar pekerjaan ini Anda sedang kuliah?, apakah saat ini Anda sudah resign dari perusahaan yang lama?”, dan pertanyaan-pertanyaan yang lain. Sebisa mungkin, Anda menjawab semua pertanyaan tersebut dengan jujur, agar HRD bisa menyimpulkan apakah Anda memang benar-benar seorang yang kredibel dan kompeten dalam sebuah pekerjaan.

Hindari juga melebih-lebihkan jawaban saat melakukan proses interview kerja. Jawaban yang singkat, padat, dan jelas tentu lebih baik daripada jawaban yang panjang yang tidak ada kaitannya dengan pekerjaan. Anda cukup menjawab pertanyaan yang diajukan oleh HRD secara profesional dan wajar sesuai dengan porsinya.

Perlihatkan Antusias Kerja Anda di Hadapan HRD

Tips interview kerja yang terakhir adalah Anda harus bisa menunjukkan kepada HRD bahwa Anda benar-benar antusias, serius, serta berkomitmen penuh untuk ikut berkontribusi dalam memajukan perusahaan. Anda bisa meyakinkan HRD bahwa Anda juga siap mengorbankankan waktu dan tenaga untuk demi memajukan perusahaan.

Nah, itulah beberapa tips interview kerja agar diterima yang bisa Anda terapkan saat melamar pekerjaan di sebuah perusahaan. Pada intinya, bagaimana pun proses interview kerja yang Anda lakukan, Anda harus yakin dan percaya diri. Tunjukkan kepada HDR bahwa Anda memang benar-benar pantas dan layak untuk diterima di perusahaan tersebut.


0 Tanggapan untuk " Tips Interview Kerja agar Diterima"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel