Pentingnya Jalur Guiding Block untuk Tunanetra - Kang Masroer

Pentingnya Jalur Guiding Block untuk Tunanetra

Pentingnya Jalur Guiding Glock untuk Tunanetra

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya guiding block bukan? Guiding block atau jalur pemandu, yaitu tanda di jalan-jalan umum yang dibuat khusus untuk para penyandang disabilitas, khususnya bagi mereka yang memiliki keterbatasan penglihatan atau para penyandang tunanetra. Biasanya, jalur guiding block ini dibuat berwarna kuning dengan tekstur yang berbeda dengan ubin lain yang ada di sekitarnya. Ada yang polanya berupa bulatan timbul dan ada juga yang berpola garis timbul.

Sebagai informasi, penerapan jalur guiding block di tempat-tempat umum tersebut mengacu pada Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 30 tahun 2006, yakni tentang pedoman teknis fasilitas dan aksesibilitas pada bangunan dan lingkungan. Ya, penyandang disabilitas memang mempunyai hak penuh untuk diberi kemudahan dalam mengakses seluruh fasilitas yang terdapat di bangunan umum dan di lingkungan sekitarnya seperti orang lain pada umumnya. 

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 30 tahun 2006 sendiri merupakan tindak lanjut dari Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 1998 Pasal 18 tentang Upaya Peningkatan Kesejahteraan Penyandang Cacat. Di peraturan tersebut dijelaskan bahwa penyediaan aksesibilitas pada bangunan umum dan lingkungannya merupakan salah satu dari banyak aspek yang dapat meningkatkan kesejahteraan sosial bagi para penyandang cacat atau disabilitas.

Dalam Permen PU No. 30 tahun 2006 tersebut juga disebutkan bahwa klasifikasi penyandang cacat atau disabilitas itu meliputi berbagai penyandang disabilitas, mulai penyandang cacat fisik, penyandang cacat mental, hingga penyandang cacat fisik dan mental. Adapun akses yang harus ramah disabilitas meliputi bangunan umum dan lingkungan.

Selanjutnya, bangunan umum dan lingkungan dalam keputusan menteri ini juga mencakup semua bangunan, tapak bangunan, dan lingkungan luar bangunannya, baik itu yang dimiliki oleh pemerintah, swasta, maupun yang dimiliki oleh perseorangan. Kepemilikan perseorangan ini tak hanya rumah yang berfungsi sebagai rumah tinggal pribadi penyandang disabilitas, akan tetapi juga rumah yang sering dikunjungi dan digunakan oleh masyarakat umum penyandang disabilitas.

Lantas, apa pentingnya jalur guiding block bagi para penyandang disabilitas, khususnya para tunanetra?

Sebagai Jalur Pemandu yang Memudahkan Tunanetra

Sebagaimana yang sudah dijelaskan di awal tulisan ini, bahwa pentingnya jalur guiding block yang pertama adalah sebagai pemandu para tunanetra dan penyandang disabilitas yang lain. Tujuannya sudah tentu agar mereka dapat berjalan tanpa harus merasa khawatir akan tertabrak oleh orang ataupun takut salah arah.

Sebagai Tanda Khusus Para Tunanetra

Seperti yang kerap kita lihat, ubin yang ada pada jalur guiding block biasanya memiliki tekstur dan pola yang konon terinspirasi dari huruf braile untuk para tunanetra. Hal ini tentu dapat menjadi tanda bagi mereka untuk berjalan maju ataupun berhenti pada saat yang tepat. Dengan panduan ini, para penyandang tunanetra diharapkan dapat menghindari resiko berbahaya yang dapat terjadi pada mereka ketika berada di jalan-jalan atau tempat-tempat umum. 

Sebagai Jaminan Keselamatan Tunanetra Saat Berjalan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, meskipun memiliki keterbatasan fisik, pada dasarnya seorang tunanetra juga memiliki hak yang sama untuk menggunakan jalan dan trotoar yang ada di tempat-tempat umum. Dengan keberadaan ubin tekstur sebagai pemandu di jalan tersebut, keamanan dan keselamatan para tunanetra saat berjalan di tempat umum tentu lebih terjamin.

Sebagai Fasilitas bagi Tunanetra agar Mandiri

Selain memberikan kemudahan, keamanan, serta jaminan keselamatan kepada para panyandang tunanetra, keberadaan jalur guiding block juga bertujuan untuk menjadikan mereka lebih mandiri dan tidak bergantung kepada orang lain. Sebagaimana kita tahu, saat ini ada banyak sekali para penyadang disabilitas yang beraktivitas di tempat-tempat umum.

Mengingat begitu pentingnya keberadaan jalur guiding block di tempat-tempat umum, maka sudah seharusnya pemerintah tingkat pusat hingga pemerintah tingkat desa, serta pihak swasta ikut serta dalam mewujudkan fasilitas-fasilitas umum yang ramah disabilitas. Salah satunya dengan membangun jalur-jalur guiding block.

Tak perlu bingung untuk mendapatkan ubin guiding block, karena saat ini ada banyak sekali tempat-tempat yang jual guiding block untuk tunanetra. Misalnya saja di Jakarta, Anda bisa mendapatkan ubin guiding block di Uttera.

Uttera merupakan produsen sekaligus tempat jual guiding block di Jakarta yang menyediakan ubin guiding block dengan dua pilihan motif dan ukuran. Salah satu keunggulan ubin guiding block dari Uttera adalah kuat dan tahan lama karena diciptakan dari bahan-bahan berkualitas yang ramah lingkungan.

Untuk Anda yang tertarik menggunaan ubin guiding block produksi Uterra, silahkan hubungi projek direktur Uterra melalui Whatsapp link berikut: https://wa.me/6281909880999 (Willy) atau email: richard@dw-corporation.com.




0 Tanggapan untuk " Pentingnya Jalur Guiding Block untuk Tunanetra"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel