Ini Pengertian NFT Lengkap dengan Fungsi, Manfaat, Kelebihan, serta Kekurangan dan Risikonya - KangMasroer.Com

Ini Pengertian NFT Lengkap dengan Fungsi, Manfaat, Kelebihan, serta Kekurangan dan Risikonya

Ini Pengertian NFT Lengkap dengan Fungsi, Manfaat, Kelebihan, Serta Kekurangan dan Risikonya
(Image source: pixabay/geralt)

Jual beli aset digital merupakan salah satu tren baru yang cukup diminati di era teknologi saat ini. Salah satu aset digital yang sedang banyak diperbincangkan akhir-akhir ini adalah NFT. 

Sebenarnya apa itu NFT? Apa saja fungsi dan manfaatnya? Berikut ini akan diulas tentang pengertian NFT beserta fungsi dan manfaatnya.

1. Pengertian NFT

NFT adalah singkatan dari Non-fungible token yang merupakan sebuah aset digital yang mewakili objek di dunia nyata. Contohnya adalah seperti lukisan, seni musik, item dalam game, dan video pendek. 

Melansir dari forbes, sistematika jual beli NFT adalah secara online. Cryptocurrency atau mata uang kripto adalah salah satu mata uang yang bisa digunakan dalam transaksi pembelian NFT. 

Sederhananya, NFT bisa diartikan sebagai aset digital yang mewakili barang berharga dengan nilai yang tidak bisa diganti maupun ditukarkan. Setiap NFT memiliki data catatan transaksi yang berisi tentang siapa penciptanya, harga, serta histori kepemilikannya didalam blockchain. 

2. Fungsi NFT

Setelah mengetahui apa itu NFT, kini saatnya kamu mencari tahu apa fungsinya. Berikut beberapa fungsi NFT yang perlu kamu ketahui :

• Industri Seni

Fungsi pertama dari NFT adalah bagi industri seni, karakteristik, serta keunikan NFT mengevaluasi kembali sektor seni digital. 

NFT menawarkan keamanan bagi sebuah karya yang dipublikasikan secara online, dimana konten bisa disebarluaskan secara bebas dan siapapun bisa mengklaimnya dengan mudah, sehingga menyebabkan kerugian bagi penciptanya. 

• Bisnis

Adanya NFT ini juga fungsinya bisa dirasakan oleh sektor usaha properti, aset, lisensi, dan juga olahraga. Sederhananya karena setiap transaksi NFT yang terjadi akan tercatat didalam blockchain, sehingga bisa meminimalisir risiko terjadinya pencurian, penipuan, serta kehilangan aset. 

• Hobi dan Hiburan 

Beberapa contoh fungsi NFT dalam sektor hiburan dan hobi antara lain cuplikan-cuplikan dari NBA Top Shot, Kucing virtual dari CryptoKitties, dan avatar-avatar unik dari CryptoPunks. 

3. Manfaat NFT

Sebagaimana yang diketahui bahwa NFT saat ini tengah ramai diperbincangkan di seluruh dunia termasuk Indonesia. Kepopulerannya memang membuat semua orang ingin berusaha memiliki aset digital tersebut. 

Tentunya hal itu karena NFT akan memberikan banyak manfaat salah satunya yaitu mempermudah artis maupun konten kreator untuk mempromosikan dan menjual karya – karya digital milik mereka.

Kemungkinan besar mereka akan mendapatkan komisi saat setiap aset NFT yang mereka miliki laku terjual dan berpindah kepemilikan. 

4. Kelebihan NFT

Bagi kamu yang belum familiar dengan NFT, berikut ini beberapa kelebihan dari aset digital tersebut yang perlu kamu ketahui, antara lain :

  • Kredibel dan bisa dipercaya
  • Bisa menjadi barang koleksi
  • Sifat NFT tetap
  • Kelangkaan NFT akan meningkatkan nilai dan harga jualnya
  • NFT memiliki kontak pintar

5. Kekurangan dan Risiko NFT

Meski tampak sangat menggiurkan, namun terdapat satu hal yang perlu kamu perhatikan saat memutuskan ingin terjun langsung dalam transaksi NFT. Layaknya seni rupa yang asli, aset digital ini juga berpotensi tinggi untuk hilang. 

Contoh kecilnya, saat mengalami terjadinya peretasan sebuah akun, maka yang akan terjadi adalah pemilik akun akan kehilangan segala akses, termasuk juga akses wallet NFT.

Itulah ulasan tentang pengertian NFT lengkap dengan fungsi, manfaat, kelebihan, serta kekurangan dan risikonya. Semoga informasi diatas dapat memberikan wawasan pengetahuan baru untuk kamu, terutama bagi kamu yang mulai tertarik untuk melakukan transaksi jual beli NFT. 

0 Tanggapan untuk " Ini Pengertian NFT Lengkap dengan Fungsi, Manfaat, Kelebihan, serta Kekurangan dan Risikonya "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel